Sri Rejeki, Tanaman Wajib Si Pencinta Tanaman

Sri Rejeki
Sri Rejeki

Bukan hal asing lagi jika seorang pencinta tanaman mencari tanaman Sri rejeki. Sri rejeki memanglah semacam sebuah kewajiban bagi seorang pencinta tanaman. Kurang afdal rasanya jika di rumah belum ada pot berisikan kembang Sri rejeki. Tanaman ini memiliki nama latin Aglaonema.

Tanaman ini pada dasarnya memang mudah untuk ditemukan, hal ini berkorelasi dengan peminatnya yang banyak. Selain itu, Sri rejeki juga berasal dari daerah hutan hujan tropis, sehingga kondisi iklim di Indonesia sangat cocok untuk budidaya tanaman Sri rejeki. Sri rejeki cocok ditanam baik di pot dan juga langsung di tanah.

 

Kembang Wajib Dalam Acara Imlek

Sri Rejeki
Sri Rejeki

Menurut ilmu feng shui, kembang Sri rejeki akan membawa keberuntungan bagi pemiliknya. Hal ini dilihat dari namanya, Sri rejeki, bagi yang memiliki tanaman ini, maka akan mendapat limpahan rejeki. Pada perayaan imlek, kembang Sri rejeki menjadi salah satu dari berbagai tanaman hias yang baiknya ada di rumah.Tanaman ini berwarna merah dan hijau yang mana sudah pasti memberi filosifi tersendiri bagi orang Tiongkok.

 

Jenis-jenis Tanaman Sri Rejeki

Sri Rejeki
Sri Rejeki

Sri rejeki tidak semata hanya tanaman berbatang putih dan berdaun hijau. Berbeda warna maka, berbeda pula jenisnya. Berbeda corak maka, berbeda lagi jenisnya. Tanaman memiliki ciri yang berbeda pada tiap jenisnya. Paling tidak terdapat 12 jenis dari Sri rejeki. Berikut adalah macam-macam bunga Sri rejeki.

1. Sri Rejeki Silver queen

Jenis kembang Sri rejeki ini amat cocok bagi orang baru memulai menjadi pencinta tanamanam. Sebab tanaman ini mudah untuk dipelihara dan mudah merawatnya. Untuk menumbuhkan Sri rejeki jenis silver queen hanya perlu untuk disiram sekali dalam jangka waktu dua hari. Sri rejeki silver queen bercirikan daun panjang yang hijau gelap pada sisi terluarnya, tulang daun berwarna krem keputihan, dan pada sisi tersebut masih terdapat corak berwarna hijau sama seperti sisi terluarnya.

2. Sri Rejeki Sinar Bulan

Jenis sinar bulan adalah yang paling sering ditemui di halaman rumah. Bentuk daunnya tidak terlalu panjang dan hampir membulat. Sisi terluar daunnya berwarna merah, sisi dalam daun berwarna hijau dan putih seperti bergaris, dan tulang daun berwarna merah.

3. Sri Rejeki Cinta

Sri rejeki cinta adalah jenis aglaonema yang memiliki bentuk daun seperti bentuk hati. Corak merah dan hijaunya sangat tidak beraturan, namun jenis ini adalah yang paling banyak diminati pencinta tanaman. Warna hijaunya lebih tua dari jenis lain, hampir menyerupai hijau daun pepaya.

4. Sri Rejeki Silver king

Jenis Aglaonema yang satu ini berdaun lebih panjang dan lonjong dari jenis lainnya. Corak pada daun berwarna hijau membentuk pola tulang daun. Pada sisi dalam terdapat bagian yang berwarna lebih terang yakni putih kehijauan atau kuning kehijauan. Sedangkan warna hijau penuh dari Sri rejeki silver king hanya terdapat pada sisi paling pinggir daun.

5. Sri Rejeki Lipstik

Tanaman Sri rejeki ljenis lipstik memiliki bentuk daun panjang dan lancip paca ujung daun. Terlihat sangat cantik karena perpaduan hijau dan merahnya. Pada sekeliling bagian terluar dan tulang daun berwarna merah terang. Sedangkan pada bagian dalamnya berwarna hijau. Tidak hanya pada daun, bagian batang juga memiliki warna merah terang yang sama.

6. Sri Rejeki Pride of Sumatra

Jenis yang satu ini memiliki hanya sedikit warna hijau pada daunnya. Pride of Sumatra dikelilingi warna hijau pada bagian terluarnya. Sementar hampir seluruh sisi bagian daunnya berwarna merah cerah, hanya bagian tulang daun saja berwarna merah muda.

7. Sri Rejeki Widuri Putih Super

Jenis Sri rejeki widuri putih memiliki bentuk daun yang berbentuk bulat pada pangkalnya namun meruncing pada ujungnya. Tanaman ini biasa disebut bunga sri rejeki putih. Hal itu dikarenakan warna putih pucat menghiasi seluruh permukaan daunnya. Hanya sedikit sekali bagian terluar yang berwarna hijau. Pada sisi putih terdapat pula sedikit bercak hijau.

8. Sri Rejeki Cutlass

Jenis yang satu ini memiliki benduk daun yang paling unik. Bentuk daunnya memanjang dan bisa melebihi 15cm. Warna daunnya tidak jauh berbeda dengan jenis silver king. Salin bentuknya, jenis cutlass juga bukanlah tanaman yang tepat untuk diletakkan di luar ruangan. Sri rejeki cutlass adalah tanaman untuk di dalam ruangan.

9. Sri Rejeki Adelia

Jenis ini hampir mirip dengan jenis pride of sumatra. Perbedaannya terletak pada warna merah yang ada di daun. Merah pada jenis adelia tidak cerah dan sebanyak yang ada pada pride of sumatra. Warna hijau yang ada pada jenis adelia adalah hijau tua seperti jenis Sri rejeki cinta.

10. Sri Rejeki Red Kochin

Bentuk dari Sri rejeki merah yang satu ini mirip dengan jenis Sri rejeki cinta. Namun secara keseluruhan warnanya adalah merah tua yang cerah tanpa ada warna lain sedikitpun. Di beberapa kelainan terdapat daun tumbuh berwarna hijau tua secara penuh.

11. Sri Rejeki Mutiara

Jenis Sri rejeki mutiara juga merupakan salah satu yang terunik. Warnanya kekuningan walaupun dengan bercak hijau dan tulang daun berwarna merah muda. Warna kuning ini memberi kesan seperti kurang disiram, padahal itu adalah warna aslinya.

12. Sri Rejeki Angela

Warna dari daun Sri rejeki angela adalah dominan hijau tua. Pada bagian tengah daun terdapat kesan percikan warna yang merah terang yang tidak teratur. Warna merah tidak mendominasi Sri rejeki Angela ini.

 

Perawatan Sri Rejeki

Sri Rejeki
Sri Rejeki

Selain mudah untuk ditemukan, tanaman Sri rejeki juga mudah untuk dirawat sehingga cocok untuk dikembangbiakkan. Sri rejeki sebenarnya tidak membutuhkan terlalu banyak air. Maka, sebaiknya jangan menyiram Sri rejeki terlalu sering, siramlah Sri rejeki sebanyak tiga kali dalam kurun waktu satu minggu. Penyiraman Sri rejeki harus membasahi seluruh bagian daun agar kotoran-kotoran yang menempel pada daun dapat ikut tersapu air.

Intensitas cahaya matahari yang dibutuhkan oleh tanaman Aglaonema sebaiknya tidak terlalu banyak. Tanaman ini akan tumbuh baik jika diposisikan di tempat yang teduh. Letakan pot Sri rejeki pada teras rumah yang tertutup atap. Jangan biarkan cahaya matahari menyentuh Sri rejeki secara langsung. Hal ini akan membuat Aglaonema layu dan menguning. Meletakan Sri rejeki di dalam ruangan bukanlah ide yang buruk bagi kelangsungan hidup Sri rejeki.

Sri rejeki sebetulnya adalah tanaman yang rentan oleh hama. Baiknya lakukan pengecekan secara rutin. Jika terlihat hama menempel pada Sri rejeki disarankan untuk segera memusnahkannya. Hama akan merusak tanaman Sri rejeki bahkan membuatnya mati. Semprotan pestisida akan sangat membantu Sri rejeki terhindar dari hama.

Pemupukan yang tepat akan membantu penyuburan secara alami. Gunakanlah pupuk kompos karena pupuk tersebut adalah pupuk yang paling cocok untuk tanaman Sri rejeki. Kelembaban dari tanaman Sri rejeki juga perlu diperhatikan. Bukan hanya dari kelembaban tanah, namun juga kelebaban suhu sekitar perlu diperhitungkan. Bunga Sri rejeki akan mati bila kelembaban berlebihan atau bahkan kurang.

Kelebihan dari tanaman Sri rejeki ini memanglah sangat banyak. Tak heran jika dijuluki sebagai tanaman pembawa keberuntungan. Untuk mencarinya tidaklah sulit, untuk merawatnya juga tidak terlalu merepotkan bahkan yang bukan pencinta tanaman bisa melakukannya. Sementara dari segi ekonomis, harga Sri rejeki tidak akan menguras dompet terlalu dalam. Harga Sri rejeki hanya berkisar puluhan hingga ratusan ribu.

Recommended Products

    Leave a Reply