Bunga Anggrek
Bunga Anggrek

Salah satu jenis tanaman anggrek yang banyak digemari oleh pecinta tanaman adalah anggrek bulan. Anggrek bulan memiliki nama latin Phalaenopsis Amabilis atau puspa pesona. Berdasarkan pada klasifikasi ilmiah, bunga anggrek bulan termasuk kedalam kerajaan plantae dengan ordo Asparagales dan family Orchidaceae. Subfamili bunga anggrek bulan adalah Epidendroideae dengan genus Phalaenopsis. Anggrek bulan pertama kali dikenalkan oleh ahli botani asal Belanda yaitu Dr. C. L. Blume.

Anggrek bulan menjadi salah satu spesies yang dianggap penting dalam genus Phalaenopsis. Hal ini dikarenakan tumbuhan ini memiliki peran sebagai induk yang akan menghasilkan berbagai hibrida atau keturunan. Anggrek bulan tumbuh dengan cara menjuntai.

Tanaman anggrek bulan tidak hanya tersebar di Indonesia, akan tetapi jenis tanaman anggrek ini juga ditemukan di Malaysia, Filipina, Papua sampai ke Australia. Anggrek bulan bisa hidup dengan baik 600 meter di atas permukaan laut. Anggrek hidup dengan cara epifit atau menempel pada batang atau cabang pohon di pedalaman hutan. Setidaknya anggrek bulan terdiri dari 60 jenis spesies yang terdiri dari 140 varietas dan hampir 60 varietas anggrek bulan bisa ditemui di Indonesia.

Bunga anggrek bulan ditetapkan sebagai bunga  nasional yang dikenal sebagai puspa pesona mendampingi bunga melatai atau puspa bangsa dan pada raksasa atau puspa langka.  Anggrek bulan mempunyai beragam nama panggilan di Indonesia. Di wilayah Jawa dan Bali anggrek bulan dikenal dengan nama anggrek wulan, sedangkan di daerah Maluku masyarakat memanggilnya dengan sebutan anggrek terbang dan di pulau Jawa anggrek bulan juga dikenal dengan anggrek menur.

Karakteristik yang membuat bunga anggrek bulan banyak digemari oleh pecinta tanaman di Indonesia

Bunga Anggrek
Bunga Anggrek

Anggrek bulan hidup dengan baik pada daerah yang disinari cahaya matahari karena jenis tanaman anggrek ini termasuk kedalam tanaman monopodial. Karakteristik dari tanaman anggrek bulan adalah mempunyai daun yang bewarna hijau dan bentuknya memanjang serta melebar pada bagian ujungnya. Panjang daun anggrek bulan berkisar antara 20 sampai 30 cm dengan lebar 5 sampai 8 cm. Jumlah daun yang dimiliki anggrek bulan tidak lebih dari lima helai. Anggrek bulan hidup diatas akar-akar yang bewarna putih dengan bentuk bulan memanjang dan terasa berdaging jika disentuh.

Tanaman ini bisa hidup pada dataran rendah sampai ke pegununga. Anggrek bulan biasanya hidup dengan baik pada ketinggian 50 sampai 600 diatas permukaan laut. Jenis anggrek ini juga bisa hidup pada ketinggian 700 sampai 1.100 di atas permukaan laut. Anggrek bulan tumbuh menempel pada pohon yang cukup rindang atau hidup secara epifit. Anggrek menyukai tempat yang terlindung dari cahaya matahari atau daerah lembab, terutama di daerah hutan basah yang mempunyai curah hujan 1.000 sampai 2.000 mm per tahun. Walupun termasuk kedalam salah satu jenis tanaman tropis, anggrek bulan hanya membutuhkan sedikit cahaya matahari.

Bunga anggrek bulan mempunyai wangi yang unik dan khas yang membedakannya dari jenis tanaman anggrek lainnya. Bunga anggrek bulan bisa mekar dalam waktu yang lama. Anggrek bulan mempunyai batang yang sangat pendek serta diselimuti dengan seludang daun.

Alasan lain yang menarik perhatian pecinta tanaman untuk menjadikan anggrek bulan sebagai salah satu koleksinya adalah anggrek bulan mempunyai corak dan warna yang beragam. Warna menarik dari anggrek bulan merupakan hasil persilangan yang dilakukan oleh ahli botani. Beberapa jenis anggrek bulan yang popular di Indonesia adalah:

Tanaman Bunga Anggrek
Tanaman Bunga Anggrek

1. Anggrek bulan Bangkok

Masyarakat biasanya mengenal jenis anggrek bulan ini sebagai anggrek bulan Thailand. Anggrek bulan Bangkok memiliki warna yang lebih cerah dibandingkan dengan jenis anggrek loka. Anggrek ini memiliki batang yang lebih tinggi dan tebal. Alasan yang menjadikan anggrek bulan Bangkok popular diantara pecinta tanaman karena kesegarannya bertahan lebih lama.

2. Anggrek bulan Taiwan

Anggrek bulan Taiwan termasuk salah satu komoditi impor di Indonesia. Pecinta tanaman di Indonesia menyukai tanaman impor ini karena memiliki warna beragam dan warna bunga yang lebih menyala sehingga lebih menarik ketika dilestarika. Selain itu, bunga anggrek bulan Taiwan mudah dibudidayakan. Jenis tanaman anggrek bulan ini mempunyai kelopak Bungan yang lebih tebal, yang membuat tanaman ini bisa mekar lebih lama.

3. Anggrek bulan lokal

Jenis tanaman anggrek bulan yang banyak ditemui di wilayah Indonsia dan menjadi salah satu bunga nasional. Jenis anggrek bulan ini juga menjadi tanaman popular dikalangan pecinta tanaman di Indonesia. Anggrek bulan lokal bisa hidup dengan baik di berbagai wilayah di Indonesia. Karakteristik dari anggrek bulan adalah mempunyai batang yang tidak ada gembungan dan bisa mekar dalam waktu yang lama.

4. Anggrek bulan premium

Karakteristik yang membedakan anggrek bulan premium dengan jenis anggrek bulan lainnya adalah jenis anggrek ini menghasilkan banyak bunga dalam satu pohon. Anggrek premium dihasilkan dari proses kultur jaringan.

5. Anggrek bulan putih

Anggrek Bulan Putih
Anggrek Bulan Putih

Warna putih yang mendominasi bunga anggrek ini menjadikan jenis anggrek bulan ini sangat mengangumkan ketika dilihat. Pada bagian tengah bunga memiliki warna kuning atau ungu. Tampilan cantik dari bunga ini akan memperindah taman yang Kamu miliki.

6. Anggrek bulan black jack

Keunikan dari jenis anggrek bulan ini adalah warna bunga anggreknya yang agak merah kehitaman. Ketika dilihat dari dekat warna bunganya seperti ada sensasi warna ungu. Warna gelap yang dimiliki anggrek bulan jenis ini membuat tampilannya menjadi lebih anggun, sehingga sangat cocok untuk dijadikan salah satu koleksi tanaman hias Kamu di rumah.

7. Anggrek bulan mini

Anggrek bulan mini atau dikenal dengan nama anggrek bulan novelty. Karakteristik dari jenis anggrek bulan ini adalah mempunyai bunga dengan ukuran yang lebih kecil jika dibandingkan dengan anggrek pada umumnya. Walupun kecil, bunga ini menghasilkan bau yang wangi serta memiliki warna yang cerah. Selain itu, bunga anggrek bulan mini memiliki kemampuan untuk sering berbunga dalam setahun. Menjadikan anggrek bulan mini sebagai salah satu jenis tanaman hias di taman rumah, akan menjadikan rumah Kamu lebih cantik dan wangi.

8. Anggrek bulan merah

Anggrek bulan jenis ini berasal dari Kawasan Asia yang dikenal dengan nama red Asian Phalaenopsis. Seperti namanya, warna merah mendominasi jenis bunga ini. Bunga anggrek bulan merah sangat elegan untuk ditempatkan di dalam ruangan.

9. Anggrek bulan kuning

Anggrek Bulan Kuning
Anggrek Bulan Kuning

Anggrek bulan kuning menjadi salah satu jenis anggrek termahal. Hal ini dikarenakan anggrek jenis ini sangat jarang ditemui. Warna kuning dari bunga anggrek bulan jenis ini mempercantik taman di rumah. Jenis yang paling populer adalah anggrek kuning lidah merah.

10. Anggrek bulan ungu

Anggrek jenis ini memiliki tinggi batang yang lebih rendah dibandingkan dengan jenis anggrek lainnya. Warna ungu dari anggrek bulan ini sangat mengesankan jika dilihat. Bunga ini bisa mekar dalam waktu 2 sampai 3 bulan.

Share:

Leave a Reply