Manfaat Pohon Beringin
Manfaat Pohon Beringin

Pohon beringin adalah salah satu pohon yang dapat bertahan hidup lama terlebih di Jakarta. Pohon beringin memiliki nama Latin Ficus benjamin. Pohon ini merupakan tanaman hias yang sebenarnya sering kali ditanam di dalam pot. Namun, yang banyak diketahui orang adalah pohon yang sudah tumbuh besar. Di Indonesia, pohon ini kerap kali dianggap pohon yang angker atau pohon yang keramat. Namun tahukah kamu kalau ada banyak sekali manfaat pohon beringin. Yuk Simak Disini!

Manfaat Pohon Beringin

Manfaat Pohon Beringin Untuk Pencegah Banjir
Manfaat Pohon Beringin Untuk Pencegah Banjir

1. Pencegah banjir

Manfaat Pohon beringin yang pertama adalah membantu mencegah banjir. Hal ini disebabkan oleh akarnya yang kuat dalam menyerap air. Ketika hujan datang, pohon ini akan menyerap banyak sekali air yang ada. Sehingga, faktor banjir yang disebabkan karena hujan terlalu banyak atau faktor alami, dapat dimimalisir. 

Tentu saja hal ini adalah hal baik yang berkepanjangan. Hanya dengan sekali menanam dan nerawat pohon beringin hingga besar, pohon ini akan membantu lungkungan sekitar dalam penyerapan air yang tinggi. Hal ini yang membuat banyak orang lebih memilih menanam pohon beringin di sekitar rumah, dibandingkan pohon lain. Sebab, daya serap dari beberapa pohon yang ditanam belum tentu kemampuannya sama dengan pohon beringin.

Baca Juga : Manfaat Pohon Pisang Untuk Bisnis

2. Penghasil udara segar

Saat masih duduk dibangku SD, kita selalu diajarkan untuk menanam pohon agar mendapat oksigen. Salah satu pohon yang dapat memberikan oksigen yang baik dalam jangka waktu panjang adalah beringin. Pohonnya yang besar akan menyerap banyak sekali karbondioksida sehingga oksigen dapat terus menerus diberikan oleh pohon beringin.

Dalam menghasilkan oksigen, tentu saja pohon beringin juga dapat menghasilkan udara segar. Udara segar ini sangat baik untuk paru-paru. Manfaat Pohon Beringin ini akan membawa ketenangan bagi lingkungan sekitar. Tidak heran jika sering kita rasakan jika berada dekat dengan pohon terdapat rasa lega.

3. Menciptakan banyak spot teduh

Pohon beringin memiliki ukuran besar yang berbeda dengan pohon lainnya. Karena besarnya yang tidak umum ini, pohon beringin dapat memberi banyak tempat yang teduh. Dikatakan banyak, sebab pohon beringin yang besar membuat sisi-sisi berbeda di sekelilingnya. Tidak seperti pohon biasa yang hanya akan memberi satu spot teduh. Tentunya hal ini adalah sebuah keuntungan besar jika memiliki pohon beringin di sekitar

4. Mengobati radang usus

Manfaat pohon beringin juga terletak pada Daun yang dapat digunakan sebagai obat beberapa keluhan pada pencernaan. Salah satu masalah pada bagian pencernaan adalah radang usus. Nyeri-nyeri yang disebabkan oleh radang usus dapat diredakan juga dikendalikan oleh ramuan daun beringin. Untuk membuat daun beringin menjadi ramuan pereda nyeri pada radang usus, caranya cukup sederhana. Hanya perlu menyiapkan sekitar kurang lebih 500 gram daun beringin yang segar. Daun-daun ini kemudian harus dibersihkan sebelum direbus dengan 3 gelas air. Rebusan ini harus dijadikan 1 gelas untuk diminum 2×sehari. Resep ini cukup sederhana untuk dibuat. Selain radang usus, resep ini juga baik untuk alergi-alergi pencernaan yang disaat-saat tertentu dapat kambuh.

5. Mencegah penyakit bronkitis

Masih mengusung manfaat dari daun pohon beringin. Usut punya usut, ternyata pencegahan pada penyakit bronkitis dapat dilakukan dengan mengkonsumsi daun pohon beringin. Daun pada pohon beringin dapat direbus bersamaan dengan kulit jeruk. Untuk diminum sebanyak 3×sehari, takaran yang tepat adalah 75 gram daun pohon beringin dan 18 gram kulit jeruk ditambah dengan 3 gelas air. Ramuan alami ini dapat melindungi bronkuolus dari penyakit bronkitis. Ramuan ini tidak akan bekerja hanya pada satu kali konsumsi. Untuk memaksimalkan manfaat ini, perlu diterapkan keteraturan dalam mengkonsumsi ramuan ini selama 10 hari.

6. Ladang mencari keuntungan

Tentu saja sudah dibahas sebelumnya bahwa manfaat pohon beringin memberi banyak spot teduh di sekelilingnya. Hal ini juga biasanya dimanfaatkan banyak orang – di Jakarta tentunya – untuk mencari keutungan. Sisi-sisi teduh yang diberikan pohon beringin bisa diisi oleh pedagang-pedagang makanan untuk mangkal. Tempat teduh yang diberikan oleh pohon beringin tidak hanya sekadar tempat untuk mendapat angin, tetapi juga bisa sembari menikmati makanan di sekeliling pohon beringin yang dijual para pedagang. Keuntungan yang didapat bukan hanya bagi penikmat keteduhan pohon beringin, namun juga pedagang sekitar bahkan pemilik lahan atau pohon beringin tersebut.

Karakteristik pohon beringin

Karakteristik Pohon Beringin
Karakteristik Pohon Beringin

Pohon beringin sering kali terlihat hingga bagian akarnya yang mana tidak semua pohon seperti ini. Akar pohon beringin termasuk jenis akar tunggang, akar jenis ini akan menopang pohon yang besar dengan kuat. Selain itu akar yang besar dan kuat pada pohon beringin berfungsi untuk menjaga nutrisi yang dimiliki pohon.

Batang pada pohon beringin memiliki tekstur sama pada pohon umumnya, hanya saja ukuran batang ini lebih besar dari pada pohon biasa. Pohon beringin akan membiarkan batangnya bercabang banyak, hingga tidak heran bila daun pada pohon beringin juga amat lebat. Jenis daun pada pohon beringin adalah daun berseling dan bertulang. Sementara bunga pada pohon beringin merupakan jenis bunga tunggal. Bunga ini berwarna kuning kehijauan membentuk corong. Selain kelopak, putik dan benang sari pada bunga pohon beringin juga berwarna kuning. 

Pohon beringin biasanya bisa tumbuh besar dan tinggi hingga mencapai 25m bahkan lebih. Pohon besar ini daunnya akan membentuk kanopi, sehingga tidak heran jika sering dijadikan tempat berteduh. 

Mitos seputar pohon beringin

Mitos Pohon Beringin
Mitos Pohon Beringin

Salah satu mitos paling terkenal mengenai pohon beringin berasal dari daerah Yogyakarta. Pada alun-alun kota tersebut terdapat dua pohon beringin yang berdiri berdampingan. Banyak orang mempercayai bahwa jika seseorang berhasil melewati pohon beringin ini dengan mata tertutup, maka orang tersebut tidak akan mendapat kesialan pada hidupnya. Sementara jika yang melewati pohon beringin tersebut adalah pasangan, artinya mereka adalah jodoh dan akan bersama-sama dengan langgeng.

Mitos terkenal mengenai pohon beringin yang kedua adalah pohon beringin merupakan tempat bersemayam berbagai makhluk halus. Tidak diperbolehkan untuk menaruh sembarangan sesuatu apalagi sampah di sekitar pohon beringin sebab makhluk halus pada pohon beringin akan marah dan membawa kesialan. Selain itu, pohon beringin yang sudah tumbuh besar dan tua tidak boleh ditebang. Jika pohon beringin ditebang, maka penunggu pada pohon tersebut akan kehilangan tempat tinggal. Lingkungan sekitar pohon beringin yang ditebang akan ditimpa kesialan yang dibuat oleh makhluk halus yang terganggu akibat tempatnya ditebang.

Mitos ketiga yang banyak dipercayai oleh masyarakat adalah mengenai akar gantung. Akar gantung pada pohon beringin merupakan akar yang kuat. Akar ini bahkan tidak akan putus jika manusia bergelayut. Tetapi manusia dilarang bergelayut atau bergelantung pada akar ini. Jika ada yang bergelantung pada akar ini maka dipercaya orang tersebut tidak bisa hidup mandiri di masa depan. Orang tersebut akan hidup bergantung pada orang lain sampai mati.

Share:

Leave a Reply