Mooncake Festival
Mooncake Festival

Walupun Indonesia hanya dianugrahi dua musim yaitu musim hujan dan musim panas, namun tidak menjadi alasan bagi Indoneisa untuk merayakan festival musim gugur. Negara tropis seperti Indonesia juga merasakan kegembiraan lewat festival mooncake. Festival tersebut bukanlah budaya asli yang lahir dari Indonesia. Melainkan, tradisi dari masyarakat Tionghoa yang juga diperingati di Indonesia. 

Masyarakat Tionghoa melakukan perayaan untuk menyambut datangnya musim gugur. Perayaan tersebut tidak pernah lengkap tanpa kehadiran kudapan wajibnya yaitu monncake atau kue bulan. Kue bulan merupakankudapan tradisional dari masyarakat Tionghoa. Seperti namanya, kue ini berbentuk bulat yang menjadi lambang keutuhan. Namun, saat sekarang ini terdapat beragam kreasi kue bulan yang bisa Kamu temui. 

Baca Juga : 3 Fakta Kue Kering

Sejarah Mooncake

Sejarah mooncake
Sejarah mooncake

Kehadiran mooncake dalam perayaan musim gugur menghadirkan arti sendiri dalam festival. Terdapat makna dan arti tersendiri dari kudapan ini. Pada mulanya kue bulan tercipta karena permintaan dari msyarakat untuk dijadikan panganan sesajian dalam upacara persembahan dan penghormatan kepada para leluhur di musim gugur. Masyarakat Tionghoa yang berbasis agrikultur menganggap musim gugur sebagai masa yang penting, karena menjadi waktu panen dari tanaman yang dibudidayakannya. 

Seiring berjalannya waktu, mooncake atau kue bulan berevolusi dan tidak hanya menjadi kudapan dalam sesajian pada pertengahan musim gugur. Kue bulan mulai dilirik untuk menjadi panganan dan juga hadiah bagi sanak saudara, yang masih terkait dengan perayaan festival musim gugur. 

Baca Juga : Kue Lapis Terenak di Indonesia

Terdapat beberapa legenda yang menceritakan tentang lahirnya kue bulan. Salah satu legenda menyebutkan jika kue bulen merupakan panganan yang berasak dari Dinasti Ming. Menurut legenda ini, kue bulan seringkali dikaitkan dengan aksi pemberontakan heroik yang dilakukan oleh Zhu Yuanzhang. Dimana, Zhu Yuanzhang menjadi pemimpin bagi para petani Han dalam pemberontakan untuk melawan pemerintahan Mongol. Kue bulan dijadikan sebagai media untuk menyebarkan pesan rahasia selama proses pemberontakan. Orang-orang menyampaikan pesan dengan cara memasukkan informasi tersebut kedalam kue bulan. Namun, legenda ini juga belum dipastikan kebenarannya, karena diyakini jika kue bulan sudah dikenal sejak zaman Dinasti Song. 

Legenda Mooncake

Legenda yang paling terkenal dan banyak diyakini oleh masyarkat adalah cerita Huo Yi dan Chang E yang mengisnpirasi terbentuknya kue bulan. Cerita ini dimulai sekitar 2000 tahun yang lalu. Dimana pada waktu tersebut dikisahkan jika dunia disinari oleh 10 matahari. Hal ini menyebabkan bumi terasa begitu panas. Kaisar Yao yang memerintah saat itu memerintahkan Huo Yi yang merupakan seorang pemanah hebat untuk memanah matahari. Huo Yi berhasil memanah 9 matahari, dan Kaisar memperingatkan untuk enghentikan aksinya, karena jika dilanjutkan maka ui akan gelap karena tidak ada matahari. Ini lah yang menjadi penyebab kenapa saat sekarang ini bumi hanya disinari oleh satu matahari. 

Sebagai bentuk penghargaan dan rasa terimakasih Kaisar Yao kepada Huo Yi, Kaisar menghadiahkan kepadanya sebuah pil panjang umur. Setelah beberapa waktu berlalu, Huo Yi menikah dengan seorang gadis cantik yang bernama Chang E. Suatu hari Chang E menemukan pil yan disimpan oleh Huo Yi. Tanpa mengetahui khasiat pil tersebut, Chang E meminum pil tersebut. Efek yang diterima Chang E karena meminum pil tersebut yaitu membuat dirinya terbang naik ke bulan dan tidak bisa kembali lagi. Hal ini menyebabkan kesedihan mendalam bagi Huo Yi. Untuk melepaskan kerinduannya Huo Yi seringkali meminum teh dan memakan kudapan kue sembari menatap kearah bulan, dan menunggu Chang E menampakkan diri ketika bulan purnama. 

Kehadiran kue bulan dalam pertengahan perayaan musim gugur yang bertepatan dengan bulan purnama adalah untuk memperingati sosok Chang E yang pergi ke bulan. Hal ini yang menjadi alasan kenapa kue bulan memiliki bentuk bulat yang menyerupai seperti bulan. Pada umumnya gambaran sosok Chang E tergambar pada kemasan kue bulan, yaitu sosok bidadari yang terbang menggunakan selendang mayang. 

Versi lain legendanya mengisahkan jika alasan penempatan kue bulan dalam perayaan pertengahan musim gugur adalah sebagai bentuk penghormatan dari para petani kepada dewi bulan karena telah memberikan panen yang berlimpah. Pada waktu upacara penghormatan, para petani membuat dan mempersembahkan kue yang berbentuk bulat yang menjadi simbol rasa syukur kepada dewi bulan. 

Mooncake Festival

Mooncake Festival
Mooncake Festival

Festival pertengahan musim gugur juga dikenal sebagai Mooncake Festival. Masyarakat keturunan Tionghoa yang bertempat tinggal di Indonesia juga selalu melakukan festival ini setiap tahunnya. Perayaan dilakukan setiap tanggal 15 bulan 8 berdasarkan pada penanggalan Imlek atau penanggalan tradisional dari orang-orang China. Pada hari ini masyarakat secara khusus memakan kue bulan untuk memeriahkan festival. Selain menjadi kudapan festival, kue bulan juga dipercaya menjadi simbol kemakmuran dan panjang umur. 

Festival ini menjadi waktu terbaik untuk membangun momen kebersamaan dengan keluarga besar di China. Pada tangal 15 bulan 8 sesuai dengan penanggalan China adalah waktunya bulan purnama. Pada malam hari, disaat bulan bersinar dengan terang, masyarakat akan keluar rumah untuk berkumpul bersama dan duduk membentuk lingkaran sambil menikmatai kudapan kue bulan. Mereka keluar untuk menikmati terangnya sinar bulan. 

Tidak seperti pada perayaan lainnya, pada festival kue bulan tidak ada tradisi khusus yang dijalankan masyarakat Tionghoa. Pada hari festival, semua orang harus bergembira dan bersukacita selama bberapa waktu pada malam harinya. Di negeri tirai bambu yaitu China, perayaan ini juga wajib diikuti oleh kampus-kampus di China. Jika pada malam tersebut masih terdapat kampus yang menyelenggarakan kegiatan perkuliahan, maka kegiatan itu harus dihentikan terlebih dahulu. Mahasiswa diminta untuk pergi keluar kelas untuk duduk membentuk lingkaran sembari memakan kue bulan dan menikmati sinar bulan purnama. 

Sedangkan bagi masyarakat Tionghoa yang beragama Konghucu menunjukkan tradisi yang sedikit brbeda. Dimana, mereka menjadikan kue bulan sebagai panganan dalam upacara sembahyang kepada para leluhur. Kue bulan dipersiapkan dan ditempatkan di atas meja altar atau sembahyang. Setelah selesai sembahyang maka kue tersebut akan dimakan oleh semua anggota keluarga. 

Varian Kue Mooncake

Varian Kue Mooncake
Varian Kue Mooncake

Seiring perkembangan zaman kue bulan mulai mengalami perubahan, saat sekarang ini kita bisa menemukan beragam kreasi kue bulan. Kamu bisa menemukan kudapan enak ini walaupun sedang tidak diadakan perayaan musim gugur. Beberapa jenis kue bulan yang bisa Kamu temui adalah:

1. Lotus Seed Pasta (Lian Rong)

Jenis kue bulan pertama adalah Lotus Seed Pasta atau Lian Rong, merupakan jenis kue bulan yang dinilai paling mewah dan paling lezat sehingga menjadi kue bulan yang paling berharga. Harga yang tinggi dikarenakan isian kue bulan yaitu lotus seed paste. Karenanya, kadang kala orang-orang juga menambahkan white kidney kedalam isian kue bulan. 

2. Sweet Bean Paste (Dou Sha)

Jenis kue bulan sweet bean paste yang paling banyak ditemukan adalah terbuat dari azuki beans, atau yang dikenal dengan nama read bean paste. Namun, ada juga dibeberapa tempat yang membuat isian kue bulan menggunakan black bean. 

3. Jujube Paste

Kue bulan jenis ini diisi dengan buah dari tumbuhan jujube, sehingga memiliki cita rasa yang manis. Warna paste ini biasanya bewarna gelap, dan juga mempunyai sedikit cita rasa asam serta rasa seperti diasap. Namun, jenis kue bulan ini jarang ditemui di Indonesia. 

4. Five Kernel 

Five Kernel menjadi kue bulan yang kaya akan cita rasa, hal ini dikarenakan kue bulan jenis ini diisi dengan 5 jenis kacang-kacangan dan biji-bijian yang dihaluskan dengan cara dicincang. Isian dicincang secara kasar untuk memberi tekstur pada isinya, isian direkatkan satu sama lain dengan menambahkan maltose syrup.

Untuk membeli kue mooncake , Flower Advisor Juga menyediakan pilihan beragam Kue Bulan yang sangat menarik dan lezat. Bisa lihat disini ya!

Share:

Leave a Reply