Tanaman Hias
Tanaman Hias

Adanya tanaman hias di dalam atau di luar rumah tentu tidak hanya mempercantik rumah, tetapi juga dapat menciptakan energi positif dan menambah kegembiraan dalam hidup. Itu adalah fakta yang sudah dirasakan orang-orang. Bahkan hanya dengan menatap tanaman hijau saja sudah dapat membantu menenangkan pikiran dan memberikan rasa tenang.

Tanaman hias juga dapat bermanfaat untuk memurnikan udara dan menghilangkan bahan kimia yang berbahaya di udara. Itulah kenapa banyak juga orang yang meletakkan tanaman hias di dalam ruangan atau rumah.

Bahan kimia yang ada di udara dapat menyebabkan penyakit seperti masalah pernapasan dan juga migrain. Oleh karena itu penting untuk kita melakukan sesuatu yang dapat menghilangkan udara yang berbahaya. Salah satunya yakni dengan menaruh tanaman hias di dalam rumah. Kenapa tanaman hias dapat membersihkan udara? Rahasianya ada pada tanah dan akar tanaman. Tanah dan akar tanaman yang membantu menyeram karbon ekstra di udara.

Menyiram tanaman juga dapat membangkitkan emosi dan merupakan terapi terapeutik loh! Itulah kenapa memiliki tanaman di rumah juga dapat bermanfaat bagi kesehatan mental seseorang.

Lantas apa saja tanaman hias yang bisa kita pilih untuk rumah kita? Ini dia rekomendasi penulis.

1. Lidah Mertua

Tanaman hias lidah mertua memiliki bentuk yang seperti mata pedang. Nama lain dari tanaman hias ini adalah Sansevieria atau Snake Plant. Lidah mertua cocok ditaruh di kamar tidur ataupun di sudut ruangan. Tanaman hias ini akan membantu kita meningkatkan kualitas udara dan menghilangkan racun di udara. Tanaman hias ini tidak membutuhkan sinar matahari langsung jadi kita bisa menyimpannya di dalam ruangan tanpa repot.

2. Lidah Buaya

Tanaman Hias
Lidah Buaya

Selain bermanfaat bagi perawatan kulit, kesehatan tubuh dan untuk penyembuhan luka, lidah buaya juga merupakan tanaman yang dapat disiman di dalam ruangan sebagai tanaman hias. Lidah buaya tidak membutuhkan banyak perawatan, jadi kita tidak perlu repot.

Meletakkan lidah buaya di dalam ruangan dapat membantu menyerap bahan kimia yang ada di udara. Lidah buaya juga dapat menyerap radiasi elektromagnetik yang dapat membahayakan tubuh.

Selain itu, lidah buaya juga dipercaya dapat membuat tidur lebih nyaman dan nyenyak. Meski tidak memiliki aroma sama sekali, tanaman ini juga dipercaya dapat menenangkan pikiran dan menghilangkan stress.

3. Peacy Lily

Peacy lily adalah spesies tanaman hias berbunga yang berasal dari keluarga Araceae. Seperti namanya, peacy lily adalah tanaman yang cukup bagus untuk memberikan ketenangan di dalam ruangan. Ia dapat membuang racun yang ada pada udara dan menjaga rumah kita untuk tetap segar, sehat dan sekaligus menambah nilai estetika.

Tanaman hias ini dikenal dapat mengurangi spora jamur yang sering kali berkembang di tempat yang lembab. Spora jamur ini dapat membuat seseorang mengalami iritasi pada mata ataupun kulit. Bahkan juga dapat menyebabkan gangguan pada pernapasan. Dengan menjadikan peacy lily sebagai tanaman hias di dalam rumah kita, kita bisa mengurangi spora di udara sehingga udara di dalam rumah akan lebih sehat.

4. Rosemary

Rosemary juga dapat kita jadikan tanaman hias untuk rumah kita. Rosemary adalah tanaman yang cantik dan dapat membaur dengan dekorasi jenis apapun. Tanaman hias ini dapat meningkatkan konsentrasi, meredakan nyeri otot, dan juga dapat meningkatkan memori. Selain manfaat tersebut, kita bisa juga menggunakan daunnya untuk tambahan teh, salad, dan di berbagai makanan.

5. Lavender

Tanaman Hias
Lavender

Sejak dulu lavender dikenal sebagai tanaman yang dapat menenangkan pikiran, mengurangi kecemasan, dan bahkan dapat menghilangkan insomnia atau gangguan susah tidur. Kita bisa menggunakan lavender sebagai tanaman hias yang cantik di rumah kita. Penampilannya yang estetik dengan warna ungu tentu akan menarik bagi mata. Apalagi tanaman ini memiliki aroma yang wangi.

Lavender juga dikenal mampu mengusir nyamuk loh!

6. Philo atau Monstera

Philo atau monstera adalah tanaman hias yang berbentuk daun berlubang. Penampilannya memang cukup estetik dan sering kali dijadikan dekorasi pelengkap interior rumah. Biasanya inspirasi design tanaman depan rumah dengan gaya minimalis.

Tanaman hias ini tidak memerlukan cahaya matahari terlalu banyak, jadi cocok sebagai tanaman di dalam ruangan ataupun di teras rumah.

7. Agave

Agave adalah tanaman hias yang cocok ditaruh di luar rumah. Tanaman hias ini dikenal sebagai jenis tanaman buaya hijau. Ia membutuhkan sinar matahari penuh untuk tumbuh. Diameternya hingga 3,5 dan berbunga dengan tinggi hingga 10 m. Tanaman hias ini cocok untuk rumah dengan gaya modern ataupun minimalis.

8. Kaktus Mini

Kaktus
Kaktus

Jenis Kaktus mini merupakan tanaman hias yang banyak sekali diminati masyarakat. Kaktus merupakan tumbuhan sukulen yang perawatannya cukup mudah. Tidak perlu sering menyiram dan tidak pula harus terkena matahari secara penuh. Kaktus dapat menyimpan air pada batangnya dan memiliki pertahanan di keadaan gersang.

Kaktus mini dapat dijadikan tanaman hias di dalam maupun luar ruangan. Ia juga cocok di berbagai jenis rumah unik.

9. Suplir

Suplir merupakan tanaman hias yang cocok ditaruh di depan rumah. Karakteristik daunnya rimbun dan kerap kali estetik jika digunakan sebagai tambahan dekorasi rumah. Letakkan tanaman hias ini di teras rumah dengan pot berwarna putih jika rumah anda bergaya modern ataupun minimalis.

10. Bromeliad

Bromeliad adalah tanaman hias yang mampu menghilangkan lebih dari 80% senyawa yang berbahaya. Untuk dapat memaksimalkan manfaatnya, kita bisa menyesuaikan ukurannya dengan ruangan tempat kita meletakkan tanaman ini. Semakin besar ruangannya maka sebaiknya kita memilih bromeliad yang berukuran besar. Atau, kita bisa memperbanyak kuantitasnya.

Bromeliad berasal dari keluarga bromeliaceae. Bromeliad dapat disimpan pada ruangan dengan suhu sekitar 21 derajat celcius, yang mana itu artinya cocok untuk ditaruh di dalam rumah.

11. Spider Plant

Spider Plant
Spider Plant

Tanaman hias ini memiliki bentuk unik dengan banyak daun. Tanaman ini dikenal dapat menyeram polutan. Bentuknya cocok jika digantung di dinding ataupun diletakkan di sudut meja. Perawatan dari tanaman hias ini pun cukup mudah. Kita hanya perlu menyiramkan setiap 2 atau tiga hari sekali. Kuantitas airnya pun tidak boleh terlalu basah karena dapat menyebabkan pembusukan pada akarnya.

12. Dragon Tree

Dragon tree adalah tanaman hias yang dapat hidup tanpa sinar matahari. Jadi penempatannya dapat di dalam ruangan atau rumah. Bentuknya cukup unik. Ia memiliki daun yang tidak begitu lebar namun memanjang dan cukup rimbun. Jika kita benar menempatkan tanaman ini, kita bisa memberi kesan luas pada ruangan.

13. Soleiroli

Tanaman hias ini biasanya di dalam ruangan. Daunnya kecil dan rimbun, serta menggantung di pot. Jika tanaman lain akan hidup subur di tempat yang memiliki sinar matahari yang banyak, maka tidak untuk tanaman hias ini. Tanaman ini justru akan hidup dengan baik jika ditempatkan di tempat yang jauh dari paparan sinar matahari secara langsung.

Share:

Leave a Reply