Kue Lapis
Kue Lapis

Jajanan kue basah jadi salah satu jenis kuliner yang digandrungi masyarakat Indonesia. Bahkan ketika bulan suci Ramadhan tiba, eksistensi kue basah hampir selalu naik daun. Jelang waktu buka puasa, banyak pedagang pinggir jalan menjajakan beraneka ragam jajanan kue yang bentuknya sungguh menggugah selera.

Mungkin beberapa dari kamu ada yang penasaran, bagaimana caranya membuat makanan kue basah? Maklum, kalau nafsu makan kue basah terus-menerus disalurkan dengan jajan, pasti akan menimbulkan keborosan. Kamu akhirnya berpikir untuk memasak kue basah sendiri agar lebih menghemat pengeluaran.

Bagi kamu yang kebingungan dan butuh informasi lengkap soal resep memasak kue basah, tenang saja, kami siap menyajikannya. Kami bakal merangkum sejumlah resep masakan kue basah yang kami rasa sangat mudah untuk kamu coba di dapurmu. Penasaran? Ayo silahkan simak ulasan kami berikut!

  1. Kue Pukis

Reputasi kue pukis sebagai jajanan kue basah populer tak perlu diragukan lagi. Semua masyarakat Indonesia pasti tahu betapa nikmatnya cita rasa kue pukis. Kunci kenikmatan kue pukis terletak pada toppingnya yang bisa dibuat beragam, ada topping meses coklat, keju, kacang, dan lain sebagainya.

Bagi kamu yang ingin coba memasak sendiri kue pukis, kami punya rekomendasi resepnya. Hal pertama yang perlu kamu siapkan tentulah bahan-bahan dasar pembuatannya. Berikut bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat kue pukis:

– Tepung terigu seberat 200 gram

– Telur ayam sebanyak 3 butir

– Kuning telur sebanyak 2 buah

– Air santan sebanyak 300 mili

– Air hangat sebanyak 70 mili

– Ragi kue sebanyak 1 sendok makan

– Garam sebanyak 1 sendok makan

– Gula pasir seberat 150 gram

– Keju seberat 130 gram

– Meses coklat sebanyak 130 gram

Setelah mengetahui bahan-bahannya, ayo kita bedah cara memasaknya. Berikut tahap-tahap proses memasak kue pukis:

– Ambil keju 130 gram yang telah kamu siapkan untuk diparut. Hasil parutan keju kamu masukan ke air hangat, kemudian tambahkan ragi kue. Aduk adonan tersebut sampai larut sempurna.

– Air santan sebanyak 300 mili kamu panaskan sampai mendidih. Sembari proses memanaskan santan, aduk terus supaya tidak menimbulkan gumpalan. Begitu air santansudah mendidih, angkat air santan dan diamkan sampai suhunya turun menjadi hangat.

– Campur adonan pertama yang telah kamu buat dengan air santan hangat. Aduklah campuran kedua bahan tersebut sampai benar-benar merata. Saat sudah dirasa cukup merata, kamu diamkan adonan sekitar 15 menit saja.

– Sembari menunggu 15 menit, kamu bisa siapkan cetakan kue pukis ke atas kompor kamu. Panaskan cetakan kue dengan kompor berapi kecil. Kami tidak menyarankan penggunaan api besar karena nantinya adonan akan mudah gosong.

– Ketika memanaskan cetakan kue, jangan lupa oleskan margarin pada seluruh permukaannya. Setelah dirasa cukup panas atau kira-kira 15 menit lamanya, kamu dapat menuangkan adonan secara merata ke cetakan kue. Pastikan agar setiap lubang cetakan kue dimasuki adonan sampai terisi penuh.

– Tutup cetakan kue yang sudah terisi adonan dengan menggunakan tutup panci atau alat sejenis. Proses menutupnya ini sebentar saja, kira-kira cukup 5 menit. Selanjutnya, buka tutup cetakan kemudian taburkan meses coklat dan keju ke atas adonan.

– Begitu topping sudah kalian taburkan, tutup lagi adonannya. Kamu cek terus tingkat kematangan kue pukis sampai sesuai selera kamu, ada yang matang garing atau matang lembek. Kalau dirasa cukup matang, silahkan angkat kue pukisnya dan sajikan kepada orang tersayang untuk dinikmati bersama.

  1. Dadar Gulung

Kelezatan dadar gulung memang begitu menggugah selera makan. Kelembutan kulit lapisan luarnya yang dipadukan dengan cita rasa nikmat pada bagian isian, membuat dadar gulung selalu mampu memanjakan lidah. Kamu yang mau memasak dadar gulung sendiri, silahkan simak resep rekomendasi kami berikut ini.

Bahan-bahan yang perlu kamu persiapkan sebelum memasak dadar gulung terpisah jadi dua bagian. Bahan-bahan bagian pertama untuk memasak lapisan isinya, dan bahan-bahan kedua untuk memasak lapisan kulitnya. Berikut rangkuman bahan-bahan memasak dadar gulung:

Bahan memasak isian dadar gulung:

– Kuning telur sebanyak 2 buah

– Susu cair sebanyak 250 mili

– Gula pasir seberat 50 gram

– Munjung daging durian sebanyak 2 sendok makan

– Garam sebanyak 1/2 sendok makan

– Tepung custard sebanyak 1 sendok makan

– Tepung maizena sebanyak 1 1/2 sendok makan

– Vanilla paste sebanyak 1/2 sendok makan

Bahan memasak lapisan kulit dadar gulung:

– Telur sebanyak 1 butir

– Susu cair sebanyak 450 mili

– Minyak sayur sebanyak 1 sendok makan

– Tepung terigu seberat 200 gram

– Tepung kanji sebanyak 1 sendok makan

– Coklat bubuk seberat 10 gram

– Garam sebanyak 1/2 sendok makan

Proses memasak dadar gulung:

– Bahan-bahan masakan sudah kamu persiapkan semuanya, saatnya memasak. Kamu mulai dengan mengolah isiannya terlebih dahulu. Semua bahan-bahan untuk membuat isian kamu campurkan semuanya ke sebuah wadah, kamu aduk sampai merata. Jika sudah merata sempurna, adonan yang terbentuk kamu panaskan menggunakan panci sambil diaduk-aduk. Pastikan kamu memakai api berukuran sedang. Ketika adonan sudah meletup-letup, kamu matikan kompor dan sisihkan.

– Tahap selanjutnya silahkan kamu mulai sentuh semua bahan untuk lapisan kulit. Seperti bagian isian tadi, semua bahan pembuatan lapisan kulit kamu campurkan semuanya, kamu aduk sampai merata. Setelah itu, saring bahan-bahan agar tidak ada kandungan air.

– Memasuki tahap ketiga, panaskanlah wajan di atas kompor. Jangan lupa olesi wajan terlebih dahulu dengan margarin atau mentega. Setelah wajan cukup panas, silahkan tuang bahan adonan lapisan kulit sebanyak 3 sendok makan. Saat menuangkan adonan, kamu wajib memutar-mutar wajan kamu agar adonannya menghasilkan bentuk lingkaran. Begitu bentuk lingkaran yang dimaksud sudah tercipta, letakan lagi wajan ke atas kompor dan masak hingga matang menggunakan api kecil. Lakukan teknik serupa sampai semua adonan lapisan kulit yang sudah kamu buat habis.

– Tahap keempat sekaligus tahap terakhir, kamu letakan semua lapisan kulit yang berbentuk lingkaran di atas piring. Tuangkan adonan lapisan isian ke bagian tengah permukaan lapisan kulit tadi. Selanjutnya kamu lipat lapisan kulit. Cara melipatnya kurang lebih mirip seperti teknik melipat amplop. Kalau sudah, lakukan hal serupa sampai semua bahan lapisan kulit dan lapisan isi habis. Kue dadar gulung pun siap kamu sajikan.

  1. Bolu Gulung

Jajan bolu gulung di pinggir jalan dan menikmatinya pada sore hari selepas pulang kerja memang sungguh nikmat. Tapi mungkin beberapa dari kamu juga ingin melakukannya saat akhir pekan tiba. Menyantap bolu gulung akhir pekan bisa kamu laksanakan tanpa harus jajan, alias kamu memasak makanannya sendiri.

Cara masak bolu gulung sejatinya cukup mudah. Kami bakal jabarkan rekomendasi resep dan proses memasaknya satu per satu. Silahkan kamu simak!

Bahan-bahan yang perlu dipersiapkan:

– Butter leleh seberat 125 gram

– Vanilla essence sebanyak 1 sendok teh

– Susu bubuk seberat 10 gram

– Tepung maizena seberat 10 gram

– Tepung terigu (kalau bisa yang protein rendah) seberat 70 gram

– Cake emulsifier sebanyak 3/4 sendok makan

– Gula pasir halus seberat 90 gram

– Telur sebanyak 6 butir

– Selai strawberi secukupnya, sesuai selera

Proses memasaknya:

– Kamu panaskan oven sampai suhunya menyentuh angka 190 derajat celcius. Sembari menunggu oven benar-benar panas, kamu bisa siapkan sebuah loyang berukuran sedang yang bagian dasarnya sudah kamu olesi margarin serta baking paper. 

– Kamu juga harus mengaduk tepung terigu, tepung maizena, yang dicampurkan dengan susu bubuk. Selanjutnya campurkan bahan-bahan lainnya, kecuaali butter leleh. Aduk kesemua bahan menggunakan mixer berkecepatan tinggi. Pastikan hasil adukan tercipta sampai kental mengembang.

– Barulah sekarang kamu masukan butter leleh ke adonan yang sudah mengembang. Kamu aduk lagi menggunakan spatula yang kamu pegang. Jika sudah merata, silahkan tuang adonan ke atas loyang. Buatlah agar ukuran permukaan seluruh adonan di atas loyang sejajar, tidak ada yang lebih tinggi maupun lebih rendah.

– Adonan di atas loyang silahkan kamu panggang menggunakan oven. Durasi pemanggangannya kira-kira cukup 20 menit saja. Bila sudah 20 menit, keluarkan loyang dari oven dan oleskan hasil panggangan dengan selai kemudian gulung sembari dipadatkan. Kue bolu gulung pun siap untuk kamu santap.

 

Share:

Leave a Reply