Manfaat Menanam Bunga
Manfaat Menanam Bunga

Menanam bunga belakangan trend yang banyak dilakukan orang dari  berbagai kalangan usia. Tidak hanya orang dengan kesibukan biasa, orang-orang dengan kesibukan padat juga ikut melakukan trend ini. Banyak artis ikut menanam bunga dan menjadikannya koleksinya. Menanam bunga sendiri bukanlah semata-mata hanya untuk menanamnya dan menghias sebuah tempat. Menanam bunga memiliki berbagai manfaat dan kegunaan. Meskipun begitu, alasan menanam bunga yang paling popular adalah alasan estetika dan kesehatan. Yuk simak manfaat menanam bunga bagi kita!

Tujuan menanam bunga

Tujuan Menanam Bunga
Tujuan Menanam Bunga

1. Alasan estetika 

Menanam bunga terutama tanaman hias alasan utamanya adalah untuk memperindah ruang. Hal ini juga akan menarik perhatian setiap yang melihatnya. Nilai keindahan ini tentu saja adalah hiburan bagi mata. Ditambah lagi, kesehatan mata akan lebih bagus jika di sela-sela kesibukan yang dijalani dialihkan dengan melihat tanaman.

2. Mencari kesibukan

Aktivitas keseharian yang dijalani memanglah membuat beberapa orang terasa Lelah. Mencari kesibukan baru adalah hal yang biasanya dilakukan. Menanam tanaman dapat menambah kesibukan yang baru. Bukan hanya kesibukan biasa, menanam tanaman juga bermaksud untuk menambah kesenangan dalam melakukan kesibukan. 

3. Terapi mental

Menanam bunga bukanlah sekadara menjalani kesibukan dengan keindahan bunga. Beberapa orang menanam dan merawat bunga untuk terapi mental. Orang yang mengalami stress akan dianjurkan untuk melakukan rutinitas baik setiap harinya. Salah satu runitinias baru yang baik untuk kesehatan mental adalah menanam bunga.

Menanam bunga dan merawatnya akan membantu manusia untuk melepaskan endorphin. Di mana hormone tersebut akan membuat manusia merasa lebih positif, Bahagia, dan berenergi. Dari sanalah mood bagus karena suasana hati yang baik akan datang. 

Selain itu, kualitas oksigen yang baik juga akan membantu bernapas lebih lega. Dengan napas yang lebih baik ini kecemasan dan stress akan berkurang. Pengelolaan terhadap reaksi dari emosi yang muncul akan lebih terarah dan terorganisir dibandingkan mereka yang tidak melakukan terapi.

4. Hobi 

Banyak orang menanam bunga karena hobi. Tidak ada yang salah dari hal ini. Hobi memelihara tanaman akan membantu untuk mengalihkan fokus dari rutinitas biasanya. Selain itu, hobi memelihara tanaman juga akan akan mendatangkan keuntungan karena dapat diperjualbelikan.

Baca Juga : Cara Menanam Bunga Telang

Manfaat menanam bunga

1. Memperbaiki kualitas udara 

Kualitas udara ibukota diketahui memang kurang baik dibandingkan daerah yang bukan ibukota. Masyarakat ibukota sebaiknya mulai menanam bunga di rumah. Hal ini bertujuan untuk memperbaiki kualitas udara rumah. Hal ini tentu saja baik juga untuk kesehatan paru-paru dan lainnya.

Dengan adanya kulitas udara yang baik beberapa penyakit dapat dicegah untuk datang. Udara dan oksigen yang baik akan mencegar dapatangnya penyakit paru-paru, melancarkan pernafasan, serta mengurangi intensitas datangnya penyakt asma atau alergi pada debu. 

2. Menjaga kesehatan otak 

Menanam bunga membuat banyak orang memiliki otak lebih sehat. Hal ini karena kegiatan menanam dan merawat bunga membuat otak lebih fokus. Latihan kefokusan otak dengan cara menanam dan merawat bunga ini akan membantu terbentuknya sel saraf neuron. Sel tersebut akan menjaga otak tetap berfungsi dengan baik. Selain itu, memelihara tanaman juga akan membantu mencegah kepikunan. 

3. Menambah kualitas hidup

Kulitas hidup mereka yang menanam dan merawat bunga akan lebih baik karena telah melakukan hal produktif dan bermanfaat. Ditambah kulitas udara dan kesehatan otak yang baik. Terlebih setelah melihat tenaman yang dirawat telah tumbuh sehat. Tentu saja hal-hal tersebut akan membuat kepuasan hati tersendiri.

4. Alternative obat 

Lidah buaya, cocor bebek, eceng gondok, dan berbagai tanaman lainnya memiliki manfaat obat selain tanaman hias. Menanam bunga akan sangat membantu jika sewaktu-waktu membutuhkan obat. Terutama tanaman obat yang mudah untuk dirawat dan ditanam di rumah. 

5. Mengusir nyamuk

Beberapa tanaman dapat mengusir nyamuk. Tanaman seperti ini cocok untuk ditanam pada lingkungan yang banyak nyamuk. Tanaman pengusir nyamuk seperti lavender dan citrus biasanya memiliki aroma yang sedap dihirup. Selain mengusir nyamuk, tentu saja tanaman tersebut dapat menjadi aromaterapi alami. Nah kamu bisa mengetahui cara menanam bunga lavender agar bisa mengusir nyamuk.

Baca Juga : Arti Mimpi Menanam Bunga

Manfaat menanam bunga di pekarangan

1. Mengurangi polusi

Memiliki rumah dengan posisi langsung menghadap jalanan umum yang sering dilewati kendaraan bermotor sebaiknya memang menanam bunga di pekarangan. Tanaman-tanaman yang ditanaman di pekarangan akan membantu mengurangi polusi di sekitar rumah. Untuk mendapat manfaat ini sebaiknya tanamlah sukulen, anggrek, peace lily, bromelia, dan lidah mertua.

2. Melatih rasa peduli anak

Manfaat Menanam Bunga Melatih Rasa Peduli Anak
Manfaat Menanam Bunga Melatih Rasa Peduli Anak

Mangajarkan anak untuk mulai menanam bunga dan memeliara tanaman akan membuat sisi emosional anak terasah sehingga anak dapat memiliki kecerdasan emosial yang baik. Kegiatan ini mengajarkan anak rasa sayang dan peduli pada sekitar. Tentu saja hal ini juga dapat menambah pengetahuan umumnya mengenai tanaman dan juga obat.

3. Menambah nilai property 

Nial jual property akan lebih malah dan itu adalah hal yang baik ketika ada sebidang tanah yang diisikan dengan berbagai tanaman. Kesan sejuk, nyaman, dan tenang akan terlihat dari rumah yang memiliki banyak tanaman dan bunga. Bukan hanya sekadar tanaman, tapi nilai signifikan akan dirasakan dengan adanya hal ini.

4. Mengurangi bau tidak sedap

Menanam bunga di pekarangan rumah adalah hal yang sangat disarankan jika di sekitar rumah terdapat sumber aroma tidak sedap. Tanaman akan menyaring udara yang membawa aroma tidak sedap tersebut dan mengubahnya menjadi yang lebih baik. Tanaman yang memang beraroma segar akan lebih membantu seperti melati, kamboja, freesia, sedap malam, dan yang lainnya.

Baca Juga : Cara Menanam Bunga Anyelir

Apakah perlu menanam pohon di dekat rumah?

Perlu Menanam Pohon di Dekat Rumah
Perlu Menanam Pohon di Dekat Rumah

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah PERLU!

Menanam pohon di dekat rumah akan membawa manfaat seperti apa yang sudah disebutkan di atas. Berbagai hal baik akan berdatangan dengan adanya pohon. Dengan adanya pohon di dekat rumah, rumah akan terasa lebih sejuk sehingga akan mengurangi penggunaan listri untuk AC atau kipas angin. 

Selain itu, tanah di dekat rumah akan lebih sehat jika ada pohon. Pohon akan mengelola unsur hara di tanah menggunakannya untuk dikonsumsi dan menggantinya dengan yang lainnya. 

Tidak hanya perlu diambil baiknya, menanam pohon juga perlu diperhatikan dampaknya. Ada beberapa pohon yang sebaiknya tidak ditanam di dekat rumah. Pohon-pohon tersebut adalah pohon yang memiliki akar besar dan berkemungkinan merusak pondasi rumah.

Pohon-pohon besar seperti beringin, pohon manga, pohon jambu, pohon sawo, dan pohon Ketapang kencana memiliki akar besar yang terus tumbuh. Pondasi rumah di sekitar tanaman tersebut mungkin saja tidak kuat untuk menahan akar dan pohon yang besar tersebut. Jika memang memiliki keingian untuk menanam pohon tersebut sebaiknya memang memiliki pekarangan yang luas, sehingga pondasi rumah tidak terganggu oleh akar pohon.

Nah selain menanam pohon di dekat rumah, kamu juga bisa menata bunga di teras rumah sederhana juga lho agar terlihat lebih indah dan sejuk.

Kesimpulan

Dilihat dari berbagai manfaat yang diberikann oleh menanam bunga, sepertinya tidak ada alasan untuk tidak mulai menanam bunga dan merawatnya. Selain manfaat pada diri sendiri, manfaat-manfaat yang datang juga baik untuk lingkungan sekitar. 

Share:

Leave a Reply