Makna Bunga Sweet Pea dan Cara Membudidayakannya (Terbaru)

Bunga Sweet Pea
Bunga Sweet Pea

Bunga sweet pea umumnya terkenal karena kecantikan warnanya sehingga sering dijadikan dekorasi tanaman depan maupun halaman rumah. Bunga sweet pea yang memiliki nama latin yaitu Lathyrus Odoratus merupakan tanaman dari family Fabaceae. Tanaman ini berasal dari daerah Sicily, derah Timur Italia dan juga berasal dari kepulauan Aegean.

Apa Ciri-Ciri Bunga Sweet Pea?

Bunga ini termasuk kedalam jenis tumbuhan merambat yang bisa tumbuh dengan tinggi mencapai 1 sampai 2 meter. Tanaman ini bisa tumbuh dengan baik jika diberi penyangga yang tepat. Daunnya tumbuh menyirip dengan dua selebaran dan sulur terminal. Daun tumbuh dengan melilit di sekitar tanaman dan juga pada penyangga tanaman.

Jenis bunga sweet pea yang biasanya hidup di alam liar memiliki warna ungu dengan lebar antara 2 sampai 3,5 centimeter. Bunga sweet pea bisa tumbuh dengan ukuran yang lebih besar dan memiliki variasi warna yang beragam sesuai dengan jenis kultivarnya. Bunga ini bisa dikenali dari aromanya, karena sweet pea mempunyai aroma kuat. 

Sweet pea mempunyai bunga yang berbentuk seperti ngengat, namun bagi orang Inggris bunganya terlihat seperti Corolla atau perahu layar. Jika diperhatikan lebih teliti, bunga sweet pea berbentuk seperti tombak besar yang memiliki kemiripan dengan layar lebar, atau bentuk dua sayap samping yang berkeliaran dengan beberapa kelopak menghubungkan di posisi lebih rendah. 

Lathyrus Odoratus tumbuh dengan baik pad bulan Juni sampa Oktober. Aroma khas yang dihasilkan bunga sweet pea tercium seperti wangi anggur. Hal ini semakin menambah kecantikan dan keunikan bunga satu ini. Sehingga tidak jarang menjadi pilihan pecinta tanaman untuk ditempatkan sebagai dekorasi taman, atau tanaman didalam pot yang tergantung di teras atau di balkon. 

Arti dan Makna Bunga Sweet Pea 

Arti dan Makna Bunga Sweet Pea
Arti dan Makna Bunga Sweet Pea

Selain bentuk unik dan aromanya yang khas bunga Lathyrus Odoratus juga menyimpan arti dan makna mendalam. Sweet pea dikenal sebagai bunga kelahiran untuk mereka yang lahir di bulan April. 

  Sweet pea diartikan dengan pertemuan, perpisahan ataupun kesenangan yang membahagiakan.   Karena pesan ini banyak orang memilih Lathyrus Odoratus sebagai hadiah untuk menyampaikan rasa terimakasih. 

Pertama kali Sweet Pea dibudidayakan pada abad ke-18, karena keunikannya bunga ini cepat populer. Tidak hanya dari kalangan biasa, Lathyrus Odoratus menjadi salah satu tumbuhan favorit raja. Hal ini juga menjadi alasan orang-orang memilih untuk membudidayakan bunga sweet pea. 

Lathyrus Odoratus juga sering ditemui dalam berbagai acara besar seperti pesta pernikahan, acara makan malam dan upacara perayaan lainnya. Selain itu, melihat waktu penanamannya, bunga satu ini diyakini memiliki makna spiritual karena sering ditanam pada hari Jumat. 

Perbedaan antara bunga gladiol dan Sweet Pea

Nah buat kalian yang suka bingung, berikut perbedaan antara bunga gladiol dan sweet pea :

1. Dari Bulan Kelahirannya

Bunga Gladiol pada umumnya disebut juga bunga Agustus, karena mulai tumbuh sekitar bulan Agustus. Sementara, bunga sweet pea lahir atau tumbuh sekitar bulan april.

2. Dari Makna Bunga Tersebut

Memang banyak sekali berbagai makna dalam setiap bunga. Namun pada umumnya bunga gladiol memiliki makna sebagai bunga duka cita, bahkan bunga tersebut justru disebut bunga yang melambangkan kesedihan. Sementara bunga Sweet Pea dari namanya saja sweet  yang berarti pertemuan yang menyenangkan, walaupun pada akhirnya ada sebuah perpisahan juga, namun perpisahan tersebut memiliki aura positif.

Cara Menanam Bunga Sweet Pea 

Cara Menanam Bunga Sweet Pea
Cara Menanam Bunga Sweet Pea

Bunga satu ini memiliki panggilan sweet pea karena mempunyai bentuk seperti miniature kupu-kupu, dengan tekstur kelopak lembut dengan mahkota yang berukuran 2 sampai 5 centimeter. Selain itu, aroma manis yang keluar dari bunga ini sangat sesuai dengan namanya yaitu sweet pea. 

Tampilan yang cantik disertai aroma unik sweet pea menjadikan banyak pecinta tanaman memilih Lathyrus Odoratus sebagai pelengkap koleksinya. Bunga ini bisa tumbuh dengan mudah, hal-hal berikut ini yang harus Kamu perhatikan agar tumbuhan bisa hidup dengan baik:

Cara Menanam Bunga Sweet Pea
  • Perlakuan Biji 

Tahapan pertama yang harus Kamu lakukan adalah memilih biji sweet pea dengan kualitas terbaik. KKamu bisa memperolehnya dari toko pertanian. Kamu bisa memilih apakah mau menanam sweet pea dengan warna cerah atau yang menghasilkan aroma harum. Sweet pea kuno dikenal menghasilkan bunga dengan aroma khas yang sangat harum. Sedangkan, Lathyrus Odoratus jenis spencer memiliki bunga beragam warna yang cerah. 

Tahapan lanjutan adalah mempersiapkan area penanaman biji sweet pea. Ketika masih berbentuk biji, tanaman satu ini sensitif terhadap perubahan suhu. Apabila Kamu bertempat tinggal di daerah beriklim dingin, maka disarankan jika penanaman biji sweet pea dilakukan di dalam ruangan. Tujuannya agar proses perubahan biji menjadi kecambah tidak terganggu, selain itu agar tunas tanaman tidak membeku karena suhu dingin. Hal ini juga membantu tumbuhan bisa beradaptasi dengan mudah pada tanah yang hangat setelah musim dingin. Sedangkan jika daerah Kamu bermusim sedang, maka biji sweet pea bisa ditanam secara langsung di tanah. 

Perendaman biji. Sebelum ditanam, biji harus direndam selama semalaman. Biji yang memiliki kualitas baik akan membengkak setelah direndam semalaman, sedangkan jika biji tidak mengalami perubahan bentuk maka sebaiknya biji tersebut tidak digunakan dan dibuang saja. Kamu juga bisa menorah biji menggunakan pisau kecil sebelum di tanam. 

Mdia Tanam. Kamu harus menyediakan media tanam untuk penanaman biji Lathyrus Odoratus. Setiap biji ditanaman dengan kedalaman 2.5 cm dengan jarak sekitar 7.5 cm pada tiap-tiap bijinya. 

Penyiraman. Tahapan penting selanjutnya yang harus Kamu perhatikan adalah instensitas penyiraman biji. Setelah ditanam, siram media tanam menggunakan gembor. Kemudian tutupi menggunakan plastik kaca atau bening selama satu minggu atau lebih. Setelah tunasnya bermunculan maka Kamu bisa membuka penutup media tanam. 

  • Penanaman 
Penanaman Bunga Sweet Pea
Penanaman Bunga Sweet Pea

Lathyrus Odoratus siap dipindahkan pada media tanam yang lebih luas ketika memiliki beberapa helai daun. Sweet pea termasuk kedalam jenis tumbuhan dengan drainase baik. Kamu bisa memindahkan bunga tersebut pada pot atau lahan tanah secara langsung. Jika ditanam didalam pot, maka harus membuat menara pancung didalam pot. Sedangkan jika dipindahkan ke tanah maka berikan jarak antar tanaman sekitar 12.5 cm. Sebaiknya disediakan tempat untuk bunga sweet pea merambat seperti pada pagar atau membuat beberapa tiang bamboo pada media tanam sebagai media perambatannya. 

  • Pemeliharaan 

Tahapan pemeliharaan meliputi Penyiraman dan Pemupukan. Sweet pea termasuk kedalam jenis tumbuhan yang menyukasi sinar matahari langsung. Jadi, untuk menjaga kelembaban media tanam, maka Kamu harus melakukan penyiraman sesering mungkin. Terutama untuk Kamu yang melakukan penanaman pada awal musim panas. 

Pemupukan. Sweet pea juga termasuk tanaman dengan tingkat produktif tinggi. Lathyrus Odoratus bisa menghasilkan bunga dan mempertahankannya selama berminggu-minggu. Oleh karena itu, untuk memnuhi kebutuhan nutrisinya, Kamu disarankan melakukan pemupukan sebanyak sebulan sekali. Jenis pupuk yang disarankan adalah pupuk kandang atau pupuk kompos atau pupuk organic dengan kandungan potassiumnya yang tinggi. 

Panen. Setelah melakukan penanaman dan perawatan bunga sweet pea dengan baik, maka Kamu akan menikmati bunga satu ini mekar dengan cantiknya. Selain itu Kamu juga akan dimanjakan dengan aroma manis dan segar yang dihasilkan tanaman satu ini. 

Sweet pea memiliki beranekaragam warna seperti merah menyala, bunga dengan warna campuran warna pink dan putih atau kuning, atau kombinasi keduanya. Hal ini akan memanjakan mata yang melihatnya. 

Aroma khas dari bunga sweet pea dimanfaatkan sebagai bahan campuran dalam pembuatan produk kecantikan seperti parfume, lotion atau produk lainnya. Sweet pea menjadi pilihan bunga hias yang cocok ditanam di perkarangan rumah, dengan warnanya cerah akan menjadikan taman rumah lebih bewarna dan istimewa. 

Nah buat kamu yang sedang mencari bunga indah untuk diberikan kepada orang tersayang, yuk kalian bisa kunjungi FlowerAdvisor, salah satu Toko Bunga Terpercaya di Indonesia

Baca Juga : Apa Saja Arti dari Setiap Bunga?

 

Add a Comment