11 Manfaat Tanaman Lidah Mertua yang Jarang Orang Ketahui

Tanaman Lidah Mertua
Tanaman Lidah Mertua

Sansevieria atau yang lebih dikenal masyarakat sebagai tanaman lidah mertua merupakan jenis tanaman hias yang bisa kamu tanam di luar rumah maupun menjadi penghias di dalam ruamah. Sifat tumbuhan ini yang bisa hidup dengan baik dalam kondisi yang sedikit air dan cahaya matahari menjadikan sansevieria menjadi pilihan yang cocok untuk ditempatkan di meja kerja ataupun sudut ruangan rumah anda.

Sansevieria dikenal sebagai tumbuhan dengan kemampuan adaptasi lingkungan yang sangat baik. Selain bisa tumbuh dan berkembang pada kondisi yang kekurangan air karena tanaman lidah mertua memiliki kandungan air sekulen, tanaman ini juga bisa tumbuh dengan baik pada kondisi yang lembab ataupun basah.

Tanaman lidah mertua memiliki bentuk daun yang tegak dengan ujung yang meruncing dengan tekstur keras dan sukulen. Penamaan sansevieria dengan julukan lidah mertua dikarenakan ciri khas yang ditunjukkan tanaman ini yang memiliki daun meruncing dan berbentuk tajam.

Berdasarkan jenisnya, tanaman lidah mertua dibagi menjadi dua jenis yaitu sansevieria spesies atau keturunan asli dan tanaman hasil persilangan atau hibridasi yang lebih dikenal dengan sebutan sansevieria hybrid. Jenis tanaman lidah mertua hybrid memiliki karakter dan bentuk fisik yang berbeda jika dibandingkan dengan tanaman indukannya.

Sansevieria memiliki beragam warna daun yaitu mulai dari hijau tua, hijau ke abu–abuan, hijau muda, perak dan juga warna kombinasi antara putih kuning ataupun hijau kuning. Selain menampilkan warna yang berbeda, tanaman lidah mertua juga memiiliki motif daun yang berbeda, beberapa motif daun yang bisa kita temui adalah motif alur atau garis–garis yang terdapat pada helai daun, motif ini juga bervariasi yaitu ada yang mengikuti arah serat daun, ada yang berbentuk zig–zag dan juga ada yang tidak beraturan.

Tanaman lidah mertua terdiri dari dua jenis yaitu sansevieria yang tumbuh memanjang ke atas dengan ukuran 50 sampai 70 cm. Jenis ini seringkali disebut sebagai tanamanaman pedang–pedangan karena memiliki daun yang panjang dan meruncing seperti mata pedang. Jenis kedua adalah tanaman lidah mertua yang memiliki jenis daun mendek melingkar dalam bentuk roset dengan panjang 8 cm dan lebar 3 sampai 6 cm.

Tanaman Lidah Mertua
Tanaman Lidah Mertua

Selain diberkahi karena tumbuh dengan karakteristik fisik yang khas, tanaman lidah mertua juga mempunyai segudang manfaat yang sering kali tidak disadari oleh empunya. 11 manfaat yang bisa didapatkan oleh orang – orang yang tertarik dan merawat tanaman Sansevieria ini adalah:

1. Pembersih Udara Alami Terbaik

Tumbuhan lidah mertua memiliki kemampuan untuk menyerap bahan beracun seperti karbondioksida, benzene, formaldehyde dan trichloroethylene. Hal ini menjadikan tanaman ini istimewa.

Karena kemampuannya, Sansevieria bermanfaat untuk memurnikan udara didalam ruangan. Selain cocok sebagai penghias ruangan, kamu bisa mendapatkan keuntungan karena bisa menghirup udara yang lebih segar, sebagai hasil kerja dari tanaman lidah mertua.

Tidak hanya mampu memrunikan udara di luar ruangan, kemampuan tanaman ini juga terbukti mampu membersihkan udara di luar ruangan.

 

2. Pemasok Oksigen Melimpah

Tanaman Lidah Mertua
Tanaman Lidah Mertua

Hasil penelitian yang telah dilakukan oleh para ahli menunjukkan bahwa tanaman lidah mertua mampu memproduksi oksigen dalam jumlah yang lebih banyak jika dibandingkan dengan tanaman lainnya. Hal ini menjadikan Sansevieria mampu menyerap racun secara efisien dan melepaskan oksigen ke lingkungan. Tanaman ini jga mampu melepaskan kelembapan di udara dan mengurangi risiko alergi di udara secara efektif.

 

3. Tanaman Anti Kanker

Tanaman lidah mertua juga mampu menyerap dan menyingkirkan polutan beracun di lingkungan dan juga agen penyebab kanker, sperti benzene, formaldehida, xilen dan toluene. Hal ini menjadikan tanaman ini menjadi pilihan yang tepat untuk mengobati dan mencegah penyakit kanker.

 

4. Penyerap Karbon Dioksida pada Malah Hari

Sansevieria juga dikenal mampu melakukan Crassulacean Acid Metabolism (CAM), yaitu kemampuan yang dimiliki untuk melakukan jenis fontosintesis tertentu. Karena ini, lidah mertua mampu untuk mengurangi karbon dioksida pada siang dan malam hari. Kemampuan CAM dimiliki oleh tanaman lidah mertua karena mampu hidup di lingkungan yang toleran kekeringan, iklim kering dan tanaman sukulen.

 

5. Menyerap Radiasi

Laptop
Laptop

Radiasi yang dihasilkan oleh alat–alat elektronik di sekitar kamu mampu diserap oleh tanaman lidah mertua. Hal ini menjadikan tanaman ini sangat cocok untuk ditempatkan didalam ruangan atau di tempat yang sering digunakan oleh keluarga untuk berkumpul.

 

6. Menyerap Bau

Bau yang dihasilkan oleh tanaman lidah mertua sangat khas, hal ini menjadikan tanaman ini mampu untuk menyerap bau yang kurang sedap di lingkungan. Di negara China dan Perancis juga menggunakan tanaman lidah mertua sebagai parfum.

Tanaman ini sangat cocok untuk ditempatkan di kamar mandi, dapur ataupun ruangan lainnya yang menghasilkan dan meninggalkan bau yang kurang sedap dan menyengat.

 

7. Antiseptik

Keistimewaan lainnya yang dimiliki oleh Sansevieria adalah mempunyai kandungan antiseptic alami yang bersifat anti racun yang baik. Hal ini menjadikan tanaman lidah mertua sangat baik untuk dipakai sebagai antiseptik pembunuh kuman.

 

8. Bahan Tonik Alami untuk Rambut

Untuk kamu yang menginginkan rambut yang tumbuh halus dan indah tetapi takut untuk menggunakan bahan atau zat kimia yang berbahaya, maka tanaman lidah mertua menjadi pilihan yang tepat. Kandungan yang dimiliki tanaman lidah mertua sangat bermanfaat untuk menjadikan rambut tumbuh dengan halus dan indah secara alami. Caranya adalah dengan mengambil gel yang dihasilkan oleh tanaman lidah mertua kemudian kamu bisa oleskan ke rambut kamu.

 

9. Membantu Mengobati Wasir

Seseorang yang menderita penyakit wasir menyebabkan penderitanya kesulitan untuk buang air besar. Tanaman lidah mertua bisa kamu manfaatkan untuk mengurangi keluhan akibat wasir. Kandungan zat yang dimiliki tanaman ini sangat bermanfaat untuk membantu melancarkan buang air besar.

 

10. Membantu Penyembuhan Sakit Kepala

Sakit kepala yang dialami oleh seseorang sangat mengganggu aktivitas yang dijalankan oleh orang tersebut. Tanaman Sansevieria bisa kamu manfaatkan untuk mengatasi gejala yang muncul akibat sakit kepala. Caranya adalah dengan membakar tanaman ini terlebih dahulu sebelum digunakan.

 

11. Membantu untuk Menurunkan Resiko Diabetes

Selain bermanfaat untuk mengatasi zat berbahaya yang ada di lingkungan tampat kamu tinggal, tanaman lidah mertua juga ampuh untuk mengatasi

Tanaman lidah mertua menjadi pilihan yang sangat tepat bagi kamu untuk memperindah lingkungan. Tidak hanya menjadi tumbuhan yang memperindah taman di luar lingkungan, tumbuhan ini bisa hidup dengan baik walaupun berada di tempat dengan pencahayaan yang minim. Karena alasan tersebut kamu bisa menjadikan tanaman lidah mertua sebagai penghias setiap sudut ruangan, tanaman cantik yang akan menemani kamu mengerjakan rutinitas kerja ataupun sebagai tanaman yang ditempatkan di area rumah seperti dapur dan kamar mandi. Selain bisa menikmati tampilannya yang cantik, kamu juga bisa mendapatkan berbagai manfaat dari tanaman lidah mertua.

Leave a Reply