Tanaman Hias Monstera
Tanaman Hias Monstera

Monstera merupakan jenis tanaman hias yang bernama latin Philodendron atau dikenal dengan janda bolong.Tanaman Monstera merupakan jenis tanaman hias tropis yang berasal dari Meksiko dan beberapa daerah Amerika Selatan dan cukup banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Dapat dilihat semenjak terjadinya pandemi, banyak masyarakat yang mengubah hobinya dengan menanam tanaman hias, salah satu yang paling banyak adalah monstera. Tanaman hias monstera atau janda bolong memiliki bentuk yang unik dan dianggap langka oleh beberapa orang,karena itu pula banyak orang yang berlomba-lomba untuk memilikinya.

Jenis Tanaman Hias Monstera

Jenis Tanaman Monstera
Jenis Tanaman Monstera

Tanaman hias monstera atau janda bolong memiliki bentuk unik, uniknya yaitu memiliki bilah yang berlubang dan mencolok dengan beberapa daun yang memiliki serangkaian performansi yang besar dengan jarak yang teratur dan meluas dari pelepah ke tepi daun dan bisa menyembuh tepi daun, atau bisa disederhanakan tanaman hias ini memiliki daun yang berlubang-lubang atau bolong.

Karena keunikan ini banyak masyarakat Indonesia menginginkan tanaman hias jenis ini. Namun, tanaman monstera memiliki jenis yang populer ada di Indonesia yaitu Species Adonsonii,Acuminata, dan Borsigiana. Biasanya masyarakat awam lumayan susah untuk mengetahui perbedaan dari beberapa jenis monstera yang dijual di berbagai tempat. Namun, monstera dapat dibedakan dengan melihat lebar daun, jumlah lubang, tekstur daun dan gelombang tepi daun.

1. Monstera Adansonii

Monstera Adansonii atau dengan istilah topeng monyet. Jenis ini memiliki warna hijau yang mengkilap dan memiliki lubang daun yang utuh atau tidak sampai merobek permukaan daun. Ukuran daun ini terhitung lebih kecil. Jenis tanaman ini cocok untuk tanaman gantung karena mempunyai daun yang tidak kaku dengan daun yang menjuntai jadi cocok untuk tanaman gantung. Selain mengandung jenis ini juga bisa tumbuh dengan merambat.

2. Monstera Borsigiana

Jenis tanaman hias ini sangat banyak diminati banyak orang, karena dengan ukuran daun yang  lebih kecil dengan lubang-lubang daun yang lebih sedikit menjadikan tanaman hias ini lebih simpel. Karena daun yang kecil menyebabkan batang tanaman juga lebih lunak. Karena itu tanaman ini dapat menjuntai dan bisa dijadikan sebagai tanaman hias gantung yang simpel namun menarik.

3. Monstera Deliciosa

Jenis tanaman ini cukup familiar kita lihat, karena bentuk daun yang berlubang dan menjari di bagian pinggirnya. Dengan ukuran yang besar dan berbentuk hati yang menjadi keunikan tanaman hias jenis ini. Keunikan lainnya adalah saat umur tanaman lebih tua maka daunnya akan menjadi lebih gelap lagi.

Deliciosa Variegata, ini juga termasuk dalam tanaman monstera, namun uniknya tanaman ini memiliki daun yang berwarna putih pekat yang mencolok dan berkombinasi dengan warna hijau. Karena keindahan daunnya ini banyak orang yang rela mengeluarkan uang yang cukup banyak untuk mendapatkan tanaman jenis ini.

4. Monstera Obliqua

Jenis monstera ini cukup langka, karena dengan daun yang kecil dan motif lubang yang besar, dengan batang yang lebih kecil daripada lebar daunnya, daun yang memiliki helai yang lebih tipis dari pada yang lain.  Karena ukurang yang mungil ini, membuat tanaman ini sangat cocok diletakkan diatas meja dan dijadikan hiasan.

5. Monstera Dubia

Jenis tanaman ini memiliki daun yang tidak berlubang atau sama dengan daun-daun pada umumnya, tapi uniknya yaitu pada bagian tulang daun yang sangat terlihat dan menciptakan motif yang alami dan unik. Selain itu, dengan perpaduan warna putih dan hijau pada daun, membuat tanaman ini dapat dijadikan tanaman hias yang menarik dan indah.

6. Monstera Siltepecana

Jenis ini memiliki bentuk yang memanjang sehingga menyerupai oval yang ujungnya mengerucut. Monstera ini juga sering disebut sebagai monstera silver karena bagian tengah daunnya berwarna perak. Sementara, tulang dan pinggiran daun monstera berwarna hijau. Tanaman ini hidup dengan merambat. Jadi sangat indah untuk dijadikan sebagai tanaman hias dirumah.

7. Monstera Punctulata

Keunikan dari tanaman ini adalah dengan batang yang pipih dan semakin tua maka akan berwarna kecoklatan. Tanaman ini biasanya tumbuh lima belas meter di alam liar yang membuat tanaman ini tampak kokoh. Tanaman ini biasanya ada di daerah Amerika dan sekitar bagian selatan Meksiko.

8. Monstera Eps Perm Nodes

Jenis tanaman ini memiliki daun yang lebih lebar dan tipis sehingga lubang-lubang permukaan yang lebih lebar. Jika tanaman ini memiliki usia yang lebih tua maka permukaan daun akan semakin menghilang dan berubah menjadi bentuk yang menyirip. Karena keunikan ini maka tanaman ini akan cocok untuk dijadikan sebagai tanaman hias.

9. Monstera Acuminata

Tanaman ini memiliki daun yang lebih bulat menyerupai hati dengan ukuran lebih kecil,  namun dengan warna yang lebih mengkilap dan tebal. Jenis tanaman ini tumbuh dengan merambat dan sangat cantik jika dijadikan sebagai tanaman hias atau untuk di taman.

10. Monstera Karsten Ranum

Tanaman ini bisa dihargai dengan harga yang sangat fantastis karena dengan bentuk daun yang pipih kecil dan tidak terlalu lebar, bentuk daun menyerupai daun sirih. Jenis monstera ini tidak memiliki lubang namun daun yang memiliki bentuk seperti hati. Dan dalam satu tangkai akan menghasilkan daun yang banyak. Biasanya warna daunnya adalah gradasi warna hijau tua dan muda yang indah dan mengkilap. Dengan bentuk yang menarik ini banyak orang yang menjadikan ini sebagai pilihan untuk tanaman hias.

Media Tanam Monstera

Media Tanam Monstera
Media Tanam Monstera

Dari beberapa jenis monstera yang telah dijelaskan diatas, dapat diambil kesimpulan bahwa media tanam monstera atau janda bolong tergantung kepada jenis tanaman. Ada tanaman ini yang merambat jadi kita perlu menggunakan penopang atau bambu atau yang lainnya untuk menopang tanaman janda bolong ini untuk merambat sehingga menghasilkan tanaman hias yang menarik dan indah untuk dilihat.

Dan ada juga jenis tanaman ini yang bisa ditanam didalam pot untuk dijadikan tanaman hias biasa atau bisa juga dijadikan sebagai tanaman gantung yang indah, karena ada beberapa jenis tanaman yang memiliki daun yang lunak sehingga sangat cocok untuk digantung karena daun yang menjuntai. Dan ada juga beberapa jenis tanaman yang bisa dijadikan sebagai tanaman hias untuk di meja karena bentuk yang mungil dan unik serta indah.

Cara Merawat Monstera

Cara Merawat Monstera
Cara Merawat Monstera

Jenis monstera Adansonii, Borsigianum,Kartinian,Obliqua,Dubai cara merawatnya yaitu dengan menghindari tanaman dengan daerah yang berangin dan kering karena jenis ini tidak menyukai terkena paparan sinar matahari langsung, karena ini akan berefek pada kecerahan daun yang akan memudah jika terlalu sering diletakkan di daerah yang langsung terpapar sinar matahari. Jika warna daun yang pudar maka akan membuat keindahan tanaman yang kurang menarik lagi. Banyak jenis tanaman hias monstera atau janda bolong yang dapat merawatnya dengan menghindari sinar matahari atau didaerah yang lembab. Dan tanaman hias monstera sama dengan tanaman hias yang lain yaitu dengan rajin menyiram tanaman agar tidak kering

Ada beberapa faktor yang mengakibatkan tidak boleh atau tidak dianjurkannya tanaman ini dibawah sinar matahari langsung. Dan umumnya karena warna daun yang mudah memudar, layu dan kering, ini merupakan masalah yang serius untuk tanaman hias. Karena seperti diketahui bahwa tanaman hias adalah tanaman yang dilihat dari bentuk,keindahan, keunikan dan kecantikan dari tanaman. Dan tanaman monstera yang dilihat adalah dari daunnya yang menarik. Jika terjadi atau ada daun yang layu maka akan mengurangi keindahan dari tanaman hias jenis ini. Namun, ada satu jenis tanaman monstera yang bisa diletakkan di daerah yang cukup cahaya matahari atau tidak di ruangan gelap yaitu Deliciosa Variegata.

Manfaat Bunga Monstera

Secara umum manfaat monstera adalah untuk menambah keindahan bagi pemilik rumah, karena bentuk tanaman yang unik dan indah untuk dipandang. Bukan hanya untuk hiasan di luar rumah bahkan tanaman ini bisa dijadikan untuk hiasan didalam rumah dan menambah estetika ruangan yang semakin menarik. Bahkan jika diletakkan didalam ruangan maka akan menambah keasrian dalam ruangan dan bisa menambah oksigen dalam ruangan, karena tanaman monstera ini mengeluarkan oksigen pada malam hari dan ini sangat cocok diletakkan didalam kamar untuk menambah oksigen saat malam hari. Bahkan ruangan kita juga bisa menjadi lebih elegan dengan bunga ini dan dengan penempatan bunga yang sesuai dengan ruangan.

Mengapa Bunga Monstera Mahal

Bunga ini menjadi mahal karena termasuk dalam tanaman langka atau susahnya untuk merawat bunga monstera, karena klorofil di dalam bunga yang membutuhkan cahaya matahari yang banyak dan tumbuhnya yang lebih lambat dari tanaman lainnya, karena itu menyebabkan kelangkaan dari tanaman ini. Dan dengan banyaknya permintaan orang yang menginginkan tanaman ini menyebabkan kelangkaan tanaman, banyaknya permintaan bukan karena tidak ada alasan, namun karena bentuk tanaman yang unik dan indah, dengan adanya lubang-lubang di permukaan daun dan warna daun yang sangat menarik dan langka menyebabkan tanaman banyak diminati orang, sedangkan jika dilihat dengan perkembangan tanaman yang lambat menyebabkan tanaman menjadi langka dan berakhir tanaman menjadi harga yang mahal.

 

 

Share:

Leave a Reply