Rekomendasi Kado Bayi Yang Unik

Kado Bayi
Kado Bayi

Kelahiran seorang bayi dapat menjadi berkat dan kebahagiaan tersendiri bagi orang tuanya. Kehadiran seorang bayi tak jarang menjadi hal yang ditunggu-tunggu bagi kedua orang tua maupun keluarga besar. Biasanya kedua orang tua telah mempersiapkan perlengkapan bayi tersebut. Tak hanya orang tua, kerabat dan keluarga juga biasanya ikut mempersiapan kado bayi. 

Rekomendasi kado bayi bermanfaat 

Rekomendasi Kado Bayi
Rekomendasi Kado Bayi

 

  • Peralatan makan untuk bayi

 

Peralatan makan untuk bayi sebenarnya akan bermanfaat untuk digunakan seiring bayi tersebut tumbuh. Isi dari peralatan makan dalam kado bayi adalah mangkuk, cangkir untuk minum, sendok dan garpu, botol susu, dot, persediaan dot, sikat botol susu, dan pembersih khusus peralatan bayi. Yang terpenting dalam isi peralatan makan untuk kado bayi adalah keamanannya. Benda-benda tersebut haruslah aman untuk digunakan pada bayi. Pilihlah peralatan yang berbahan dasar silikon. Peralatan makan tersebut sebenarnya adalah benda yang sangat sederhana. 

Baca Juga : Rekomendasi Kado Bayi Perempuan

Selain peralatan utama tersebut, terdapat juga peralatan pendukung untuk makan bayi sebagai kado bayi seperti bottle stelirizer dan food proessor. Bottle sterilizer adalah alat yang akan menjaga kesterilan dan kebersihan dari botol susu bayi. Mencuci botol bayi dengan air panas dan merendamya dalam di air panas dalam waktu yang lama tentunya sangat merepotkan. Selain itu setelah beberapa jam iar panas akan berubah menjadi dingin, sehingga bakteri tetap bisa kembali. Dengan benda ini, botol susu bayi akan tetap steril dan terjaga keberdilhannya tanpa harus menggunakan air panas. Caranya hanya dengan memasukan botol susu bayi kedalamnya dan sambungkan dengan listrik.

Sedangkan food processor adalah alat yang kan sangat membantu pada masa MPASI. Benda ini akan membantu para ibu untuk mengahaluskan makanan yang akan dimakan oleh bayi. Tentunya food processor yang digunakan untuk bayi berbeda dengan food precessor biasa. Untuk makanan bayi, material yang digunakan haruslah yang aman seperti besi anti katat, akrilik, aluminium, dan plastik. Untuk memastikan keamanannya pilihlah produk yang sudah teruji food grade.

 

  • Mainan 

 

Mainan bayi merupakan rekomendasi yang tepat sebagai kado bayi. Tentunya jangan asal membeli mainan untuk kado bayi. Untuk bayi yang berusia dibawah 3 bulan, berilah kado bayi yang dapat melatih penglihatan dan pendengarannya. Set rattle baby toys adalah jawaban yang tepat untuk kado bayi ini. Mainan tersebut akan mengeluarkaana suara-suara jika disentuk oleh bayi sehingga baik untuk melatih pendengaran bayi. 

Piano playmat adalah mainan yang juga dapat digunakan untuk melatih pendengaran dan pengelihatan pada bayi sehingga sangat cocok dijadikan kado bayi. Mainan ini berbentuk matras lembut yang akan dijadikan tempat menaruh bayi.  Pada bagian matras yang dekat dengan kaki bayi diberikan tuts yang berukuran agak besar. Ketika kaki bayi menendang-nendang, tuts tersebut akan mengeluarkan bunyi-bunyi yang membuat bayi merasa nyaman. Selain itu dibagian atas bayi digantung beberapa mainan kecil yang akan bergerak seiring piano yang mengeluarkan bebunyian. 

Untuk bayi yang berusia 3 – 6 bulan, kado bayi yang cocok adalah baby teether. Mainan ini adalah berbagai bentuk benda yang dapat dipegang oleh bayi sehingga baik untuk melatih motorik pada bayi. Selain itu fungsi utama mainan ini adalah untuk digigit pada bayi. Mainan ini berbahan lunak sehingga aman sebagai kado  bayi yang akan dan baru tumbuh gigi. 

 

  • Peralatan mandi untuk mandi 

 

Peralatan mandi untuk bayi cocok dijadikan kado bayi. Ini dari peralatan mandi untuk bayi ini sebanrnya cukup kompleks dan sangat beguna sebagai persediaan. Peralatan mandi dapat berisi sabun, shampo, pelembab, minyak telon, bedak minyak wangi, popok, baby oil, minyak rambut, lotion,handuk, sisir, pemotong kuku, bahkan hingga termometer. Benda-benda tersebut sudah pasti akan sangat berguna dan sangat membantu. Selain itu, benda-benda tersebut  juga merupakan benda paling umum untuk diberikan sebgai kado bayi.  

Tips ketika memberi kado bayi

Tips Memberi Kado Bayi
Tips Memberi Kado Bayi

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika memberikan sesuatu sebagai kado bayi. Jelas saja yang akan menggunakan benda-benda tersebut adalah bayi, jadi tidak bisa sembarangan membeli barang. Tips untuk memberikan kado bayi adalah: 

  1. Benda-benda yang diberikan untuk bayi harus ringan dan lembut. Jangan berikan benda kasar dan berat karena benda tersebut akan menyakiti bayi. 
  2. Benda tersebut harus terbukti baby-friendly. Maksudnya adalah benda-benda tersebut tidak akan membuat bayi terluka dan iritasi sebab kesensitifan yang dimiliki seluruh bagian badan pada bayi.
  3. Kado harus dapat digunakan oleh bayi. Maksud dari dapat digunakan oleh bayi adalah benda yang sudah pasti tidak akan sia-sia jika diberikan kepada bayi. Benda ini akan dibutuhkan oleh semua bayi.
  4. Pilihlah kado yang berisikan benda-benda yang dapat bertahan dengan waktu yang cukup panjang. Pilih benda yang dapat digunakan hingga 3 tahun kedepan sehingga benda tersebut tidak sia-sia diberikan dan hanya menjadi sampah.

Jangan berikan benda ini sebagai kado bayi

Hal yang tidak boleh saat memberikan kado bayi
Hal yang tidak boleh saat memberikan kado bayi

 

  • Baby walker

 

Baby walker tidak disarankan untuk diberikan sebagai kado. Benda ini merupakan benda yang sebenarnya berbahaya bagi bayi. Bahkan di Kanada beda ini sudah tidak boleh lagi digunakan. Baby walker dapar membuat otot tidak seimbang dan bentuk kaki yang tidak smepurna atau tidak lurus. Selain itu, tulang belakang bayi dapat berpotensi menjadi bengkok sebab harus menahan beban yang harusnya ditahan kaki. Benda ini juga dapat membuat bayi terluka karena jatuh. Selain masalah-masalah langsung pada fisik tersebut, penggunaan baby walker juga akan membuat bayi tidak ingin atau tidak termotivasi untuk berlatih jalan sendiri sehingga kemampuan motoriknya tidak sebagus bayi yang tidak menggunakannnya. 

 

  • Perhiasan 

 

Perhiasan bukanlah benda yang tepat untuk digunakan oleh bayi sehingga tidak perlu menjadikan perhiasan sebagai kado bayi. Bayi bisa bergerak tanpa diprediksi atau diperintahkan, sehingga gerak-gerak yang dilakukan oleh bayi tidak beraturan. Bayi yang menggunakan perhiasan dikhawatirkan akan menarik-narik perhiasan tersebut, yang mana jika hal ini terjadi maka bayi bisa saja terluka. Selain dapat melukai bayi, perhiasan juga rentan membuat iritasi pada kulit bayi. Perhisan pada bayi juga dapat menyakiti bayi sebab bayi akan bertumbuh dan kemungkinan perhiasan-perhiasan tersebut akan terasa sempit dan mengikat kuat beberapa bagian tubuh bayi, yang ujungnya akan membuat bayi terluka. Sebaiknya jangan jadikan perhiasan sebagai kado bayi. 

 

  • Pakaian bayi 

 

Pakaian bayi juga termasuk benda yang tidak disarankan untuk dijadikan kado bayi. Pakaian bayi sebaiknya memang disiapkan oleh orang tua bayi itu sendiri. Nilai guna dari  pakaian bayi tidak akan bertahan selama benda lainnya. Tubuh bayi akan terus membersar, dikhawatirkan pakaian bayi hanya  akan digunakan dalam waktu yang rentan sebentar, dan setelah itu tidak dapat dipakai lagi. Baju-baju yang menumpuk ini nantinya hanya akan menjadi limbah.

Baca Juga : Beli Buket Boneka Beruang Hanya Disini

Add a Comment