Jeruk dan Segudang Manfaatnya

Jeruk
Jeruk

Fakta yang Harus Kemu Ketahui tentang Jeruk atau Limau

Jeruk atau limau merupakan jenis tumbuhan berbunga yang termasuk kedalam marga citrus dan berasal dari suku Rutaceae atau suku jeruk- jerukan. Panggilan jeruk kadang kala juga digunakan untuk beberapa anggota dari marga lain yang masih memiliki kekerabatan dalam suku yang sama, salah satu contohnya adalah kingkit.

Tumbuhan jeruk atau limau memiliki buah yang berdaging, sert mempunyai rasa masam yang segar, dan sebagian besar lainnya dari keluarga jeruk memiliki rasa manis. Rasa masam dari jeruk bersumber dari kandungan asam sitrat didalamnya.

Tanaman jeruk atau limau mempunyai pohon kecil, perdu atau semak besar dengan ketinggian mencapai 2 sampai 15 meter. Pohon jeruk mempunyai batang atau ranting yang berduri panjang tetapi tidak rapat. Daunnya bewarna hijau dengan bagian tepi yang rata, tunggal serta permukaannya licin dan agak berminyak.

Bunga dari tanaman jeruk terasuk kedalam bunga tunggal atu dalam kelompok, terdiri dari lima mahkota bunga atau kadang kala hanya empat dan bewarna putih ataupun kuning pucat, serta memiliki aroma yang sangat harum.

Buah jeruk memiliki ukuran yang bervariasi tergantung pada jenisnya, dengan diameter antara 2 sampai 30 cm. Kulit buah jeruk biasanya berdaging dan mengandung minyak atsiri yang sangat banyak. Tumbuhan jeruk bisa hidup dengan baik pada ketinggian antara 0 sampai 400 mdpl dengan suhu udara antara 25 sampai 30 derajat celcius atau rata – ratanya 20 derajat celcius. Curah hujan yang baik untuk tumbuhan jeruk adalah tidak lebih dari 100 m/bulan atau 1200 mm/tahun dengan kelembaban udara antara 50 sampai 85 persen dan memiliki minimal 2 bulan kering.

Tanaman jeruk harus ditanam ditempat terbuka serta memiliki sinar matahari yang cukup. Jeruk yang ditanam pada daratan tinggi akan menghasilkan buah jeruk dengan kulit yang tebal dan rasa jeruk yang pahit. Jeruk bisa tumbuh dengan baik di tanah yang gembur, serta memiliki kandungan bahan organik yang tinggi serta aerasi dan drainase yang sangat baik, sert tingkat kemasaman atau pH tanah antara 6 sampai 7.

Jeruk pertama kali ditemui di kawasan Asia Timur dan Asia Tenggara. Kemudian jeruk menyebar kea rah Jepang hingga ke India bagian timur. Saat sekarang ini, tumbuhan jeruk bisa ditemui di hampir seluruh wilayah negara di dunia. Jeruk manis dan sitrus atau lemon berasal dari daerah Asia Timur, sedangkan jeruk bali, jeruk nipis dan jeruk purut adalah jenis jeruk yang berasal dari Asia Tenggara.

 

Manfaat Tanaman Jeruk

Jeruk
Jeruk

Tanaman jeruk banyak dimanfaatkan oleh manusia, tidak hanya buahnya yang enak untuk dikonsumsi, banyak dari anggota tumbuhan jeruk yang dimanfaatkan untuk bahan pangan, wewangian serta didalam berbagai industri. Buah serta daun jeruk banyak dimanfaatkan sebagai bahan penyedap atau rempah – rampah, maupun bahan pelengkap untuk kue maupun puding. Wangi dari buah jeruk yang khas juga banyak diekstrak menjadi bahan baku wewangian ataupun parfurm.

Kandungan vitamin dan mineral yang dimiliki buah jeruk, membuat buah ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Berikut beberapa khasiat yang akan kamu peroleh ketika mengkonsumsi buah jeruk :

1. Meningkatkan Fungsi Otak

Selain kaya akan vitamin C, jeruk juga mempunyai kandungan lainnya seperti kalium, folat serta antioksidan yang mampu meningkatkan fungsi saraf di otak. Manfaat jeruk untuk peningkatkan kinerja otak sering kali terlewatkan oleh manusia.

Hasil penelitian yang dilakukan oleh American Academy of Neurology menunjukkan bahwa mengkonsumsi buah jeruk setiap hari akan membantu mengurangi risiko kehilangan memori serta meningkatkan kemampuan berfikir bagi para pria. Meskipun begitu, hasil penelitian ini harus dikaji lebih lanjut untuk membuktikan manfaat positif dari mengkonsumsi jeruk untuk aktifitas otas manusia.

Jeruk
Jeruk

2. Menjaga Kesehatan Ibu Hamil serta Janinnya

Konsumsi buah jeruk juga sangat bermanfaat untuk ibu hamil dan janin yang dikandungnya. Kandungan vitamin C, folat dan air sangat dibutuhkan oleh seorang ibu hamil. Kandungan air melimpah didalam buah jeruk sangat membantu ibu hamil tetap dalam kondisi terhidrasi. Selain itu, kandungan vitamin C dan folat didalam buah jeruk membantu pencegahan kerusahan sel dan menyerap zat besi untuk tubuh.

Kandungan folat didalam buah jeruk merupakan senyawa dari vitamin B yang bermanfaat untuk mengurangi risiko cacat pada saraf janin. Konsumsi jeruk oleh ibu hamil harus diperhatikan, mengkonsumsi jeruk dalam jumlah yang cukup akan memberikan manfaat yang berlimpah untuk ibu hamil dan janinya.

3. Membantu Menjaga Tekanan Darah

Penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi yang diderita oleh seseorang menjadi salah satu permasalahan kesehatan yang harus diperhatikan dengan baik, kerena penyakit ini meningkatkan risiko orang tersebut terkena penyajik jantung.

Kandungan vitamin C didalam buah jeruk dipercaya mampu menjaga tekanan darah seseorang. Konsumsi buah jeruk ataupun jus jeruk dengan kadar gula yang rendah akan membantu menurunkan tekanan darah pada penderita penyakit darah tinggi.

4. Memelihara Kesehatan Rambut dan Kulit

Tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh seseorang, konsumsi jeruk juga memberikan dampak positif untuk kesehatan rambut dan kulit. Vitamin C didalam buah jeruk kaya akan kandungan antioksidan yang sangat bermanfaat untuk kulit dan rambut. Antioksidan didalam buah jeruk dinilai mampu melindungi kulit dari bahaya radikal bebas akibat paparan sinar Ultra Violet (UV).

Kandungan didalam buah jeruk juga mampu menjaga keseimbangan kolagen didalam dermis. Kolagen adalah jenis protein yang sangat penting untuk kulit dan rambut manusia, terutama untuk mempercepat pertumbuhan rambut serta mengurangi gejala penuaan dini. Oleh karena itu, konsumsi jeruk yang kaya akan kandungan vitamin C mampu menjaga kesehatan rambut dan kulit kamu.

5. Manfaat Buah Jeruk untuk Pencernaan

Jeruk
Jeruk

Satu buah jeruk mengandung 87 gram air, sedangkan kebutuhan air untuk tubuh manusia didalam satu hari adalah anatara 2.5 sampai 3.5 liter air. Konsumsi satu buah jeruk mampu membantu pemenuhan kebutuhan harian cairan tubuh manusia sekitar 3 sampai 4 persen.

Sistem penceraan yang normal dan baik membutuhkan air yang cukup, dan jeruk bisa menjadi alternatif untuk memenuhi kebutuhan cairan tersebut. Hal ini menjadikan jeruk sebagai salah satu jenis buah yang berkhasiat untuk sistem pencernaan tubuh kamu.

Selain kandungan air yang banyak, satu buah jeruk juga memiliki jenis serat larut yang berfungsi membantu usus untuk menyerap zat cair. Penyerapan ini terjadi dikarenakan serat larut didalam buah jeruk menghasilkan gel tebal, sehingga bisa menunda waktu transit dari sisa makanan di usus.

Gel yang dihasilkan dari serat larut memberikan waktu pada usus untuk menyerap gizi yang penting, seperti vitamin, mineral dan asam lemak. Konsumsi buah jeruk bermanfaat untuk membantu tubuh menyerap nutrisi secara maksimal.

Leave a Reply