Bridal Shower
Bridal Shower

Pernikahan yang spesial adalah pernikahan yang sulit dilupakan oleh kedua mempelai dan merupakan bagian perjalanan hidup atau salah satu yang ditunggu-tunggu banyak orang

Bridal Shower ini menjadi sebuah tradisi dan perayaan dimana para orang-orang terdekat calon pengantin berkumpul untuk menghadiahkan sesuatu kepada mereka sebelum hari pengantin tiba. 

Acara ini biasa dibuat oleh teman-teman tercintanya, kerabat dekat, dan keluarga calon pengantin yang berkumpul untuk menghujani calon pengantin dengan berbagai hadiah dan sebagai simbol lepasnya masa lajang mereka, juga untuk memberikan kejutan yang lebih berkesan bagi keduanya sebelum hari pernikahan tiba. 

Sejarah Bridal Shower

Sejarah Bridal Shower
Sejarah Bridal Shower

Dilansir dari berbagai sumber, tacara Bridal Shower ternyata tradisi yang awalnya dimulai pada tahun 1890 di Negeri Kincir Angin, Belanda. Asal-usulnya dikarenakan beberapa faktor saat itu, seperti pihak mempelai perempuan yang tidak memiliki mahar atau kekurangan biaya mahar sebab tidak mendapat restu dari Ayahnya, yang mengakibatkan orang-orang terdekat dari mempelai calon pengantin ini merasa iba dan berinisiatif untuk memberikan hadiah pernikahan untuk kedua calon mempelai ini sekaligus melangsungkan acara pelepasan masa lajang bagi keduanya.

Seiring berjalannya waktu, acara Bridal Shower menjadi aktivitas yang baiknya dilaksanakan bila salah satu sahabat, keluarga, atau mungkin kerabat anda sedang merencanakan pernikahan sebagai bukti untuk beralih ke jenjang yang lebih serius. Jadi, tak ada salahnya anda dan teman-teman yang lain berinisiatif memberi kejutan berupa membuat Bridal Shower Party untuk calon pengantin. Tujuannya tentu saja agar mereka merasa dicintai dan disayangi dengan memberi surprise party menjelang pernikahan mereka.

Makna dan Simbol

Apa Makna Bridal Shower
Apa Makna Bridal Shower

Bridal Shower juga bisa dimaknai sebagai simbol penghargaan bagi kedua calon pengantin, loh. Jadi, tidak ada salahnya meluangkan materi dan waktu semampu anda untuk memberi kejutan sekali seumur hidup ini pada mereka yang sedang berbahagia.

Namun, berbicara tentang Bridal Shower berarti berbicara mengenai perayaannya secara keseluruhan yang bisa saja membutuhkan persiapan yang cukup banyak mulai dari budget, tempat, konsep, hingga tamu undangan.

Pro – Kontra Bridal Shower

Dikarenakan Bridal Shower merupakan budaya dari negara barat yang diadopsi hampir seluruh masyarakat dunia saat ini, tentunya dalam pelaksanaannya juga bisa menimbulkan pro dan kontra di tengah-tengah masyarakat kita, terutama bagi masyarakat Indonesia yang masih memegang teguh adat istiadat leluhurnya.

Tapi tidak usah khawatir, selama rangkaian kegiatan dalam perayaan Bridal Shower yang anda siapkan tidak ada yang ‘aneh-aneh’, umumnya masyarakat kita terutama yang tinggal di kota metropolitan, sudah terbuka mengenai budaya yang satu ini.

Nah, setelah mendapat persetujuan dari pihak keluarga mempelai wanita, waktunya bagi anda untuk merancang konsep dan tema Bridal Shower, lokasi, dan masih banyak lagi persiapan untuk melaksanakan acara bridal ini. Simak beberapa hal-hal yang penting anda take notes berikut agar tidak salah kaprah dan membuat acara yang harusnya menyenangkan jadi ‘kikuk’, yuk.

Tips Menyiapkan Acara Bridal Shower

Menyiapkan Acara Bridal Shower
Menyiapkan Acara Bridal Shower

1. Menentukan Lokasi Party

Umumnya, banyak orang yang memilih untuk melaksanakan acara Bridal Shower di area outdoor seperti taman atau bahkan dengan booking restaurant. Namun bila anda dan yang lainnya bermaksud memberi perayaan Bridal Shower yang intim dan lebih privasi pada si calon pengantin, merayakannya di rumah atau reservasi resort atau kamar hotel juga bukan suatu masalah.

Terlebih saat ini beberapa orang masih waspada akan pandemi yang kabarnya masih simpang siur, maka melangsungkan acara Bridal Shower di tempat yang lebih private adalah pilihan yang tepat. Selain suasana intimate dengan para tamu undangan akan terjalin lebih erat, anda juga bisa berekspresi lebih luwes bila melangsungkan Bridal Shower di tempat-tempat private seperti yang disebutkan di atas.

Baca Juga : Alasan Memilih Intimate Wedding

2. Pilih Tema yang Sesuai

Tema Elegan

Tema Elegan
Tema Elegan

Saat ini sudah banyak sekali inspirasi tema dekorasi Bridal Shower yang bertebaran di website atau sosial media. Mulai dari tema elegan dan mewah hingga unik dan lucu, bukan suatu hal yang tidak mungkin untuk anda wujudkan sebagai penghormatan kepada calon pengantin yang sebentar lagi akan melepas masa lajang mereka.

Beberapa tema acara Bridal Shower yang terlihat mewah dan bisa anda jadikan opsi misalkan tema honeymoon dengan naunsa dekorasi red rose dan gold yang berkilau, atau tema yang mengikuti warna kesukaan calon pengantin wanita misalkan dekorasi yang kompak berwarna lilac, peach, atau mungkin warm white.

Baca Juga : Ide Tema Pernikahan Menarik

Tema Garden Party

Garden Party

Selain itu, bila lokasi yang anda pilih adalah semi outdoor atau bahkan full outdoor, dekorasi Garden Party bisa menjadi pilihan yang tepat. 

Bila anda tertarik dengan tema garden party ini, baca juga situs berikut untuk mendapatkan berbagai penawaran dekorasi bunga pelaminan mulai dari bunga meja, buket bunga, hingga rangkaian papan bunga pernikahan untuk menambah kesan fresh dan natural pada perayaan acara Bridal Shower-nya nanti.

Namun, bila anda ingin mencoba sesuatu yang baru dan sepengetahuan anda mempelai wanita adalah orang yang unik dan berkepribadian terbuka, anda boleh coba tema yang satu ini, dijamin akan menjadikan momen acara Bridal Shower bagi kedua mempelai sebagai hari yang tak terlupakan, apalagi kalau bukan mencoba tema sesuai ‘hobby’ mereka.

Kerjasama dengan Event Organizer

Anda bisa bekerja sama dengan Event Organizer bila anda memanfaatkan jasa EO untuk mewujudkan Dream Bridal Shower si calon pengantin. Bila mempelai wanita adalah penyuka anime atau kartun disney, tak ada salahnya anda memberi nuansa yang sesuai pada dekorasi Party-nya.

Atau mungkin si mempelai wanita adalah K-Popers? Bukan hanya dekorasi ala-ala grup idol kesukaannya saja yang bisa anda coba, namun menghadirkan standing figure idol K-pop kesukaan mereka juga adalah hal yang sangat boleh anda coba, loh. Dijamin sahabat atau kerabat anda yang sebentar lagi melepas masa lajangnya akan terharu melihat anda memahami betul hobi atau kesukaan mereka.

3. Pastikan Telah Menyepakati Bersama Susunan Acaranya

Poin ketiga ini adalah hal yang paling krusial dalam perayaan Bridal Shower nantinya dan perlu ada dalam list persiapan acara. Tak jarang bagi generasi muda saat ini memulai Bridal Shower dengan beberapa kegiatan seperti manicure bersama terlebih dulu.

Namun, pada umumnya perayaan Bridal Shower dibagi menjadi tiga garis besar kegiatan utama yakni pertama-tama mempersilakan setiap orang yang hadir untuk mencicipi hidangan berupa makanan dan minuman yang disajikan sembari mengobrol antara satu dan lainnya agar suasana intimate lebih terasa. 

Games di Acara Bridal Shower

Games Bridal Shower
Games Bridal Shower

Kemudian biasanya dilanjutkan dengan berbagai games. Games ala pesta Bridal Showers ini bisa menambah keseruan dan suasana yang menyenangkan pada acara tersebut. Misalkan si pemandu acara memberi tebak-tebakan ‘siapa yang paling mengenal mempelai perempuan lebih baik’ dengan mengajukan beberapa pertanyaan kepada para tamu undangan, yang nantinya jawaban tersebut akan dinilai bersama dan Pengantin dapat mengetahui betapa besar perhatian orang-orang terdekatnya untuk acara yang memorable ini. 

Nah, setelah serangkaian games untuk seru-seruan tadi terlewati, tibalah pada acara inti atau bagian yang paling ditunggu-tunggu, yakni membuka hadiah dari seluruh tamu undangan yang hadir. Agar tidak terkesan monoton, sebaiknya sambil membuka hadiah dari masing-masing undangan, pemandu acara mempersilakan tiap-tiap pemberi hadiah tersebut waktu barang sekitar satu hingga dua menit untuk menyampaikan pesan dan kesan kepada kedua mempelai yang akan melepas masa lajang, terkhusus untuk mempelai wanita.

Hadiah Untuk Acara Bridal Shower

Hadiah Untuk Acara Bridal Shower
Hadiah Untuk Acara Bridal Shower

Berbicara mengenai hadiah, anda tidak perlu pusing dan bingung mau memberikan hadiah apa kepada calon pengantin yang akan segera berganti status sebentar lagi.

Beberapa rekomendasi hadiah yang kami rangkum untuk diberikan kepada calon mempelai wanita antara lain buket bunga pengantin, hampers body care atau skin careset underwear mulai dari yang cantik hingga unik, mug couple, atau bahkan buket bunga segar pilihan dan perhiasan bisa jadi salah satu pilihan hadiah yang selamanya akan membekas di hati penerimanya.

Yang terpenting saat memilih hadiah untuk calon pengantin adalah anda harus pilih yang bisa bermanfaat dan dikenang selalu. Baca juga situs berikut untuk mendapatkan penawaran yang menarik mengenai hadiah tunangan untuk teman

Kesimpulan

Itulah penjelasan mengenai asal-usul Bridal Shower dan jawaban dari pertanyaan ‘apakah Bridal Shower berlawanan dengan budaya masyarakat Indonesia’. Pada akhirnya, setiap budaya baru yang diadopsi dari luar akan mengalami akulturasi entah itu sedikit ataupun banyak dengan budaya daerah setempat yang didatanginya, mulai dari konsep, tatacara pelaksanaan, dan beberapa hal penting lainnya.

Karena pernikahan adalah momen yang sangat bersejarah bagi banyak orang dan merupakan momen yang sangat ditunggu-tunggu, memberikan penghargaan berupa Bridal Shower Party adalah hal yang juga tak kalah mengharukannya bagi kedua calon mempelai.

Share:

Aditya

Pria Suka Menulis, Jago memberikan ide rekomendasi hadiah, namun bukan pria romantis di kehidupan aslinya..

Leave a Reply