Ulang Tahun, Kebahagiaan Bersama

Selamat Ulang Tahun
Selamat Ulang Tahun

Ulang tahun adalah hari kelahiran semua manusia, menandai hari dimulainya kehidupan diluar Rahim orang tua. Dalam beberapa budaya, ulang tahun dirayakan dengan mengadakan pesta, mengundang teman dan keluarga. Hadiah diberikan kepada yang berulang tahun pada hari itu. Dan yang berulang tahun diperlakukan secara istimewa bak pangeran maupun putri kerajaan.

Dalam budaya jaman Romawi Kuno, ulang tahun dirayakan dengan penuh antusias dan pesta yang hedonistic, serta hadiah yang berlimpah. Dalam agama Yahudi, perayaan ulang tahun menjadi perdebatan oleh para rabbi. Di dalam alkibat ibrani, satu-satunya isi yang memperingati hari kelahiran seseorang adalah ulang tahun Firaun Mesir yang ada pada Kejadian 40:20, Rabbi Moshe Feinstein adalah salah satu yang mengerti nilai positif dari perayaan ulang tahun. The Lubavitchet Rebbe memberitahu cara merayakan ulang tahun dengan berkumpul berasma kerabat, membuat resolusi positif, dan melalui berbagai kegiatan keagamaan. Menurut Rabbi Yissocher Frand, ulang tahun merupakan hari istimewa karena jika berdoa pada hari tersebut akan lebih mudah untuk dikabulkan.

Dalam agama Kristen pada abad-abad awal, Tertulis bahwa umat Kristiani tidak hanya harus menahan diri dan merayakan ulang tahun mereka, namun juga harus memandang dengan Jijik, menurut Origen melalui pendapatnya On Levites. Kristen ortodoks malah lebih suka perayaan hari nama saja.

Kekristenan Pertengahan abad, masyarakat merayakan hari santo mereka, tetapi para bangsawan merayakan ulang tahun kelahiran mereka.

Kekristenan Modern, Saksi Yehovah dan beberapa kelompok bernama Sacred Name, mengisolasir diri mereka dari perayaan ulang tahun. Mereka memandang bahwa merayakan ulang tahun akan memberikan cahaya Negatif dan berhubungan dengan sejarah semacam sihir dan takhayul dan Paganisme.

Menurut Agama Islam sendiri, beberapa ulama menganggap merayakan ulang tahun adalah perbuatan dosa. Karena dianggap suatu inovasi dalam beragama atau bidah, sementara ulama-ulama yang lainnya mengatakan bahwa merayakan ulang tahun itu boleh-boleh saja.

Selamat Ulang Tahun
Selamat Ulang Tahun

Sebagian umat muslim dan orang-orang Kristen arab yang bermigrasi ke Amerika Serikat, mengadopsi kebiasaan merayakan ulang tahun, terutama bagi anak2, walaupun sebagian tetap ada yang menentang.

Dalam Ajaran Hindu, hari kelahiran dirayakan setiap tahun ketika hari tersebut sesuai dengan bulan lunar atau bulan matahari, terjadi kelahiran dan memiliki asterisme yang sama seperti tanggal lahir, usianya terhitung setiap kali Janma Nakshatra dari bulan yang sama berlalu.

Dalam Ajaran Buddha, berbagai biara merayakan ulang tahun kelahiran Buddha, biasanya dalam bentuk ritual yang amat Formal.

Dalam ajaran Sikh, Umat beragama Sikh merayakan hari kelahiran Guru Nanak.

Di Korea Utara, masyarakat dilarang merayakan ulang tahun pada tanggal 8 Juli dan 17 Desember. Karena bertepatan dengan tanggal wafat pemimpin Negara tersebut. Masing-masing Kim Il-Sung dan Kim Jong-Il, lebih dari 100.000 warga memindahkan tanggal ulang tahunnya menjadi 7 atau 9 Juli dan 16 atau 18 desember. Namun hanya seseorang yang lahir pada tanggal 8 juli sebelum 1994 yang dapat mengubah hari ulang tahunnya secara resmi.

Ketika seseorang berulang tahun, maka akan ada nyanyian Happy Birthday to You / Selamat Ulang Tahun, prosesi semakin meriah ketika kue dan lilin yang menyala dibawa kehadapan yang berulang tahun untuk ditiup. Perayaan seperti itu sudah ada sejak puluhan tahun lalu, namun jarang yang mengetahui sejarah dibalik perayaan tersebut.

Menurut bukti sejarah, Jaman Romawi Kuno yang diklaim pertama kali merayakan ulang tahun dengan kue manis mirip roti, berserat dan berlapis kacang ditambah madu. Di sisi lain, sejarawan mengatakan yunani kuno yang membuat kebiasaan untuk menggunakan kue ulang tahun, dan ada juga yang mengatakan kebiasaan tersebut berasal dari Jerman pada abad pertengahan.

Saat itu di Jerman, dibuat kue yang mirip bayi Yesus sebagai perayaan, dan kualitas kue ditingkatkan sejak awal abad ke 15 hingga sekarang. Untuk kue perayaan anak-anak, mereka menamainya Kinderfest dan kue tersebut mirip dengan kue milik orang Romawi. Seiring berjalanannya waktu, kue tersebut berkembang menjadi lebih manis dan disebut Geburstagtorten.

Kue Ulang Tahun
Kue Ulang Tahun

Adapun Lilin sebagai mahkota berkilau diatas kue, yang mempunyai sejarahnya sendiri. Salah satunya dari Yunani Kuno, saat sang Dewi Artemis pertama kali disambut dengan kue dan lilin sebagai simbol cahaya Bulan yang identik dengannya. Mereka yakin asap dari lilin akan menghantarkan doa kepada tuhan mereka. Hal inilah yang dikenal dengan permintaan sebelum meniup lilin hingga sekarang.

Dan mengenai lagu happy birthday, berasal dari lagu Good Morning to You yang ditulis oleh dua guru Patty Hill dan Mildred J di tahun 1893, lagu itu digunakan untuk menyambut siswa sebelum masuk kelas. Lagu tersebut popular di Amerika hingga pada 1924, Roberth H Coleman mengaransemen lagi dengan bait alternative, sehingga versi Coleman itu lebih popular dan muncul di beberapa film dan musical Broadway.

Ulang tahun identik untuk dirayakan dengan keluarga, teman, sahabat, hingga pasangan masing-masing, dan banyak yang bilang bahwa wanita itu adalah sosok misterius dan sulit untuk dipahami, hadiah yang diberikan haruslah yang betul2 diinginkan, dan kebanyakan wanita hanya memberikan petunjuk tentang apa yang diinginkannya, tidak secara jelas. Misalnya anda sedang berjalan-jalan dengan pasangan anda dan melewati pusat perbelanjaan dan dia melihat ada tas yang dia inginkan, maka biasanya dia akan menyakan pendapatmu terhadap tas tersebut, kamu bisa menjadikannya petunjuk bahwa dia sedang menginginkan tas itu.

Namun ingat, jangan memaksakan dirimu untuk memberikan hadiah mahal, karena yang diinginkan oleh pasanganmu adalah usahamu untuk membahagiakannya, meskipun hal tersebut sederhana.

 

Contoh Hadiah Ulang Tahun

Kue Ulang Tahun
Kue Ulang Tahun

Beberapa hadiah yang bisa menjadi referensi untuk diberikan kepada pasanganmu tergantung usia dan sikap sifat perlaku mereka adalah:

1. Boneka

Merupakan rahasia umum bahwa para wanita menyukai boneka, terutama di umur remaja hingga menuju dewasa, namun cukup banyak juga yang sudah diusia dewasa masih menyukai boneka, bentuknya yang lucu dan texture yang halus dan lembut membuat wanita suka memeluk dan memegang boneka, sehingga hadiah boneka bisa menjadi pilihan alternatif. Namun karena banyaknya ragam dari boneka tersebut, anda juga harus memperhatikan boneka apa yang disukai oleh pasanganmu, boneka bulu berbentuk binatang, karakter kartun amerika ataupun jepang.

2. Perhiasan

Benda berkilau inipun juga bisa menjadi hadiah ulang tahun yang tepat untuk pasanganmu, karena wanita senang dengan yang namanya perhiasan, namun biasanya hadiah seperti ini diberikan kepada orang yang betul-betul special dalam hidupmu, dan kamu sudah yakin dengan pilihanmu.

Soal mencari kalung yang cocok memang perlu sedikit usaha, anda bisa memberikan kalung dengan buah kalung inisial nama pasangan anda, atau bentuk sederhana seperti hati, atau yang berbentuk umum.

3. Bunga dan Cokelat

Benda ini juga bisa dijadikan sebagai alternatif hadiah untuk diberikan kepada pasangan anda, biasa digunakan oleh anak-anak remaja untuk menyatakan perasaan mereka kepada lawan jenis. Biasa digunakan pada hari valentine untuk diberikan kepada pasanganmu, bunga dan cokelat tidak memiliki momen special tersendiri untuk diberikan, anda dapat memberikan cokelat setiap hari kepada pasangan anda.

Hari Ulang tahun merupakan hari yang ditunggu hampir semua orang, jadikan tersebut hari yang spesial bagi kita semua. Wish you a Happy Birthday !!

Leave a Reply