Bunga Kenikir
Bunga Kenikir

Salah satu alasan ketertarikan seseorang dengan tanaman hias adalah karena warna bunga yang cerah. Bunga Kenikir merupakan salah satu jenis bunga dengan warna cerah dari beragam jenis tanaman hias yang ada. Mengadopsinya menjadi pelengkap tanaman hias Kamu di rumah akan membuat tampilan taman menjadi lebih cerah. Sebelum merawatnya Kamu harus mengetahui lebih lanjut tentang bunga satu ini. Artikel ini akan membahas lebih lanjut tentang bunga cantik ini, yuk dibaca lebih lanjut. 

Jenis-Jenis Bunga Kenikir

Jenis Bunga Kenikir
Jenis Bunga Kenikir

Nama bunga kenikir diambi dari kelompok sukunya yaitu Asteraceae atau kenikir-kenikiran. Bunga cantik satu ini berasal dari daerah Amerika Tengah dan Amera Latin. Namun bunga cerah satu ini juga bisa Kamu temukan tumbuh secara liar di daerah Amerika Serikat, Florida dan beberapa negara di kawasan Asia Selatan dan Asia Tenggara. 

Bunga Kenikir pertama kali masuk ke daerah Asia Tenggara pada abad ke-16 melalui daerah Filipina. Tanaman hias ini dibawa oleh penjelajah Spanyol. Tumbuhan satu ini juga bisa Kamu temui dengan mudah di daerah Indonesia. Salah satu jenis bunga kenikir dijadikan oleh masyarakat Indonesia sebagai sayuran lalap. 

Bunga kenikir termasuk ke dalam Ordo Fabales dan kelas Magnoliopsida. Tanaman ini menjadi bagian dari divisi spermatophyte dengan family Asteraceae dan genus cosmos. Terdapat beragam jenis bunga kenikir yang bisa Kamu pilih untuk dijadikan tambahan koleksi tanaman di rumah, diantaranya adalah:

1. Cosmos Caudate

Jenis bunga kenikir pertama yang bisa Kamu pilih adalah cosmos caudate. Bunga kenikir ini bisa tumbuh dengan ukuran dari 30 cm sampai 2 meter. Jika diperhatikan, tanaman cosmos caudate memiliki bentuk daun yang terbilang sederhana. Cosmos caudate memiliki bunga dengan beragam warna. Warna bunga yang banyak dikenali para pecinta tanaman adalah warna kuning, merah muda yang terang dan juga putih. 

2. Cosmos Bipinnatus

Cosmos bipinnatus merupakan jenis bunga kenikir yang berasal dari wilayah Eropa. Selain itu, cosmos bipinnatus juga menjadi salah satu jenis tanaman hias yang dikembangkan oleh masyarakat Austria. Cosmos bipinnatus menjadi jenis bunga kenikir yang banyak diminati oleh pecinta tanaman, terbukti dengan kemudahan menemukan bibit bunga tersebut di took bunga dan supermarket. 

3. Cosmos Sulfureus 

Jenis bunga kenikir selanjutnya yang bisa Kamu pilih adalah cosmos sulfureus yang mempunyai bunga cantik bewarna kuning cerah. Cosmos sulfureus menjadi jenis bunga kenikir yang banyak dijumpai dan sering digunakan sebagai bunga pagar di pekarangan rumah. 

Manfaat Bunga Kenikir

Manfaat Bunga Kenikir
Manfaat Bunga Kenikir

Selain warna bunga yang cantik, tanaman hias satu ini juga termasuk kategori tanaman herbal yang berkhasiat untuk menjaga kesehatan tubuh. Pada daun bunga kenikir terdapat kandungan flavonoid pilifenol, saponin dan minyak atsiri, sedangkan dibagian akarnya terdapat kandungan koniferil alcohol dan hidroksieugenol. Beberapa khasiat yang bisa Kamu dapatkan dari bunga kenikir adalah:

1. Mencegah munculnya kanker

Daun kenikir memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Daya antioksidan ini akan mempercepat proses apptosis yang berguna untuk menghambat karsinogenesis. Ekstrak daun kenikir bisa memacu kematian sel T47D, sehingga memiliki potensi untuk dikembangkan sebagai formula antikanker. 

2. Menurunkan tekanan darah, mencegah osteoporosis dan obat diabetes

Senyawa kimia yang terkandung pada daun kenikir dipercaya bisa menurunkan tekanan darah di dalam tubuh. Selain itu, daun kenikir juga bermanfaat untuk mencegah pengeroposan tulang atau osteoporosis, serta mencegah dan juga mengobati diabetes. 

3. Bersifat sebagai anti jamur dan bakteri

Kandungan senyawa pada bunga kenikir mencegah perkembangan jamur dan bakteri. Bunga kenikir terkenal mempunyai kandungan antioksidan yang tinggi dan juga anti radang, sehingga membantu menjaga kesehatan tubuh orang yang mengkonsumsinya. 

4. Mengobati penyakit kronis

Manfaat daun kenikir yang sering dijadikan sebagai lalapan oleh orang Indonesia adalah mencegah timbulnya berbagai penyakit kronis contohnya kanker dan penyakit jantung. Manfaat ini didapatkan dari kandungan antioksidan tinggi pada daun kenikir. 

Seperti Kita ketahui bersama, jika antioksidan merupakan kandungan senyawa unik yang mampu menangkal efek buruk dari radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. 

5. Mencegah gangguan pencernaan

Gangguang pencernaan yang dialami oleh seseorang akan menghambat aktivitas sehari-hari. Daun bunga kenikir bisa Kamu manfaatkan untuk mengatasi hal tersebut. Kandungan flavonoid pada daun kenikir diyakini berkhasiat mengatasi gangguan pencernaan. Falvonoid termasuk salah satu jenis antioksidan. 

Namun terdapat catatan yang harus Kamu ingat sebelum memutuskan mengkonsumsi tanaman herbal kenikir untuk kesehatan. Hal pertama adalah memastikan kondisi tubuh dan penyakit yang Kamu alami tidak memiliki reaksi negatif ketika mengkonsumsi bunga kenikir. Hal ini bisa Kamu pastikan kepada tenaga medis yang menangani penyakit yang sedang Kamu idap. Mengkonsumsi kenikir bisa menjadi pemicu munculnya gangguang pada hati. Jadi harus dikonsumsi dalam kuantitas yang tepat dan sebaiknya berkonsultasi kepada tenaga medis sebelmunya. 

Baca Juga : Tentang Bunga Kaca Piring

Bentuk Bunga Kenikir

Bentuk Bunga Kenikir
Bentuk Bunga Kenikir

Kamu bisa mengenali bunga kenikir dari karakteristik yang dimilikinya, diantaranya adalah:

Batang Bunga Kenikir

Tanaman perdu satu ini bisa tumbuh berkisar antara 75 centimeter sampai 3 meter tergantung pada lokasi tempat tumbuhnya. Kenikir termasuk kedalam tumbuhan dengan batang berkayu yang berdiri tegak dan memiliki cabang serta berbentuk segi empat. 

Daun Tanaman Kenikir

Tanaman kenikir mempunyai daun majemuk dengan tulang daun menyirip dan bagian runcing pada ujungnya sedangkan pada tepi daun berbentuk rata, daunnya berukuran 15 sampai 25 centimeter dengan warna hijau. 

Bunga Kenikir

Bunga tanaman kenikir termasuk kedalam jenis bunga majemuk dengan 8 daun mahkota, bewarna cerah. Bunga kenikir memiliki berbentuk bongkol dan tumbuh pada bagian ujung batang, dengan tangkai bunga berukuran sekitar 25 centimeter. 

Biji Bunga Kenikir

Biji tanaman kenikir bertekstur keras dan berukuran kecil dengan warna hitam. Bijinya berbentuk seperti jarum dan terbungkus rapi oleh kulit biji dengan rambut pada bagian ujungnya. Ukuran biji kenikir adalah sekitar 1 cm. 

Buah Bunga Kenikir

Tanaman kenikir juga memiliki buah yang bertekstur keras dan berbentuk seperti jarum yang bewarna hijau pada muda dan berubah menjadi cokelat ketika tua. 

Akar Bunga Kenikir

Tanaman kenikir tumbuh di atas akar tunggang yang bewarna putih. Pada akar tunggangnya terkadang terdapat cabang akar yang tumbuh tegak lurus. 

Baca Juga : Macam-Macacm Bunga Langka

Apakah Kenikir Bisa Dimakan ?

Seperti disebutkan pada awal artikel, selain menjadi tanaman herbal, tanaman kenikir juga termasuk salah satu jenis bunga yang bisa dimakan. Di Indonesia sendiri, tanaman kenikir dijadikan sebagai lalapan. Jenis tanaman cosmos sulphureus, cosmos bipinnatus, cosmos caudatus atau dikenal juga dengan aster meksiko adalah beberapa jenis kenikir yang bisa Kamu konsumsi. Jenis bunga kenikir ini biasanya dijadikan sebagai pelengkap salad. Hal yang harus diperhatikan sebelum mengkonsumsi tanaman satu ini adalah memastikan kebersihannya adan terbebas dari kandungan zat kimia beracun yang akan merusak tubuh.  Tanaman kenikir cukup dikonsumsi dalam jumlah yang pas, karena akan berdampak bagi kesehatan tubuh, jika dikonsumsi secara berlebihan. 

Apakah Kenikir sama dengan cosmos ?

Kenikir memiliki nama ilmiah yaitu cosmos, tumbuhan satu ini bisa hidup dengan baik di lingkungan beriklim tropis. Kenikir memiliki bunga bewarna cerah yang menarik serangga untuk membantu penyerbukannya. Bunga kenikir bisa tumbuh dengan cepat dan mudah, tidak heran jika Kamu bisa menemukan tumbuhan satu ini hidup liar. 

Kamu bisa menjadikan kenikir dengan bunga cerah ini sebagai salah satu cara Menata Bunga di Teras Rumah Sederhana

Share:

Leave a Reply