Wine Bottles
Wine Bottles

Wine atau yang biasa disebut anggur oleh orang Indonesia merupakan minuman yang terbuat dari fermentasi buah anggur sehingga didalamnya mengandung alkohol. Wine biasanya dihidangkan pada acara besar tertentu.

Acara yang menghidangkan wine

1. Bridal shower

Party
Party

Bridal shower atau pesta kecil yang dirayakan gadis-gadis ketika salah satu diantara mereka akan melepas masa lajang yakni menikah. Biasanya pesta ini akan dibuat beberapa hari menjelang hari pernikahan. Para gadis akan berdandan dengan cantik dan menghabiskan malam bersama. Untuk menemani malam panjang di mana salah satu diantara mereka akan memulai hidup baru, baiknya hal ini dirayakan dengan minum wine. Tentunya pesta ini bukan pesta besar, namun penuh keintiman dalam persahabatan, maka wine adalah minuman yang cocok untuk acara ini. Rose wine atau red wine akan sangat serasi dengan acara ini.

2. Pesta pernikahan malam

Pesta pernikahan yang diadakan malam hari akan sangat cocok jika menghidangkan wine sebagai minuman. White wine akan sangat elegan untuk pesta pernikahan. Selain itu salah satu wine yang cocok untuk acara pesta pernikahan adalah sampanye. Pada saat memutuskan untuk menghidangkan wine pada pesta pernikahan, pastikan tamu yang datang bukan berusia dibawah 21 tahun.

3. Me time

Me time sebenarnya bukan termasuk acara besar. Me time atau waktu yang biasa kita gunakan untuk menyendiri dengan melakukan hal-hal yang disukai. Jika jadwal me time telah datang dan anda belum benar-benar tahu apa yang akan dilakukan dan kemana akan pergi, anda dapat bersantai di rumah atau di kamar. Segala macam jenis wine akan cocok untuk menemai me time sebab anda hanya akan memilih wine yang dapat membahagiakan hati. Tidak hanya meminum wine, acara me time juga cocok sembari menonton film atau serial favorit. Membaca buku baru atau buku yang belum sempat terselesaikan juga dapat membantu mengisi me time yang berkualitas.

4. Anniversary

Anniversary yang direncakan untuk dirayakan hanya berdua saja dengan pasangan akan sangat cocok ditemani 1 – 2 botol wine. Pilihan wine dapat disesuaikan dengan kesenangan kedua pihak. Bermalam di hotel untuk menghabiskan waktu berdua dengan ditemani nikmatnya wine akan menambah kesan pada acara anniversary.

5. Valentine

Romantic Dinner
Romantic Dinner


Perayaan valentine akan berkesan manis dan sayang untuk dilewatkan. Menghabiskan waktu dengan yang tercinta pada hari valentine, akan sangat bahagia bagi pasangan muda-mudi. Sama dengan perayaan
anniversary jenis wine dapat disesuikan dengan selera masing-masing.

 

Ketentuan sebelum memutuskan mengkonsumsi wine

Mengkonsumsi minuman alkohol diperbolehkan dengan syarat menjadi peminum yang bijak. Seperti apa peminum yang bijak, berikut ciri-cirinya:

1. Berusia di atas 21 tahun

Minum wine atau minuman beralkohol lainnya diperbolehkan bagi orang yang berusia di atas 21 tahun. Usia ini dianggap matang dan mampu mempertanggungjawabkan pilihannya. Pilihan untuk mengkonsumsi minuman beralkohol sama dengan memutuskan kesiapan bertanggung jawab atas kejadian atau perbuatan baik saat minum dengan porsi bijak atau berlebihan (mabuk). Selain itu

2. Mengetahui waktu berhenti

Sangat penting mengetahui limit diri sendiri dalam mengkonsumsi alkohol. Limit yang telah diketahui dapat membuat diri kita membatasi minuman beralkohol yang kita konsumsi. Fungsinya agar saat mengkonsumsi alkohol kita tidak sampai mabuk sehingga tetap dapat melakukan aktifitas lain setelahnya.

Selain mengetahui limit diri sendiri, hal yang penting untuk diketahui adalah takaran wine yang sesuai dan pas. Biasanya wine memiliki kadar alkohol diatas 12% maka batas sehat meminum wine adalah 50 ml.

3. Keadaan yang sehat

Ketika memutuskan untuk bersenang-senang dengan meminum wine, pastikan keadaan tubuh sedang sehat jasmani dan rohani. Sebaiknya makan sebelum minum wine. Hati yang ada di dalam tubuh manusia akan kesulitan memproses alkohol jika kita minum dalam keadaan belum makan. Hal inilah yang dapat memicu penyakit pada hati.

Selain itu bagi ibu hamil, pasangan program hamil, dan yang sedang menjalani atau mengkonsumsi obat tertentu sebaiknya tidak meminum alkohol. Sebab hal-hal yang sedang dijalani akan sia-sia jika bersamaan dengan mengkonsumsi alkohol. Selain sia-sia, risiko lain juga dapat terjadi, hal ini tentunya dapat membahayakan kesehatan jasmani seseorang. Maka jika sedang menjalani program hamil, mengkonsumsi obat-obatan, dan sedang hamil sebaiknya jangan minum minuman beralkohol.

4. Tidak akan membawa kendaraan

Jika anda akan mengendari kendaraan sebaiknya jangan minum alkohol sebelumnya. Hal ini adalah hal yang harus diterapkan sebagai prinsip bagi setiap orang yang akan memutuskan untuk meminum alkohol. Di lansir dari CNN Indonesia, pada periode 2019/2020, terdapat 888 kasus kecelakaan akibat mabuk. Dari 888 kasus kecelakaan ini terdapat ratusan orang menjadi korban baik luka maupun meninggal.

Sadari secepatnya keadaan di mana kita sudah tidak bisa mengendarai kendaraan. Mintalah orang terpercaya untuk menjemput atau mengantar pulang, yang mana orang tersebut harus dalam keadaan sehat dan tidak dalam pengaruh alkohol.

5. Tidak menerima minuman dari orang lain

Jangan pernah menerima minuman yang diberikan orang lain. Jika kita memutuskan untuk minum di luar, pastikan minuman yang kita minum adalah minuman yang kita pesan dan bayar sendiri. Segera tolak jika ada orang menawarkan minuman. Jika akan pergi minum bersama-sama, pastikan kita melihat sendiri saat minuman tersebut dituangkan ke gelas kita. Beberapa kejahatan dapat terjadi akibat minuman yang bukan kita miliki sebab telah dicampur benda atau obat yang bukan milik kita. Saat minum dalam keadaan ramai, mengawasi gelas masing-masing adalah hal yang penting. Selalu pegang pucuk gelas kita akan menengok ke samping, ke belakang, atau ke manapun saat gelas yang digunakan tidak terjangkau pandangan mata sendiri. Hal ini dapat mengantisipasi orang jahat yang akan mencampurkan minuman dengan hal-hal di luar keputusan meminun alkohol.

 

Manfaat minum wine

White Wine
White Wine

Wine dapat menjaga berat badan sebab alkohol yang terdapat di dalam wine dapat membantu membakar lemak yang ada dalam tubuh. Biasanya orang yang mengkonsumsi wine akan memiliki pinggang dan perut yang lebih kecil. Wine dapat melindungi dan meningkatkan kekebalan tubuh. Kuman yang disebabkan oleh salmonella yang biasanya terdapat dalam makanan biasanya akan mati ketika kita minum wine. Wine dapat membantu membentuk hormon esterogen pada wanita yang mana hormon tersebut berguna untuk pembentukan tulang sehingga tulang yang dimiliki menjadi lebih baik. Meminum wine dalam porsi bijak dapat menguatkan memori yang ada pada otak. Sehingga daya ingat yang dimiliki akan bertahan lebih lama. Selain itu, sel saraf dalam otak dapat dilindungi oleh enzim yang meningkat saat mengkonsumsi wine sehingga risiko stroke dapat dihindari. Semua manfaat ini tentunya hanya bisa didapatkan dengan mengkonsumsi wine dalam porsi yang bijak.

Share:

Leave a Reply