Manfaat Bunga Kastuba
Manfaat Bunga Kastuba

Bunga kastuba merupakan salah satu bunga yang memiliki kaitan erat dengan natal. Bunga natal ini berasal dari Meksiko. Bunga kastuba yang umumnya diketahui orang adalah bunga dengan daun hijau dan kelopak merah. Tentunya nuansa seperti itu sangat menggambarkan nuansa natal. Bunga kastuba dikenal sebagai bunga yang beracun, namun nyatanya manfaat bunga kastuba dapat dilihat dan dicari di internet. Banyak orang telah menulis manfaat bunga kastuba yang jarang diketahui. Yuk Kita Ketahui Bersama manfaat Bunga Kastuba hanya di floweradvisor!

Di Spanyol, bunga ini disebut flor de nochebuena yang artinya adalah bunga malam natal. Selain sebutan tersebut, bunga ini juga disebut arbolito de navidad yang artinya tanaman natal. Beda lagi dengan cerita rakyat yang ada di Amerika Serikat, kastuba adalah makhluk  perkasa dari dunia lain yang. Cerita tersebut datangnya dari Suku Maya. Di FlowerAdvisor tersedia juga bunga natal yang dijual setiap hari Desember

Manfaat bunga kastuba

Manfaat bunga kastuba mungkin jarang diketahui oleh banyak orang. Namun manfaat bunga kastuba juga dipercaya cukup manjur sebagai obat luar.

Manfaat Daun kastuba memiliki kandungan saponin, lemak, amylodextrin, dan alkaloid. Senyawa-senyawa yang terkandung pada daun kastuba tersebut diteliti dapat menyembuhkan luka pada kulit. 

Beberapa sumber menyebutkan bahwa kastuba adalah tanaman yang dapat dikonsumsi. Daun kastuba yang telah dicuci bersih dapat langsung direbus untuk dimakan. Manfaat bunga kastuba dengan hidangan ini adalah mineral dan seratnya. 

Selain itu, beberapa sumber juga mengatakan bahwa manfaat bunga kastuba adalah dapat disayur. Daun kastuba dapat disayur setelah dibersihkan. Daun ini biasanya dijadikan salah satu bahan pada sayur lodeh.

Manfaat bunga kastuba yang lainnya adalah dapat melancarkan pencernaan. Hal ini karena kastuba memiliki vitamin C, serat, klorofil, dan zat besi.

Cara memastikan bunga kastuba sehat

  1. Saat membeli bunga kastuba, pilihlah yang terlihat sehat. Daun yang sehat berwarna hijau tua. Jika daun terlihat menguning  atau bitnik kuning artinya daun tersebut tidak sehat. Jangan pilih daun yang kering atau layu. 
  2. Pilihlah daun yang lebat. Daun yang jarang tidak akan memikat untuk dilihat. Pastikan tinggi dari tanaman kastuba juga pas. Tinggi terbaik adalah 2-3 kali dari pot.
  3. Tanah yang memiliki kelembaban cukup. Periksalah tanah dengan jari, jika tanah terasa lembab maka tanah tersebut baik bagi bunga kastuba. Namun, jika tanah lembab dan daun terlihat layu artinya terjadi kebusukan pada akar.
  4. Bunga kastuba memiliki bunga pada bagian tengah tanaman. Bunga-bunga tersebut berwarna merah dan hijau tentunya. Jika bunga-bunga tersebut berwarna kuning, artinya tumbuhan ini sudah berusia tua dan akan segera mati.
  5. Penjual kastuba tidak akan membungkus kastuba dengan plastic atau kertas, jika hal ini terjadi artinya tanaman sudah rusak dan mudah gugur.
  6. Kastuba akan cepat layu jika terpapar suhu yang lebih rendah, sebaiknya jaga kastuba di tempat yang paling aman untuknya. 

Cara merawat bunga kastuba

Cara Merawat Bunga Kastuba
Cara Merawat Bunga Kastuba

Bunga kastuba memiliki beberapa warna yang berbeda. Macam-macam bunga kastuba dapat dibedakan pada warnanya. bunga kastuba ada yang berwarna merah, putih, kuning, bahkan campuran. Merawat bunga kastuba tidaklah sulit. Berikut caranya:

  • Letakan tanaman kastuba pada tempat yang tidak terkena sinar matahari secara langsung, namun tetap mendapat sinar seperti tepi  jendela. Yang perlu diperhatikan adalah jangan biarkan daun menyentuh kaca jendela.
  • Suhu paling tepat untuk memelihara kastuba adalah 18⁰C – 21⁰C. Suhu yang tidah sesuai akan membuat warna merah pada kastuba tidak cerah, selain itu suhu yang terlalu dingin akan membuatnya rusak dan mati.
  • Siram kastuba secara teratur terutama saat kastuba merasa kering. Rajin-rajinlah mengecek kelembaban tanah pada kastuba. Kastuba tidak menyukai tanah yang kering. Meskipun begitu, jangan baiarkan kastuba terlalu basah karena dapat menyebabkan akar busuk.
  • Berilah pupuk pada tanaman ini. Pupuk yang cocok untuk kastuba adalah pupuk yang disemprotkan pada daun. Setelah menanam bunga kastuba selama 8 minggu baru boleh diberikan pupuk. Jarak paling efektif untuk memupuk adalah 2 minggu. Pupuk berfungsi untuk merawat daun dan menstimulasi pertambahan daun

Bentuk bunga kastuba 

Bentuk Bunga Kastuba
Bentuk Bunga Kastuba

Bunga pada kastuba bukanlah pada bagian merah. Bagian merah pada tanaman ini adalah daun yang nantinya akan berubah menjadi hijau. Bunga pada kastuba adalah bagian kecil yang dikelilingi daun merah.

Terdapat bunga kecil-kecil seperti melati yang belum mekar pada bagian tangah kastuba, itu adalah bunganya. Bunga-bunga kecil itu berwarna hijau dan merah. Ukurannya tidak akan berubah selama kastuba hidup. 

Jika bunga kastuba tersebut berubah warna menjadi kuning, artinya bunga tersebut sudah tidak lagi sehat. Menandakan bunga tersebut mudah gugur dan akan segera mati. 

Apakah bunga kastuba berbahaya?

Apakah Bunga Kastuba Berbahaya.
Apakah Bunga Kastuba Berbahaya.

Selain manfaat bunga kastuba yang telah dibahas, hal penting yang perlu dibahas adalah mengenai racun pada bunga kastuba. 

Kastuba dapat menyebabkan gatal dan ruam jika terkena getahnya. Untuk mengatasinya segera cuci bagian kulit yang bergesekan dengan kastuba. Jika masih tetap terasa gatal, sebaiknya kompres dengan air es.

Jika kastuba terkonsumsi penyakit yang kemungkinan akan muncul adalah diare. Maka jangan memakan daun kastuba. Jika tidak sengaja termakan, segera lepehkan dan kumur dengan air.

Alergi lateks? Artinya perlu juga untuk tida bersentuhan dengan kastuba. Kandungan protein pada lateks dan kastuba adalah kandungan yang sama. Sebaiknya hindari kontak dengan kastuba atau bahkan buang jauh-jauh pikiran untuk memelihara kastuba jika memiliki alergi lateks.

Selain pada kulit, getah kastuba juga bahaya kesehatan mata. Jangan biarkan getahnya mengenai mata karena akan membuat mata iritasi. Jika mata tidak sengaja terkana getah kastuba, segeralah basuh mata dengan air mengali

Legenda bunga kastuba

Legenda Bunga Kastuba
Legenda Bunga Kastuba

Manfaat bunga kastuba yang telah diketahui tentunya dapat menambah ilmu. Selain manfaat bunga kastuba, hal lain untuk menambah informasi mengenai bunga kastuba adalah legendanya. 

Sebuah legenda menceritakan seorang anak kecil yang miskin di Meksiko sedang kebingungan di malam natal. Ia menuju gereja tetapi belum mengetahui kado apa yang harus diberika pada Kristus. Sebab anak itu tidak memiliki uang untuk membeli kado.

Sepanjang jalan anak tersebut kebingungan, akhirnya Ia hanya memetik tanaman di jalan menuju gereja. Ia menginat bahwa, bukan kadonya yang terpenting tetapi niat dan ketulusan hati yang memberi.

Setelah anak tersebut sampai gereja dengan membawa tanaman hias tersebut, seketika para umat yang sedang mengikuti Misa terdiam kagum. Bunga tersebut berubah menjadi merah merekah dan berkilauan. 

Hal tersebut menjadi legenda akan keajaiban natal. Pelajaran yang terpenting adalah bahwa Tuhan melihat ketulusan dari umatnya bukan dari harga hadiah yang Ia terima. 

Sejak saat itu, di Meksiko bunga kastuba menjadi bunga hiasan untuk natal. Selain di Meksiko, bunga kastuba menjadi hiasan pada hari natal di negara-negara lainnya.

Share:

Leave a Reply