Mengenal Happy Diwali, Tradisi Keagamaan Umat Hindu di India

Perayaan Happy Diwali
Perayaan Happy Diwali

India tak hanya dikenal lewat industri hiburannya saja namun juga kebudayaannya yang kental. Menjadi negara dengan populasi penduduk terbesar nomor 2 di dunia dengan mayoritas pemeluk agama Hindu, setiap tahunnya India yang terkenal akan komoditas rempah-rempahnya merayakan satu tradisi unik nan sakral bernama Happy Diwali.

Happy Diwali Artinya

Arti Happy Diwali
Arti Happy Diwali

India sebagai negara yang identik Taj Mahal, salah satu dari 7 keajaiban dunia ini memiliki ragam tradisi unik yang rutin diadakan satu tahun sekali. Happy Diwali adalah salah satu yang paling menarik. Lantas, apa sebenarnya artinya itu?

Happy Diwali atau yang juga akrab disebut Deepwali, Deepvali, atau Dipavali adalah tradisi perayaan  festival cahaya tahunan di India. Bukan sembarang perayaan, Happy Diwali menjadi hari besar keagamaan umat Hindu di India dimana pada acara ini orang-orang akan mengenakan pakaian baru sembari berbagi makanan hingga melakukan aktivitas-aktivitas seru.

Ada fakta menarik mengapa Happy Diwali dinamakan sebagai festival cahaya. Tradisi tahunan yang dirayakan mayoritas oleh pemeluk agama Hindu namun tidak menutup kemungkinan oleh agama lainnya seperti Buddha Newar, Jain, Sikh dan masih banyak lagi ini diyakini sebagai simbol kemenangan kebaikan atas keburukan. 

Baca Juga : Fakta Unik Diwali

Kebaikan digambarkan sebagai cahaya sedangkan keburukan digambarkan sebagai kegelapan sehingga tak heran jika Happy Diwali selalu bertabur gemerlap cahaya. Lebih jauh, perayaan ini juga diadakan untuk memberi penghormatan kepada Dewi Lakshmi, dewi kekayaan dan kemakmuran. 

Tak heran jika pada perayaan Happy Diwali setiap sudut jalanan di India beserta dengan rumah maupun gedung-gedung akan dihiasi oleh cahaya terang. Cahaya terang sendiri melambangkan suka cita sekaligus harapan manusia dalam hidup.

Baca Juga : Fakta Perayaan Imlek Yang Kamu Wajib Ketahui

Sejarah Happy Diwali

Sejarah Happy Diwali
Sejarah Happy Diwali

Happy Diwali bukanlah tradisi yang dilakukan di India baru-baru ini. Festival Cahaya yang selalu identik dengan keramaian ini sudah ada sejak lama. Menariknya, ada beberapa kepercayaan tentang asal usul perayaan di India ini

Secara garis besar, seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya, Happy Diwali adalah tradisi perayaan kemenangan kebaikan mengalahkan keburukan. Namun, tak sedikit pula yang memercayai perayaan ini sebagai momentum untuk memperingati kembalinya Rama ke kota kuno Ayodhya maupun Khrisna mengalahkan Narakasura, iblis kegelapan.

Baca Juga : Ucapan Anniversary Buat Pacar Terbaikmu

Nama Diwali sendiri merupakan serapan dari bahasa Sanskerta yaitu Dipavali yang memiliki arti “serangkaian lampu”. Dari istilah inilah kemudian Happy Diwali selalu diibaratkan sebagai festival cahaya yang dipenuhi penerangan di sana-sini sebagai representasi dari harapan dan kebahagiaan umat manusia. 

Happy Diwali selama ini dikenal sebagai festival keagamaan umat Hindu di India namun seiring berjalannya waktu, perayaan ini kini juga dijadikan sebagai festival kebudayaan penganut agama Hindu minoritas yang ada di berbagai negara di belahan dunia seperti Inggris. 

Inggris sendiri tercatat pernah menjadi tuan rumah perayaan Happy Diwali terbesar di luar India. Negara lainnya seperti Pakistan, Malaysia, Myanmar,dan masih banyak lain menjadikan hari ini sebagai sebagai hari libur nasional. Dengan kata lain, festival cahaya ini tidak hanya dirayakan di India saja namun juga negara-negara lainnya.

Hari Deepvali

Hari Deepvali
Hari Deepvali

Seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya, Happy Diwali memiliki istilah lain seperti Deepvali. Sebagai tradisi yang rutin diadakan setiap tahunnya di India sebagai negara yang terkenal akan produksi rempah-rempahnya, perayaan ini selalu berlangsung selama lima hari berturut-turut dalam satu tahun.

Hari pertama pada Happy Diwali atau Deepvali disebut Dhanteras, kedua Narak Chaturdasi, ketiga Lakshmi Puja, keempat Padwa, dan terakhir Bhai Duj. Dari kelima hari tersebut, ritual yang diadakan berbeda satu sama lain. 

Menurut kalender Caka Hindu, Perayaan Diwali akan dimulai pada bulan Oktober dan berakhir pada bulan November. Karena mengikuti kalender Hindu, tanggal pastinya selalu berubah setiap tahunnya. Pada periode tersebut, rumah penduduk, kuil, toko, hingga gedung perkantoran, akan dihiasi oleh gemerlap lampu dan cahaya.

Banyak juga yang meyakini jika perayaan festival satu ini bertepatan dengan hari kelahiran Dewi Lakshmi dan tanggal dimana ia menikahi Dewa Wishnu. Untuk merayakan momen sakral ini, penduduk India umumnya akan membuka lebar-lebar pintu dan jendela rumah mereka sebagai simbolis penyambutan dewi kekayaan dan kemakmuran tersebut. 

Lampu dan cahaya yang digunakan pun terbilang unik dengan dominasi  lampu tradisional India, lampu warna-warni, lampion, lilin, bahkan kembang api. 

Happy Diwali Wishes

Happy Diwali Wishes
Happy Diwali Wishes

Deepvali atau Happy Diwali tidak diadakan tanpa maksud tertentu. Sebagai negara dengan populasi penduduk terbesar nomor dua di dunia dengan mayoritas pemeluk agama Hindu, perayaan ini adalah tradisi keagamaan yang cukup sakral tanpa mengesampingkan fakta jika festival cahaya ini identik dengan keramaian dan sukacita.

Menjadi ajang perayaan kemenangan melawan keburukan, Happy Diwali diadakan dengan harapan umat manusia dijauhkan dari hal-hal yang sifatnya negatif atau buruk seperti kejahatan, kekerasan, kehancuran, keserakahan, penindasan, dan masih banyak lagi agar pondasi kehidupan manusia tidak rusak. Karena juga diyakini sebagai penghormatan kepada Dewi Laskhsmi yang merupakan dewi kekayaan serta kemakmuran, perayaan ini juga diharapkan mampu memberikan kesejahteraan bagi manusia dari segi materi. 

Perayaan Diwali sendiri tak hanya dirayakan oleh umat Hindu saja. Perbedaan agama memiliki andil besar tentang bagaimana tradisi cahaya ini dimaknai. Namun, yang pasti, secara garis besar, perayaan ini diadakan untuk merayakan kebaikan yang akhirnya datang.

Festival Diwali

Festival Deepvali
Festival Deepvali

Happy Diwali adalah momentum yang tepat untuk berkumpul bersama orang-orang terkasih. Hanya berlangsung lima hari setiap tahunnya, tentu perayaan ini menjadi festival cahaya yang dinanti-nantikan banyak orang.

Dipenuhi sukacita, ada banyak aktivitas menarik yang biasa dilakukan selama periode Diwali ini. Pertama, mereka yang berpartisipasi akan mulai membersihkan rumah kemudian mempersiapkan berbagai macam lampu untuk menghiasi rumah mereka. 

Selanjutnya, akan diadakan momen kumpul-kumpul dan pesta khusus bersama keluarga sembari bertukar hadiah, menyalakan kembang api, hingga menyalakan lampu minyak bersama-sama. 

Tak berlebihan jika menyebut Deepvali sebagai festival yang spektakuler. India pernah menyabet rekor dunia Guiness lewat perayaan festival ini yang diadakan di tepi Sungai Serayu dimana kala itu lampu minyak sebanyak lebih dari 300.000 buah dinyalakan bersamaan. 

Di negara lain seperti Sri Lanka hingga Korea Selatan, perayaan Diwali juga tak kalah heboh. Indonesia juga turut serta dalam momentum penuh sukacita ini lewat acara khusus bernama Pekan Kebudayaan India yang diadakan di tahun 2018 lalu. Acara ini sendiri dihadirkan untuk orang-orang keturunan India yang bermukim di Medan, Sumatera Utara. 

Saat ini, diwali tak hanya dijadikan sebagai tradisi keagamaan saja namun lebih dari itu. Festivalnya yang sudah mendunia dan dirayakan oleh negara-negara selain India menjadikan perayaan ini sebagai agenda tahunan untuk meningkatkan sektor pariwisata. 

Itu dia pembahasan tentang Happy Diwali, festival cahaya tahunan umat Hindu India yang sudah kami kami ulas. Semoga bemanfaat. 

Baca Juga : FlowerAdvisor, Toko Bunga Online Terbaik di Indonesia

Add a Comment