Simak Perbedaan Bunga Aster, Krisan, dan Bunga Lainnya

Perbedaan Bunga Aster dan Krisan
Perbedaan Bunga Aster dan Krisan

Aster adalah jenis bunga yang tergolong kedalam tanaman rumput atau herba. Tumbuhannya termasuk kedalam genus dengan nama yang sama yaitu aster. Tanaman ini berasal dari dataran Tiongkok. Jika diperhatikan secara sekilas, tampilannya menyerupai bunga kertas dan sebagian orang mengatakan jika aster terlihat seperti bunga matahari versi kecil. Bunga ini merupakan salah satu bunga yang memiliki warna cantik, sehingga sering dihubung-hubungkan atau dianggap mirip dengan bunga krisan. Nah yuk kita ketahui bersama perbedaan bunga aster, krisan, dan bunga lainnya!

Klasifikasi Bunga Aster

Klasifikasi Bunga Aster
Klasifikasi Bunga Aster

Bunga dengan ketinggian rata- rata antara 30 sampai 70 centimeter ini mempunyai kelopak dengan beragam warna mulai dari ungu, putih, biru dan warna lainnya. Kesamaan tampilannya terlihat dari bagian tengah bewarna kuning. 

Aster tumbuh sepanjang tahun dan tidak mengenal musim ketika mekar. Bunga ini rata-rata berumur satu tahun. Satu tangkai aster akan ditumbuhi beberapa kuntum bunga di ujungnya. Tanaman ini memiliki kelopak dengan bentuk memanjang dengan jarak antar susunan kelopak. Masyarakat Indonesia menjadikan aster sebagai salah satu instrumen penting dalam sebuah rangkaian bunga. 

Aster merah menjadi jenis yang sering ditemui, dengan bentuk kelopak memanjang dan bagian tengah bewarna hijau muda. Jenis lainnya yang banyak dijumpai adalah aster hijau muda dengan kelopaknya berbentuk agak bulat dengan susunan tumpukan kelopak berbeda jika dibandingkan aster merah. 

Tanaman ini bisa bertahan dalam jangka waktu hingga 2 tahun. Budidaya aster di Indonesia ditemukan pada wilayah Pacet. Lingkungan dan suhu udara di wilayah tersebut sangat cocok untuk membudidayakan tumbuhan ini. 

Tanaman hias ini memiliki permintaan tinggi dikalangan pecinta tanaman Indonesia, tidak jarang banyak petani yang membudidayakan aster. Keindahan bunga aster menjadi alasan orang-orang mengaguminya. 

Baca Juga : Semua Tentang Bunga Flamboyan

Ciri – Ciri Bunga Aster 

Aster memiliki tampilan berbeda dari jenis lainnya, walaupun termasuk kedalam jenis bunga kecil, namun kedindahannya telah memikat banyak mata pecinta tanaman. Kamu bisa mengenali bunga ini dari ciri-ciri fisik yang terlihat:

Bunga, tumbuhan satu ini biasanya mempunyai bunga dengan kelopak berbentuk bulat dan tersusun rapi membentuk lingkaran. Jika diperhatikan maka aster memiliki kemiripan bentuk dengan bunga matahari dan krisan, hal ini dikarenakan tanaman hias ini berasal dari keluarga yang sama yaitu Asteraceae. Mahkota bunga mempunyai ukuran yang berbeda-beda. 

Keindahan tanaman ini juga terlihat dari warna cerah bunganya yang beragam mulai dari merah, ungu, putih hingga kebiruan. Ciri khas bunga terlihat dari warna kuning dibagian tengahnya. Selain itu, aroma aster sangat khas yang memberikan wangi lembut. 

  • Ukuran, tumbuhan ini tergolong kepada jenis tanaman hias yang tidak terlalu tinggi. Aster bisa bertumbuh berkisar antara 30 sampai 70 cm. Namun, terdapat jenis aster yang bisa tumbuh lebih dari 70 cm. 
  • Batang, tanaman ditopang olah batang dengan beberapa cabang, dan inilah menjadi tempat tumbuhnya bunga, tepatnya pada bagian ujungnya. 
  • Daun, walaupun memiliki bunga yang berukuran relatif kecil, daun aster memiliki ukuran cukup lebar. Pada bagian tepi daun terdapat tekstur bergerigi dengan daunnya bewarna hijau namun tidak terlalu tua. 

Perbedaan Bunga Aster dengan Bunga Daisy, Krisan dan Melati

Banyak orang beranggapan jika aster dan daisy, krisan dan melati adalah jenis bunga yang sama. Namun, pada kenyataannya terdapat perbedaan yang membedakan bunga ini, yaitu:

Aster

Tumbuhan yang tergolong bunga aster adalah semua jenis tanaman dari genus Aster. Dengan ciri khas bunga kecil dan bermahkota tipis dan ramping serta tidak menyatu ketika mengelilingi tangkai bunganya. Pada satu tangkai bunga aster terdapat tiga sampai lima bunga di ujungnya. 

Daisy

Perbedaan Bunga Aster dan Daisy-min
Perbedaan Bunga Aster dan Daisy-min

Sering dianggap sama, aster dan daisy ternyata berbeda. Daisy merujuk pada bunga yang tergolong pada tumbuhan dengan genus Billis. Daisy mempunyai bunga berukuran lebih kecil jika dibandingkan aster. Perbedaannya juga terlihat dari bentuk daunnya. Selain itu ukuran tumbuhan daisy lebih rendah jika dibandingkan aster dan terlihat seperti gulma. 

Aster dan daisy sama-sama memiliki bagian tengah bunga bewarna kuning, namun daisy identik dengan kelopak bunga bewarna putih. Tidak seperti aster, pada setiap tangkai daisy hanya ditumbuhi satu bunga.  Kelopak daisy berbentuk bulat dan kelopaknya tersusun rapi menutup mahkotanya. 

Beberapa fakta unik yang melekat pada bunga cantik ini adalah sebagai berikut:

  1. Daisy bisa dijumpai di hampir seluruh wilayah negara di dunia kecuali pada antartika. 
  2. Nama daisy berasal dari bahasa kuno yaitu “Daes Eag” yang bermakna “mata sebuah hari” karena tanaman satu ini mekar mulai dari matahari terbit sampai matahari terbenam.
  3. Termasuk kedalam golongan “Edible Flower” dan biasanya digunakan untuk topping salad atau teh.
  4. Kandungan nectar yang tinggi membuat daisy sering dihinggapi lebah. 
  5. Daisy sering dijadikan ornament dekorasi ketika membuat buket bunga

Baca Juga : Jenis Bunga Baby Breath

Krisan

Selain daisy, bunga aster juga sering dihubungkan dengan krisan. Seperti daisy, aster memiliki jenis yang berbeda dengan krisan. Tanaman hias satu ini termasuk kedalam tumbuhan dari genus Chrysanthemum. Perbedaan terdapat pada bunganya, dimana krisan mempunyai bunga yang berukuran lebih besar dibandingkan aster. Kemiripan aster dan krisan terlihat pada daunnya yang terlihat sama. 

Seperti aster, krisan juga terdiri dari berbagai jenis, diantaranya adalah:

  • Tipe single bloom. Jenis krisan satu ini mempunyai satu bunga pada satu tangkainya. Kelopak bunga bermekaran mengelilingi bagian tengahnya. Termasuk kedalam jenis bunga berukuran besar dimana ukurannya mencapai lebar telapak tangan laki-laki dewasa. Single bloom mempunyai bunga bewarna kuning, putih dan biru. 
  • Tipe anemone. Perbedaan dengan jenis sebelumnya terlihat pada ukuran mahkota bunga yang besar sehingga kelopaknya tidak bisa menutupinya. Pada setiap tangkai ditumbuhi lebih dari satu bunga dengan beragam warna mulai dari putih sampai ungu. 
  • Tipe quilled blooms. Mahkota krisan jenis ini berukuran tipis dengan bentuk panjang meruncing dan terpilin, sehingga bentuknya menyerupai kemoceng, ketika mekar bunga ini berbentuk seperti bulu ayam. Selain itu, jenis krisan satu ini mempunyai beragam warna mulai dari pink, merah dan ungu, serta putih dan kuning. 
  • Tipe pompons. Mempunyai bunga yang berbentu bulat terlihat mirip gagang pintu yang bulat. 
  • Tipe spoon bloom. Berbentuk seperti corong karena mahkota bunganya terpilin. 
  • Tipe laba-laba. Seoerti namanya, bunga ini berbentuk seperti kaki laba-laba karena mahkotanya tumbuh kesegala arah. 

Melati

Perbedaan Bunga Aster dan Melati
Perbedaan Bunga Aster dan Melati

Jenis bunga lainnya yang dinilai mirip dengan aster adalah bunga melati. Melati merupakan tanaman hias berupa perdu dengan batang tegak dan hidup sepanjang tahun. Melati termasuk tumbuhan dengan genus dari semak dan tergolong tanaman merambat dalam keluarga zaitun. Melati teridiri dari sekitar 200 spesies. Tumbuhan ini hidup dengan baik pada daerah beriklim tropis dan hangat. Daerah endeminya adalah Eurasia, Australia dan Oseania. Melati dikenal luas selain karena bentuknya yang unik juga karena aromanya yang harum. 

Dari tampilan fisiknya bisa disimpulkan jika aster dan melati adalah dua jenis tumbuhan yang berbeda. Melati memiliki kelopak bunga bewarna putih dengan jarak diantara susunan kelopaknya. Melati mempunyai bunga berukuran lebih kecil jika dibandingkan dengan aster. Selain itu, perbedaan dua tanaman ini juga terlihat dari jenis daun yang dimilikinya. 

Melati menjadi salah satu bunga penting di Indonesia karena terpilih menjadi “puspa bangsa” yang menjadi bunga simbol nasional. Pemilihan tumbuhan ini dikarenakan melati melambangkan kesucian dan kemurnian.

Add a Comment