Memilih Kue Ulang Tahun Anak
Memilih Kue Ulang Tahun Anak

Kue ulang tahun menjadi instrumen utama dalam persiapan acara ulang tahun untuk buah hati anda. Jenis dan dekorasi kue ulang tahun anak disesuaikan dengan kriteria dan keinginan si buah hati. Selain rasanya, tampilan dari kue ini juga harus diperhatikan, karena kue ulang tahun juga menjadi pusat perhatian dalam pesta perayaan ulang tahun. 

Orang tua dan anak bisa berdiskusi untuk menentukan pilihan kue ulang tahun yang tepat. Buah hati akan merasa senang jika perayaan hari kelahirannya dipersiapkan dengan baik. Untuk itu, Bunda bisa mempersiapkan acara ulang tahun buah hati jauh sebelum tanggal kelahirannya. Hal pertama yang bisa disiapkan adalah kue tersebut. Beberapa jenis kue ulang tahun yang bisa dipilih adalah:

Baca Juga : Kue Ulang Tahun Black Forrest Terenak

Kue Ulang Tahun Anak Perempuan

Kue Ulang Tahun Anak Perempuan
Kue Ulang Tahun Anak Perempuan

Anak perempuan biasanya memilih kue yang terkesan lebih feminim dan elegan. Pilihan warna dekorasi kue lebih soft jika dibandingkan dengan anak laki-laki. Biasanya anak perempuan lebih menyukai kue dengan tema seperti barbie, tokoh kartun faforit, dan dekorasi yang lebih sederhana. Beberapa pilihan kue ulang tahun untuk anak perempuan adalah:

1. Fantasy Cake

Anak perempuan lebih menyukai kue ulang tahun yang manis dan lucu, dengan warna yang playfull tetapi teapi eyecathcing. Fantasy cake bisa dimasukkan kedalam list pilihan kue ini. Salah satu fantasy cake adalah kue yang berkarakter unicorn dan abstrack candy. Kue bisa terdiri dari atau tingkat ataupun disusun menjadi dua tingkat. Untuk mempercantik tampilan kue, kue dihias dengan lapisan lilin yang bisa dibentuk menjadi beragam karakter, seperti unicorn, candy, dan item lainnya yang masih memiliki tema yang sama yaitu fantasy. 

2. Kartun Karakter

Bunda juga bisa mendekorasi tampilan kue ulang tahun dengan karakter kartun favorit si buah hati. Salah satu karakter kartun yang disukai anak perempuan adalah princess dari serial Disney Series. Karakter ini bisa diwujudkan dari dekorasi kue tersebut. Kue ulang tahun yang sesuai dengan keinginan anak yang berulang tahun akan meningkatkan kebahagiaan dan keisimewaan momen tersebut. 

3. Simple Cake

Semakin bertambah usia, biasanya anak perempuan lebih cenderung menyukai kue dengan dekorasi yang sederhana namun tetap manis dan lucu. Kue ulang tahun terbaru yang akhir-akhir ini digemari oleh masyarakat adalah bento cake ala korea. Jenis kue ini berbeda jika dibandingkan dengan kue ulang tahun pada umumnya. Bento birthday cake berukuran lebih kecil dan tidak ditempatkan pada kotak yang cantik. Kue ulang tahun ini dikirim dalam staeroform yang biasanya digunakan untuk mengirimkan makanan. 

Walaupun berukuran lebih kecil, bento cake tetap memiliki tampilan yang ciamik dan menarik untuk dimakan. Kue ini memiliki ciri khas hiasan yang sederhana tapi cantik. Permainan warna kue bento cake menggunakan warna soft yang menarik bagi anak perempuan untuk melihatnya. Sekarang juga terdapat dekorasi bento cake 3D, yang semakin mempercantik tampilan bento cake. Pilihan lain dari simple cake yang bisa dipilih sebagai kue ulang tahun untuk anak perempuan adalah flower cake. Kue ulang tahun dengan hiasan bunga diatasnya. Pilihan bunga sebagai dekorasi kue ulang tahun membuat tampilan kue menjadi cantik dan menarik.

Baca Juga : Hal yang harus kamu ketahui dalam merayakan ulang tahun

Kue Ulang Tahun Anak Laki-Laki 

Perbedaan karakter dari anak perempuan dan anak laki-laki menjadi pilihan kue ulang tahunnya juga berbeda. Anak laki-laki yang lebis maskulin memilih kue dengan jenis yang berbeda jika dibandingkan dengan anak perempuan. Beberapa pilihan kue ulang tahun anak laki-laki yang bisa dipilih adalah:

1. Kue karakter anak laki – laki 

Kue ulang tahun yang sering dipilih anak laki-laki adalah kue karakter. Karakter yang menjadi dekorasi kue ulang tahun bisa disesuaikan dengan keinginan anak laki-laki. Biasanya karakter yang dipilih adalah karakter kartun seperti karakter pahlawan dari serial Marvel, karakter dari film terbaru seperti baby boss. Pilihan karakter lainnya seperti pekerjaan impian anak, mobil kesukaan anak, dan lain sebagainya yang disukai anak. Sehingga kue ulang tahun anak bisa mewakili karakter anak secara tidak langsung. 

2. Simple Cake

Dekorasi yang lebih minim biasanya disukai oleh anak laki-laki. Dengan design kue yang elegan menambah kemeriahan acara ulang tahun anak. 

Cara Membuat Kue Ulang Tahun Anak Sederhana

Cara Membuat Kue Ulang Tahun Sederhana
Cara Membuat Kue Ulang Tahun Sederhana

Selain memilih kue ulang tahun yang sudah jadi, Bunda juga bisa mempersiapkan kue untuk buah hati secara langsung. Kue yang dipersiapkan mandiri memberikan arti yang lebih untuk buah hati. Beberapa hal yang harus dipersiapkan dan dilakukan untuk membuat kue ulang tahun anak dengan varian rasa cokelat yang sederhana adalah:

Alat dan bahan yang diperlukan :

  1. 6 butir telur
  2. 150 gram tepung terigu tinggi protein
  3. 30 gram cokelat bubuk
  4. 150 ml minyak
  5. 200 gram gula pasir
  6. 100 gram DCC/cokelat batang
  7. 1 sendok teh tbm
  8. Pasta vanila secukupnya

Setelah semua peralatan serta alat dan bahan pembuatan kue disiapkan, tahapan selanjutnya adalah:

  1. Ayak tapung terigu dan cokelat bubuh secara bersamaan menggunakan saringan. Tujuannya adalah untuk memastikan jika tidak terdapat gumpalan pada tepung terigu dan cokelat yang digunakan.
  2. Aduk rata kedua bahan tersebut agar menyatu dengan sempurna. Setelah itu sisihkan bahannya.
  3. Selanjutnya adalah cairkan cokelat batang diatas air yang sudah didihkan. Cokelat batang dimasukkan kedalam wadah tahan panas, kemudian diaduk diatas air mendidih dengan kondisi kompor yang masih menyala.
  4. Setelah cokelat batang tersebut cair, tambahkan minyak kedalam cairan cokelat tersebut, aduk hingga merata. Setelah itu sisihkan campuran bahan.
  5. Selanjutnya siapkan wadah dan masukkan 6 butir telur, kemudian tambahkan gula pasir, tbm dan pasta vanila secukupnya. Aduk adonan menggunakan mixer dengan kecepatang tinggi sampai adonan mengembang dan berubah warna menjadi putih. Setelah itu, turunkan kecepatan mixer, dan tambahkan campuran tepung dan cokelat yang sudah diaduk merata kedalam adonan sambil terus di campur dengan mixer. Kemudian matikan mixer dan aduk adonan menggunakan spatula secara perlahan, sampai semua adonan tercampur dengan baik.
  6. Tambahkan campuran cokelat cair kedalam adonan sambil terus diaduk hingga merata.
  7. Kemudian masukkan adonan kedalam cetakan yang sudah disiapkan sebelumnya. Hentakkan cetakan untuk mengeluarkan udara yang terperangkap dalam adonan.
  8. Kemudian masukkan adonan kue kedalam tempat kukusan yang sudah dipanaskan sebelumnya.
  9. Tunggu adonan sampai matang, untuk pengecekannya bisa dilakukan dengan menggunakan tes tusuk pakai lidi kayu. Jika pada tes tusuk tidak ada lagi adonan yang menempel, ini menandakan kue siap untuk diangkat.
  10. Setelah matang, kue siap dikeluarkan dari kukusan, dan tunggu sampai kue dingin, sebelum dikeluarkan dari cetakan. 

Cara membuat Hiasan Kue Anak Ulang Tahun Anak 

Menghias Kue Ulang Tahun Anak Agar Indah
Menghias Kue Ulang Tahun Anak Agar Indah

Kue ulang tahun identik dengan hiasan yang menarik. Kue dasar yang sudah selesai dimasak akan menjadi makin menarik jika dihias dengan dekorasi yang tepat. Beberapa bahan dan cara yang bisa Kamu lakukan untuk menghias kue dasar ulang tahun yang sudah disiapkan sebelumnya adalah:

Bahan Hiasan Kue:

  1. Buttercream
  2. 200 gram DCC/cokelat batang
  3. Crispy chocolate balls secukupnya
  4. Ceri
  5. Selai Strowberry

Setelah bahan dipersiapkan Bunda bisa memulai untuk menghias kue ulang tahun:

  1. Bagi dua kue dengan cara memotong kue di bagian tengah.
  2. Pada bagian alas kue, tambahkan buttercream pada bagian tepi kue dan tambahkan selai strowberry pada bagian tengahnya. Kemudian ratakan selai dan buttercream menggunakan sendok.
  3. Tumpuk kue ke bagian atasnya, setelah itu tutupi kue dengan buttercream secara menyeluruh, hingga seluruh kue yang bewarna cokelat tertutup buttercream dengan baik.
  4. Lelehkan cokelat batang, kemudian cetak cokelat menggunakan cetakan dengan bentuk yang diinginkan.
  5. Setelah itu hias kue sesuai dengan keinginan, hingga tampilan kue menjadi lebih menarik. 

Tanpa kue ulang tahun, pesta perayaan ulang tahun akan terasa kurang. Jadi Bunda harus mulai untuk mencicil persiapan kue ulang tahun sebelum hari perayaan. Buat kalian yang sedang mencari kue ulang tahun, kalian bisa mengunjungi Toko Kue Online

 

Share:

Leave a Reply