5 Kreasi Kue Ulang Tahun Black Forest yang Wajib Kamu Coba

Black forest menjadi varian kue cokelat yang paling populer dijadikan sebagai kue ulang tahunBlack forest adalah kue yang berasal dari negara Jerman. Bahan utama pembuatan kue black forest adalah dark chocolate yang memberikan warna hitam unik pada kue ini. Black forest dilengkapi dengan cream yang mempercantik tampilan kue. Fermentasi buah leci dijadikan hiasan dengan cara diletakkan dibagian atas kue.

Kue Black Forest
Kue Black Forest

Di negara asalnya yaitu Jerman kue ini diberi nama Schwarzawalder KirschtorteBlack forest merupakan kue khas dari Jerman yang dikenal di berbagai negara di dunia. Nama black forest diambil dari bentuk dan bahan utama pembuat kue. Black diambil dari bahan utama kue yaitu dark chocolate yang menjadikan warna unik pada bolu cokelat. Bolu kemudian dilapisi dengan krim segar. Taburan cokelat serut di bagian atas kue menjadi dasar penamaan forest pada kue ini. Nama black forest juga diambil dari daerah asal kue ini yaitu dari wilayah Black Forest.

Kue ini diyakini pertama kali ditemukan pada tahun 1915 oleh seorang pembuat kue yang bernama Bad Godseberg yang berasal dari daerah Danau Constance, daerah berada dekat dengan Black Forest. Kemudian dia menamakan kue tersebut sesuai dengan nama daerahnya. Terdapat beberapa pendapat tentang penamaan kue ini. Sebagian meyakini jika parutan cokelat yang berada di atas kue mungkin melambangkan Black Forest. Sedangkan sebagian lainnya mempercayai jika nama kue mengandung kata Kirschwasser yang menjadi ciri khas daerah Black Forest. Pendapat lainnya adalah nama kue berasal dari pakaian tradisional yang dikenakan oleh wanita Black Forest yang bewarna hitam dengan blus putih dan topi putih serta bola – bola merah yang melambangkan buah ceri.

Kue Black Forest
Kue Black Forest

Kamu bisa membuat kue bleck forest yang akan kamu sajikan pada perayaan hari spesial kamu. Pembuatan kue black forest terkenal simple dan setiap tahapan pembuatannya bisa Kamu ikuti dengan baik. Jika kamu ingin membuat kue black forest kamu harus mempersiapkan bahan- bahan berikut ini:

  1. 100 gram tepung terigu
  2. 200 gram gula pasir
  3. 40 gram tepung maizena
  4. 1 sendok makanan emulsifier
  5. 100 gram mentega
  6. 60 gram cokelat bubuk
  7. 8 butir telur
  8. ¼ sendok teh vanili

Untuk hiasannya kamu memerlukan beberapa bahan berikut ini, yaitu:

  1. 500 gram krim kocok / butter cream
  2. 10 buah cherry merah
  3. 100 gram Dark Cooking Chocolate
  4. 1 kaleng cherry hitam, saring kemudian pisahkan airnya.
Kue Black Forest
Kue Black Forest

Tahapan yang harus kamu ikuti agar bisa membuat kue black forest yang baik adalah:

  1. Cairkan margarin menggunakan wajan yang sudah dipanaskan sebelumnya. Setelah mencair, margarin disisihkan kedalam wadah, kemudian tunggu sampai margarine cair bersuhu ruangan.
  2. Selanjutnya, Kamu bisa membuat adonan kuenya, dengan cara aduk dan saring bahan – bahan kering seperti tepung terigu, coklat bubuk dan tepung maizena. Kemudah masukkan kedalam satu wadah dan sisihkan.
  3. Kemudian aduk telur, gula dan emulsifier menggunakan mixer sampai merata dan mengembang. Aduk menggunakan mixer dengan kecepatan tinggi.
  4. Setelah itu, kecepatan mixer perlahan – lahan diturunkan, kemudian tuangkan campuran bahan – bahan kering sebelumnya. Masukkan dengan cara perlahan sambil di aduk hingga semua bahan tercampur merata.
  5. Masukkan adonan yang sudah di buat kedalam Loyang yang sebelumnya sudah diolersi dengan menggunakan margarine. Tujuannya agar Loyang tidak lengket, dan kuenya mudah dikeluarkan setelah dipanggang.
  6. Kemudian panggang adonan kedalam oven yang ebrsuhu 180 derajat selama 20 menit sampai matang dan memiliki warna kecoklatan. Angkat dan sisihkan kue sampai dingin.
  7. Setelah dingin, Kamu bisa mengeluarkan kue dari cetakan.
  8. Bagi kue menjadi dua bagian.
  9. Tahapan selanjutnya adalah Kamu harus membasahi permukaan kue dengan air cherry hitam.
  10. Kamu bisa mengoleskan butter cream ke salah satu lapisan kue secara merata.
  11. Kemudian Kamu bisa menumpuk kembali kue tersebut dan bagian atasnya dilapisi dengan buttercream.
  12. Setelah semua adonan tertutupi secara rapi dengan butter cream, Kamu bisa menghias kue blackforest menggunakan parutan cokelat dan cherry merah di atasnya.

Black Forest yang sudah kamu bikin, bisa kamu sajikan sebagai hidangan utama dalam acara perayaan ulang tahun. Tampilan black forest bisa Kamu sesuai kan dengan keinginan kamu sendiri. Kamu bisa mengkreasikan bentuk dasar kue black forest dan juga hiasannnya.

Black Forest yang biasanya digunakan dalam perayaan ulang tahun hanya terdiri dari satu tingkatan. Kamu bisa membuat kreasi dengan menumpuk bahan kue menjadi beberapa tingkatan dan dihias sesuai dengan keinginan Kamu. Selain berbentuk kue biasa, sekarang black forest bisa Kamu kreasikan menjadi berbagai makanan unik yang berbeda dan kekinian. Berikut beberapa kreasi yang bisa Kamu temukan dari black forest:

1. Waffle Black Forest

Pada umumnya waffle identik dengan warna kuning keemasan. Namun, akhir- akhir ini muncul kreasi baru yang membuat waffle berbeda. Waffelicious menawarkan sajian baru dari waffle dengan beragam warna. Salah satunya adalah waffle bewarna hitam yang memiliki rasa black forest yang akan memanjakan lidah Kamu saat memakannya.

2. Black Forest Gelato

Gelato yang sangat disukai orang – orang sebagai pendingin di siang hari. Geleto identik dengan rasa yang manis. Salah satu kedai yang menyediakan gelato di daerah Puri Indah Jakarta memiliki varian baru yang khas yaitu black forest gelato. Rasa yang ditawarkan kedai ini adalah rasa rum yang sangat kuat.

3. Susu Black Forest

Selain disajikan menjadi makanan, sekarang ini Kamu bisa menemukan kreasi baru dari blackforest dalam bentuk minuman. Gerai minuman yang berada di daerah Meruya dan Tebet menawarkan minuman susu yang mempunyai cita rasa black forest yang disuguhkan dengan toping gulali yang manis.

4. Martabak Black Pool

Martabak manis yang biasanya disajikan bewarna kuning atau bewarna hijau untuk varian pandan. Sekarang penjual martabak sudah menambahkan kreasi baru dengan memanfaatkan bahan dasar black forest. Martabak yang bewarna hitam ini menjadi kreasi lainnya dari kue black forest yang bisa Kamu cicipi. Selain bahan dasarnya yang bewarna hitam, Kamu juga bisa memilih berbagai toping yang akan membuat rasa martabaknya makin kaya. Seperti cream chees dan oreo.

5. Choco Forest

Kreasi lain dari black forest yang bisa kamu temui adalah Choko Forest. Kreasi ini merupakan perpaduan black forest dan toast bread. Kedai yang berlokasi di daerah Gandaria, Jakarta memiliki toast bread black forest.

Kue
Kue

Kehadiran kue ulang tahun adalah elemen penting dalam perayaan acara. Kamu bisa melengkapi kue blackforst dengan lilin diatasnya. Perayaan ulang tahun tidak lengkap dengan upacara potong kue dan tiup lilin. Selain menyajikan kue black forest dalam kreasi biasa, kamu bia menyajikan berbagai kreasi black forest untuk membuat perayaan ulang tahun makin istimewa.

Leave a Reply