Love
Love

Mengapa orang sangat menyukai cokelat?

Menurut sebuah studi tahun 2007 oleh psikolog David Lewis, membiarkan cokelat larut perlahan di mulutmu dapat menghasilkan peningkatan aktivitas otak dan detak jantung sebesar ciuman yang menggairahkan – tetapi efek cokelat bertahan empat kali lebih lama. WOW!

Chocolate cake
Kue cokelat

Mengapa hanya Cokelat di Hari Valentine?

Dengan begitu banyak tren yang datang dan pergi, pasti ada sesuatu tentang cokelat yang bahkan sampai hari ini, tradisi yang sangat populer di hampir semua negara di dunia untuk memberikan kado valentine berupa cokelat pada kekasih di hari kasih sayang. Sekarang sudah menjadi tradisi berusia seabad di mana bahkan sekotak cokelat disimpan sebagai kenang-kenangan. Kamu pasti pernah mendengar cerita orang-orang tua, terutama para pejuang perang, menyimpan surat cinta orang yang mereka cintai dalam kotak cokelat di loteng atau ruang bawah tanah.

Selain bungkusnya yang cantik, rasa dan teksturnya yang enak, sebenarnya ada sejumlah alasan mengapa cokelat, bersama dengan mawar merah, secara eksklusif dikaitkan dengan Hari Valentine.

Faktanya, cokelat memiliki efek fisiologis dan emosional yang besar pada manusia. Memberi cokelat tidak hanya sebagai tanda cinta tetapi juga diberikan sebagai cara untuk mengekspresikan kegembiraan, memicu keinginan, mengungkapkan permintaan maaf dan menghidupkan kembali persahabatan, atau bahkan diberikan hanya untuk meningkatkan suasana hati karena merupakan penambah suasana hati yang kuat. Spesial di hari Valentine harga cokelat sangat bersahabat dan banyak macamnya yang bisa kamu temui di supermarket terdekat dan request hardbox nya khusus hari Valentine.

Chocolate praline
Chocolate praline

Ketika datang untuk merayakan Hari Valentine, penting untuk membuat hari itu istimewa untuk orang yang kamu cintai. Ada makan malam romantis, bunga, cokelat valentine dan pertukaran hadiah Hari Valentine buatan sendiri, tetapi bagaimana dengan saat kamu ingin melakukan sesuatu yang sedikit lebih kreatif dan unik? Untungnya, ada banyak hal menarik yang dapat dilakukan di Hari Valentine.

Untuk cara yang tak terlupakan menghabiskan liburan termanis tahun ini, cukup pilih aktivitas yang menyenangkan dari daftar kami, yang mencakup segalanya mulai dari menonton film Hari Valentine terbaik di sofa hingga ide kencan romantis yang lucu yang akan menjamin malam romantis. Karena siapa yang tidak menginginkan malam yang benar-benar berkesan penuh romansa (dan banyak cokelat)?

Kado
Kado

7 Manfaat Kesehatan Cokelat

Kabar baik bagi mereka yang menyukai makanan manis, makan cokelat bisa menyehatkan. Kamu akhirnya dapat menikmati camilan favorit Anda tanpa rasa bersalah. Yah, semacam itu.

Satu-satunya tangkapan adalah bahwa itu harus cokelat hitam; semakin tinggi persentase kakao semakin baik. Dan juga, lebih sehat jika kamu tetap makan hanya satu atau dua potong sehari. Tapi selain itu, jadilah liar. Berikut adalah 7 manfaat kesehatan yang dapat kamu nikmati sebagai hasil makan cokelat.

Holding a gift
Holding a gift

1. Dapat Membantu Kamu Menurunkan Berat Badan

Cokelat tidak harus menjadi alasan kenaikan berat badan, menurut ahli saraf Will Clower. Dalam bukunya Eat Chocolate, Lose Weight, dia menjelaskan bagaimana makan sepotong dark chocolate 20 menit sebelum dan lima menit setelah makan dapat mengurangi nafsu makan hingga 50 persen. Menurut Clower, ini karena cokelat memicu hormon yang memberi tahu otak kamu “Saya kenyang”. Namun, ingatlah bahwa ini hanya berlaku untuk cokelat hitam kaya kakao. Cokelat susu yang terlalu banyak akan meningkatkan kadar gula darah.

2. Memberi Kamu Kekuatan Otak

Chocoholics adalah orang terpintar dibidangnya. Atau setidaknya harus begitu, berkat kandungan flavanol dalam camilannya. Bekerja sama dengan laporan bahwa itu juga membantu meningkatkan aliran darah ke otak, tampaknya cokelat hitam membuat makanan otak yang sangat baik. Sedemikian rupa sehingga para peneliti bahkan menguji propertinya dengan pasien Alzheimer. Dalam uji coba yang diterbitkan oleh Nature Neuroscience, ditemukan bahwa “intervensi flavanol tinggi ditemukan untuk meningkatkan fungsi dentate gyrus (DG)” – DG adalah wilayah otak di mana “fungsi menurun sehubungan dengan penuaan manusia”. Meskipun penelitian tersebut menjelaskan, meskipun flavanol memiliki potensi untuk membantu penderita Alzheimer, flavanol tidak dapat mencegah penyakit sepenuhnya.

3. Mempromosikan Kulit Cantik

Flavonoid cukup kuat. Tanpa kamu sadari, mereka bekerja pada kulitmu, bertindak sebagai filter sinar UV yang berbahaya dan melindungi kamu dari kerusakan akibat sinar matahari. Bukan berarti kamu harus berhemat pada tabir surya – selalu gunakan saat berada di bawah sinar matahari. Terlebih lagi, seperti yang kita ketahui dengan baik, cokelat hitam adalah pereda stres yang hebat, yang juga membantu menjaga kulit tetap muda, segar, dan bebas kerutan.

4. Obat dari Alam

Cokelat hitam adalah obat yang dapat melawan penyakit, dengan bukti yang menunjukkan bahwa kandungan antioksidannya yang tinggi berpotensi menurunkan tekanan darah, mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, dan meningkatkan aliran darah. Diyakini bahwa flavanol yang ditemukan dalam cokelat hitam dapat merangsang endotel (lapisan arteri) untuk memproduksi oksida nitrat, yang pada gilirannya melemaskan arteri dan akibatnya, menurunkan tekanan darah. Efek relaksasi ini mungkin minimal, tetapi sedikit membantu.

5. Membantu Meningkatkan Energi

Jika kamu mencoba untuk minum lebih sedikit kopi tetapi berjuang untuk melewati hari tanpa kafein, cokelat hitam bisa menjadi jawabannya – ada 43mg kafein per setiap 100g.

Sebuah studi baru-baru ini dari Universitas Kingston London juga menunjukkan bahwa cokelat hitam dapat bermanfaat bagi para atlet. Berkat kemampuan cokelat hitam untuk meningkatkan aliran darah (dan pada gilirannya, membawa oksigen ke otot dengan kecepatan lebih tinggi), mereka yang terlibat dalam proyek ini dapat melakukan siklus lebih jauh dan lebih cepat. Lewati energy bar dan coba sedikit dark chocolate.

6. Membantu Hidup Lebih Lama

Jika usia Jeanna-Louise Calment adalah sesuatu yang ingin kamu lalui, termasuk kakao dalam makanan kamu bisa menjadi hal yang sangat baik. Sampai saat ini, dia adalah orang ‘terverifikasi’ tertua yang pernah hidup, mencapai ulang tahunnya yang ke 122. Rahasia Jeanna? Dia menyukai cokelat. Dengan mengingat semua yang kami ketahui tentang manfaat cokelat hitam bagi kesehatan, ada kemungkinan kuat bahwa serangan antioksidan dari camilan favoritnya membantunya mencapai usia yang memecahkan rekor itu. Apakah nutrisi yang membantu jantung dari cokelat yang berhasil? Siapa tahu, tapi apapun itu, itu berhasil. Rumornya adalah bahwa dia juga penggemar minyak zaitun dan mengendarai sepedanya – kombinasi yang jelas membuatnya tetap fit sampai usia 122 tahun.

7. Membuat Kamu Bahagia

Sains setuju bahwa cokelat membuat kamu bahagia, dan bukan hanya karena rasanya yang luar biasa. Ada komponen kimiawi di dalam cokelat yang membuatnya tak tertahankan, seperti phenylethylamine – senyawa organik yang ketika dilepaskan ke dalam tubuh merangsang perasaan yang mirip dengan perasaan jatuh cinta. Ia juga bertindak sebagai antidepresan bila dikombinasikan dengan dopamin yang ada secara alami di otak. Seiring dengan kandungan teobromin dan triptofannya (sifat lain dari cokelat yang mempromosikan kebahagiaan dan merangsang yang alami, meski lemah, tinggi di tubuh); mudah untuk melihat mengapa cokelat dianggap sebagai penguat suasana hati bersertifikat.

Cokelat yang identik dengan camilan wajib kesukaan anak kecil, kado valentine untuk pacar, sampai orang dewasa yang peduli akan kesehatan sangat mengagumi dan menyukai rasa cokelat terlebih manfaatnya. Selamat makan cokelat dengan keluarga terkasihmu!

Share:

Leave a Reply