Gimana sih Peluang Bisnis Membuka Toko Bunga atau Florist Itu?

Membuka Usaha Toko Bunga
Membuka Usaha Toko Bunga

Bagi yang tinggal di kota besar, salah satu jenis bisnis terbaik dan menarik untuk dijalankan adalah membuka toko bunga atau florist. Alasannya adalah masyarakat yang tinggal di kota besar lebih sering membutuhkan bunga untuk berbagai keperluan misalnya pesta pernikahan, ulang tahun, peresmian gedung, ucapan duka cita dan sebagainya.

Satu diantara bisnis yang tidak pernah rapuh oleh waktu ialah bisnis toko bunga. Meskipun bukan keperluan primer, usaha jual-beli produk bunga bisa dibuktikan mempunyai potensi yang cerah dan memiliki profit yang tinggi. Bahkan juga di tengah-tengah zaman perubahan tehnologi seperti sekarang ini dan meskipun di terpa pandemi, toko bunga tetap beroperasi karena masyarakat masih mengirimkan bunga tiap hari

Walaupun ada imbas dari teknologi digital untuk bisnis toko bunga, namun kemajuan dan perubahan teknologi justru menjadi hal positif. Karena, digital pemasaran yang semakin berkembang, menjadi mudah memasarkan produk pada customer yang bertambah luas dimanapun.

Jika kamu ingin buka bisnis florist ada banyak hal yang perlu kamu kenali saat sebelum mengawalinya.

Baca Juga : Layanan Untuk Pengiriman Bunga Online

Lokasi Vital Bisnis Toko Bunga

Lokasi Toko Bunga
Lokasi Toko Bunga

Lokasi sebagai salah satunya hal terpenting dalam membuka bisnis toko bunga. Umumnya, ada sebuah lokasi khusus tempat beberapa penjual bunga jualan berderetan. Kamu dapat lakukan survey lokasi-lokasi itu yang penuhi persyaratan, terhitung permasalahan harga sewa.

Meskipun kamu tidak mendapati lokasi yang sama sesuai di lokasi khusus itu, kamu bisa buka kiosmu dimanapun, sepanjang menurutmu lokasinya vital dan janjikan.

Punyai Ketrampilan Menyusun Bunga

Keterampilan Merangkai Bunga
Keterampilan Merangkai Bunga

Buket,  bunga dried flowers dan papan ucapan bunga dukacita sebagai sumber penghasilan besar untuk suatu toko bunga. Range harga dimulai dari beberapa ratus ribu sampai juta-an rupiah per piece.

Oleh karenanya, saat akan buka usaha florist, penting untuk kamu kuasai ketrampilannya lebih dulu. Jika kamu tidak dapat, karena itu cari rekanan atau karyawan yang mempunyai ketrampilan andal dalam menyusun bunga dan membuat papan perkataan, nah banyak florist tersedia di berbagai kota, salah satunya Florist Jakarta FlowerAdvisor

Ketahui Beberapa momen Penting

Ketahui Momen Penting
Ketahui Momen Penting

Serangkaian bunga sama dengan perayaan pada beberapa momen penting dalam kehidupan seorang. Misalkan ulang tahun, kelulusan, pernikahan, hari raya dan lain-lain. Kamu harus dapat mengenal kapan beberapa momen itu datang. Misalkan di saat saat-saat kelulusan, kamu dapat membuat promo memikat buat beberapa siswa ataupun mahasiswa yang sedang jatuh cinta untuk mengirimkan buket bunga kepada orang yang dicintainya

Mulai Promo Pada Orang Dekat Dan Famili ataupun menggunakan Digital Marketing

Kesusahan khusus dalam mengawali usaha baru ialah mendapati konsumen setia. Karena itu kamu dapat mengawali promo dari beberapa orang dekat dulu. Misalkan tetangga, saudara, atau rekan kantor. Dengan demikian bisnis toko bunga punyamu mulai bisa dikenal. Jika kamu sukses memberi servis yang terbaik, dengan suka hati konsumen setiamu itu akan mempromokan usahamu.

Mencari Relasi yang Prospektif

Supaya bisnis dapat makin cepat maju, cari relasi-rekanan yang mempunyai potensi tingkatkan keuntungan usahamu. Misalkan vendor bunga yang tambah murah, atau pemilik usaha Wedding Organizer yang dapat kamu supply keperluan bunganya.

Gunakan Tiap Kesempatan Promo

Promo. Jangan sampai terlewat tiap peluang mempromokan usaha toko bunga punyamu. Promokan produkmu lewat marketplace atau toko online (tempat jual-beli online) yang ada.

Selalu up-date dan responsif layani pertanyaan tiap calon konsumen. Kamu bisa juga ikuti pameran wedding organizer, untuk tawarkan jasamu pada beberapa calon pengantin yang tiba ke situ. Promokan produkmu di web mengenai pernikahan, di group media sosial dan lain-lain.

Stabil

Satu perihal yang jelas saat menjalankan sebuah bisnis, ialah masih tetap memiliki komitmen dan stabil. Kemungkinan awalannya tidak gampang atau susah dalam memperoleh keuntungan yang besar. Tapi bila kamu jalani bisnis toko bunga dengan segenap hati, karena itu perlahan-lahan tetapi tentu usahamu tentu berkembang. Sepanjang kamu terus belajar dan usaha keras.

Meski tingkat persaingannya tergolong tinggi, namun jika dapat melakukan teknik pemasaran yang baik pasti akan mendapat laba yang lumayan besar. Sudah banyak sekali pebisinis yang berhasil meraih kesuksesan besar setelah menekuni bisnis ini. Karena jenis produk atau jasa yang bisa ditawarkan pada konsumen terdiri dari beberapa macam sekaligus.

Mulai dari bunga papan, karangan bunga, buket dan lainnya, semua dapat dipasarkan dengan selisih harga tinggi. Sehingga nilai laba yang diperoleh bisa mencapai beberapa kali lipat dar modal awal yang dikeluarkan.

Dimana Kota yang Cocok Untuk Menjalankan Bisnis Toko Bunga?

Jakarta Untuk membuka Bisnis Toko Bunga

Jakarta, Indonesia

Salah satu kota yang memiliki prospek tinggi untuk menjalankan usaha florist dan berjualan bunga adalah Jakarta. Selain menyandang status sebagai ibukota Indonesia, kota paling besar di tanah air ini juga menjadi pusat ekonomi dan perniagaan. Berbagai jenis perusahaan skala besar selalu membuat kantor di Jakarta.

Hal inilah yang menjadikan Jakarta sangat layak untuk dipilih sebagai lokasi untuk membuka toko bunga karena memiliki pangsa pasar yang begitu luas. Berapapun kapasitas atau jumlah produk yang dipasarkan, akan selalu terserap oleh konsumen dan masyarakat.

Sebagian besar dari bunga tersebut dipakai untuk memberikan ucapan selamat atau duka cita kepada kerabat atau sahabat dan rekan bisnisnya. Selain itu karena Jakarta juga menjadi pusat perputaran uang, maka produknya bisa dijual dengan harga lebih tinggi. Jadi sangat tepat jika Anda ingin membuka toko bunga Jakarta.

Membuka Toko Bunga di Bekasi

Selain Jakarta, kota lain yang juga memiliki prospek bagus untuk menjalankan bisnis florist adalah Bekasi. Meski bukan merupakan kota besar, namun posisi geografisnya sangat dekat dengan Jakarta. Bahkan kota ini juga menjadi salah satu kota penyangga Jakarta yang artinya adalah banyak warga yang bekerja di Jakarta setiap hari namun bertempat tinggal di Bekasi.

Kondisi inilah yang membuat toko penjual bunga yang berlokasi di daerah Bekasi selalu laris dan tidak pernah sepi dari kedatangan pembeli. Omzet penjualannya juga cukup tinggi meski tidak setinggi Jakarta.

Banyak sekali kantor dan gedung pertemuan atau hotel yang berada di Bekasi. Para pengelola perusahaan tersebut setiap waktu selalu memerlukan bunga untuk berbagai macam keperluan. Misalnya ulang tahun perusahaan, peresmian kantor cabang baru dan lain sebagainya. Sangat tepat sekali jika ingin membuka toko bunga bekasi

Membuka Toko Bunga di Bandung

Tidak hanya Bekasi, Bandung juga bisa dipilih untuk membuka usaha florist sebab sejak dulu kota ini telah memiliki julukan sebagai kota kembang. Kelebihan utama yang membuat kota ini mempunyai prospek bagus untuk mengembangkan bisnis florist yaitu posisi kondisi alam dan posisi geografisnya.

Di sekitar Bandung banyak sekali ditemukan perkebunan bunga yang baik yang dikelola oleh masyarakat setempat atau perusahaan bermodal besar. Jadi dapat dikatakan bukan merupakan hal yang sulit mencari berbagai jenis bunga lalu dijual kembali dalam bentuk buket, karangan bunga, bunga papan dan sebagainya.

Bukan itu saja, hampir semua warga Bandung sangat cinta dengan bunga. Apapun jenis acara yang diselenggarakan selalu membutuhkan bunga. Bahkan rumah makan dan cafe kecil juga selalu memerlukan bunga untuk mempercantik tampilan ruang atau interiornya.

Sebagaimana diketahui, Bandung merupakan salah satu pusat wisata kuliner paling terkenal di Indonesia. Jadi tidak mengherankan jika toko bunga yang ada di kota tersebut selalu dicari oleh pengelola cafe, rumah makan atau hotel untuk mencari dan membeli bunga segar.

One Comment

Add a Comment