Perayaan ulang tahun yang dilakukan oleh berbagai kalangan tanpa memanda batasan usia maupun status sosial selalu identik dengan tradisi tiup lilin dan potong kue. Berbagai jenis kue disiapkan untuk memeriahkan momen tersebut. Salah satunya adalah jenis kue cokelat. Rasa cokelat yang manis membuat siapa saja yang disajikan hidangan ini tak kuasa menolaknya.

Kue Cokelat
Kue Cokelat

Selain rasa yang manis, pengolahan cokelat menjadi beragam jenis kue menjadikannya makin istimewa dan pilihan yang tepat untuk dihadirkan pada perayaan ulang tahun. Kue menjadi instrumen utama dalam acara perayaan ulang tahun. Sebagian besar tamu yang menghadiri acara tersebut memberikan perhtian lebih terhadap kue yang disajikan. Tidak hanya dari segi rasa, namun juga tampilan kue ulang tahun menjadi isu yang sering diperhatikan oleh peserta acara. Kue cokelat sering ditemukan dalam perayaan ulang tahun.

Kue cokelat banyak dipilih dan dijadikan kue utama dalam perayaan pesta ulang tahun karena memiliki rasa yang manis dan rasa yang enak. Selain itu, kue cokelat dinilai juga mampu meningkatkan mood orang yang memakannya. Hal ini dikarenakan kandungan cokelat didalam kue yang dikenal sebagai penstabil emosi, tidak heran dengan mengkonsumsi kue cokelat bisa memberikan energy positif. Simbol dan makna cokelat yang sering kali diidentikkan sebagai lambang tanda cinta dan kasih sayang, manambah deretan alasan untuk kamu menghadirkan kue cokelat sebagai bagian dari perayaan.

Sejarah Kue Cokelat

Kue Cokelat
Kue Cokelat

Kehadiran kue cokelat dimulai dengan penemuan cokelat. Pada tahun 1970, cokelat menjadi bahan makanan yang sangat populer di kalangat elit Inggris dan Amerika. Kalanan bangsawan tersebut menikmati cokelat dengan cara menyeduhnya menjadi minuman. Pada akhir abad ke -17 dan awal abad ke-18 di daerah New England memanfaatkan cokelat sebagai salah satu menu sarapan.

Pada periode yang sama tepatnya pada abad ke- 17 bubuk kakao yang diproduksi oleh Amerika ditambahkan ke resep kue tradisional. Hal ini menjadi mula pembuatan kue cokelat. Pada tahun 1828 seseorang dari Belanda yang bernama Conraad Van Houten mengembangkan metode untuk mengekstraksi lemak yang dihasilkan cairan kakao untuk membuat mentega kakao. Concraad juga menemukan cara untuk membuat kakao batu dan kakao bubuk yang dibuat dengan cara menghilangkan lemak dari kakao.

Berkat penemuan Concraad cokelat berubah dari makanan yang mewah dan ekslusif menjadi cemilan enak harian yang murah. Pada tahun 1879 Rodelphe Lindt menemukan cara untuk membuat cokelat menjadi lebih halus dan lembut yang dikenal dengan teknik conching. Berkat temuannya, bubuk cokelat menjadi lebih mulus dan mudah dicampur dengan adonan kue lainnya, sehingga adokan kue lebih mudah untuk dipanggang. Dari tahun 1890 sampai 1900, sebagian besar resep cokelat digunakan untuk meracik minuman cokelat, sedangkan pengaplikasiannya untuk membuat kue hanya digunakan sebagai isian dan glasir. Pada tahun 1886 seorang juru masak asal Amerika Serikat mulai mengembangkan resep pembuatan kue cokelat dengan cara menambahkan cokelat kedalam adonan kue dan kue buatannya menjadi kue cokelat pertama di Amerika Serikat.

Kue Cokelat
Kue Cokelat

Beberapa Jenis Kue Cokelat yang Bisa Kamu Jadikan Pilihan dalam Perayaan Hari Ulang Tahunmu

1. Blackforest

Balckforest menjadi jenis kue cokelat yang paling banyak diminati masyarakat. Kue ini berasal dari negara Jerman. Nama blackforest diambil dari bahan utama pembuatan kuenya. Kue blackforest dibuat dengan bahan utama yaitu dark cokelat yang memberikan warna khas pada jenis kue cokelat ini. Sedangkan forest menggambarkan serutan cokelat yang menjadi hiasan pada bagian atas kue yang terlihat seperti forest. Kue blackforest klasik identik dengan hiasan krim vanilla dan fermentasi buah ceri diatasnya.

2. Opera Cake

Jenis kue cokelat ini pertama kali dikenalkan di negara Perancis. Opera cake terdiri dari lapisan sponge cake yang dilapisi dengan sirup kopi, buttercream kopi dan cokelat. Penamaan opera cake adalah wujud penghargaan atas Opera Prima Ballerina. Kue opera cake sudah ada sejak tahun 1995 di Perancis. Jenis kue ini sekarang bisa ditemu diberbagai negara di dunia.

3. Lava Cake

Lava Cake
Lava Cake

Lava cake atau yang juga dikenal dengan nama molten cake adalah jenis kue cokelat yang merupakan kombinasi antara flourless chocolate cake dan soufflé. Kue ini diberi julukan kue leleh karena mempunyai bagian cair berupa lelehan cokelat didalamnya yang tampilannya mirip dengan lava. Lava cake disarankan untuk segera disantap saat masih panas, agar cairan cokelat didalam kue ini masih bisa tetap meleleh. Lava cake sangat cocok dikombinasikan dengan es krim vanilla. Kehadiran es krim vanilla akan semakin memperkaya rasa yang kamu rasakan saat menikmati lava cake.

4. Sacher Cake

Sacher cake atau bisa dipanggil sachertote adalah jenis kue cokelat yang berasal dari Austria. Jenis kue cokelat ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1832 oleh Franz Sacher. Kue ini pertama kali dibuat untuk ditujukkan khusus kepada Pangeran Wenzel Von Metternich. Kue ini sangat terkenal dan diminati oleh masyarakat, sehingga pada tanggal 5 Desember diperingati sebagai hari Sacher Cake di Vienna. Jenis kue ini terbuat dari spone cake cokelat yang diisi dengan feeling selai apricot serta dilapisi dengan dark chocolate.

5. Chocolate Miller Crepes

Kue ini adalah salah satu jenis kue cokelat klasik yang berasal dari Perancis. Chocolate Miller Crepes memiliki julukan sebagai kue lapis, dikarenakan bentuknya yang berlapis – lapis. Satu kue Chocolate Miller Crepes setidaknya terdiri dari 20 lapis crepes tipis yang ditumpuk dan disusun menjadi kue. Pada setiap lapisannya dilapisi dengan krim, kemudian kue ini disiram dengan cokelat leleh pada bagian atasnya.

6. Brownies

Brownies mendapat julukan sebagai kue cokelat bantat karena tidak mempunyai tekstur kue yang mengembang seperti jenis kue pada umumnya. Tekstur kue brownis sangat bantat dan padat, dan mirip dengan kue gagal. Brownis dibuat dengan campuran sekitar 250 gram dark chocolate dan cokelat bubuk. Kue ini tidak mengembang karena tidak menggunakan bahan pengembang dalam proses pembuatannya. Bahan utama kue yang penuh dengan cokelat, membuat kue brownis sangat kaya akan rasa cokelat.

7. Devil’s Food Cake

Devil’s Food cake menjadi jenis kue cokelat dengan tekstur yang sangat moist dan kaya akan rasa cokelat. Kue ini termasuk kedalam jenis kue klasik asal Amerika. Bahan utamanya adalah cokelat bubuk. Dari tampilannya kue ini tidak semenarik jenis kue cokelat lainnya, karena siraman cokelat di atas adonan kue dibiarkan begitu saja, serta tidak terdapat hiasan yang akan mempercantik tampilan kue. Namun, untuk rasanya, jenis kue ini tidak bisa Kamu ragukan, karena devil’s food cake sangat kaya akan rasa cokelat.

Kamu bisa memilih jenis kue cokelat yang Kamu inginkan sebagai pelengkap pada pesta perayaan ulang tahun Kamu. Dewasa ini, tampilan dari kue cokelat juga semakin berkembang, kamu bisa melakukan request pada pembuat kue untuk menghias kue cokelat sesuai dengan hal yang kamu inginkan.

Share:

Leave a Reply