Kue Spesial di Hari Pernikahan yang Istimewa

Kue Pernikahan
Kue Pernikahan

Tidak bisa dipungkiri jika pernikahan menjadi salah satu tujuan yang hampir dimiliki oleh setiap orang. Pernikahan adalah momen yang menjadi simbol pemersatu cinta dari dua orang yang menjalin hubungan. Pernikahan juga menjadi bukti keseriusan seseorang dalam menjalin hubungan kasih sayang. Setiap pasangan mengaharapkan pernikahan hanya diadakan satu kali dan berlangsung selamanya. Pasangan memilih untuk menikah agar mampu mencapai kebahagiaan yang lebih hakiki.

Tidak hanya menjadi hari yang ditunggu – tunggu oleh pasangan kekasih, pelaksanaan upacara dan perayaan pernikahan juga merupakan sesuatu yang sangat istimewa dan menjadi momen yang sangat sakral yang dijalani oleh pasangan. Dalam acara pernikahan terdapat waktu dimana pasangan mengucapkan sumpah untuk bisa menjaga dan menerima pasangan untuk seumur hidup mereka. Tidak hanya sebatas kata, janji yang diucapkan di altar pernikahan disaksikan oleh Tuhan dan tamu undangan, dan ini menjadi tanggung jawab bagi pasangan yang berbahagia tersebut untuk mewujudkan sumpahnya.

Pernikahan yang dijalankan oleh setiap pasangan, tidak selalu sama. Pasangan kekasih memiliki impian pernikahan yang berbeda. Terdapat pasangan kekasih yang lebih menyukai acara pernikahannya dilakukan secara sederhana, yang hanya dihadiri oleh keluarga dan sahabat – sahabat terdekat. Namun, juga ada pasangan kekasih yang memimpikan acara pernikahan yang megah layaknya pesta istimewa yang ditampilkan di saluran televisi dan film. Tempat pengadaan acara pernikahan juga beragam, pasangan kekasih yang mencintai suasana alam lebih memilih untuk menyelenggarakan acara pernikahannya di luar ruangan seperti di taman, di tepi hutan, di tepi pantai dan ditempat terbuka lainnya. Sedangkan pasangan yang tidak mau acara istimewanya rusak karena kejadian alam yang tidak terduga lebih memilih mengadakan pesta pernikahannya di aula pernikahan dan gedung tertutup.

Hari pernikahan yang istimewa tidak bisa diwujudkan tanpa adanya persiapan sempurna yang dilakukan oleh pasangan kekasih. Persiapan acara pernikahan biasanya sudah dilakukan oleh pasangan kekasih jauh sebelum pesta tersebut diselenggarakan. Banyak persiapan yang harus dilakukan untuk mewujudkan pernikahan impian yang mereka impikan. Beberapa hal yang harus kamu perhatikan dan persiapkan sebelum menyelenggarakan pernikahan yang istimewa adalah:

Pernikahan
Pernikahan

1. Mempersiapkan Mental

Pernikahan tidak berhenti sampai hari pelaksanaan pesta saja, pernikahan sebenarnya akan dijalani oleh pasangan setelah pesta dilaksanakan. Sebelum memutuskan untuk menikah, pasangan harus memastikan kesiapan mental dalam menjalani kehidupan pernikahan. Banyak hal yang harus dibicarakan dengan pasangan sebelum memutuskan untuk menikah. Seperti bagaimana akan mengatur keuangan, visi pernikahan, harapan masing – masing dalam pernikahan ini, tempat tinggal setelah menikah, bahkan sampai jumlah anak yang diharapkan hadir dalam kehidupan pernikahan ini. Semua itu harus dibicarakan sebelum pesta pernikahan diselenggarakan. Pernikahan tanpa kecocokan dalam diri pasangan bukanlah sesuatu yang mudah untuk dilaksanakan.

Setelah merasa memiliki kesiapan mental, maka akan dilanjutkan dengan pertemuan antar keluarga calon pengantin terkait pembicaraan mengenai upacara pernikahan yang akan diselenggarakan pasangan tersebut. Hal ini dilakukan karena pernikahan tidak hanya melibatkan pasangan yang akan menikah saja, tetapi pernikahan juga menjadi pemersatu dua keluarga pengantin.

Apabila pasangan sudah mendapatkan restu dari kedua belah pihak, maka pasangan bisa melanjutkan pengurusan administrasi pernikahan untuk mendaftarkan dan mencatatkan pernikahan yang akan dilakukannya. Pernikahan yang baik harus diakui secara agama dan negara. Apabila pernikahan tersebut tidak diakui keabsahannya secara negara maka hal itu akan menimbulkan kerugian bagi pasangan tersebut dimasa depan.

2. Persiapan Pesta Pernikahan

Hal utama yang harus ditetapkan dalam persiapan pesta pernikahan adalah menetapkan tanggal pelaksanaan pesta pernikahan. Selanjutnya pembahasan penting lainnya yang harus dilakukan pasangan yang akan menyelenggarakan pesta pernikahan adalah batasan budget yang harus dikeluarkan untuk mengadakan pesta. Melaksanakan pesta pernikahan diluar budget yang dimiliki bukanlah sesuatu keputusan yang bijaksana.

Pembahasan budget merupakan sesuatu yang sangat sensitif untuk dilakukan. Pasangan yang akan menikah harus berkomunikasi dengan baik dalam pembahasan budget pernikahan. Keinginan masing – masing pasangan harus dikomunikasikan secara terperinci agar tidak menjadi pemicu munculnya konflik sebelum menikah. Jika batasan buget sudah ditetapkan maka pasangan tinggal membagi pengeluaran untuk masing – masing pos vendor pernikahan.

Dalam memilih vendor pernikahan maka pasangan harus benar – benar memperhatikan perbedaan harga yang ditawarkan oleh vendor tersebut. Hal ini bertujuan untuk menghindari terjadinya over budget pernikahan. Setelah masalah budgt selesai dibahas, topik berikutnya yang harus dibahas oleh pasangan yang akan menikah adalah konsep pernikahan yang akan dilaksanakan. Konsep acara diperlukan agar pesta pernikahan terselenggara dengan baik sesuai dengan keinginan dan pernikahan yang diimpikan oleh pasangan.

Pernikahan
Pernikahan

Beberapa konsep acara pernikahan yang sering dipilih oleh pasangan adalah formal, semi formal, ataupun santai namun intimate. Inspirasi dari konsep pernikahan bisa kamu lihat di berbagai platform sosial media, website pernikahan, ataupun dari resepsi pernikahan yang pernah kamu hadiri. Konsep acara pernikahan yang sudah kamu tentukan akan dirinci sebelum diselenggarakan.

Persiapan utama yang harus kamu lakukan setelah menemukan konsep acara pernikahan yang tepat sesuai dengan pernikahan impian kamu adalah menemukan tempat pernikahan. Tempat pernikahan yang tepat adalah tempat yang sesuai dengan budget yang kamu miliki dan sesuai dengan konsep acara yang kamu inginkan.

Menemukan tempat pernikahan yang sesuai bukan merupakan perkara yang mudah. Kamu harus melakukan survey tempat sebelum membuat keputusan. Hal yang perlu diperhatikan untuk mempersiapkan pesta pernikahan yaitu selalu menyusun rencana A dan rencana B ataupun rencana C agar tidak kebingungan jika seandainya rencana A yang telah kamu susun tidak bisa diwujudkan. Untuk memudahkan pasangan dalam memperisapkan pestas pernikahan yang diinginkan maka kamu bisa menyusun timeline wedding planning. Timeline ini bisa kamu susun mulai dari lima sampai enam bulan sebelum pernikahan sampai rincian persiapan pernikahan satu hari sebelum pelaksanaan pesta pernikahan.

Pos budget terbesar dalam pesta pernikahan biasanya adalah pada catering atau food and beverage. Pemesanan catering yang kamu lakukan harus disesuaikan dengan jumlah tampu undangan yang akan hadir dalam pesta pernikahan. Maka sebelum menentukan vendor catering maka pasangan yang akan menikah harus membuat list tamu undangan. Selain itu, kamu harus melakukan test food agar cita rasa makanan yang kamu sajikan di hari pernikahan terasa enak.

Pos berikutnya dalam persiapan pesta pernikahan adalah Make up dan wedding attire. Make up sangat diperlukan untuk menjadikan pasangan terlihat menawan dihari pernikahan. Wedding attire juga berguna untuk menunjang penampilan pengantin dihari pernikahan, pasangan calon pengantin harus melakukan fitting baju agar sesuai dengan keinginannya. Wedding attire tidak hanya berlaku untuk pasangan, tetapi juga untuk keluarga pasangan pengantin.

Dekorasi lokasi pernikahan juga harus diperhatikan oleh pasangan sebelum melaksanakan pesta pernikahan. Dekorasi harus disesuaikan dengan konsep acara yang sudah ditetapkan. Selain itu juga diperlukan wedding photography untuk mengabadikan setiap momen pada acara pernikahan. Pos lain dalam pesta pernikahan adalah souvenir yang dibagikan kepada tamu undangan sebagai ucapan terimakasih karena sudah menghadiri gelaran pesta tersebut.

3. Kue Pernikahan

Item yang sering ditemui dalam pesta pernikahan adalah kue pernikahan. Acara pemotongan kue menjadi momen klimaks dalam pesta pernikahan. Tidak hanya menjadi instrumen dalam pesta, kehadiran kue pernikahan juga memiliki makna tersendiri, yaitu:

Kue Pernikahan
Kue Pernikahan
  • Sebagai Saksi Pernikahan

Kue pengantin yang ditemui dalam pesta pernikahan memiliki beragam model dan bentuk, mulai dari yang sederhana sampai yang mewah. Warna dari kue pengantin tidak selalu putih, namun kue pernikahan juga disajikan dalam berbagai warna sesuai dengan konsep acara pernikahan yang diselenggarakan.

Selain sebagai dekorasi dalam pernikahan, kue pernikahan menjadi saksi penyatuan cinta dua pasangan yang menikah. Pemotongan kura yang dilakukan secara bersama – sama oleh pengantin menjadi saksi kerja sama dari pasangan yang menikah dalam menjalani kehidupan rumah tangga.

  • Penggambaran Karakter dari Pasangan Kekasih yang Menikah

Bentuk dan tampilan dari kue pernikahan mampu menggambarkan karakter dari pasangan untuk nantinya bersama – sama dalam menjalani kehidupan pernikahan. Contohnya, jika kue berbentuk hati maka maknanya adalah cinta yang tulus dan abadi dari dua orang kekasih yang saling mencintai.

Leave a Reply