Bunga Bluebell
Bunga Bluebell

Bunga bluebell adalah tanaman hias berwarna ungu atau biru cerah yang cantik. Pada satu tangkai bunga bluebell terdapat 5 – 12 kuntung bunga. Bentuk bunga ini hampir mirip dengan lily of the valley, batangnya melengkung dan bunganya berbentuk lonceng. Bedanya, bunga bluebell tidak bulat melainkan lonjong dan warnanya cerah. 

Arti dan Makna Bunga Bluebell

Arti Bunga Bluebells
Arti Bunga Bluebell

Bunga bluebell bermakna sebagai bentuk nyata dari  ungkapan kepada orang yang rendah hati. Bunga bluebell pada satu batang memiliki beberapa kuntum. Bentuknya merunduk ke  bawah hingga batangnya melengkung. Pada budaya Victoria, bunga ini diartikan sebagai kerendahan hati seseorang. 

Sementara itu, rakyat Skotlandia memiliki minat yang tinggi untuk menjaga bunga-bunga kecil. Oleh sebab itu, bunga ini Bluebell disebut juga sebagai Dead Men. Mereka mempercayai bahwa para peri telah melemparkan mantra pada bluebell agar tidak ada yang berani untuk merusak hutan.

Bluebell juga dimaknai dengan rasa syukur. Hal ini masih berkaitan dengan makna bluebell sebagai kerendahan hati. Sifat rendah hati biasanya diikuti dengan rasa syukur yang tak pernah lupa terucap.

Baca Juga : Bunga yang Melambangkan Kesedihan

Habitat Bunga Bluebell

Habitat Bluebells
Habitat Bluebell

Bunga ini pada awalnya banyak ditemukan di sepanjang pantai Eropa bagian barat. Lebih tepatnya barat laut Spayol dan Portugal. Setelah itu bunga ini banyak ditemukan di Eropa seperti di Prancis, Belanda, Kepulauan Inggris, Irlandia, dan Belgia. Hingga banyak sekali  wilayah Eropa yang memiliki bunga ini. 

Terdapat hutan bluebell yang dapat ditemukan di Inggris Raya dan Irandia. Hutan ini juga didukung oleh pohon-pohon besar berkanopi untuk menutupi bagian tanah hutan tersebut dari matahati. Tentu saja ini akan menjaga hamparan bunga bluebell yang ada dan membantunya untuk tetap hidup. 

Apakah Bunga Bluebell termasuk invasif?

Bunga bluebell sangat invasif. Bunga ini bahkan hingga sampai ke benua tetangga yakni Amerika. Di sana, bluebell dapat ditemukan di Columbia, Ohio, New York, Washington, Virginia, Pennsylvania, dan berbagai negara di Amerika lainnya. 

Bunga bluebell ternyata dapat hidup di daerah yang bukan habitatnya. Di beberapa negara di Eropa, bunga ini dinaturalisasikan. Bunga ini dapat tumbuh dengan baik sama seperti di habitat aslinya. Di Jerman, Italia, dan Rumania bunga ini dapat tumbuh dengan baik dan bertahan hingga kini. Tidak ada perbedaan antara  bunga yang dinaturalisasikan dengan bunga dihabitat asli. 

Dimanakah tempat paling tepat bluebell tumbuh dan di bulan apa? 

Tempat Bluebells Tumbuh
Tempat Bluebells Tumbuh

Bluebell saat ini lebih banyak ditemui di Inggris. Bunga yang berasal dari Inggris akan dibudidaya dengan umbi. Jika di sebuah hutan ditemukan tanaman ini, maka hutan tersebut adalah hutan kuno atau hutan yang tetap ada lebih dari 1600 tahun. Artinya, bunga bluebell dapat tumbuh di hutan. Namun, tidak ada kekhawatiran untuk menanamnya di taman atau pekarangan. Bunga bluebell biasanya dijadikan tanaman pembatas atau pagar pada pekarangan. 

Tanaman bluebells menyukai tanah yang asam. Untuk menemukan tempat yang tepat bagi bluebells caranya sangat mudah. Jika pada sebidang tanah ditemukan tanaman merkuri anjing, maka tanah tersebut adalah tanah yang cocok untuk ditanami bunga bluebells. Di habitat asli dan di tempat yang terdapat banyak bunga ini, sangat jarang ditemukan orang menanamnya dengan pot, biasanya memang di pekarangan rumah, di hutan, dan di pesisir.

Bunga bluebell sama seperti bunga lainnya yang bermekaran pada musim semi. Bunga ini mekar lebih dulu dibandingkan dengan pohon-pohon besar disekitarnya yang membuat kanopi pada musim panas. Tentunya bunga ini tetap mekar selama musim panas. Jika disesuaikan dengan musim yang ada di Indonesia, bunga ini sebaiknya ditanam saat akhir tahun atau awal tahun yang mana saat musim hujan. Menuju musim kemarau bunga ini akan tumbuh dan bermekaran dengan baik. 

Hutan bluebells yang bisa dikunjungi di Eropa

  • Hutan  Hallerbos 

Sebelum menjadi hamparan biru yang indah hutan ini telah diperebutkan oleh beberapa negara. Asalnya hutan ini memanglah milik Belgia sejak abad ke-7 hingga abad ke-17. Hutan ini bahkan mencapai luas 1125 hektar. Pada akhir abad ke-17 lebih tepatnya tahun 1794 hutan ini diambil alih Prancis saat melakukan invasi ke Belgia. Pada tahun 1815 saat Napoleon mengalami kekalahan, hutan ini menjadi milik Belanda. Hutan Hallerbos kemudia dibabat habis oleh Jerman saat Perang Dunia 1. Hingga perang dunia selesai hutan ini kembali menjadi milik Belgia, tetapi hanya tersisa 569 hektar. 

Belgia memperbaiki Kawasan hutan Hallerbos yang tersisa dan membuatnya menjadi hutan yang dilindungi. Mereka menanaminya dengan bunga bluebells. Pada musim semi hutan hijau ini berubah menjadi hutan biru hingga mendapat julukan The Blue Forest. Banyak pengunjung datang saat bulan April hinngga Mei. Tentu saja berkunjung ke hutan yang dilindungi ini dibolehkan. Namun, sebagai pengunjung hutan yang dilindungi hanya boleh berjalan-jalan dan berfoto. Tidak diperbolehkan untuk memetik bunga atau merusak sekitar.

  • Dookey Wood Bluebells di Inggris

Sama seperti di Belgia, dalam satu tahun sekali hutan ini dipenuhi warna biru. Dookey wood bluebells terletak di Berkhamsted, Inggris. Karena lokasinya yang tidak terlalu jauh dari London, biasanya wisatawan yang berkunjung saat musim semi menyempatkan untuk mampir melihat hutan yang dipenuhi bunga bluebells ini. 

Dookey wood dikeola oleh Nation Trust Inggris, sehingga bukan menjadi tempat wisata umum seperti hutan kota biasa. Dengan adanya pengelolaan ini, menandakan bahwa hutan ini adalah hutan yang dilindungi. Benar saja, hutan ini merupakan salah satu cagar alam yang dimiliki Inggris.

  • Sevenoaks di Inggris

Pada bagian renvill Himalayan garden terdapat beberapa taman yang menampilan bunga berbeda-beda. Di sini terdapat taman bluebell yang dapat dilalui. Pada taman yang berisi hamparan bunga bluebell terdapat jalan yang bisa dilalui oleh pengunjung sehingga tidak berjalan diarea bunga ini tumbuh.

  • Kinclaven Bluebell Woods di Skotlandia 

Hutan bluebell ini adalah salah satu hutan bluebells yang cukup jarang diketahui orang. Nuansa yang diberikan oleh tempat ini sama halnya seperti berjalan di hutan sungguhan. Untuk sampai di tempat ini pun  harus menempuh perjalanan 15 km dari Perth.

Setelah sampai di sana, yang terlihat bukanlah hutan seperti apa yang ditunjukan di Inggris atau di Belgia. Pengunjung harus berjalan layaknya berjalan di hutan yang berbukit sembari menikmati hamparan bunga bluebells. Hutan bluebells ini layak untuk dikunjungi karena semua terasa sangat alami dan terawat. Bunga bluebells sendiri banyak tumbuh di Skotlandia, tetapi biasanya mereka tumbuh habitat terbuka.

  • Irlandia 

Di Irlandia, bunga bluebell  menjadi tanaman liar yang tumbuh di hutan-hutan pinggir jalan. Tidak perlu mengeluarkan uang untuk dapat melihat keindahan bunga ini. Berjalan-jalan biasa dengan kendaraan atau jalan kaki sudah dapat menikmati bunga ini. Selain itu, hal yang membedakan bunga bluebell di Irlandia dengan Belgia dan Inggris adalah bunga ini dapat seenaknya dipetik. Memetiknya untuk dijadikan bunga hiasan di rumah adalah hal yang biasa dilakukan oleh orang Irlandia.

Share:

Leave a Reply