Bunga Kaca Piring
Bunga Kaca Piring

Menjadi hal bahagia bagi pecinta tanaman untuk menambah koleksi tanamannya di rumah. Kamu bisa mempertimbangkan untuk mengadopsi bunga kaca piring sebagai pelengkap koleksi di rumah. Sebelum memutuskan, yuk cari tahu lebih lanjut mengenai bunga kaca piring pada artikel di bawah ini. 

Arti dan Nama Lain dari Bunga Kaca Piring

Bunga kaca piring memiliki nama ilmiah yaitu Gardenia Augusta termasuk kedalam jenis tanaman perdu dari family Rubiaceae. Gardenia jasminoides mempunyai arti seperti melati, walaupun diartikan seperti itu, tetapi bunga kaca piring tidak mempunyai hubungan apapun dengan jasminum atau melati. Tanaman satu ini mempunyai bunga bewarna putih dan memiliki wangi yang sangat harum. Bunga kaca piring juga memiliki panggilan lain yaitu Gardenia Augustifolia Lodd, Gardenia Grandiflora Lour, Gradenia Jasminoides Ellis dan Gardenia Longisepala

Selain memiliki nama ilmiah, bunga kaca piring juga mempunyai nama lain yang diambil dari bahasa inggris yaitu cape jasmine dan gardenia. Di daerah Aceh bunga kaca piring dikenal dengan nama meuleu bruek dan raja puteh, sedangkan bagi masyarakat Jawa bunga kaca piring dilabeli dengan nama cepiring, ceplok piring dan kacapiring, masyarakat Bali memanggilnya jempiring sedangkan di Maluku dikenal dengan nama sang klapa. Bunga kaca piring menjadi maskot untuk Kota Denpasar Bali dan digunakan sebagai salah satu jenis bunga pelengkap dalam upacara agama Hindu. 

Gardenia memiliki arti perlindungan, makna ini diambil karena wangi alami yang dihasilkan oleh bunga kaca piring yang bisa digunakan untuk mengusir serangga. Selain itu, bunga kaca piring juga menyampaikan pesan “kau yang terindah”. 

Bunga kacang piring memiliki tampilan putih seperti salju yang melambangkan kejelasan, kepolosan dan juga kemurnian. Pada zaman Victoria, bunga kaca piring menjadi simbol persahabatan yang bertahan lama. Makna lain dari bunga gardenia adalah harapan, refleksi diri dan memperbarui. Bagi masyrakat Cina dan Jepang, bunga satu ini menjadi perspektif jelas dan menggambarkan dunisa secara lebih luas. 

Apa Manfaat Bunga Kaca Piring ?

Manfaat Kaca Piring
Manfaat Kaca Piring

Selain memiliki warna putih indah serta wangi yang sangat harum, bunga kaca piring juga dikenal sebagai salah satu jenis tanaman untuk pengobatan. Beberapa khasiat dari bunga satu ini untuk kesehatan tubuh adalah:

1. Mengatasi Diabetes Melitus 

Tanaman hias ini ternyata memiliki khasiat untuk menurunkan kadar gula darah tubuh. Caranya adalah Kamu harus menyiapkan sekitar 12 lembar daun bunga kaca piring, kemudian rebus ke dalam 0,5 liter air. Setelah mendidih, Kamu bisa menyaring ramuan tersebut. Untuk mendapatkan khasiatnya, Kamu bisa meminum ramuan ini sebanyak satu gelas per hari. Pada bagian daun bunga kaca piring terdapat kandungan zat flavonoid, saponin, minyak atsiri dan polifenol yang berkhasiat untuk mengurangi tekanan darah. 

2. Mengobati Masalah Mulut 

Bunga kacang piring juga bermanfaat untuk mengatasi masalah kesehatan mulut yaitu sariawan. Bagian tumbuhan yang memiliki khasiat tersebut adalah daun kacang piring. Kamu bisa merebus 7 lembar daun kacang piring segar bersama 0,5 liter air. Selanjutnya, setelah mendidih saring ramuan untuk memisahkan air dengan daunnya. Kamu bisa menambahkan madu dan gula aren ke dalam ramuan tersebut. Ramuan daun kaca piring bisa Kamu minum sebanyak dua kali sehari. Kandungan minat atsiri membantu mengatasi masalah sariawan di mulut. 

3. Melancarkan Pencernaan 

Ramuan kaca piring juga berkhasiat untuk mengatasi masalah pada saluran pencernaan. Bagian tumbuhan yang dimanfaatkan adalah biji buah kaca piring. Pertama Kamu harus mempersiapkan tiga buah biji kacang piring, kemudian rebus bersama 0,5 liter air sampai mendidih. Setelah itu pisahkan biji dan air ramuan. Disarankan untuk meminum ramuan ini sebanyak satu kali sehari. Namun, tidak disarankan untuk mengkonsumsi ramuan ini ketika diare parah. 

Pada buah bunga kacang piring terdapat kandungan minyak atsiri, krosetin, geniposid, gardenosid, krosin, gardenin, tannin, nonasacane dan dekstrose. Kandungan ini berkhasiat untuk meningkatkan fungsi hati, melancarkan kerja empedu, anti radang, penawar racun, menghentikan pendarahan dan pereda demam. Namun, buah kaca piring memiliki rasa yang cenderung pahit, disarankan untuk mencampur ramuan buah kacang piring dengan madu dan gula. 

4. Menurunkan Demam

Peningkatan suhu tubuh karena demam bisa disebabkan oleh beragam hal. Jika Kamu memiliki tanaman kaca piring di taman, maka Kamu bisa memanfaatkannya untuk menurunkan demam. Caranya siapkan 7 lembar daun kacang piring, kemudian hancurkan daun dengan cara diremas, setelah itu masukkan ke dalam segelas air hangat. Diamkan beberapa saat dan pisahkan daun dengan air. Kamu bisa menambahkan gula batu ke dalam ramuan dan aduk hingga semuanya tercampur. Ramuan ini disarankan untuk diminium satu kali sehari. 

5. Mengatasi Masalah Kulit 

Tanaman kacang piring juga memiliki khasiat untuk mengatasi penyakit luar tubu seperti borok dan luka bakar. Bagian tanaman kaca piring yang dimanfaatkan adalah buahnya. Kamu bisa mengambil beberapa buah kacang piring segar, kemudian digiling. Setelah halus, Kamu bisa menambahkan putih telur dan aduk hingga tercampur merata. Dan tempelkan ramuan tersebut pada area kulit yang bermasalah. 

Jenis-Jenis Bunga Kacang Piring 

Jenis Kaca Piring
Jenis Kaca Piring

Selain beragam manfaat yang ditawarkan tumbuhan kacang piring, tanaman hias satu ini juga memiliki beberapa varietas . Jenis-jenis bunga kacang piring yang bisa Kamu pilih adalah:

1. Bunga Kacang Piring Aimee

Aimee termasuk kedalam varietas bunga kacang piring dengan ukuran bunga ganda dan berukuran besar. Ukurannya bisa mencapai empat sampai lima inci. Jenis kacang piring ini dijual dengan nama “First Love” atau “Aimee Yoshida”. 

2. Kacang Piring August Beauty

August Beauty mempunyai bunga ganda dengan ukuran sedang yaitu tiga inci. Jenis kacang piring satu ini bisa mekar beberapa kali dalam setahun, sehingga akan mempercantik tampilan taman dalam waktu lama. Jenis satu ini cocok jika ditanam di dalam pot. 

3. Kacang Piring Button

Jika dibandingkan dengan jenis kacang piring lainnya, button mempunyai batang yang berukuran kerdil akan tetapi bisa tumbuh dengan lebat. Button menghasilkan bunga yang berukuran kecil dengan bentuk semi ganda dan ukurannya adalah dua inci. 

4. Kacang Piring Crown Jewel

Crown Jewel mempunyai bunga yang tumbuh secara menyebar dengan ukuran ganda. Bunga Crown Jewel bisa tumbuh pada bagian batang baru ataupun lama. Jenis kacang piring satu ini terkenal akan sifatnya yang tahan banting. Jika diperhatikan, bunganya tumbuh dengan sangat lebat dan bisa mekar berulang kali dalam setahun. Untuk mempercantik tampilannya, Kamu bisa memangkas ringan beberapa bagian bunga setiap kali bermekaran, karena sifat bunganya yang tumbuh menyebar dan lebat. 

5. Kacang Piring Fortuniana

Fortuniana juga termasuk kedalam jenis kacang piring dengan bunga berukuran besar. Bunganya berkelopak ganda dengan ukuran mencapai empat inci. Orang-orang juga menamakannya sebagai bunga camellia, karena bentuk dan ukurannya yang sama.

6. Kacang Piring Kincir Angin

Bunga Kaca Piring Kincir Angin
Bunga Kaca Piring Kincir Angin

Seperti namanya, jenis kacang piring satu ini memiliki bunga yang terlihat seperti kincir. Bunga ini bisa tumbuh dalam waktu cepat dan cocok di tanam pada media tanam di tanah langsung. 

Selain menjadi pelengkap koleksi tanaman hias, bunga kaca piring memiliki beragam khasiat. Selain itu, Kamu juga bisa memilih beberapa tanaman kacang dari varietas yang ada. 

 

Share:

Leave a Reply