Arti Mawar Orange yang Wajib Kamu Ketahui

Mawar Orange
Mawar Orange

Pernah dengar istilah floriografi?

Floriografi adalah sebuah praktik yang berasal dari era Victoria yang mana bunga dan tumbuhan tertentu dijadikan atau digunakan untuk menyampaikan pesan tanpa perlu kata-kata yang sebenarnya. Praktik unik ini berkembang menjadi media untuk mengungkapkan perasaan, baik perasaan yang positif maupun perasaan negatif. Sebuah karangan bunga tidak hanya indah dan harum tetapi juga menjadi suatu hadiah yang penuh misteri dan intrik. Mengapa dapat dikatakan demikian? Karena setiap bunga dapat diartikan dan diketahui maksudnya tanpa harus diberi bumbu kata-kata.

Hingga saat ini bunga masih menjadi cara yang populer dalam usaha menyampaikan perasaan kepada seseorang yang kita cintai. Salah satu bunga paling populer untuk mendeklarasikan perasaan adalah bunga mawar.

Bunga mawar ternyata memiliki sejarah panjang dan penuh warna. Mawar dikenal sebagai simbol cinta, keindahan, perang, dan politik. Menurut bukti fosil, mawar telah berumur 35 juta tahun. Selama periode Romawi, mawar tumbuh luas di Timur Tengah dan digunakan sebagai pengobatan maupun bahan wewangian. Para bangsawan Romawi mendirikan kebun mawar besar di selatan Roma.

Dikatakan bahwa setiap mawar memiliki duri karena segala sesuatu, bahkan yang terindah sekalipun, pasti memiliki sisi yang tidak menyenangkan. Ungkapan ini tercermin pada pepatah “tidak ada mawar tanpa duri”.

Mawar paling populer ialah mawar merah. Namun perlu diketahui bahwa mawar memiliki berbagai macam warna yang mana tiap warna memiliki arti yang berbeda. Ada mawar putih, mawar kuning, mawar merah muda, hingga mawar orange. Mawar orange? Ya!

Sejarah Mawar Orange

Mawar Orange
Mawar Orange

Tidak banyak yang tahu bahwa ada bunga mawar berwarna orange. Mawar orange memang cukup jarang dijumpai, khususnya di Indonesia. Namun mawar orange cukup populer di Negara Barat, khususnya ketika musim gugur. Masyarakat di Negara Barat sering menggunakan mawar orange di acara pernikahan musim gugur dan acara-acara perayaan musim gugur lainnya seperti Halloween dan Thangsgiving. Warna mawar orange memang identik dengan suasana musim gugur. Maka tak salah jika orang di Negara Barat menyukai mawar orange sebagai bunga simbol perayaan musim gugur.

Mawar orange merupakan tumbuhan hasil persilangan yang dikembangkan pada pertengahan abad ke-20. Persilangan ini dilakukan dengan menyilangkan mawar merah dan kuning. Hasil dari budidaya mawar orange disukai banyak orang hingga menciptakan beberapa varietas, seperi Rosa Independence, Rosa Tropicana, Rosa Alexander, Rosa Arocad, dan lain-lain. Bahkan kita sudah bisa menemukan rangkaian mawar orange dari warna yang paling cerah hingga yang paling pekat dan juga yang paling pucat.

Filosofi Mawar Orange

Mawar Orange
Mawar Orange

Mawar orange melambangkan antusiasme dan passion. Selain itu mawar orange juga melambangkan energi dan semangat yang hidup. Kita tentu bisa saja memberikan mawar orange pada seseorang yang baru saja memuai pekerjaannya, jabatan baru, ataupun pengantin baru sehingga mereka terus termotivasi dan bergairah. Selain itu, mawar orange juga kerap menjadi dekorasi acara-acara tertentu ataupun dekorasi ruangan. Mawar orange cocok untuk meningkatkan energi positif suatu ruangan. Hari-hari akan terlihat semakin cerah dan tidak membosankan dengan sebuah vas berisi mawar orange.

Kabar baiknya lagi ialah, mawar orange juga cocok sebagai lambang perasaan kita ketika kita tertarik dengan seseorang namun kita belum terpikirkan tentang cinta atau hubungan yang lebih serius. Mawar orange juga merupakan hadiah yang bagus untuk mengungkapkan dukungan atau terima kasih

Tapi perlu diketahui juga bahwa mawar tidak selalu identik dengan cinta, apalagi mawar orange. Mawar orange dihasilkan dari persilangan mawar merah dan mawar kuning. Oleh karena itu, mawar orange juga memberi makna relasi. Ada simbol modernitas dan energi yang besar yang dipancarkan langsung oleh warnanya.

Kegunaan Mawar Orange

Mawar Orange
Mawar Orange

Mawar orange bisa kita jadikan hadiah. Kirim karangan bunga mawar orange yang cerah saat kita ingin mengekspresikan gairah dan keinginan yang kuat. Biarkan buket mawar orange yang berwarna api menunjukkan gairah atau keinginan kita yang menggebu-nggebu tanpa harus kita jelaskan lewat kata-kata.

Kita juga bisa memberikan buket mawar orange pada teman atau rekan yang membutuhkan dorongan semangat. Energi dari mawar orange mampu membangkirkan semangat dan antusiasme.

Jika kita ingin memakai mawar orange untuk buket acara pernikahan, maka perhatikan gaun pernikahan kita. Biasanya mawar orange dipakai untuk pengantin yang memakai gaun berwarna putih. Pepaduan gaun pengantin putih dan buket mawar orange akan mampu meningkatkan gairah dan antusias selama acara pernikahan berlangsung.

Selain untuk buket pengantin, mawar orange juga dapat digunakan sebagai bahan utama dekorasi aula pernikahan. Biasanya jika pernikahan diselenggarakan di sebuah gedung atau aula, akan lebih bagus apabila bunga untuk dekorasinya hanya memakai satu jenis saja. Ini akan lebih menguatkan makna dan suasana yang ingin diciptakan. Terlalu banyak jenis bunga justru akan menghilangkan nilai estetika ruangan.

Memilih toko bunga tentu akan berdampak pada bagaimana kualitas bunga yang akan kita dapatkan. Tidak banyak toko bunga yang menjual mawar orange. Namun meski begitu, kita tidak boleh asal memilih toko bunga selama mereka memiliki stock mawar orange. Nilailah lebih dulu kesegaran mawar orange yang mereka miliki. Mawar orange yang segar tentu akan lebih awet dan tahan lama. Namun apabila mawar orange yang kita beli atau pesan tidak segar, tentu tidak lama lagi mawar orange itu akan layu dan tidak lagi cantik dipandang.

Dengan memilih toko bunga yang terpercaya dan berkualitas, tentu kita tidak hanya akan mendapatkan mawar orang yang segar saja, tetapi juga pelayanan yang optimal. Kita bisa meminta saran atau rekomendasi kepada toko bunga terkait desain atau kombinasi yang kita inginkan. Kita juga bisa meminta mereka menyesuaikan dengan budget yang kita punya. Tentu hal ini akan menguntungkan pembeli bukan? Itulah mengapa pilihan toko bunga memiliki pengaruh penting.

Cara Merawat Mawar Orange

Bunga mawar jenis apapun pasti bisa tahan lama jika dirawat dengan benar. Perawatannya pun cukup mudah. Hanya membutuhkan sedikit ketelatenan saja.

Pertama, siapkan vas bunga. Pastikan vas bunga dalam keadaan bersih ya agar terhindar dari bakteri yang mampu merusak mawar. Vas bunga juga harus diisi dengan air. Sebaiknya kita menggunakan air hangat bukan air dingin. Mengapa? Air hangat lebih memudahkan penyerapan nutrisi di dalam air. Kita bisa mengatur suhu air di 45 derajat celcius.

Kedua, tempatkan vas bunga di lokasi yang tepat yakni yang terhindar dari paparan matahari secara langsung. Bunga mawar orange yang sudah dipetik tidak menyukai sinar matahari. Paparan sinar matahari akan membuat bunga mawar radiasi dan mengakibatkan mudah layu.

Ketiga, lakukan pemotongan tangkai di dalam air jika tangkai bunga yang dipetik terlalu panjang. Potong bagian ujung kira-kira 1 cm dengan cara menyerong ya.

Leave a Reply