Bunga Melati Sebagai Puspa Bangsa

Bunga Melati
Bunga Melati

Cantik, putih, harum, siapakah dia? Ia adalah bunga melati. Bunga yang dapat kita temukan di seluruh tempat di negeri ini. Tidak seperti bunga mawar, agak sulit membuat bunga melati sebagai buket bunga. Ukuran bunga yang terlalu kecil membuatnya hanya bisa dijadikan pendamping dalam buket. Namun, untuk menikmati segala hal baik yang bunga melati berikan kita tidak perlu membuatnya berada dalam buket, cukup ditanam saja pada taman kecil yang ada di rumah. Bunga melati sangat mudah untuk tumbuh dan dirawat. Sehingga tidak ada alasan bagi pecinta bunga untuk menanam bunga ini.

Perawatan bunga melati

Bunga Melati
Bunga Melati

Bunga melati relatif mudah untuk tumbuh, terlebih habitat aslinya adalah daerah tropis, akan sangat mudah bagi kita masyarakat Indonesia untuk menanam bunga melati. Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan saat menanam bunga melati.

Pertama, untuk menanam bunga melati hal yang harus kita perhatikan adalah media tanam. Media tanam akan sangat berpengaruh untuk pertumbuhan bunga melati. Bunga melati menyukai tanah humus yang gembur. Selain itu, daya serap tanah juga mempengaruhi kesuburan bunga. Bunga melati akan tumbuh dengan baik jika daya serap tanah bagus. Gunakan pupuk kandang sebanyak dua kali lipat tanan dan sekam tiga kali tanah. Tingkat keasaman yang cocok untuk melati adalah 6 – 7. Setelah satu minggu menanam bunga melati, pupuklah dengan NPK dalam jarak satu bulan sekali.

Kedua, memilih bibit bunga melati yang baik dapat dilakukan dengan cara stek batang. Batang bunga melati harus dipotong sekitar 15cm dari pucuk untuk mendapatkan hasil terbaik. Selain itu, pilihlah batang yang tidak terlalu tua, tetapi memilih batang yang terlalu muda juga bukan hal yang disarankan.

Ketiga, jangan simpan bunga melati di dalam rumah. Tempat terbaik untuk bunga melati adalah ruang terbuka yang mudah tersorot matahari. Jika bunga melati ditanam di pot, maka pot harus ditempatkan di luar ruangan. Lebih baik lagi bunga melati ditanam di taman kecil yang ada di depan rumah.

Keempat, merawat bunga melati dari gulma sangat diperlukan. Biasanya gulma dan rumput liar akan tumbuh saat bunga melati memasukin usia satu bulan. Segera singkirkan gulma dan rumput liar agar pertumbuhan melati berlanjut dengan baik dan nutrisi yang diberikan melalui pupuk dapat diberdayakan dengan baik. Selain gulma dan rumput liar, pada musim kemarau, pilihlah batang yang sudah dari bunga melati. Batang ini dipilih untuk dipangkas sebab batang-batang tua ini tidak akan menghasilkan bunga lagi.

 

Parfum aroma bunga melati

Bunga Melati dan Wanita
Bunga Melati dan Wanita

1. Jo Melone white jasmine and mint

Parfum ini adalah gabungan dari beberapa wewangian yang segar seperti bunga. Aroma utama dari parfum ini adalah bunga melati. Terkesan feminin karena menggunakan bunga-bunga sebagai aromanya, namun parfum ini diluncurkan untuk wanita dan juga pria. Aroma yang ditawarkan akan membuat perasaan tenang seperti di kebun di Inggris.

2. Miniso charming jasmine lady parfume

Parfum ini memberi sensasi tenang yang cocok sekali dipakai saat mengawali pagi sebelum memulai pekerjaan padat hari ini. Harum bunga melati pada parfum ini bukanlah harum seperti orang tua jaman dahulu. Parfum ini menawarkan wangi yang menenangkan dengan tambahan sedikit kesegaran.

3. Careso jasmine blossom

Aroma melati pada parfum ini cocok sekali untuk dipakai pada pesta malam hari. Bahan utama pada parfum ini adalah melati arabian. Parfum ini menggambarkan aura yang faminin dan elegan.

4. Bvlgari jasmin noir

Parfum ini adalah salah satu yang terbaik dalam aroma melati. Aromanya memberi kesan seksi dan cerdas seperti wanita yang mencuri perhatian di keramaian jalanan. Wangi pada parfum ini adalah termasuk yang paling lama bertahan. Sekali semprot, wanginya akan hilang setelah 10 jam pemakaian. Tidak hanya jasmine, parfume ini juga banyak mengandung white floral.

5. The body shop indian jasmine

Parfum ini akan memberi aroma floral menyegarkan dari jasmine. Namun, lama-kelamaan parfum ini akan melebur hingga wanginya menjadi agak manis. Parfum ini cocok untuk laki-laki dan perempuan. Parfum ini tidak akan bertahan selama yang parfum sebelumnya, dengan harga yang cukup terjangkau, menyempotnya beberapa kali dalam sehari tidak akan merugikan.

6. Scentworks and co jasmine tease

Parfum ini akan cocok bagi mereka yang malas memiliki banyak botol parfum. Wangi khas white floral yang diberikan, cocok digunakan siang dan malam, maka tidak perlu lagi kita membedakannya. Dengan harga hanya Rp. 200.000 saja, parfum ini akan dengan baik membantu membangun mood setiap hari.

Bunga melati di Indonesia

Bunga Melati
Bunga Melati

Apa yang dapat disimpulkan ketika melihat bunga melati? Mereka adalah tanaman yang cantik, harum, sederhana, mudah tumbuh. Kebaikan-kebaikan yang tumbuh dari bunga melati dapat dikatakan mirip dengan kepribadian bangsa Indonesia. Pluralis yang kita lihat adalah ciri khas Indonesia yang mana juga mempercantik keberagaman kita. Keramahan yang dimiliki bangsa Indonesia dilambangkan dengan keharuman bunga melati. Bentuk bunga melati yang sederhana merupakan lambang dari kesederhanaan bangsa Indonesia. Mudah tumbuh merupakan kepribadian bangsa yakni mudah untuk hidup dalam kepluralisan dan terbiasa untuk itu. Warna melati yang putih juga melambangkan kesucian dan kemurnian bangsa Indonesia.

Faktanya masih banyak sekali orang Indonesia yang belum mengetahui bahwa bunga melati merupakan bunga yang melambangkan bangsa Indonesia. Kebanyakan dari kita hanya mengetahui melati dengan mudah tumbuh di Indonesia. Jika ingin mencontek negara tetangga yakni Singapura, yang menanam bunga Miss Vanda di sepanjang jalan raya agar warga negaranya mengenal bunga lambang negaranya. Sebenarnya sangat mudah bagi keadaan Indonesia untuk melakukan hal yang sama, sebab melati sangat cocok ditanam di Indonesia dan perawatannya yang dapat dikatakan mudah. Maka ada baiknya dalam menyosialisasikan pengenalan puspa bangsa yang harum nan cantik ini Indonesia dapat melakukan hal yang sama dengan Singapura.

Leave a Reply