Olahraga
Olahraga

Sehat adalah hal yang sangat mahal untuk bisa diperoleh jaman sekarang , dengan kondisi yang sehat kita bisa bekerja dengan baik serta tidak membuat sekitar cenderung kawatir karena takut tertular. Penyakit tidak hanya menyerang kepada umur yang dewasa namun remaja juga bisa jika tidak menaati dan juga menjaga kondisi tubuh. Kesehatan adalah aset paling berharga di dalam kehidupan ini kesehatan sangat mahal harganya, sebab jika sudah sakit harta benda tak ada artinya lagi. Kalau tubuh sehat, bugar, dan kuat, kita mampu menjalankan seluruh kegiatan dengan perasaan yang menyenangkan. Hidup akan terasa bahagia tanpa penyakit yang menggerogoti badan dan pikiran bayangkan bila sakit, bukan hanya waktu yang akan habis untuk berbaring lemah di tempat tidur, tetapi juga kekayaan atau uang dihabiskan untuk menyembuhkan penyakit .

Kegiatan yang bisa dilakukan pun menjadi terbatas untuk bekerja. Kesempatan bermain dengan anak atau cucu hilang karena sibuk mengurus kondisi penyakit. Sekarang ini kondisi lebih parah, pandemi Covid-19 masih menghantui  dan bahkan menemukan pilihan terbaru mengenai virus corona bertempat di Inggris dan sudah menyebar sampai ke berbagai negara.  Jika belum menyadari untuk menjaga kesehatan, keluarga bisa menjadi korban dari virus-virus berbahaya tersebut. Apabila sudah terinfeksi, akan diisolasi tanpa keluarga mendampingi.

Merasakan Sehat Yang Sesungguhnya

Sehat merupakan pengertian dari kondisi tubuh, jiwa, dan sosial seseorang dalam keadaan sejahtera sehingga dapat hidup secara produktif di dalam kehidupan sosial dan ekonominya. Sehat sebenarnya bukanlah terkait dengan kondisi tubuh seseorang saja melainkan juga mencakup kondisi mental, sosial, dan kehidupan pribadi seperti yang dikatakan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Definisi kesehatan menurut WHO adalah bentuk kesejahteraan fisik, sosial, dan mental secara keseluruhan sehat diukur tidak hanya berdasarkan ada atau tidaknya penyakit serta berbagai kelemahan lainnya di dalam diri seseorang , tetapi hal ini telah diukur secara dasar keseluruhan beberapa faktor yang telah disebutkan. Beberapa keseluruhan informasi mengenai kesehatan merupakan hal yang sebenarnya sehingga membutuhkan beberapa analisis untuk mengetahui sehat atau sakitnya seseorang.

Pemeliharaan kesehatan merupakan tindakan penanggulangan dan pencegahan terhadap berbagai hal yang akan menjadi pengganggu dan penyebab turunnya kondisi kesehatan seseorang. Pada dasarnya, pemeliharaan kesehatan ini merupakan hal yang sangat dibutuhkan termasuk pemeriksaan kesehatan secara rutin dan berkala. Jika mengetahui kondisi kesehatan yang kurang baik, maka dapat melakukan berbagai tindakan terbaik untuk menjaga mengobati atau menanggulangi gangguan yang mungkin muncul.

 

Hidup Secara Sehat Menjadi Jaminan Sehat di Masa Depan

Beberapa hal yang sering juga terlalu mudah untuk bisa melakukan beberapa aktivitas untuk menjaga dan memelihara kesehatan adalah dengan menerapkan kebiasaan hidup sehat secara rutin. Hasilnya jangan diragukan untuk bisa bahkan mampu mendapatkan kesehatan yang optimal sepanjang tahun jika saja bisa menjalankan beberapa kebiasaan hidup sehat ini.

1. Makan Dengan Teratur Dan Sehat

Dengan mengkonsumsi beberapa makanan dengan teratur belum cukup  untuk tubuh membutuhkan asupan makanan sehat yang seimbang serta mampu memenuhi kebutuhan gizi sepanjang hari seperti zat besi, macam-macam vitamin, protein, dan kalori dengan jumlah yang cukup. Oleh karena itu, kita perlu memastikan makanan dan minuman dikonsumsi sepanjang hari dan terapkan pola makan yang teratur di dalam keseharian.

2. Olahraga Serta Istirahat Yang Teratur

Jika menginginkan kondisi sehat dan bugar, sertai aktivitas harian dengan berolahraga adalah kewajiban yang harus dijalankan dalam menerapkan pola hidup sehat. Supaya mendapatkan hasil yang maksimal, olahraga secara teratur, pilih olahraga yang paling sukai, dan lakukan dengan senang hati dan bersemangat. Seperti kegiatan bersepeda, berenang, fitness, senam, yoga, jogging, atau olahraga lainnya. Bukan hanya itu, perlunya mengatur waktu beristirahat agar dapat seimbang terutama di malam hari. Terlalu banyak main gadget seperti main game dan media sosial hanya akan mengganggu waktu tidur. Setidaknya peroleh 7-8 jam waktu tidur per hari. Beristirahat yang cukup dapat membantu mengembalikan tenaga setelah seharian bekerja, sehingga kembali bersemangat dalam melakukan rutinitas sehari-hari.

3. Hidup Seimbang dengan Kehidupan Sosial

Sehat bukan hanya dirasakan dari tubuh yang kuat saja, melainkan juga dari mental dan pikiran. Ketika stress, itu berarti ada yang tidak sehat dari segi mental dan ada yang mengganggu. Oleh karena itu, menghilangkan stres dan beberapa beban pikiran dengan melakukan aktivitas yang menyenangkan seperti liburan serta melakukan hobi bahka dengan bergaul. Berkomunikasi dengan tetangga, teman, atau keluarga agar hidup tidak hanya tentang dan kerja, namun ada warna lain yang dapat menyeimbangkan hidup salah satunya kehidupan sosial.

4. Tetap Menjalankan Protokol Kesehatan

Pandemi Covid-19 memanglah belum berakhir. Tetapi dengan datangnya vaksin Sinovac asal China, kita bisa berharap kita bisa pulih. Meski diharapkan akan ada vaksinasi Covid-19 gratis di tahun 2021, kenyataannya masih harus menunggu persetujuan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan fatwa halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). Dengan menunggu vaksin resmi mendapat izin dari BPOM dan MUI, keluarga harus tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan di manapun dan kapanpun yakni 3M, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak, dan Memakai Masker. Pesan Ibu 3M ini perlu terus dijalankan walaupun nantinya sudah disuntikkan vaksin. Ini adalah cara pencegahan paling dasar untuk menghindari penyebaran virus Covid-19 dan virus lainnya.

Yoga
Yoga

 

5. Menjaga Diri Dengan Menggunakan Asuransi Kesehatan

Sebuah kalimat “sedia payung sebelum hujan” dan “sedia asuransi kesehatan sebelum sakit menyerang” bukan sekadar peribahasa tetapi sangat penting dilakukan. Dengan memiliki asuransi kesehatan, mendapatkan manfaat perlindungan dari resiko penyakit termasuk Covid-19. Dikemudian hari tiba-tiba jatuh sakit atau terinfeksi corona, biaya pengobatan dan perawatan ditanggung perusahaan asuransi.

Beberapa keuntungan disaat berolahraga dan bergerak justru menjadikan beberapa cara terbaik agar dapat membuat level energy serta meningkat bukan hanya itu, berbagai riset juga menunjukkan bahwa olahraga dapat membantu meningkatkan dalam kinerja otak menjadikan individu yang lebih baik, aktif, dan produktif. Berolahraga membantu meningkatkan daya ingat, konsentrasi, kesehatan mental, kreativitas, memperlambat penurunan fungsi kognitif, dan memperlambat penuaan. Dengan berolahraga justru dapat meningkatkan kualitas hidup baik di rumah maupun di tempat kerja waktu dan biaya masih menjadikan beberapa tantangan bukan untuk mengkhawatirkan. Beberapa cara sederhana agar dapat bugar di sela kesibukan bekerja secara penuh.

Olahraga
Olahraga

6. Jangan Membolos

Karena beberapa jadwal kerja yang sangat padat dan tidak menentu menjadikan kita kesulitan untuk berkomitmen kepada jadwal latihan kebugaran di kelas, studio, maupun gym. Beberapa kali melewatkan kelas body combat atau latihan kardio yang berawal membuat semangat karena tiba-tiba atasan menjadwalkan latihan presentasi? Melewatkan 1-2 kali jadwal berolahraga adalah hal yang beresiko karena dapat semakin memudahkan kepada kita mencari alasan untuk membolos lagi pada kali lain. Beberapa kemungkingan saat ada teman yang berulang tahun, atau merasa agak tak enak badan. Jadi, kiat utama adalah jangan membolos dan menetapkan dengan jadwal berolahraga 3-4 kali seminggu, dan mentaati jadwal tersebut – meskipun mungkin waktunya berubah-ubah sesuai tuntutan kantor dan pekerjaan. Beberapa orang belum bisa berkomitmen untuk fitness di gym dan hanya berolahraga di rumah sepulang kantor. Ada banyak aplikasi maupun video kebugaran di YouTube yang bisa kita akses secara cuma-cuma lewat komputer maupun layar telepon genggam bisa memilih latihan yang sukai, dan bisa melakukannya kapanpun.

7. Melakukan Peregangan

Ada kalanya kita menghabiskan waktu seharian untuk maraton Netflix, hanya duduk di sofa sambil membuka sebungkus keripik kentang. Menggunakan waktu santai saat ini untuk melakukan latihan peregangan, dan menggunakan roller busa untuk melepaskan ketegangan pada otot yang kencang atau lakukan beberapa pose yoga untuk melemaskan otot bahu, punggung, dan leher. Peregangan sangat penting untuk meningkatkan fleksibilitas tubuh, tetapi seringkali justru terlewatkan dalam rutinitas berolahraga. Jadi mengapa tidak menggunakan waktu santai untuk melakukan peregangan sederhana? Peregangan juga akan membantu serta mengurangi kemungkinan cidera didalam berolahraga maupun beraktivitas sehari-hari.

Share:

Leave a Reply