Kue Lapis Salah Satu Kudapan Terenak di Indonesia

Kue Lapis. Source: Google
Kue Lapis. Source: Google

Salah satu kudapan khas dari Indonesia dalah kue lapis atau dikenal juga dengan lapis legit. Kue ini memiliki warna menarik. Seperti namanya, kuelapis terdiri dari adonan kue yang disusun secara berlapis-lapis. Biasanya, kue lapis memiliki dua warna. Bahan utama yang digunakan dalam pembuatan kue lapis adalah tepung kanji, tepung beras, gula pasir, santan, garam dan pewarna makanan. Kue ini dibuat dengan cara dikukus, setiap lapisan kue lapis dikukus secara terpisah, kemudian adonan lainnya ditambahkan diatasnya sampai jumlah yang diinginkan. Kue lapis ini bisa ditemua diberbagai daerah di Indonesia.

Salah satu jenis kue lapis yang ada di Indonesia adalah kue lapis legiat atau spekuk. Lapis legit termasuk kedalam salah satu jenis kue basah tradisional Indonesia. Kue ini sudah dikembangkan sejak zaman Belanda berada di Indonesia. Kue ini merupakan modifikasi dari kue lapis asal Eropa. Lapis legit memiliki banyak lapisan kue, sehingga dikenal juga sebagai kue seribu lapis.

Bahan-bahan yang digunakan dalam pengolahan kue lapis legit adalah tepung terigu, mentega atau margarin, kuning telur dan juga gula. Tambahan bahan yang membedakan lapis legit dengan jenis kue tradisional Indonesia lainnya adalah penambahan berbagai macam rempah-rempah dalam pembuatannya seperti kayu manis, bunga pla, kapulaga, cengkih dan juga adas manis. Hal ini membuat kue lapie legit kaya akan rasa dan aroma rempah. Kue lapie legit memiliki tekstur yang lembut tetapi kokoh dan mempunyai rasa yang manis. Perbedaan lapis legit dengan kue lapis lainnya adalah pembuatannya dilakukan dengan cara di panggang menggunakan oven. Kamu harus memanggang adonan kue secara bertahap didalam oven yang sudah dipanaskan sebelumnya. Prose pembuaan kue lapis akan selesai, ketika tumpukan kue lapis yang Kamu ingnkan sudah tercapai.

Kue Lapis Legit. Source: Google
Kue Lapis Legit. Source: Google

Kue lapis dan kue lapis legit merupakan salah satu hidangan yang populer di Indonesia. Kudapan ini disajikan dalam beragam acara di Indonesia seperti pada hari raya, lebaran, hari raya bunga imlek ataupun natal. Selain itu, kue lapis ini juga disajikan dalam perayaan-perayaan seperti acara ulang tahun dan pada hari pernikahan. Sedangkan di Belanda, jenis kue ini disajikan sebagai kudapan atau hidangan pencucui mulut dalam sebuah pertemuan atau jamuan.

Sejarah kue lapis legit

Spekkoek atau kue lapis legit adalah salah satu jenis kudapan yang terkenal di Indonesia saat ini. Kue lapis legit dibawa oleh orang Belanda ke Indoensia. Namun, kue lapis legit yang saat sekaran ini berkembang di Indonesia sudah mendapatkan modifikasi dari masyarakat Indonesia. Pengolahan kue lapis legit dimodifikasi dengan cara menambahkan bahan-bahan lokal asal Indonesia seperti tambahan rempah-rempah untuk menyesuaikan rasa kue lapis legit dengan lidah orang Indonesia.

Nama lapis legit disematkan pada jenis kue ini karena bentuknya yang berlapis-lapis dan memiliki cita rasa yang sangat manis. Bagi masyarakat Tionghoa, kue lapis legit menjadi salah satu sajian yang penting, karena dijadikan hidangan wajib dalam perayaan tahun baru imlek. Masyarakat Tionghoa meyakini jika jumlah lapisan pada kue lapis legit menggambarkan harapan akan rezeki yang didapatkannya. Semakin banyak lapisan pada kue lapis legit, dipercaya akan mmbuat rezeki yang diperoleh akan berlipat-lipat juga.

Proses pembuatan kue lapis legit

Telur
Telur

Kue lapis legit asal Indonesia dibuat menggunakan bahan dasar seperti gula, mentega, tepung terigu dan telur. Kue lapis legit biasanya mempunyai 18 lapisan atau lebih. Kue lapis legit membutuhkan banyak telur dalam proses pembuatannya, biasanya membutuhkan 30 butir atau lebih kuning telur.

Pembuatan kue lapis legit biasanya menggunakan loyang yang berukuran 18 cm x 18 cm ataupun 20 cm  x 20 cm. Kue lapis legit dipanggang menggunakan oven gas ataupun oven listrik. Proses pemanggangan kue harus dilakukan ketika oven sudah panas.

Kamu harus membuat adonan kue terlebih dahulu sebelum dipanggang kedalam oven. Setiap lapisan lapis legit harus dipanggang dengan cara menuangkan adonan secara bertahap kedalam loyang, kemudian loyang yang berisi adonan kue dipanggang kedalam oven. Proses pemanggangan dilakukan sampai adonan kue berubah warna menjadi cokelat keemasan. Proses tersebut dilakukan sampai semua adonan kue habis di panggang. Kue yang sudah di panngang disusun untuk menjadi kue lapis.

Jenis kue lapis di Indonesia

Kamu bisa menikmati beragam jenis kue lapis di Indonesia. Beberapa jenis kue lapis yang disajikan di Indonesia adalah:

1. Kue Lapis Maksuba

Kue lapis maksuba adalah jenis kue lapis yang merupakan pakanan khas dari Kota Palembang, Sumatera Selatan. Tampilan kue lapis maksuba mirip dengan kue 8 jam. Bahan yang digunakan dalam pembuatan kue lapis maksuba sama dengan jenis kue 8 jam.Perbedaannya dengan kue 8 jam adalah dalam proses pembuatannya, kue lapis maksuba dibuat dengan cara disusun berlapi-lapis, sehingga hasil akhir dari kue ini seperti kue lapis pada umumnya.

2. Kue Lapis Legit Bangka

Kue lapis legit bangka mempunyai tekstur kue yang lembut tetapi sedikit basah (moist). Ketika dimakan kue ini akan lumer didalam mulut saat Kamu mengunyahnya. Tekstur lembut pada kue lapis legit bangka diperoleh karena menggunakan bahan yang premium, yaitu memakai butter kualitas terbaik. Proses pembuatan kue lapis legit bangka sama dengan tahapan pembuatan jenis kue lapis legit lainnya.

3. Kue Lapis Legit Lampung

Seperi namanya, kue lapis legit ini berasal dari daerah Lampung, dan menjadi salah satu kudapan tradisional dari Provinsi Lampung. Seperti kue lapis lainnya, kue lapis legit lampung memiliki cita rasa manis yang kuat dan bentuk kue yang berlapis-lapis. Perbedaan kue lapis legit lampung dibandingkan dengan kue lapis lainnya adalah pada bahan dasar pembuatnya. Kue lapis leit lampung hanya menggunakan sedikit tepung terigu dalam pembuatannya sehingga teksturnya menjadi lebih basah jika diandingkan dengan kue lapis lainnya. Bahan dasar pembuatannya adalah telur dan gula. Kue lapis legit lampung memiliki lapisan yang lebih tipis dibandingkan kue lapis lainnya, dalam satu loyang, kue lapie legit lampung terdiri dari 24 lapisan.

Inovasi baru dari kue lapis legit lampung adalah penggantian penggunaan tepung terigu dengan tepung kasava atau tepung hasil oalhan ubikayu. Pembuatan kue lapis legit dengan tepung kasava bertujuan meningkatkan nilai guna dari ubi kayu.

4. Kue Lapis Legit Gulung

Kue Lapis Legit Gulung. Source: Google
Kue Lapis Legit Gulung. Source: Google

Inovasi terbaru dari kue lapis adalah lapis legit gulung. Tidak seperti pada kue lapis pada umumnya yang disajikan dalam bentuk kue persegi. Kue lapis legit gulung disajikan dengan cara menggulung adonan kue yang sudah disusun berlapis. Lapis legit gulung tidak sengaja ditemukan, yaitu ketika seorang pembuat kue yang merasa gagal dan kecewa karena tidak bisa membuat kue lapis legit dengan baik. Kemudian dia melakukan inovasi dengan cara menggulung adonan tersebut. Kue lapis legit gulung memiliki beragam isian seperti krim keju, selai stroberi, selai nanas, green tea, dan campuran bahan lainnya. Proses penggulungan kue lapis legit membutuhkan kemampuan dan teknik yang tepat. Adonan dengan tekstur yang kuat dan stabil diperlukan agar waktu digulung adonan tidak pecah.

Kue lapis menjadi salah satu kudapan tradisional Indonesia yang terkenal akan cita rasanya. Rasanya yang manis dan tekstur yang lembut menjadi alasan banyak orang menyukainya.

Add a Comment