Kenali Arti Bunga Mawar Ungu | Flower Advisor

Arti Bunga Mawar Ungu
Arti Bunga Mawar Ungu

Warna kelopak dari bunga mawar satu ini memang sangat menarik perhatian, ungu. Warnanya yang unik dan cantik menjadikan mawar ungu sebagai salah satu bunga yang bisa dijadikan sebagai pilihan untuk hadiah dan dekorasi. Namun, sebelum memberikan mawar ungu, anda harus mengetahui terlebih dahulu arti bunga mawar ungu cantik satu ini.

Arti Bunga Mawar Ungu

Warna ungu dari kelopak bunga mawar ungu bukanlah warna asli dari bunga mawar. Mawar ungu adalah hasil dari peranakan mawar putih dan mawar merah muda atau mawar merah. Karena peranakan ini, mawar ungu yang tumbuh di alam terbuka bisa memiliki beragam variasi warna ungu. Mulai dari ungu muda, ungu burgundy, sampai ungu pekat.

Baca Juga : Jenis Pohon Pisang di Indonesia

Mawar ungu pertama kali dipopulerkan pada 1800-an dan sejak saat itu mawar ungu disukai orang-orang hingga saat ini. Pada saat awal kemunculannya, mawar ungu yang umum ditemukan adalah mawar ungu dengan warna ungu muda. Namun, setelah mengalami perkembangan selama bertahun-tahun, saat ini kita bisa merangkai sebuah buket cantik yang terdiri dari berbagai macam warna ungu.

Arti Bunga Mawar Ungu memang selalu dikaitkan dengan percintaan dan perasaan. Karena memang sejak dulu mawar digunakan sebagai simbol untuk menyatakan perasaan. Bahkan, beberapa memiliki pendapat bahwa setangkai mawar lebih efektif dari surat cinta. Mawar ungu bukanlah pengecualian. Tentu saja setiap warna mawar memiliki arti dan maknanya sendiri, seperti mawar kuning yang memiliki makna pertemanan dan mawar putih yang memiliki makna permulaan cinta. Jadi, makna seperti apa yang dimiliki oleh mawar ungu?

Mawar Ungu Melambangkan Simbol Pesona

Arti Bunga Mawar Ungu | Lambang Pesona Kecantikan
Arti Bunga Mawar Ungu | Lambang Pesona Kecantikan

Bunga mawar memang sudah menjadi simbol dari kecantikan selama berabad-abad. Kecantikannya bahkan menggantikan puisi, yang pada masa lalu populer sebagai alat untuk menyatakan perasaan seseorang. Mawar ungu juga merupakan simbol dari kecantikan. Yang membuat mawar ungu berbeda adalah makna spesifiknya. Mawar ungu juga mewakili rasa kagum terhadap seseorang. Mawar ungu kerap menjadi hadiah untuk menunjukkan perasaan kagum kepada seseorang dengan pesona yang mendalam, seperti pesona mawar ungu yang elegan, unik, dan tak ada dua. Warna ungu juga dikenal dengan arti kemuliaan dan kemakmuran. Menggunakan warna ungu diberbagai acara juga bisa diwujudkan sebagai bentuk pengharapan agar orang tersebut mendapatkan kemakmuran dan kemuliaan dalam hidupnya.

Baca Juga : Buah Yang Mengandung Vitamin C

Cinta Pandangan Pertama

Arti Bunga Warna Ungu | Cinta Pandangan Pertama
Arti Bunga Warna Ungu | Cinta Pandangan Pertama

Selain menjadi simbol dari pesona yang mendalam, mawar ungu juga merupakan simbol dari cinta pertama. Spesifiknya, mawar ungu muda atau lebih dikenal dengan nama mawar lavender. Mawar lavender adalah bunga yang tepat untuk mewakili rasa cinta pandangan pertama. Namun, pastikan mawar yang akan diberikan sebagai hadiah sudah tidak lagi memiliki duiri.

Mawar lavender ada beberapa jenis karena beberapa diantaranya memiliki rona yang unik. Salah satunya adalah mawar dengan nama Everlasting Lavender. Everlasting Lavender memiliki warna ungu muda denga rona abu-abu. Everlasting Lavender memiliki aroma lembut yang sering menjadi inspirasi di dunia parfum.

Baca Juga : Boneka Ikonik Paling Lucu di 2021

Selain Everlasting Lavender, ada juga mawar Tiara. Mawar lavender Tiara sangat unik karena warna kelopaknya bertransisi dari lavender ke hijau. Semakin luar kelopaknya maka akan semakin hijau warnanya. Mawar lavender berikutnya adalah Scenta. Scenta memiliki warna lavender dengan rona krem. Ada pula mawar lavender Amnesia. Warna dari mawar lavender satu ini agak sulit untuk dideskripsikan karena warna ungu dari mawar ini memiliki keduanya, rona abu-abu dan rona krem.

Walaupun memiliki perbedaan jenis dan rona warna, makna setiap mawar lavender tetaplah sama yaitu simbol cinta pandangan pertama. Sama seperti apa yang seseorang rasakan saat pertama kali melihat mawar lavender, terpesona akan kecantikannya. 

Cinta Sejati yang Abadi

Selain cinta pada pandangan pertama, mawar ungu juga merupakan simbol dari cinta sejati yang abadi. Mawar ungu yang secara spesifik memiliki makna cinta sejati adalah mawar ungu tua, walaupun tentu saja semua mawar ungu menyimbolkan pesan ini. Dengan warna ungu yang kaya dan pekat, mawar ungu tua sangat memukau dan indah untuk dipandang. Warna ungu yang pekat juga membuat mawar ungu tua dikaitkan dengan kemenangan dan kemewahan. 

Seperti mawar lavender, mawar ungu tua juga memiliki beberapa variasi yang dipengaruhi perbedaan rona warna. Bahkan beberapanya sangat populer, seperti mawar Midnight Blue. Walaupun warna kelopaknya sangat pekat seperti langit malam, mawar Midnight Blue harus berada dibawah sinar matahari sepanjang hari untuk tumbuh dan mekar.

Selanjutnya, ada mawar ungu tua dengan rona burgundy bernama mawar Burgundy Iceberg. Mirip dengan mawar Burgundy Iceberq, Night Owl juga mawar ungu dengan rona merah. Pembeda antara kedua jenis mawar ungu ini adalah rona merah yang lebih pekat pada Night Owl. Setelah itu, ada mawar ungu tua yang pekat dan harum bernama mawar Ebb Tide. Arti Bunga Warna ungu pada mawar Ebb Tide sangat kaya seperti warna ungu pada buah plum. 

Manfaat Mawar Ungu

Manfaat Warna Ungu
Manfaat Warna Ungu

Memberikan mawar ungu kepada seseorang merupakan pilihan yang tepat. Dengan warna kelopak yang begitu cantik dan maknanya yang penuh cinta, terlebih lagi tentang cinta pandangan pertama yang pastinya sangat berkesan untuk sebagian orang, tidak heran mengapa orang sangat menyukai mawar ungu sejak awal mawar ini dipopulerkan. Namun, selain dijadikan sebagai hadiah, mawar ungu juga cocok untuk dijadikan dekorasi. Warnanya yang memikat akan menarik perhatian seseorang saat memasuki ruangan. Mawar ungu juga sering dipilih sebagai dekorasi resepsi pernikahan karena memberikan kesan yang mewah. 

Mawar ungu juga bisa dikonsumsi. Kandungan kelopak mawar yang mengandung 99% air dan kalori sejumlah 0%, tidak heran banyak orang memilih untuk mengonsumsi mawar. Kelopak mawar ungu juga bisa dijadikan minuman, yaitu teh mawar. Sangat mudah cara untuk membuat teh mawar. Anda hanya memerlukan kelopak bunga mawar yang tumbuh tanpa pestisida, setelah itu yang harus anda lakukan adalah mencuci kelopak-kelopak mawar tersebut sebelum merebusnya dengan air. Tiriskan, maka teh mawar pun siap untuk disajikan.

Selain karena aroma nya yang menenangkan, kelopak bunga mawar juga memiliki rasa yang enak untuk dikonsumsi. Mungkin anda bingung mengapa bunga mawar dikonsumsi, karena memakan bunga terdengar cukup aneh ditelinga. Karena ternyata bunga mawar juga baik untuk kesehatan. Bahkan, di masa lalu teh mawar dikonsumsi sebagai obat untuk berbagai macam penyakit dan juga gangguan kecemasan. 

Kesimpulan Arti Bunga Mawar Ungu

Arti Bunga Warna Ungu
Arti Bunga Warna Ungu

Maka dari itu bunga mawar memang tidak diragukan lagi khasiatnya. Baik arti, makna, ataupun manfaat dari mawar ungu, membuktikan bahwa bunga mawar satu ini bukan hanya tumbuhan hias saja. Bunga mawar menyimbolkan hal-hal yang lebih baik dari sekedar kata-kata.  Sudah cantik, memiliki berbagi makna, dan punya banyak manfaat pula, sungguh bunga yang mempesona, bukan?

Add a Comment