Cara Membahagiakan Diri Sendiri
Cara Membahagiakan Diri Sendiri

Pernahkah kamu merasa tenang setelah melakukan kegiatan kesukaanmu? Kebahagiaan bisa datang dari keluarga, sahabat, dan lingkungan tempat tinggal yang nyaman. Selain itu, kebahagiaan juga berasal dari dalam diri yaitu ketenangan pikiran. Kebahagiaan berpengaruh hlo dalam menjalani kehidupan. Misalnya, seseorang sedang dirundung masalah. Ia hanyut di dalamnya sehingga memberi hasil kurang maksimal dalam bekerja. Mood dalam bekerja pun tidak menentu. Namun saat menjalani segalanya dengan senang hati, semua pekerjaan lebih terasa ringan. Dari situ lah kita bisa tau pentingnya bahagia atau senang bagi semua orang.

Masih banyak orang tidak menyadari pentingnya menjalani hari dengan bahagia. Bahkan sering memaksakan diri terlihat baik-baik saja padahal menahan pilu. Teman-teman FlowerAdvisor pasti juga mau tau apa saja yang perlu dilakukan agar bahagia bukan? Tak perlu khawatir, di bawah ini ada kumpulan tips untuk meraih kebahagiaan agar diri bisa senang setiap hari.

1. Tidak membandingkan diri dengan orang lain

Saat melihat orang lain mewujudkan mimpi dengan cepat seperti tanpa halangan apapun, seseorang umumnya akan merasa tidak puas dengan setiap pencapaiannya. Namun kita perlu mengetahui kalau setiap orang memiliki proses hidup yang berbeda sehingga fase yang sedang dihadapi pun berbeda. Percayalah jika dirimu fokus mencapai tujuan, kamu akan bisa mewujudkan cita-citamu.

Baca Juga : Alasan Kenapa Wanita Suka Bunga

2. Hindari berpikiran negatif

Hindari Negative Thinking
Hindari Negative Thinking

Dalam menggapai cita-cita atau menjalani kehidupan, kita akan menemui kegagalan, rintangan, atau pengaruh dari luar diri yang menimbulkan sifat pesimis. Tak jarang hal itu juga menimbulkan sifat takut mencoba untuk lebih baik. Jangan takut akan kegagalan dan tetaplah mencoba karena semua orang dapat belajar dari kegagalan agar mampu berkembang.

3. Berkomunikasi dengan orang terdekat

Berkomunikasi atau berbicara dengan orang terdekat efektif meredakan stress. Kamu tak perlu curhat tentang masalah pribadi, cukup bercerita apa yang sedang dipikirkan, trending topic belakangan, hingga pendapatmu tentang suatu berita. Dengan memiliki teman bicara, kamu tak akan merasa sendiri dan akan merasa lebih tegar karena ada yang mendengarkan. Selain itu, kamu berkemungkinan mendapat insight unik untuk memecahkan masalah.

Baca Juga : Tips Membangun Hubungan Yang Sehat

4. Memanfaatkan uang untuk membahagiakan diri

Kita perlu sesekali mengapresiasi pencapaian kita dengan mengeluarkan biaya. Membeli sesuatu setelah bekerja lembur berhari-hari, bahkan setelah mencapai target mampu jadi sesuatu yang menghiburmu karena keperluanmu pun terpenuhi. Tak masalah jika kamu membeli makanan favorit, atau pergi ke tempat wisata dengan pemandangan cantik. Selain bersedia mengeluarkan biaya untuk keperluan pribadi, kita tidak dianjurkan pelit pada orang lain. Kamu bisa memanfaatkan uangmu untuk berbagi dengan sesama yang dengan kegiatan ini mampu meredakan stress dan menumbuhkan rasa lebih bersyukur. Melakukan kegiatan di atas perlu dalam batas wajar agar tidak terjebak dalam pemborosan terselubung di balik self-reward.  Kamu juga bisa memanfaatkan uangmu untuk membeli bunga meja juga lho, karena penting untuk self healing

Baca Juga : Inspirasi Bunga Meja Untuk Ruang Tamumu

5. Melakukan hobi

Melakukan hobi akan membuatmu lebih rileks dan bahagia. Nikmatilah hobi di bidang kesukaanmu, baik itu atletik, musik, atau lainnya yang membuatmu nyaman. Melakukan hobi tidak harus sendirian, pilihlah aktifitas berkelompok agar menghabiskan waktu lebih menyenangkan. Contohnya bemain game atau olahraga beregu. Atau kamu juga bisa menanam bunga juga lho di rumahmu

6. Meluangkan waktu untuk sendiri

Kamu bisa bahagia meski sendirian dengan meluangkan waktu untuk sendiri atau me time. Sendirian dapat membuatmu mendapatkan ketenangan karena jauh akan gangguan dan berbagai beban. Meluangkan waktu sendiri mampu membantumu lebih mengenal diri dan mungkin bisa membantu menemukan potensi diri yang belum disadari. Menghabiskan waktu sendiri dengan beraktifitas tak perlu mengeluarkan biaya banyak. Mulailah melakukan hal sederhana namun bermakna

7. Selalu bersyukur

Membandingkan pencapaian diri sendiri dan orang lain cenderung membuat hati tidak tentram. Berambisi untuk masa depan terbaik memang bagus, namun dirimu akan lelah jika tak pernah puas dengan apa yang telah didapat. Kamu akan merasa apa yang dilakukan selalu kurang dan salah. Ada kalanya perlu mensyukuri apa yang kamu punya sekarang, bahkan hal sederhana sekalipun karena orang lain belum tentu juga punya apa yang kamu punya.

8. Berani bilang “tidak”

Berani Bilang Tidak
Berani Bilang Tidak

Takut menolak dapat membuatmu kurang bahagia karena hal itu tidak selalu menempatkanmu di posisi yang nyaman. Kamu bisa terdorong melakukan sesuatu yang sebenarnya tidak kamu mau. Kamu boleh menolak hal-hal bertentangan dengan dirimu untuk membuatmu jadi diri sendiri.

9. Berolahraga

Dengan berolahraga, tubuh menghasilkan hormon penekan senyawa penyebab kecemasan dan stress seperti serotonin, dopamine, dan hormon lainnya. Sehingga seseorang mampu lebih senang setelah berolahraga. Olahraga membantu menghadapi stress yang mengurangi kemungkinan tubuh terkena penyakit.

10. Mau jujur pada diri sendiri

Menjadi jujur kadang mengakibatkan orang takut atau sedih sehingga tak jarang ada orang berbohong untuk menjaga perasaan. Beberapa orang memilih membohongi diri sendiri dengan berkata “aku nggak papa”, meski sejak awal pernah merasa sebenarnya tidak demikian. Kebohongan menenangkan di awal saja. Pada akhirnya, kamu dapat menyadari bahwa hal itu kian melukaimu. Berbohong pada diri sendiri membuat diri tertekan dan rentan stress. Maka dari itu, kamu perlu sesekali jujur karena jujur bisa melindungi dari sedih berkepanjangan dan membuat harimu lebih bahagia.

11. Cinta pada pekerjaan

Bekerja merupakan keperluan bagi semua orang. Dalam bekerja, mungkin seseorang pernah merasa bosan karena melaksanakan tugas yang sama setiap hari. Selain itu, merasakan beratnya tanggung jawab yang diemban atau lingkungan kerja tidak kondusif menyebabkan mood bekerja turun naik. Namun hal tersebut harus dijalani karena menyelesaikan tugas adalah kewajiban. Terdapat manfaat yang bisa didapat dari bekerja, seperti pertemanan lebih luas, meningkatnya skill, dan imbalan sesuai pekerjaan. Oleh karena itu, mari coba melihat sisi baik dari pekerjaanmu agar dirimu bisa mencintai pekerjaan dan menyelesaikannya dengan senang hati.

12. Berdamai dengan masa lalu

Pengalaman pahit memang sulit dilupakan. Jika terus mengingatnya, itu bisa membuatmu merasa masalahnya belum terselesaikan dan mendadak cemas. Jadi, ada baiknya kamu tidak mengungkitnya lagi kemudian belajar mengabaikannya. Mungkin tidak mudah, namun kamu bisa melupakannya perlahan sehingga semuanya bisa hilang seiringnya waktu. Yuk lihat artikel berikut ini : Cara Melupakan Masa Lalu

13. Tidak buru-buru menyelesaikan masalah

Tidak Buru - Buru dalam Menyelesaikan Masalah
Tidak Buru – Buru dalam Menyelesaikan Masalah

Setiap orang pasti punya masalah masing-masing. Kalau kamu merasa masalahmu berat, tetaplah mencoba mengatasinya meski harus satu persatu. Menyelesaikan masalah perlahan lebih baik dibanding hanya berlarut-larut meratapinya. Jika masalahmu terlalu sulit untuk dihadapi sendiri, kamu bisa meminta bantuan orang lain. Mendapat bantuan untuk mengatasi masalah bisa menjaga kesehatan mental dan membantu menemukan solusi baru.

14. Bersabar bila semua hal tak berjalan sesuai keinginan

“Tidak semua hal bisa berjalan sesuai harapan”. Kata-kata tersebut perlu diresapi saat target penting belum terpenuhi atau banyak hal tidak sesuai ekspektasi, karena saat itu juga diperlukannya sabar. Saat yang diharapkan tak terwujud, betul bisa menyebabkan kecewa. Tapi di balik itu, tak hanya kecewa yang didapat. Sisi positifnya, kita masih bisa mengoreksi diri dan mengetahui kalau kegagalan berasal dari kesalahan. Sehingga kita bisa memperbaikinya ke depan agar bisa lebih dewasa dan berkembang.

Kesimpulan

Cara membahagiakan diri sendiri memang banyak cara dan bermacam – macam, jika kamu ingin self healing, kamu dapat dimulai dari mengenali diri kamu sendiri sehingga kamu dapat juga menyenangkan diri sendiri.

Jangan lupa, jika kamu ingin memiliki rasa romantisme, kamu bisa membeli buket bunga di toko bunga FlowerAdvisor

 

Share:

Aditya

Pria Suka Menulis, Jago memberikan ide rekomendasi hadiah, namun bukan pria romantis di kehidupan aslinya..

Leave a Reply