Cara Membuat Resolusi
Cara Membuat Resolusi

Tidak terasa beberapa hari lagi Kita sudah memasuki tahun baru 2022, 11 bulan dari 2021 sudah Kita lalui dan sekarang berada di penghujung tahun 2021. Hal yang tidak pernah ditinggalkan ketika memasuki tahun baru adalah membuat resolusi rasional yang ingin dicapai di tahun yang baru.

Berada di penghujung tahun 2021 apakah Kamu sudah berhasil resolusi yang dirancang pada akhir tahun 2020 kemarin ? sudahkan semuanya terwujud atau ada beberapa resolusi yang harus diabaikan ? Menurut Kamu apa yang harus dilakukan dan diperhatikan ketika membuat sebuah resolusi ?

Rasionalitas adalah hal utama yang harus diperhatikan ketika membuat target hidup. Faktor eksternal dan tidak bisa dikendalikan secara pribadi menjadi faktor penghambat tercapainya keinginan yang sudah Kamu tuliskan sebelumnya. Untuk itu sangat diperlukan rasionalitas dengan mempertimbangkan berbagai kemungkinan perubahan yang terjadi di masa depan ketika membuat sebuah tujuan baru.

Lalu bagaimanakah cara membuat dan menyusun sebuah resolusi hidup yang rasional ? Nah, artikel di bawah ini akan menjelaskan cara menyusun resolusi rasional untuk tahun baru 2022

Membuat Resolusi Menggunakan Metode SMART

Metode Smart
Metode Smart

Cara pertama yang harus Kamu tunjukkan ketika membuat resolusi adalah menentukan tujuan hidup yang ingin Kamu wujudkan dimasa depan. Menurut New York Times metode yang bisa Kamu gunakan ketika membuat sebuah resolusi tahun baru adalah metode SMART.

SMART adalah inisial dari definisi-definisi berikut ini:

  • Specific
    Pertama adalah menentukan tujuan yang spesifik dan tergambar jelas di dalam pikiran. Tuliskan target secara detail, jelas dan bisa dideskripsikan dengan baik. Contohnya, lebih baik Kamu menuliskan resolusi “Aku ingin belajar digital marketing setiap hari agar bisa menjadi digital marketer profesional di tahun berikutnya” daripada memilih “aku ingin belajar setiap hari”.
  • Measurable atau terukur
    Ketika membuat sebuah resolusi setelah menentukan tujuan spesifik, selanjutnya Kamu harus menentukan standar untuk mengukur progress dari tujuan tersebut. Hal ini bertujuan untuk mengetahui apakah Kita sudah semakin dekat dengan tujuan yang sudah dirancang atau tidak.
    Contohnya: ketika Kamu menginginkan menjadi seorang digital marketer profesional tahun depan, maka Kamu harus mengetahui jenis materi dan bidang yang harus dikuasai dan menentukan berapa lama waktu yang harus Kamu habiskan untuk menyelesaikan pembelajaran tersebut sampai akhir tahun. Misalnya, setelah melihat materi yang ada Kamu memutuskan untuk belajar minimal 2 jam dalam sehari, sembari mencari media pembelajaran lainnya seperti mengambil kursus, magang, freelance untuk mewujudkan tujuan tersebut.
  • Achievable atau bisa dicapai, pada tahapan ini Kamu harus bisa menilai kemampuan diri dengan baik, sehingga bisa menentukan tujuan yang bisa dicapai. Tujuan yang Kamu tetapkan tidak boleh terlalu mudah, ataupun terlalu sulit, sehingga resolusi yang Kamu rancang bisa memberikan dampak positif terhadap perkembangan diri Kamu.
    Contohnya: Ketika Kamu menetapkan waktu yang harus dihabiskan untuk mempelajari materi digital marketing, Kamu sudah menentukan jika ingin belajar minimal 2 jam sehari, target Kamu adalah menambah jam belajar menjadi 4 jam sehari. Karenanya, untuk membuat target tersebut menjadi lebih achievable Kamu perlu mempertimbangkan dengan baik waktu luang yang Kamu miliki serta kemampuan Kamu dalam memahami materi pembahasan. Akhirnya Kamu memutuskan untuk menetapkan target penambahan jam belajar secara bertahap, dimulai dari 3 jam 10 menit setiap harinya, dan seterusnya sampai mewujudkan target yang Kamu inginkan.
  • Relevan atau sesuai, target yang Kamu miliki harus relevan, dimana ketika hal tersebut terwujud akan memberikan dampak terhadap hal lainnya.
    Contohnya: Kamu memiliki resolusi untuk memahami digital marketing, namun untuk menjadi seorang digital marketer profesional tidak hanya penguasaan materi, Kamu juga dituntut mempunyai pengalaman kerja dibidang tersebut. Sehingga Kamu mengimbangi materi pembelajaran dengan praktek yang mendukung keahlian Kamu.
    Relevansi dari sebuah resolusi diperlukan untuk menjawab pertanyaan apakah target tersebut layak untuk diperjuangkan ? apakah target ini juga sesuai dengan kebutuhan dan target lainnya ? atau jawaban dari pertanyaan apakah target ini sudah ditetapkan di waktu yang tepat ?
  • Timebound atau batas waktu, ketika Kamu memiliki resolusi tertentu, Kamu harus menetapkan batas waktu dalam mencapai goal tersebut. Batas waktu ini harus realistis sehingga Kamu bisa fokus ketika mewujudkan hal tersebut.

Mulai dengan hal yang kecil

Membuat Resolusi dari Hal Terkecil
Membuat Resolusi dari Hal Terkecil

Terkadang orang beranggapan jika membuat resolusi yang ditetapkan harus mewah dan membawa dampak besar terhadap kehidupan sendiri dan lingkungannya. Namun, hal ini bukanlah sesuatu hal yang wajib, resolusi harus realistis dan sesuai dengan kemampuan pribadi. Jadi, jangan sampai Kamu menghabiskan waktu hanya untuk berfokus menetapkan resolusi besar sehingga sulit untuk dilakukan.

Kamu bisa memulai dari langkah kecil untuk mendapatkan hasil yang lebih besar. Kamu harus menghindari perencanaan yang terlalu rumit dan sulit diraih, sehingga resolusi yang Kamu susun tidak menambahkan tekanan mental pada diri Kamu.

Belajar dari masa lalu

Kita sudah berada di akhir tahun 2021 dan beberapa hari lagi Kita akan memasuki tahun 2022. Selain melewati pergantian hari, selama tahun 2021 Kita sudah dihadapkan berbagai cerita dan juga tantangan untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik. Tidak hanya hal baik yang menghampiri Kita selama 2021, tetapi juga merasakan hal yang kurang menyenangkan dan tidak jarang membuat Kita terjebak dalam situasi yang membebani diri.

Cara melihat suatu tantangan dan peristiwa tidak menyenangkan didefinisikan oleh masing-masing pribadi. Setiap kesalahan yang telah berlalu bisa menjadi kado guru terbaik agar tidak terjebak  pada kesalahan yang sama.

Resolusi yang akan disusun untuk tahun 2022 harus memasukkan pengalaman dan pembelajaran yang Kita dapatkan dari kesalahan dimasa lalu sehingga rancangan target menjadi lebih rasional.

Memilih untuk melakukan hal yang disukai

Menjalankan hal yang disukai dalam kehidupan sehari-hari bisa dikatakan sebuah kemewahan, tidak semua orang bisa melakukan sesuai passionnya terutama dalam dunia pekerjaan. Ketika membuat resolusi untuk diri sendiri Kamu harus menjadikan perspektif dan keinginan pribadi sebagai hal utama, selama disusun sesuai metode STAR dan rasional maka resolusi tersebut bisa Kamu usahakan untuk terwujud.

Menggeluti bidang yang disukai akan memberikan energi positif dan kebahagiaan pada diri sendiri, sehingga tanpa sadar Kamu bisa berkembang menjadi sosok yang lebih baik.

Menyusun Prioritas

Menyusun Prioritas
Menyusun Prioritas

Hal yang tidak bisa dihindari ketika menyusun sebuah resolusi adalah munculnya berbagai keinginan yang ingin diwujudkan. Tetapi satu hal yang harus Kamu ingat adalah memilih dan memilih dari beberapa pilihan resolusi yang akan Kamu jadikan tujuan hidup utama di masa depan. Pilihlah resolusi berdasarkan prioritas dengan mempertimbangkan kemampuan yang dimiliki.

Memiliki resolusi atau tujuan yang terlalu banyak bukanlah suatu hal yang baik, karena Kamu akan dituntut untuk memikirkan banyak hal dan membuat Kamu tidak fokus terhadap tujuan utama. Hal ini bisa menjadi penghambat terwujudnya resolusi yang telah Kamu terapkan.

Setelah membaca beberapa tips di atas, Kamu bisa menyusun resolusi tahun 2022 yang lebih rasional. Mempertimbangankan kemampuan diri sendiri dan beragam kemungkinan perubahan yang mungkin menjadi tantangan dan batu loncatan di masa depan adalah hal baik ketika menyusun sebuah resolusi.  

Ingin mencari kado untuk tahun baru? FlowerAdvisor sebagai Toko Kado Online menyediakan berbagai macam pilihan

Share:

Leave a Reply