Fakta Bunga Daisy
Fakta Bunga Daisy

Bunga daisy yang belakangan ini banyak disukai berbagai kalangan. Bunga daisy merupakan bunga dari keluarga Asteraceae yang berasal dari Eropa barat. Artinya bunga ini adalah bunga yang berasal dari daerah yang bersuhu dingin. Namun, bunga daisy telah dinaturalisasikan di berbagai negara sehingga dapat bertahan pada suhu sedang atau daerah tropis. Banyak fakta bunga daisy dapat ditemukan dibawah ini.

Makna Bunga Daisy 

Pernahkan mendengar kalimat “that’s a doozy”?

Kalimat tersebut biasanya dijadikan ucapan pujian atas sesuatu yang keren atau menakjubkan. Namun, sebenarnya tidak seperty itu penulisan asli dari kalimat tersebut. Kalimat tersebut sudah mengalami perubahan dari tulisan aslinya, yaitu “that’s a daisy”. Bisa disimpulkan bahwa bunga daisy memiliki makna yang dapat mewakili sesuatu yang menakjubkan. 

Bunga daisy juga memiliki makna kemurnian. Kemurnian ini tentunya selalu berkaitan dengan cinta. Namun, tidak seperti cinta yang biasanya untuk pasangan hidup. Kemurnian cinta yang diantarkan oleh bunga daisy adalah yang berkaitan dengan memori masa kecil dengan orang tua. Bunga daisy menonjolkan cinta tulus dari anak kepada orang telah merawatnya sejak kecil. 

Bunga Daisy putih

Di Indonesia English Daisy lebih dikenal dengan nama bunga daisy putih. Bunga yang paling umum ditemui di berbagai tempat. Bunga ini berasal dari Eropa, namun sifat adaptif dari bunga warna putih ini membuatnya dapat tumbuh di mana pun. Bunga putih saat ini telah dinatualisasi di daerah yang iklimnya berbeda dengan habitat asalnya seperti Amerika. Bunga yang sering disebut gulma karena ukurannya yang kecil ini dapat tumbuh di bertahan hidup sekalipun dalam suhu yang tinggi. 

Warna bunga daisy 

Fakta bunga daisy terkait warnanya yang belum banyak diketahui adalah bunga daisy memiliki warna berdasarkan spesiesnya. Bunga daisy memiliki berbagai spesies yang dapat dengan mudah dibedakan hanya dengan mengetahui warnanya. Berikut fakta bunga daisy yang memiliki warna berkaitan dengan spesiesnya.

  • Annual daisy atau Bellis annua memiliki warna kuning cerah pada bagian tengah atau inti bunganya. Sedangkan pada bagian kelopak bunga, bunga ini memiliki warna putih pada pangkal dan dengan cantik bergradasi menjadi kecubung (amethyst)  pada ujung kelopaknya. Bunga ini dapat tumbuh hingga 312cm.  
  • English daisy atau Bellis perennis L. merupakan bentuk paling umum dari bunga daisy yang sering terlihat. Bunga ini mudah dikenali sebab memiliki warna putih pada kelopaknya dan inti bunga pada kuning. 
  • Butter daisy atau Melampodium merupakan jenis daisy yang cantik tetapi jarang diketahui. Berbeda dari kebanyakan bunga daisy yang berasal dari Eropa, spesies ini berasal dari Amerika Selatan. Warna pada inti bunga dan kelopak bunga adalah kuning. Namun, kelopak bunga berwarna kuning cerah dan inti bunga kuning kecoklatan seperti gorengan.penampilannya kurang lebih mirip dengan bunga matahari, hanya saja ukuran dari butter daisy hanya berdiameter sekitar 510cm.
  • African eyed daisy atau Osteospermum adalah jenis yang berasal dari Afrika. Warna bunga daisy jenis ini terlihat lebih berbeda daripada jenis lainnya karena tidak ada warna putih pada kelopaknya. Kelopaknya hanya berwarna ungu cerah dengan inti bunga juga ungu namun lebih gelap dan ada sedikit kebiruan. 
  • Cape daisy memiliki warna unik. Sama seperti kebanyakan bunga daisy lainnya, spesies ini juga memiliki kelopak putih. Namun, inti bunganya memiliki warna ungu tua pucat. Jumlah kelopaknya lebih banyak dibandingkan butter daisy.
Warna Bunga Daisy
Warna Bunga Daisy
  • Passion mix daisy memiliki warna magenta dari ujung kelopaknya hingga pangkal kelopak akan bergradasi menjadi sedikit putih. Warna pada inti bunga hampir sama dengan cape daisy namun ungu pada bunga ini lebih cerah.
  • Lemon symphony adalah salah satu daisy tahunan. Sama seperti namanya, kelopak bunga daisy ini memiliki warna seperti lemon, yakni kuning cerah. Inti bunga ini sama dengan passion mix.
  • Pink whirls memiliki warna magenta namun sedikit lebih tua. Pada bagian inti bunga terdapat warna biru tua dan kuning. Uniknya, bunga ini memiliki kelopak yang berbentuk seperti sendok. Fakta bunga daisy ini belum banyak dibahas.
  • Sunadora hotspot marbella adalah daisy dengan campuran warna-warna cerah. Pada bagian tengah inti bunga berwarna coklat gelap dan barisan terluarnya berwarna oranye. Sedangkan kelopaknya mulai dari pangkal berwarna kuning keputihan dan bergradasi sebagian besar hingga ujung berwarna dewangga.

Perbedaan bunga daisy, bunga krisan, dan bunga aster

Melihat bunga indah satu ini, ternyata mirip dengan bunga krisan dan bunga aster. Banyak orang ternyata menganggap ketiga bunga ini adalah bunga yang sama. Faktanya ketiga bunga ini adalah bunga yang berbeda. Namun, bunga daisy, aster, dan krisan adalah bunga yang datang dari keluarga yang sama yakni, Asteraceae. 

Bunga daisy adalah bunga yang habitat aslinya berasal dari Eropa. Untuk membedakan bunga ini dengan bunga yang bernama daisy lainnya, bunga ini sering disebut common daisy atau english daisy. Bunga ini memiliki daun menjari dan lebih panjang dari aster dan krisan. Pertangkai bunga daisy, hanya tumbuh satu bunga. Betuk bunga yang membulat dan mahkota yang tidak terbuka melebar, namun sedikit menutup. Ukuran bunga ini juga kecil, tidak sebesar bunga krisan atau aster.

Dengan bentu kelopak bunga yang sama dengan daisy, bunga krisan sering dianggap bunga daisy. Perbedaannya adalah, bunga krisan berukuran lebih besar daripada bunga satu ini. Ukuran bunga krisan bisa mencapai telapak tangan orang dewasa. Selain itu, bunga krisan memiliki banyak jenis. Jenis-jenis bunga krisan ada krisan anemone, krisan pompom, krisan laba-laba, krisan spoon bloom, krisan quilled bloom, dan krisan single bloom. Jenis-jenis tersebut membuatnya lebih kompleks dan menjadi perbedaan paling jelas dengan bunga aster dan daisy. 

Kakak dari kedua bunga tersebut adalah bunga aster. Yang membedakan bunga aster berbeda dengan kedua bunga adiknya adalah kelopaknya. Kelopak bunga aster lebih ramping dan tipis dibandingkan bunga krisan dan bunga daisy. Selain itu bagian tengah bunga aster lebih kecil dibandingkan bunga ini. Pada setiap kelopak bunga aster memiliki jarak yang teratur sehingga tidak terlihat rapat seperti bungaa daisy ataupun bunga krisan yang paling lebat kelopaknya. 

Fakta bunga daisy yang dapat menjadi obat 

Bunga Daisy Sebagai Obat
Bunga Daisy Sebagai Obat
Fakta Bunga Daisy Sebagai Obat

Salah satu fakta bunga daisy yang sangat  jarang diketahui adalah bunga daisy dapat dijadikan obat. Homeopati adalah sebuah cara pengobatan menggunakan bahan-bahan yang alami. Pada cara ini, bunga daisy banyak dimanfaatkan untuk diolah menjadi obat yang dapat dikonsumsi untuk pemulihan pasca bedah. Bunga daisy juga dijadikan obat sebagai pereda rasa sakit. Obat dari bunga daisy ini bukan hanya dapat dikonsumsi manusia, namun juga hewan. 

Pengobatan seperti ini telah lama dilakukan sejak masa Romawi Kuno. Para prajurit perang yang terluka saat itu akan diobati dengan ekstrak bunga daisy. Hingga pada middle age, bunga daisy terkenal dapat mengobati masalah pada tulang seperti pembengkakan sendi dan keseleo. Bunga daisy memiliki kandungan anodyne sehingga dapat dijadikan obat pada berbagai permasalahan tersebut. Fakta bunga daisy seperti ini sangat jarang dicari tahu oleh kebanyakan orang.

Tidak berhenti sampai disitu, bunga daisy akan sangat disukai wanita ketika mengetahui fakta bunga daisy ini.   Rasa nyeri saat menstruasi juga dapat diobati dengan bunga ini dengan ekstraknya. Selain nyeri saat menstruasi, rasa sakit akibat melahirkan dan kehamilan juga dapat diobati dengan pati bunga daisy.  

Masih seputar pengobatan pada perempuan. Pada cara homeopati, bunga daisy juga diekstrak untuk mengobati kanker payudara. Obat ini dapat dikonsumsi bersamaan dengan perawatan dari kemoterapi. Tentunya fakta-fakta bunga daisy tersebut akan sangat membantu jika sewaktu-waktu mncari solusi untuk masalah tersebut.

Fakta bunga daisy yang dapat dijadikan makanan

Bunga Daisy Untuk Makanan dan Minuman
Bunga Daisy Untuk Makanan dan Minuman

 Bunga daisy merupakan salah satu bunga edible yang dapat dimakan . Fakta bunga daisy yang dapat dimakan dapat dibuktikan dengan mencampurnya dengan salad. Kelopak yang sudah dibersihkan dapat langsung dicampurkan dalam salad. Untuk memenuhi kebutuhan vitamin C pada salad, bunga daisy adalah pilihan yang tepat sebagai topping. Selain salad bunga daisy juga kerap kali dijadikan campuran pada sandwich dan juga sup. Bukan hanya bagian kelopaknya yang dapat dimakan, bagian daun hinga inti bunga daisy juga boleh untuk dimakan.

Fakta  bunga daisy sebagai makanan penting untuk diketahui jika akan mencari tambahan vitamin C.

Fakta bunga daisy yang lainnya

Fakta Bunga Daisy Lainnya
Fakta Bunga Daisy Lainnya
  • Selain menjadi obat pasca operasi dan obat nyeri, fakta bunga daisy yang akan membuat banyak orang menyukainya adalah bunga ini dapat mengatasi masalah pada tenggorokan seperti batuk dan radang. Vitamin C pada bunga daisy dapat membantu menyembuhkan penyakit tersebut. Selain itu, gangguan pencernaan juga dapat diatasi dengan mengkonsumsi bunga daisy. Lagi-lagi hal ini dikarena kandungan vitamin C-nya.  
  • Bunga daisy pertama kali ditemukan oleh Paul Dietrich Gisake dan Carl Linnaeus. Gisake merupakan seorang ahli botani yang berasal dari Hamburg, Jerman. Setelah menuntaskan pendidikannya pada 1767, Gisake memulai perjalanannya hingga Ia sampai di Swedia dan bertemu Linnaeus. Linnaeus adalah murid dari Gisake yang pada akahirnya menjadi temannya. Linnaeus di Swedia dikenal sebagai “Bapak Taksonomi Modern”. Fakta bunga daisy tersebut perlu untuk diketahui
  • Fakta bunga daisy lainnya yang amat jarang diketahui orang adalah bunga daisy bukanlah satu bunga. Bunga daisy merupakan dua bunga yang tumbuh menjadi satu. Kelopak bunga adalah bunga pertama dan inti bunga adalah bunga kedua. 
  • Fakta bunga daisy yang keempat adalah bunga ini mekar ketika musim kemarau. Cocok untuk menghiasai taman rumah dan menambah kesegaran saat matahari sedang terik. 
  • Fakta bunga daisy kelima. Walaupun bunga daisy berasal dari Eropa barat, namun saat ini bunga ini dapat ditemukan di seluruh lapisan bumi. Hanya saja Antartika tidak termasuk. 
  • Fakta bunga daisy di seluruh dunia menyetujui bahwa daisy adalah simbolisme dari kepolosan. 
  • Fakta bunga daisy selanjutnya adalah bunga yang tepat untuk menarik perhatian lebah, kupu-kupu, hingga burung. Inilah fakta bunga daisy yang harus diketahu sebelum menanamnya
  • Untuk melihat keindahan bunga daisy memerlukan bantuan matahari. Bunga daisy tidak akan membuka kelopaknya dengan sempurna pada saat malam hari atau tidak ada matahari. Fakta bunga daisy ini diperlukan untuk menikmati keindahannya.
  • Bunga daisy adalah bunga yang sakral bagi Dewi Freya. Dewi Freya adalah seoarang dewi kesuburan, keindahan, dan cinta. Fakta bunga daisy inilah yang membuat bunga daisy menjadi bunga yang tepat untuk para ibu. 
Beli Bunga Hanya di Flower Advisor, Toko Bunga Terpercaya di Indonesia 

Share:

Leave a Reply