Manfaat Pohon Kelapa
Manfaat Pohon Kelapa

Pohon kelapa adalah salah satu pohon yang sangat mudah ditemui di Indonesia. Di seluruh penjuru Indonesia dapat ditumbuhi pohon kelapa. Inilah keistimewaan pohon kelapa. Selain dapat ditanam di seluruh daerah di Indonesia, pohon kelapa juga dapat memberi banyak sekali manfaat. Pengolahan yang tepat akan membuat pohon kelapa menjadi sumber penghasilan yang menguntungkan. Tidak heran banyak masyarakat Indonesia yang menjadikan pohon kelapa sebagai sumber penghasilan.

Apa yang dihasilkan dari batang pohon kelapa?

Manfaat Batang Pohon Kelapa
Manfaat Batang Pohon Kelapa

Batang dari pohon kelapa biasanya diolah dalam proses panjang dan berat. Hasil yang didapat juga tidak akan dijual dengan harga murah. Pengolahan batang kelapa harus dilakukan dalam industri yang besar. Sehingga sangat jarang usaha perorangan mengolah batang pohon kelapa. 

Batang pohon kelapa memiliki kerapatan pada struktur yang tinggi. Oleh sebab itu, batang kelapa sering kali dijadikan kayu konstruksi. Kayu konstruksi yang berasal dari batang kelapa ini tentu saja bisa dijadikan berbagai alat guna hingga bahan bangunan. Mulai dari rumah, kursi, meja, dan berbagai perabotan yang terbuat dari kayu. Tentu saja harga yang harus dibayarkan untuk mendapat benda-benda ini tidaklah murah.

Selain benda-benda keras diatas, batang pohon kelapa juga tak jarang diolah menjadi kertas. Batang pohon kelapa yang sudah ditebang akan dipersiapkan untuk diolah menjadi pulp. Pulp adalah bubur kertas yang terbuat dari kayu, tentu saja kayunya adalah batang pohon kelapa. Untuk membuat pulp, diperlukan batang pohon kelapa yang lembab, oleh sabab itu batang pohon kelapa yang sudah dipisahkan dari bagian lainnya harus didiamkan selama beberapa bulan. Batang kelapa yang sudah didiamkan beberapa bulan, akan dikupas kulitnyan dan dipotong-potong kecil kayunya. Potongan kayu ini akan diolah dengan mesin yang memerikan tekanan dan suhu panas yang tinggi sehingga menjadi pulp atau bubur kertas. Bubur kertas inilah yang kemudian dibuang airnya dan diolah menjadi kertas. 

Apa manfaat akar dari pohon kelapa?

Manfaat Akar Pohon Kelapa
Manfaat Akar Pohon Kelapa

Pohon kelapa banyak sekali ditemui di daerah pantai. Hal ini bukan tanpa sebab bahwa pohon kelapa adalah tanaman pantai. Pohon kelapa yang ditanam di sepanjang pantai memiliki tujuan khusus. Akar pohon kelapa akan menjaga pantai dari abrasi. Abrasi merupakan pengikisan tanah di daerah pantai yang disebabkan oleh air laut. Tanah pada pantai adalah pasir. Abrasi ini adalah bencana bagi penduduk pantai. Daratan di pantai akan menyempit saat abrasi terjadi. Untuk mencegah berbagai keburukan yang akan diakibatkan oleh abrasi, hal yang paling tepat dilakukan adalah menanam pohon kelapa. 

Akar pohon kelapa akan mencegah terjadinya abrasi. Selain itu, akar pohon kelapa akan membantu memecah ombak yang datang. Sehingga pantai tidak akan memiliki ombak yang terlalu tinggi. Siasat ini sangat baik untuk pantai yang dijadikan tempat rekreasi. Pantai ini akan didatangi banyak wisatawan sebab ombak yang ada tidak akan mengerikan bagi wisatawan.

Selain manfaatnya pada lingkungan, akar pohon kelapa juga tidak pelit untuk membagi manfaatnya pada manusia secara langsung. Akar pohon kelapa akan menyembuhkan berbagai penyakit seperti gatal-gatal, demam, wasir, diare, hingga demam. Cukup dengan satu ramuan, penyakit-penyakit tersebut akan pergi. Untuk membuatnya hanya perlu menggunakan akar pohon kelapa yang sudah dibersihkan untuk direbus. Akar pohon kelapa yang sudah direbus sampai mendidih ini dapat langsung diminum saat gejala-gejala pada penyakit diatas tiba.

Baca Juga : Fakta Pohon Akasia

Berbagai keuntungan dari buah kelapa

Keuntungan Pohon Kelapa Lainnya
Keuntungan Pohon Kelapa Lainnya

Tentunya hal yang paling menonjol dari pohon kelapa adalah kehadian buahnya. Buah kelapa juga termasuk bagian yang memiliki banyak manfaat dari pohon kelapa. Air dan daging buah kelapa menjadi kesukaan banyak orang di Indonesia. Ini dikarenakan kesegaran yang diberikan oleh air kelapa terutama kelapa muda. 

Air kelapa membawa banyak manfaat untuk tubuh. Hal ini disebabkan karena air kelapa mengandung vitamin C, serat, protein, mineral, dan juga karbohidrat, serta antioksidan. Sementara manfaat air kelapa terhadap kesehatan adalah untuk mencegah dehidrasi, meningkatkan stamina, menurunkan tekanan darah, menjaga daya tahan tubuh, hingga menurunkan resiko penyakit jantung. Tetapi, ada hal-hal yang harus diperhatikan dalam mengkonsumsi air kelapa. Air kelapa yang sudah dibuka dari buahnya harus langsung diminum agar tidak terkontaminasi bakteri dari luar. Jika ingin menyimpannya, simpanlah wadah yang tertutup rapat lalu masukan ke dalam kulkas. Air kelapa disarankan diminum tanpa campuran apapun seperti gula atau soda. Air kelapa yang sudah dipindahkan di wadah lain dan dimasukan ke kulkas, rasanya manisnya akan berkurang dan tidak seperti saat pertama kali dibuka. Jika ingin mengkonsumsi air kelapa dalam kemasan pastikan kemasan minumannya tidak rusak. 

Baca Juga : Jenis Pohon Pisang Bernilai Ekonomis

Pohon kelapa yang memiliki banyak manfaat bahkan tidak hanya berhenti sampai buahnya saja. Kulit pada buah kelapa juga dapat dikatakan limbah kelapa ternyata juga ikut menyumbang manfaat. Tempurung kelapa yang telah melewati proses konversi termokimia dapat berubah menjadi bahan bakar yang ramah lingkungan. Hasilnya adalah arang dengan kualitas terbaik. Arang ini dapat dijadikan sebagai bahan bakar yang cocok untuk usaha rumahan.

Tempurung kelapa yang berasal dari pohon kelapa ini juga memiliki nilai seni dan nilai guna yang tinggi. Selain menjadi bahan bakar, tempurung kelapa dapat dikreasikan menjadi berbagai perabotan yang berguna dalam membantu pekerjaan sehari-hari. Alat-alat tersebut adalah centong, mangkuk, sendok, teko, cangkir, dan berbagai hiasan dalam rumah. 

Tempurung kelapa juga dapat bermanfaat sebagai pengawet makanan alami. Tempurung kelapa harus diasapi hingga mengeluarkan cairan kental dan pekat seperti kecap. Cairan inilah yang harus ditampung dan kemudian disulin hingga berwarna jernih. Pengawet alami dari tempurung kelapa ini  tentu saja aman digunakan. 

Tempurung kelapa yang berserat-serat sangat cocok untuk dimanfaatkan sebagai penyaring air. Penyaringan yang dimaksud adalah dengan tempurung kelapa yang sudah dikeringkan. Air yang keruh akan disaring menjadi jernih saat disaring dengan serabut kelapa. Selain karena bentuknya yang berserat-serat, serabut ini juga memiliki kandungan karbon aktif yang mana kandungan ini akan mengikat kotoran pada air hingga air jernih. 

Pohon kelapa ternyata membawa banyak sekali manfaat yang tidak semua dapat disebutkan. Hal ini tentunya adalan rezeki bagi Indonesia yang bisa menghasilkan sebanyak 30 juta ton dalam kurun waktu satu tahun. Menanam pohon kelapa sama sekali tidak akan membawa kerugian. Malah keuntungan besar bisa didapat jika memulai menanam pohon kelapa. Jadi jangan ragu untuk mulai menanam pohon kelapa.

Kesimpulan

Pohon Kelapa Memiliki Banyak Manfaat Sehingga salah satunya diperlukan bagi tubuh kita untuk stamina, untuk kalian yang sedang mencari Parcel Buah, bisa lewat FlowerAdvisor

Share:

Leave a Reply