Anyelir
Cara Menanam Bunga Anyelir

Bunga Anyelir (Dianthus caryophillus) melambangkan cinta, pesona, dan perbedaan. Bunga anyelir secara tradisional diberikan sebagai bunga hari Ibu untuk mewakili rasa terima kasih dan kasih sayang. Makna dan simbolisme anyelir menjadikannya pilihan populer untuk memberi hadiah kepada orang yang dicintai dalam bentuk karangan bunga anyelir. Tidak hanya anyelir yang digunakan untuk tujuan dekoratif, tetapi juga diseduh dalam teh dan digunakan dalam produk kecantikan pelembab kulit. Namun tahukah kamu bunga anyelir juga bisa kita tanam di taman kita, yuk simak cara menanam bunga anyelir yang mudah.

Cara Menanam Bunga Anyelir

Anyelir harus ditanam di daerah yang mendapat sinar matahari empat hingga enam jam per hari. Anyelir lebih suka sinar matahari daripada teduh, jadi ingatlah ini ketika memutuskan penempatan mereka. Saat menanam anyelir, pastikan untuk menggunakan tanah berdrainase baik yang subur dan sedikit basa (pH 6,7-6,9). Jika tanah terlalu subur atau menyerap air, bunga tidak akan mekar dengan benar atau mereka akan berubah warna. Anyelir akan tumbuh paling baik di suhu yang 50-65 derajat di siang hari dan 40-50 derajat di malam hari.

Baca Juga : Manfaat Bunga Anyelir Untuk Kehidupan Sehari – Hari

1. Menanam Bunga Anyelir Dari Biji

Cara Menanam Bunga Anyelir dari Biji
Cara Menanam Bunga Anyelir dari Biji

Metode Cara menanam bunga anyelir yang pertama adalah kita Tanam biji anyelir dalam campuran tanah yang berdrainase baik, sedalam delapan inci. Biji harus disebar selebar 12 inci. Berhati-hatilah untuk tidak menyiram benih secara berlebihan, terutama pada tahap awal. Penyiraman ringan harus dilakukan dua hingga tiga kali seminggu. Rasakan tanah sebelum disiram untuk memastikan itu telah mengering sejak penyiraman terakhir. Benih akan mulai berkecambah dalam dua hingga tiga minggu.

2. Menanam Bunga Anyelir Dari Stek

Metode cara menanam bunga anyelir yang Mayoritas petani anyelir profesional lakukan adalah menanam anyelir dari stek. Untuk melakukan ini, mereka menggunakan stek dari bunga terminal (yang terbentuk di ujung kecambah daripada di mana batang dan cabang bertemu). Stek ini harus berukuran 4 hingga 6 inci. Perbanyakan membutuhkan mereka untuk dimasukkan ke dalam pasir murni dan dalam 25 hingga 30 hari mereka akan siap untuk transplantasi.

Baca Juga : Cara Memilih Bunga Anyelir Untuk hari Istimewa Kamu

Cara Merawat Bunga Anyelir

Cara Merawat Bunga Anyelir
Cara Merawat Bunga Anyelir

Sesudah lewat proses penanaman yang panjang, saat ini waktunya untuk merawat bunga anyelir agar kesehatan bunga terjaga sehingga menghasilkan bunga yang indah. Namun Perlu anda kenali jika bunga dianthus ini memerlukan perawatan yang intensif . Sehingga, kalian jangan asal – asalan dalam merawat bunga anyelir ini.

1. Penyiraman Bunga Anyelir

Anda lakukan penyiraman pada bunga sekitar 2× satu hari untuk jaga tempat tanam bunga masih tetap lembab. Menjaga tanah janganlah sampai kering sebab bisa mencelakakan perkembangan bunga. Anda dapat menyirami bunga anyelir pada jam 06:00 dan sesudah jam 17:00. Tidak boleh membuat wadah tanam terlampau basah sebab bisa membuat tanaman membusuk dan mati. Cukup siram tanaman sampai jemu dan air keluar lubang pot. Untuk mengontrol gulma pada tanaman, anda wajib melakukan penyiangan pada bunga sekitar satu minggu sekali dengan teratur dengan mengambil rumput liar yang tumbuh disekitaran tanaman.

baca Juga : Arti dan Makna Bunga Anyelir Yang Harus Kamu Ketahui

2. Lakukan Pemupukan

Anda dapat lakukan pemupukan pertama saat tanaman berusia dua minggu. Perincian pupuk seperti berikut untuk dalam jumlah besar :

ZA 4 Gr
pupuk urea 4 Gr
KNO 3 2 Gr
TSP 0,2 Gr
seluruh bahan campur dalam 2 ltr air

Anda beri pada akar tanaman, tiap 2 gr pupuk cuman untuk 10 pot bunga anyelir saja. Kerjakan pemupukan dengan teratur sekitar dua minggu sekali.

3. Perawatan Lebih Lanjut

Bunga anyelir benar-benar rawan pada penyakit hingga anda harus memasukkan basamid ke tanaman saat sebelum di tanam. Minimum ini dilaksanakan dua minggu saat sebelum tanam, saat wadah tanam sudah netral. karena itu tanam anyelir anda. Ingat, jumlah yang dipakai harus sesuai takar yang pas dan cukup.

Anda dapat memberinya Furada 3G di saat tanam untuk mengontrol hama ulat yang dapat mengusik perubahan bunga dianthus ini. Disamping itu, semprot Ripcord 5EC untuk mengontrol tungau yang dapat membuat tanaman jadi kering lalu mati.

Untuk membikin bunga anyelir yang berkualitas, anda wajib melakukan pemotongan yakni dengan tersisa 1 bunga pada satu tanaman. Ini akan memengaruhi kualitas bunga dan membuat tanaman bekerja dengan optimal untuk membikin bunga berkualitas tinggi.

4. Hasil Menanam Bunga Anyelir

Hasil Menanam Bunga Anyelir
Hasil Menanam Bunga Anyelir

Sesudah anda menanam bunga anyelir kalian sepanjang lima bulan, hasilnya sudah mulai kelihatan tumbuh bunga dan menanti waktu untuk tanaman siap dipanen. Langkah lakukan pemanenan : potong batang bunga dari sisi bawah bunga sejauh 30 CM > taruh bunga di tempat yang bersih dan mengumpulkan bunga di dalam 1 ikat yakni ikat berisi 12 bunga.

Anda rendam batang bunga dalam larutan chrysal minimum sepanjang 2 jam, anda dapat memendamnya lebih dari 2 jam karena makin lama memendam batang karena itu makin baik dan bunga tetap fresh sepanjang dua minggu. Semantara untuk saat pemanenannya dilaksanakan pada sore hari untuk jaga kesegaran bunga.

Share:

Leave a Reply