Kado Valentine Untuk Diri Sendiri
Kado Valentine Untuk Diri Sendiri

Valentine atau hari kasih sayang yang diperingati pada 14 Februari setiap tahunnya. Pada umumnya, perayaan valentine dilakukan oleh mereka yang memiliki pasangan. 14 Februari menjadi sebuah momen untuk mengingat dan memperkuat perasaan kasih sayang yang dimiliki untuk pasangan. Tidak jarang pasangan memilih 14 Februari sebagai hari bersejarah untuk hubungan mereka. Seperti menjadi hari lamaran dan pernikahan. 14 Februari sangat istimewa untuk pasangan. Namun jangan sedih, untuk Kamu yang tidak memiliki pasangan, tidak berarti Kamu dilarang membuat perayaan pada hari valentine. Kamu bisa menjadikan valentine sebagai waktu untuk mengucapkan terimakasih kepada diri sendiri. Beberapa cara yang bisa Kamu lakukan untuk mewujudkan self reward pada hari kasih sayang tersebut. Yuk baca lebih lanjut artikel di bawah ini, untuk mendapatkan informasi lengkap mengenai kado valentine untuk diri sendiri yang kamu harus miliki.

Sebelum membahas tentang kado valentine untuk diri sendiri, mari kita mengetahui manfaat self reward pada hari valentine karena itu penting untuk psikologi kita yang masih sendiri ketika valentine, sehingga kamu tidak merasa berkecil hati.

Manfaat Self Reward pada Valentine 

Manfaat Self Reward
Manfaat Self Reward

1. Apresiasi untuk Diri Sendiri 

Perjuangan yang Kamu lakukan untuk mewujudkan beragam hal yang Kamu inginkan tidaklah mudah, terdapat beragam tantangan yang menyebabkan perasaan lelah secara fisik dan mental. Self reward menjadi salah satu cara untuk menghargai dan mengapresiasi diri sendiri atas usaha yang dilakukan selama ini. 

Self reward sangat diperlukan, terutama untuk Kamu yang sering mengabaikan suara letih dari dalam diri. Tidak jarang ketika menjalankan kehidupan sehari-hari Kamu dihadapkan dengan kesibukan yang membuat Kamu lebih mementingkan orang lain daripada diri sendiri. 

Memilih untuk berhenti dan beristirahat sebentar adalah pilihan tepat untuk meningkatkan kembali semangat di dalam diri dan membuat Kamu lebih fokus kedepannya. Valentine bisa menjadi pilihan aktu yang tepat untuk memberikan apresiasi terhadap diri sendiri. Momen yang identik dengan ksih sayang, akan membantu Kamu meningkatkan perasaan cinta dan sayang terhadap diri sendiri, sehingga Kamu tidak merasakan kesepian atau kelelahan di kemudian hari. 

Apresiasi pribadi setiap orang berbeda, Kamu bisa memberikan hadih, waktu luang atau menghilang dari kesibukan selama ini, untuk recharge energy dan memiliki peforma yang lebih baik. 

2. Menanamkan Pikiran Positif

Beristirahat dari kesibukan sehari-hari akan membantu Kamu menanamkan pikiran positif terhadap diri dan situasi. Hal ini akan membantu Kamu menghadapi berbagai tantangan yang ada kedepannya. Sikap positif dari dalam diri mempermudah Kamu berfikir dan berkreativitas sehingga hal yang Kamu usahakan bisa terwujud dengan baik. 

3. Mengembalikan Semangat

Burn out atau overwhelming terhadap kegiatan sehari-hari akan membuat Kamu tidak fokus dan produktivitas menjadi berkurang. Salah satu penyebabnya adalah kesibukan yang padat dan waktu istirahat kurang. Burn out bisa mengurangi semangat diri untuk menyelesaikan tanggung jawab yang ada. 

Kamu bisa memilih valentine sebagai waktu untuk beristirahat sejenak dari beragam kesibukan yang ada. Mengistirahtkan tubuh, pikiran dan juga mental akan membuat Kamu menjadi pribadi dengan energi yang lebih positif. Perasaan semangat juga akan muncul setelah beristirahat dari penatnya kesibukan. 

Walaupun dihari kasih sayang, Kamu tidak memiliki pasangan utuk merayakan momen tersebut. Kamu tetap bisa mengembalikan semangat, melalui apresiasi diri atau self reward yang Kamu lakukan. Istirahat sangat penting, terutama untuk Kamu yang dihadapkan dengan beragam kesibukan. 

4. Memotivasi Diri 

Motivasi Diri Saat Valentine
Motivasi Diri Saat Valentine

Stress yang disebabkan kesibukan tanpa henti tidak jarang menghilangkan motivasi diri dalam memandang dunia. Tidak jarang perasaan negatif menguasi diri lebih banyak dibandingkan dengan pikiran positif. 

Stress bisa dikurangi dengan cara mengatur waktu kerja dan beristirahat disela-sela kesibukan. 14 Februari bisa menjadi momen untuk Kamu beristirahat. Walaupun berada di awal tahun, Kamu tetap bisa mengambil 1 atau 2 hari untuk berhenti sejenak dari kesibukan. Sehingga motivasi di dalam diri menjadi lebih besar. 

Apresiasi diri atau self reward bisa meningkatkan perasaan pengharagaan dan mencintai diri sendiri. JIka seseorang sudah memiliki perasaan penghargaan tinggi terhadap diri sendiri, maka motivasi diri untuk berperilaku lebih baik akan tumbuh dengan baik. 

5. Meningkatkan Kepercayaan Diri 

Beragam hal yang kita dengar dan dirasakan dalam aktivitas sehari-hari tidak jarang membuat kepercayaan diri menghilang. Apresiasi terhadap diri sendiri bisa meningkatkan kembali kepercayaan diri. Self reward akan membuat diri menjadi lebih baik. 

Ide Hadiah Kado Valentine Untuk Diri Sendiri Saat Hari Valentine

Mengingat betapa pentingnya self reward, sangat disarankan bagi Kamu untuk melakukannya. Beberapa ide berikut ini bisa Kamu terapkan sebagai wujud self reward terhadap diri sendiri:

1. Mengucapkan hal positif terhadap diri sendiri 

Hal sederhana yang bisa Kamu lakukan untuk mengapresiasi diri sendiri adalah mengucapkan rasa terimakasih dan perkataan baik terhadap diri sendiri. Hal ini tidak mudah unutk dilakukan. Tidak jarang Kita menyampaikan kritikan kejam terhadap diri sendiri lebih dari yang dilakukan oleh orang lain. 

Berterimakasih dan berpikiran positif terhadap diri sendiri menjadi langkah awal untuk self reward. Jika Kamu sudah mempercayai diri sendiri dan menerima apapun yang ada padanya, maka Kamu akan diliputi energi positif tiada batas. Hal ini sangat penting untuk menghadapi beragam hal yang terjadi di masa depan. 

Kamu bisa melakukan butterfly hug untuk memberikan rasa nyaman kepada diri sendiri, kemudian ucapkan kata-kata baik dan terimakasih karena sudah bertahan sampai detik ini dan atas pencapaian yang bisa Kamu dapatkan selama ini. 

Meningkatkan rasa sayang terhadap diri sendiri, akan memudahkan Kamu berbagi kasih dengan lingkungan sekitar. 

2. Kue Perayaan 

Kue yang berisi ungkapan manis tidak bisa dipisahkan dari berbagai perayaan, termasuk apresiasi untuk diri sendiri. Menghadiahkan diri sendiri dengan kue coklat simple menjadi self reward sederhana lainnya yang bisa Kamu lakukan. 

Selain ucapan baik yang Kamu tujukan untuk diri sendiri, rasa manis kue akan membantu meningkatkan mood Kamu. 

Baca Juga : Kreasi Kue Ulang Tahun Black Forest

3. Buket Bunga 

Buket Bunga FlowerAdvisor
Buket Bunga FlowerAdvisor

Hari kasih sayang identik dengan rangkaian bunga yang diberikan seseorang kepada pasangannya. Buket dengan beragam rangkaian bunga cantik membawa pesan kasih sayang. Walaupun tidak mendapatkannya dari orang lain, Kamu bisa menghadiahkannya untuk diri sendiri. 

Hadiah ini sangat cocok untuk Kamu yang menyukai buket bunga valentine, tampilan yang cantik dan wanginya yang harum akan memanjakan indera penglihatan dan penciuman Kamu. Dan bisa menjadi self reward terbaik. 

4. Menghadiri Konser Idola Favorit 

Khusus untuk Kamu yang memiliki idola favorit, memesan tiket idola menjadi self reward terbaik. Evoria yang dirasakan selama konser berlangsung bisa membantu Kamu melupakan streaa karena kegiatan sehari-hari. 

Walupun terhalang corona, Kamu tetap bisa menghadiri konser online idola favorite. Keluar dari kesibukan sehari-hari, bukan ide yang buruk. Hal ini bisa membantu Kamu terhindar dari stress berlebih dan mengembalikan semangat kerja. 

5. Memberikan Waktu untuk Diri Sendiri 

Jika Kamu adalah seorang introvert yang mengembalikan energi dengan menghindar dari keramaian. Self reward yang bisa Kamu terapkan ketika valentine adalah memberikan waktu untuk diri sendiri. Kamu bisa melakukan beragam kegiatan mandiri. Seperti menghabiskan waktu sendiri sembari menonton list film yang selama ini ingin Kamu saksikan, atau bisa dengan membaca buku favorit sembari mendengarkan musik yang menenangkan. 

Self reward tidak harus mahal, semuanya tergantung pada perspektif yang Kamu miliki dan cara setiap individu menikmati waktu dengan diri sendiri. Hari kasih sayang menjadi momen tepat untuk berterimakasih pada diri sendiri. Self reward akan meningkatkan kepercayaan diri dan kepercayaan diri. Kalau Kamu sendiri bagaimana cara menunjukkan apresiasi terhadap diri sendiri ? 

Share:

Leave a Reply