Macam-Macam Bunga Langka
Macam-Macam Bunga Langka

Bunga langka merupakan salah satu hal unik dari suatu negara karena memang jenisnya terbatas dan jarang sekali untuk dilihat dan dimiliki. Di Indonesia sendiri banyak bunga langka yang tersebar di seluruh pulau. Tertarik untuk melihatnya? Yuk simak macam-macam bunga langka di bawah ini!

Raflesia arnoldii 

Siapa yang tidak mengenal bunga raksasa ini? Bunga ini dikatakan langka karena hanya ada di Indonesia dan hanya mekar paling lama satu minggu. Bunga ini juga menjadi salah saru bunga raksasa karena lebarnya yang bisa mencapai 2 meter. 

Beberapa faktor menjadi penyebab bunga ini mengalami kelangkaan. Faktor pertama adalah jarangnya terjadi penyerbukan. Bunga jantan sangat jarang mekar, sehingga saat mekar belum tentu ada bunga betina yang mekar di saat yang sama. Usia yang relatif singkat juga menjadi kendala jarangnya terjadi penyerbukan pada bunga ini. 

Faktor kedua yang menjadi penyebab bunga raflesia langka adalah sifatnya yang tidak bisa hidup mandiri. Selama bunga ini hidup selama itu juga bunga ini harus bergantung pada tumbuhan lain dan serangga. Bunga ini hanya melakukan penyerbukan dengan bantuan serangga. Faktor terakhir kelangkaan bunga ini adalah habitat yang mulai dipersempit oleh aktivitas manusia.

Baca Juga : Fakta Bunga Vinca

Bunga bangkai 

Jika bunga raflesia berat dan lebar, bunga yang lebih besar darinya adalah bunga bangkai. Bunga bangkai memiliki tinggi hingga 4 meter dan lebar 1,5 meter. Salah satu hal untuk dari bunga ini adalah munculnya bau busuk yang berasal dari bunga ini ketika mekar. Bau ini dikeluarkan untuk menarik serangga agar membantu penyerbukan. Konon bunga ini hanya tumbuh sekitar 7 tahun sekali.

Bunga cendana

Bunga Langka Cendana
Bunga Langka Cendana

 

Bunga cendana adalah salah satu bunga terlangka di Indonesia. Pohonnya banyak sekali membawa manfaat. Hal ini tentunya adalah hal yang ironi, sebab tanaman yang memiliki banyak manfaat jarang sekali mengalami kelangkaan karena akan banyak orang yang membudidayakan. 

Pohon cendana sendiri adalah tumbuhan parasite sehingga tidak terlalu mudah untuk dibudidayakan. Bunga cendana biasanya menumpang pada pohon akasia, albasia, inga, alang-alang, dan delberia. Tanaman-tanaman tersebut adalah tanaman yang hidup di hutang sabana yang hanya ada di timur Indonesia sehingga membuat pohon cendana sulit ditemukan di hutan hujan tropis yang menempati sebagian besar hutan Indonesia

Hal paling bernilai dari bunga cendana adalah wanginya. Bunga cendana sangat terkenal dengan wanginya. Ini yang membuat bunga cendana diolah menjadi parfum, aromaterapi,  minyak-minyakan, dan dupa. Bagian yang paling banyak mengandung minyak adalah bagian batang atau kayu. 

Edelweiss Jawa

Bunga edelweiss hanya mekar pada bulan April hingga bulan Agustus. Pada bulan-bulan tersebut biasanya musim hujan telah berakhir dan intensitas cahaya matahari sangat bagus untuk bunga ini mekar. Habitatnya yang berada di atas gunung membuatnya sulit untuk dibudidaya, sebab jika bunga ini tidak akan bertahan jika sudah dibawa turun gunung. 

Bunga ini ditemukan pertama kali di lereng Gunung Gede pada tahun 1819 oleh George Karl  Reinwardt. Setelah diteliti bunga ini memiliki hormon etilen yang dapat membuatnya bertahan hidup lebih lama dari bunga lainnya dan tidak membuat kelopaknya mudah rontok. Hal ini yang membuatnya mendapat julukan bunga abadi.

Macam – macam bunga anggrek langka di dunia

Anggrek mempunyai berbagai spesies yang tersebar di seluruh dunia. Namun, tak sedikit spesies anggrek tumbuh di Indonesia. Di Indonesia sendiri anggrek adalah bunga bangsa sebagai puspa pesona. Salah satu kisah menarik bunga anggrek adalah mengenai hubungan Indonesia dengan Korea Utara. 

Bunga anggrek ini sengaja disilangkan untuk menyambut kedatangan Presiden Korea Utara pada tahun 1965. Anggrek hasil persilangan tersebut diberi ama Dendrobium Clara Bundt. Saat presiden Korea Utara, Kim Il Sung, berkunjung ke Istana Bogor dan berkeliling dengan Soekarno, bunga ini berhasil mencuri perhatiannya. Melihat ketertarikannya pada bunga anggrek, Soekarno berinisiatif memberikan bunga tersebut untuk  hadiah ulang tahun Kim Il Sung, sayangnya ditolak. Namun, Soekarno berhasil meyakinkan Kim Il Sung untuk membawa bunga ini ke Korea dengan proses budidaya yang telah sempurna untuk mempermudah perkembangbiakannya di Korea Utara. Hingga hari ini, bunga anggrek Dendrobium Clara Bundt menjadi lambang negara Korea Utara dan Namanya menjadi Kimilsungia. 

Dari sekian banyak jenis anggrek yang ada di dunia, beberapa anggrek termasuk bunga yang langka bahkan sangat langka. Berikut macam-macam bunga anggrek langka: 

Angrek bawah tanah

Bunga anggrek bawah tanah adalah bunga yang tidak sengaja ditemukan oleh illustrator ilmiah bernama Maree Elliot. Ia sebenarnya pergi ke Taman Nasional Barrington Tops untuk mencari jamur asli yang akan digambarnya. Setelah berlama-lama di sana, bukan jamur yang ditemukan oleh Elliot melainkan benda merah muda indah yang muncul dari tanah. 

Seorang ahli ekologi mengatakan benda tersebut adalah anggrek bawah tanah. Elliot  memutuskan untuk tidak pernah menyebutkan lokasi spesifik atas temuan ini karena bunga anggrek bawah tanah ini terancam punah. Peneliti pada akhirnya menemukan lokasi tersebut dan mengatakan bahwa anggrek bawah tanah yang langka ini hanya ada di 39 lokasi. 2 lokasi diantaranya adalah di benua Australia. Para peneliti dan Elliot memutuskan untuk merahasiakan lokasi bunga ini demi melindungi kehadirannya

Anggrek hantu 

Bersumber pada situs LIPI, anggrek hantu adalah bunga langka yang tidak memiliki klorofil sehingga tidak melakukan proses fotosintesis. Anggrek ini tumbuh dengan bantuan nutrisi yang didapat dari jamur. Habitatnya berada di antara rumpun bambu yang lebat. Tempat yang sangat lembab dengan intensitas cahaya alami yang minim adalah tempat yang paling disukai anggrek hantu. Anggrek hantu bukanlah jenis tanaman parasit. Bunganya kecil, sulit ditemukan, dan tidak memiliki daun. 

Angrek sandal 

Angrek sandal
Angrek sandal

Anggrek sandal adalah salahh satu anggrek yang terancam punah. Anggrek ini membutuhkan waktu 15 tahun untuk tumbuh sebelum akhirnya mekar dan mati. Waktu tersebut adalah waktu yang sangat lama untuk tumbuh. Anggrek ini hanya tumbuh pada ketinggian di atas 1500 mdpl. Di Indonesia bunga bisa dicari di Kalimantan tepatnya di Gunung Kinabalu, namun tidak ada jaminan bunga ini akan dengan mudah ditemukan. 

Macam-macam bunga langka di dunia

Bunga kadupul

Bunga kadupul adalah bunga berwarna putih dengan wangi yang memesona. Bunga ini menjadi bahan parfum yang sangat langka. Bunga kadupul langka karena bunga ini hanya tumbuh di hutan dan mekar pada tengah malam hingga fajar datang.  Hal ini yang membuatnya sulit ditemui dan secara sengaja di panen.

Chocolate cosmos 

Bunga Langka Chocolate Cosmos
Bunga Langka Chocolate Cosmos

 

Sama seperti namanya, bunga ini berwana coklat dan beraroma coklat. Bunga ini ditemukan di Meksiko. Sayangnya saat ini bunga ini menjadi salah satu daftar bunga yang terancam punah

Jade vine

Bunga jade vine adalah salah satu bunga langka yang berasal dari Asia, lebih tepatnya Filipina. Bunga ini berwarna  biru kehijauan seperti batu giok dan kelopaknya berpentuk seperti cakar elang. Secara utuh bunga ini berbentuk seperti setandan pisang.

Middlemist red 

Bunga langka ini berasal dari China, sayangnya beberapa ratus tahun lalu bunga ini adalah bunga yang paling dicari oleh orang Eropa sehingga terjadi panen yang sangat agresif di negara asalnya. Hal tersebut menyebabkan bunga ini hampir punah. Hingga saat ini, bunga ini hanya bisa ditemukan di London dan Selandia Baru.    

Share:

Leave a Reply