Bunga Kenanga
Bunga Kenanga Di Indonesia

Bunga kenanga bisa dikenali dengan mudah lewat aroma khas yang dihasilkannya. Selain aromanya tanaman satu ini juga mempunyai tampilan bunga yang menarik dan berbeda dari jenis tumbuhan lainnya. Yuk cari tahu lebih lanjut mengenai bunga kenanga pada artikel di bawah ini. 

Ciri Bunga Kenanga

Bunga kenanga memiliki nama ilmiah Cananga Odorata yang termasuk kedalam genus Cananga dengan ordo Magnoliales. Kenanga adalah tanaman asli dari daerah Indonesia. Tanaman hias satu ini juga dikenal luas di daerah Polinesia, Mikronesia dan Melanesia. 

Ciri Bunga Kenanga
Ciri Bunga Kenanga di Indonesia

Kenanga bisa tumbuh dengan cepat dalam setahun, diketahui jika tanaman hias satu ini bisa tumbuh mencapai 5 meter per tahun dan bisa tumbuh dengan ketinggian rata-rata 12 meter. Unga kenanga memiliki batang yang mudah patah. Kenanga menyukai media tanam yang mempunyai kandungan asam seperti pada habitat aslinya di kawasan hutan tadah hujan. 

Bunga kenanga membutuhkan sinar matahari sebagian atau penuh untuk proses tumbuhnya. Kenanga tumbuh ditopang oleh batang pohon yang berbentuk lurus dengan tekstur kayu keras. Tanaman hias satu ini dinilai cocok sebagai bahan peredam suara (akustik).

Kenanga mempunyai daun yang mengkilap dengan bagian runcing di ujungnya. Daun kenanga bewarna hijau dan terdapat serat halus di permukaannya. Bunga kenanga memiliki warna kuging kehijauan, dengan enam kelopak sempit. Bunga kenanga tumbuh terkulai dan muncul diranting. 

Tanaman hias satu ini mempunyai putik yang berbentuk bundar dan berlendir. Bunga satu ini memiliki aroma yang khas. Wangi yang dipunyai bunga satu ini membuatnya bisa dikenali dengan mudah. Kenanga tumbuh dengan baik di daerah dataran rendah dengan ketinggian 120 mdpl dengan suhunya 25 sampai 30 derajat celcius. 

Arti Bunga Kenanga

Bunga kenanga memiliki arti keharuman yang berarti mengalir dan berlimpah kepada anak turunnya. Keharuman ini berasal dari para leluhur. Selain itu, bunga kenanga juga menjadi lambing keberkahan seseorang dan bisa melimpah untuk generasi seterusnya. 

Manfaat Bunga Kenanga

Selain bentuk unik dan aroma khasnya, bunga kenanga juga diyakini mempunyai beragam manfaat untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh. Beberapa diantaranya adalah:

1. Menurunkan tekanan darah

Manfaat pertama dari bunga satu ini adalah menurunkan tekanan darah. Kandungan minyak esensial yang terdapat didalam tumbuhan satu ini mampu menurunkan tekanan darah diastolic dan sistolik di dalam tubuh serta melambatkan detak jantung. Khasiat kenanga satu ini sangat cocok untuk penderita hipertensi, terutama jika diminum secara rutin. Pastikan untuk berdiskusi terlebih dahulu dengan tenaga kesehatan. 

2. Mengurangi gejala penyakit asma

Salah satu permasalahan pernafasan yang sering dialami oleh masyarakt adalah asma. Penyakit satu ini sangat erat kaitannya dengan stress. Kandungan esensial yang terdapat dalam bunga kenanga bisa Kamu manfaatkan untuk mencegah dan mengurangi dampak akibat kambuhnya asma yang dipicu stress.

Bunga kenanga menjadi obat pendamping ketika mengatasi gejala asma. Kamu harus mengkonsumsi obat medis ketika mengalami serangan asma, setelah itu Kamu bisa mengoleskan minyak esensial dari bunga kenanga di dada dan hirup sekitar 15 sampai 20 menit. 

3. Mengurangi tingkat kecematan dan stress

Beban pekerjaan dan tekanan lainnya dalam hidup menjadi pemicu kecemasan dan stress. Menghirup aroma esensial dari bunga kenanga bisa membantu mengurangi tingkat stress dan kecemasan yang Kamu alami. Bahkan terdapat penelitian yang menunjukkan jika menghirup aroma esensial dari bunga kenanga efektif untuk mencegah risiko bunuh diri pada penderita depresi berat. 

Selain dijadikan tetasan pada humidifier, minyak esensial dari bunga kenanga juga bisa menjadi olesan. Kamu bisa mengoleskan minyak esensial tersebut ke kulit dan aromanya bisa dihirup sepanjang hari. Aroma ini akan membantu Kamu tetap releks sepanjang hari. 

4. Meningkatkan kualitas tidur

Senyawa linalool pada bunga kenanga memberikan efek sedetif atau penenang. Tidak heran jika bunga satu ini membantu Kamu mendapatkan tidur yang lebih berkualitas. Senyawa linalool juga membantu menurunkan aktivitas saraf di otak yang menimbulkan efek mengantuk. Menggunakan minyak esensial bunga kenanga ke dalam humidifier ketika tidur akan membuat Kamu tertidur lebih nyenyak.

5. Mengobati infeksi jamur

Kandungan linalool di dalam bunga kenanga mempunyai sifat antijamur, antibakteri dan antiinflamasi. Bunga satu ini diyakini efektif untuk menyembuhkan infeksi karena jamur terutama yang bersumber dari jamur Candida albicans.

Bahaya Bunga Kenanga

Selain manfaat untuk kesehatan, menggunakan bunga kenanga juga memiliki bahaya untuk tubuh. Tidak semua orang cocok menggunakan minyak esensial bunga kenanga, dalam beberapa kasus, kandungan isoeugenol pada minyak bunga kenanga menyebabkan dermatitis kontak. Jika mengalaminya, Kamu bisa mengatasi efek tersebut dengan cara mencampur minyak esensial bunga kenanga dengan minyak pelarut seperti minyak kelapa. Sebelum dioles ke kulit, Kamu bisa mencampur esensial bunga kenanga dengan minyak kelapa dengan perbandingan 1 banding 1. 

Jenis Bunga Kenanga

Secara umum bunga kenanga dibagi menjadi dua kelompok utama yaitu Cananga dan Ylang-ylang. Cananga mempunyai cabang yang tegak lurus terhadap batang sedangkan jenis lainnya memiliki daun lebih kecil dengan cabang yang terkulai. Jenis bunga kenanga lainnya adalah:

1. Cananga Latifolia 

Jenis tanaman satu ini mempunyai bentuk pohon perdu dan juga ada yang tinggi. Cananga latifolia memiliki daun yang berbentuk bulat seperti telur dengan bagian pangkal yang bundar, sedangkan pada bagian permukaan bawah daun tidak mempunyai bulu. Cananga latifolia memiliki bunga semusim. 

2. Cananga odorata forma macrophylla

Cananga odorata forma macrophylla mempunyai daun yang agak bundar dengan pohonnya yang berbentuk kerucut, cabangnya berdekatan serta memiliki lekukan pada bagian pangkal batangnya. 

Cananga odorata forma genuine

Cananga odorata forma genuine memiliki daun yang berbentuk agak runcing dengan pohonnya dengan bentuk kerucut langsing, batang tumbuhan satu ini tumbuh berjauhan, serta memiliki tonjolan pada bagian pangkalnya. 

Bunga Kenanga apakah bisa dimakan ?

Khasiat bunga kenanga berasal dari minyak esensial buanga kenanga yang didapatkan dari proses ekstraksi tumbuhan tersebut. Penelitian yang sudah dilakukan menunjukkan jika manfaat bunga kenanga didapatkan dengan cara dijadikan sebagai obat oles di permukaan kulit atau menjadi campuran aroma terapi untuk humidifier. 

Selain esensialnya, bunga kenanga juga bisa bermanfaat untuk kesehatan, bunga kering bisa dimanfaatkan untuk pengobatan malaria. Sedangkan bunga segarnya bisa digunakan untuk mengobati penyakit asma atau dijaikan bahan dasar pasta. Selain bunga, daun kenanga bisa digunakan dalam pengobatan diare pada bayi serta mengurangi bisul dan gatal.  

Berdasarkan khasiatnya, Kamu bisa mengkonsumsi bunga kenanga. Namun, yang harus diperhatikan adalah Kamu harus mencari informasi lebih lanjut mengenai hal tersebut sebelum mengkonsumsinya. Selain itu, Kamu juga harus berdiskusi terlebih dahulu dengan tenaga kesehatan.  Nah banyak sekali bunga yang bisa di makan ternyata selain bunga kenanga.

Produksi Minyak Essensial Kenanga

Minyak essensial dari bunga kenanga bermanfaat untuk kesehatan. Satu pohon kenanga bisa menghasilkan sekitar 120 kg bunga per tahun dan jika diah menjadi minyak atsiri, bunga satu ini bisa menghasilkan 350 gram minyak esensial. Kenanga yang cocok untuk dijadikan minyak atsiri ketika berumur 10 tahun. 

 

Share:

Leave a Reply