Tanaman Azalea
Tanaman Azalea

Namanya boleh saja belum dikenal luas dan Anda mungkin baru pertama kali mendengarnya. Namun, tanaman satu ini punya makna menarik dan mendalam di baliknya di samping warna kelopaknya yang cantik. Ya, ia adalah tanaman Azalea.

Mengenal Bunga Azalea

Mengenal Bunga Azalea
Mengenal Bunga Azalea

Tanaman Azalea menjadi salah satu golongan tanaman hias yang dapat dengan mudah ditemukan di banyak negara khususnya Asia. Tanaman dengan bunga cantik ini awalnya tumbuh di Cina hingga akhirnya dikenal luas di beberapa belahan negara di dunia. Nah buat kamu yang suka koleksi tanaman, tanaman ini bisa menjadi rekomendasi tanaman hias di rumah kamu

Identik dengan warna kelopak bunganya yang cerah seakan penuh keceriaan, tanaman Azalea banyak disukai para penggemar tanaman hias. Terlebih, di Indonesia sendiri, tak sulit menemukan keberadaan tanaman indah satu ini.

Tidak hanya indah semata lewat warna kelopak bunganya yang memanjakan mata, ada fakta menarik dibalik tanaman Azalea dimana ia melambangkan keindahan serta keanggunan yang tak lekang oleh waktu. Bahkan, di beberapa negara seperti Virginia Barat dan Nepal, tanaman Azalea dijadikan sebagai simbol.

Nama tanaman Azalea terbilang kurang populer di tanah air. Banyak dari Anda yang mungkin masih asing dengannya. Tak heran memang karena di Indonesia, Azalea memiliki beberapa nama lain seperti turuwara dan saliyah. 

Arti Warna Bunga Azalea

Arti Warna Bunga Azalea
Arti Warna Bunga Azalea

Seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya, tanaman Azalea identik dengan warna kelopak bunganya yang cerah. Tidak hanya satu, tanaman Azalea memiliki beragam warna kelopak bunga yang sarat akan makna dibaliknya.  

Berikut adalah arti dari beberapa warna dari bunga cantik yang tumbuh subur di dataran tinggi sehingga banyak disukai untuk membuat udara menjadi sejuk ini:

  1. Merah: Sama seperti  bunga mawar, warna merah pada bunga tanaman Azalea juga erat kaitannya dengan hal-hal yang berbau romantisme. Merah pada bunga Azalea memiliki arti cinta penuh gairah sehingga bunga cantik ini sangat cocok untuk diberikan kepada orang yang Anda cintai atau untuk menyatakan perasaan. 
  2. Putih: Warna putih selalu identik dengan kesucian begitu pun pada bunga tanaman Azalea dimana warna putih pada bunga tanaman ini memiliki makna suci dan polos dibaliknya. Cocok untuk diberikan pada momen-momen penuh haru.
  3. Kuning: Tak hanya Buket Bunga Matahari saja yang memiliki kelopak berwarna kuning. Pada bunga Azalea, warna kuning memiliki arti kekeluargaan dan persahabatan sehingga ia recommended untuk diberikan kepada orang-orang terdekat Anda.
  4. Pink dan ungu: Selain ketiga warna di atas, bunga Azalea yang indah ini juga memiliki kelopak berwarna pink dan ungu. Ada arti mendalam di balik kedua warna tersebut yaitu sebagai representasi semangat dalam diri.

Ragamnya warna kelopak yang dimiliki tanaman Azalea membuatnya disukai banyak orang dan cocok diberikan untuk banyak occasion. Menariknya, dalam soal perawatan, tanaman ini juga terbilang mudah dimana ia dapat bertahan di tanah yang cukup kering sekalipun. 

Ciri Bunga Azalea

Ciri Bunga Azalea
Ciri Bunga Azalea

Meskipun namanya cukup asing, namun tanaman Azalea dengan bunga yang mekar pada bulan Mei hingga Juni lalu Desember hingga Januari dapat dengan mudah dikenali lewat ciri-ciri khasnya yang membedakannya dengan tanaman lain.

Salah satu ciri khas pada bunga tanaman Azalea terletak pada variasi warna kelopaknya. Seperti yang sudah kami bahas sebelumnya, tanaman ini memiliki warna kelopak bunga yang beragam yaitu merah, putih, kuning, pink, dan ungu. Tak hanya memanjakan mata lewat warna-warna cantiknya, bunga pada tanaman indah ini juga harum.

Daunnya pada tanaman Azalea juga memiliki ciri khusus dimana ia memiliki diameter daun berkisar antara 1 hingga 50 cm. Bahkan, pada jenis Rhododendron Sinogrande, diameter daunnya bisa menyentuh 100 cm.

Tanaman Azalea dapat tumbuh subur di negara beriklim tropis seperti Indonesia. Tak hanya itu, ia juga mampu bertahan di tanah yang kondisinya cukup kering. 

Tanaman Azalea sendiri merupakan golongan tanaman berbentuk pohon semak. Ini artinya, jarang ditemui yang dapat tumbuh tinggi dan besar. Tinggi pohonnya hanya berkisar 10 hingga 100 cm sehingga tanaman ini cocok  dijadikan sebagai estetika kebun.

Ciri berikutnya bisa dilihat spesiesnya. Tanaman Azalea diketahui memiliki beragam jenis. Di Indonesia sendiri, Anda dapat dengan mudah menemukan beberapa di antaranya seperti Rhododendron album yang tumbuh di Pulau Jawa, Rhododendron radians yang tumbuh di Sulawesi Tengah, Rhododendron renschianum  di Nusa Tenggara Timur, dan masih banyak lagi spesies Tanaman Azalea lainnya.

Manfaat Tanaman Azalea

Tanaman hias tidak hanya berperan sebagai penambah estetika saja namun lebih dari itu. Ya, banyak tanaman hias yang memiliki ragam manfaatnya khususnya bagi kesehatan tak terkecuali Tanaman Azalea.

Azalea sebagai tanaman yang dikenal memiliki kelopak bunga berwarna cerah dan cantik nyatanya memiliki beberapa manfaat yang mungkin belum Anda ketahui sebelubmnya.

Bagi penderita rematik atau yang sedang mengalami batuk, tanaman Azalea dapat Anda gunakan sebagai obat herbal karena ia mengandung alkaloid, tanin, flavonoid, dan saponin. Menggunakan obat herbal sendiri tak perlu diragukan kemanjuran serta keamanannya.

Anda bisa memanfaatkan hampir semua bagian dari tanaman Azalea seperti akar, daun, dan bunga yang masih segar maupun sudah kering untuk dikemudian diolah menjadi obat herbal guna mengatasi rematik dan batuk. 

Cara mengolahnya pun terbilang mudah. Anda hanya perlu menyiapkan 10 gram daun segar tanaman Azalea yang dipotong-potong. Daun yang sudah dipotong-potong kemudian dicuci, direbus, dan disaring airnya. Air saringan tersebut bisa langsung dikonsumsi untuk mengatasi rematik.

Pada penderita batuk, jumlah daun yang direbus ditambahkan menjadi 60 gram. Pengolahannya sama saja. Air rebusan dari daun Azalea tersebut bisa dikonsumsi 2 kali sehari yaitu saat pagi dan sore. 

Cara Menanam Azalea

Tertarik untuk menanam bunga Azalea? Ikuti langkah-langkah mudahnya di bawah ini!

  1. Pastikan Anda sudah menemukan tempat yang pas. Azalea menyukai tanah yang kering dengan drainase serta paparan sinar matahari yang baik.
  2. Siapkan bibit Azalea yang pastinya baik dan sehat.
  3. Karena Azalea membutuhkan tanah yang sedikit asam, hindari pemberian kapur serta pupuk kandang segar.
  4. Perlu diketahui, bunga Azalea akan tumbuh pada pertengahan tahun tepatnya pada bulan Juni saat musim panas. Pastikan untuk menyiram tanaman secara teratur dua hingga tiga kali setiap minggunya pada periode tersebut. Sedangkan, selain periode musim panas, Anda hanya perlu menyiramnya satu sekali saja setiap minggunya. 
  5. Setelah berbunga, berikan pupuk organik dalam bentuk pellet. Anda juga bisa menggunakan pupuk granolar slow release. 

Guna membuat tanaman menjadi kuat serta sehat, perhatikan pula pemupukan saat menjelang musim hujan.

Dengan mengaplikasikan teknik penanaman bunga Azalea yang baik dan benar lewat cara di atas, bukan hal sulit untuk mendapatkan tanaman hias yang subur dan sehat nantinya.

Itu dia bunga Azalea dengan beragam fakta menarik seperti arti warna, ciri khas, manfaat, dan cara penanaman yang sudah Flower Advisor ulas untuk Anda. Semoga bermanfaat. 

Share:

Leave a Reply