Bunga Celosia
Bunga Celosia

Bunga Celosia atau yang biasa disebut sebagai tanaman Jengger Ayam adalah tanaman bunga potong dari family Amaranthaceae. Tanaman ini bisa ditanam sebagai salah satu tanaman hias. Karena bentuk dari bunga yang indah dan menarik untuk dilihat. Dengan warna yang cantik dan juga memiliki banyak warna, dapat mengundang banyak orang untuk melihatnya.

Arti Bunga Celosia

Nama bunga celosia berasal dari bahasa Yunani yaitu “Kelos” yang memiliki arti terbakar karena bunganya berwarna merah seperti terbakar. Memiliki arti juga sebagai bunga jengger ayam karena bentuk bunganya seperti daging merah yang tumbuh di kepala ayam yang disebut jengger. Bunga ini bisa termasuk kedalam jenis tanaman Amaranthaceae atau sejenis sayur bayam.

Manfaat Bunga Celosia

Manfaat Bunga Celosia
Manfaat Bunga Celosia

Tahukan kamu, ternyata Bunga ini bisa dimakan oleh manusia dengan rasa yang manis dan segar. Makanan ini dapat dikonsumsi untuk mencegah beberapa penyakit. Dengan tekstur yang mirip seperti bayam jadi tidak akan merasa aneh untuk dimakan. Makan ini akan terasa seperti makan seperti sayur biasanya, karena dengan tekstur dan bentuk yang hampir mirip dengan sayuran bayam. Bukan hanya direbus tanaman ini juga bisa ditumbuk dan langsung dioleskan ke kulit.

Dari penelitian dapat diketahui bahwa tanaman celosia merupakan sumber antioksidan yang potensial, karena kandungan utama tanaman ini adalah kelompok fenolik, khususnya flavonoid. Senyawa dalam kelompok fenolik adalah senyawa yang berperan sebagai antioksidan. Selain fenolik, flavonoid juga memiliki kemampuan untuk mereduksi radikal bebas. Di bagian bunganya mengandung minyak lemak,kaempferitrin, amaranthine, pinitol, sedangkan daunnya terdapat saponin, flavonoida dan polifenol. Nah ternyata manfaatnya tidak hanya itu, berikut manfaat bunga celosia secara lengkap :

Menghentikan Pendarahan

Dapat dimanfaatkan dengan merebus bunga segar jengger ayam ditambahkan urang- aring dan akar alang-alang. Semua bahan ini takarannya sekitar 15 gram dengan tiga gelas air sampai tersisa satu gelas. Setelah dingin, lalu diminum sekaligus pada pagi hari sebelum makan. Rebus ampasnya sekali lagi dan diminum pada sore hari. Cara ini dapat mencegah batuk darah, muntah darah,mimisan dan wasir berdarah.

Mengatasi Wasir

Mengatasi pembengkakan pembuluh darah yang membesar atau sering disebut wasir. Cara mengkonsumsinya dapat dilakukan dengan merebus bunga dengan 3 gelas air lalu diminum di pagi sebelum makan.

Menghentikan Mimisan

Mimisan dapat disebabkan karena salah satu pembuluh darah lapisan hidung pecah, dan bisa juga disebabkan infeksi, cedera, reaksi alergi atau mengorek hidung terlalu keras. Dan dengan khasiat yang ada di dalam bunga jengger dapat menjadikan sebagai perawatan alami. Dengan cara menghancurkan bunga dan merebusnya sampai mendidih. Bisa diminum 2 kali sehari.

Menghilangkan Keputihan

Keputihan biasanya terjadi karena infeksi, baik karena jamur atau bakteri, parasite. Bahkan bisa disebabkan karena stress, hormone yang tidak seimbang atau alergi dengan pembersih wanita, pembalut, sabun, tisu toilet atau detergen untuk mencuci pakaian dalam. Ini dapat dicegah dengan mengonsumsi bunga ini dengan merebusnya dan meminumnya di sore hari.

Melancarkan Sistem Pencernaan

Sistem pencernaan yang tidak lancar biasanya disebabkan oleh kurangnya olahraga dan terlalu banyak mengonsumsi makanan cepat saji. Dengan mengonsumsi bunga ini akan membantu kamu untuk menghindari gangguan pencernaan seperti diare dan sembelit.

Meningkatkan Kinerja Organ Tubuh

Kinerja tubuh berkurang biasanya karena kondisi yang melemah akibat berlari atau melakukan kegiatan yang terlalu ekstra. Dengan mengonsumsi bunga ini maka akan dapat meningkatkan daya tahan tubuh lagi dan tubuh tidak akan mudah lelah.

Mengatasi Disentri

Disentri adalah peradangan usus yang menyebabkan diare disertai darah atau lendir dengan frekuensi buang air besar akan meningkat dengan konsistensi feses yang lembek atau cair. Dan dengan mengonsumsi bunga ini bisa untuk menyembuhkan penyakit disentri, lainnya dengan menjaga kebersihan lingkungan.

Mengobati kencing darah dan nanah

Biasanya terjadi akibat infeksi bakteri Neisseria gonorrhoeae, bakteri ini menyerang saluran reproduksi, tetapi juga bisa terdapat di selaput lendir, mulut, mata dan area dubur. Cara alami yang dapat dilakukan adalah dengan mengonsumsi bunga ini dengan direbus dan ditambah dengan sedikit gula batu, kemudian minum 3 kali sehari.

Pencegahan Infeksi Saluran Kemih

Penyakit ini adalah kondisi organ-organ dalam sistem kemih yaitu ginjal, ureter, kandung kemih dan uretra, menjadi terinfeksi. Dapat diredakan dengan mengonsumsi Bungan ini dengan cara merebus 3 gelas air dan dituangkan ke gelas yang berisi bunga lalu diminum. Bisa diminum 3 kali sehari.

Menjernihkan Mata

Terkadang mata juga bisa tidak jernih karena asap polusi, kurang tidur dan terlalu banyak bermain gadget. Dengan mengkonsumsi bunga ini dengan menumbuk bunga menjadi halus lalu merebusnya dan menambahkan sedikit madu.

Mengatasi Peradangan

Peradangan biasanya terjadi karena sistem imun yang mencoba melindungi organ dari infeksi dan cedera. Dengan mengkonsumsi bunga ini maka kamu mungkin akan mengatasi terjadinya peradangan.

 Bukan hanya untuk kesehatan, namun bunga ini juga dapat bermanfaat sebagai hiasan yang menyegarkan mata dan indah untuk dipandang. Dengan warna-warna yang cantik dan bentuk yang unik serta indah. Maka tidak akan merasa rugi untuk menanamnya. Dari warnanya yang menarik bisa dijadikan untuk spot foto yang menarik dan dijadikan sebagai tanaman hias yang sangat cantik.

Ciri Bunga Celosia

Tanaman diperkirakan berasal dari Benua Amerika yang kemudian menyebar ke daerah Asia Tropis dan Benua Afrika. Berdasarkan daerah penyebarannya tanaman ini cocok di daerah tropis dengan suhu ideal 15-21ºC dan kelembaban sedang, baik di tempat terbuka maupun semi naungan, serta daerah dataran tinggi maupun rendah.

Pada umumnya Bunga Celosia berwarna ungu, merah mudah, kuning dan orange.jika diperhatikan dengan seksama maka dapat dilihat jika di kepala bunga memiliki seperti sisir runcing dan memiliki bulu-bulu halus. Beberapa jenis lainnya memiliki daun yang berwarna hijau dan terkadang berwarna merah. Bunga Celosia atau Jengger Ayam adalah Bunga hermafrodit dan tanaman celosia yang warna merah dikenal sebagai bunga wol, disebut demikian karena mahkota bunganya menyerupai bulu-bulu atau jengger ayam.

Batang bunga ini memiliki bentuk yang kokoh dan dapat tumbuh hingga ketinggian 60- 90 cm. dengan bunga yang berbentuk jengger yang terlihat bercabang yang dapat menarik perhatian. Bunga ini juga memiliki buah yang berbentuk seperti kotak hingga berbentuk bulat telur yang berwarna kehijauan dan terlihat retak jika sudah matang. Dan memiliki biji yang berkilau berwarna hitam seperti hati kecil. Tanaman jengger ayam sebagai tanaman fitoremediasi memiliki keunggulan dapat tumbuh dengan cepat, tahan hama, penyakit dan berbagai bahan pencemar.

Jika dilihat dengan kasat mata maka tanaman ini sangat unik dan indah. Karena memiliki bunga berwarna cerah yang dapat memikat pandangan orang, dan bentuk bunga yang sangat unik. Jika ditanam dengan jumlah yang banyak maka kita dapat melihat keindahan yang sangat nyata dari bunga tersebut.

Jenis-Jenis Bunga Celosia

1. Celosia Argentea L

Biasanya dikenal sebagai jengger berbulu atau jengger ayam silver. Bunga ini adalah tanaman herbal asala tropis dikenal dengan warnanya yang cerah.

2. Celosia cristata L.

Merupakan jenis tanaman semusim, dengan tumbuh tegak hingga 90 cm, dengan batang tebal dan daun yang kuat yang tumbuh berseling, dan berbentuk memanjang dengan ujung meruncing bunganya berbentuk bulir, tebal mendaging, bagian atas melebar seperti jengger ayam jago, warnanya ada yang ungu, merah, atau kuning.

3. Celosia isertii C.C.Towns.

4. Celosia leptostachya Benth.

5. Celosia nitida Vahl

6. Celosia odorata T. Cooke

7. Celosia palmeri S.Watson

8. Celosia spicata L.

9. Celosia trigyna L.

10. Celosia virgata Jacq.

Dari sekian banyak jenis bunga celosia di seluruh dunia, namun di Indonesia hanya memiliki 2 jenis Celosia Cristata L (Cockscomb) dan Celosia Plumosa (plume). Celosia plumose (plume) adalah jenis celosia yang pendek, dan bunganya berbentuk memanjang dan memiliki bunga berwarna merah terang.

 

Share:

Leave a Reply