Bunga Mawar Bunga Cinta
Bunga Mawar Bunga Cinta

Bagi sebagian orang mengungkapkan perasaan lewat rangkaian kata bukanlah sesuatu hal yang mudah. Perasaan takut akan ditolak membuat seseorang berfikir ratusan bahkan ribuan kali sebelum menyampaikan maksudnya. Eitss jangan khawatir, jika Kamu termasuk sebagian orang tersebut, Kamu juga bisa menggunakan buket bunga mawar sebagai hadiah untuk menyampaikan pesan. Namun, jangan sampai salah memilih, untuk itu agar lebih mengetahui makna dan pesan yang dimiliki beragam jenis mawar, Kamu bisa membacanya lebih lanjut dalam artikel di bawah ini. 

Sebelum memahami maknanya, terlebih dahulu Kita berkenalan dengan bunga mawar itu sendiri. Mawar atau secara ilmiah dikenal dengan nama Rose termasuk kedalam jenis tanaman semak yang berduri. Terdapat kurang lebih sekitar seratus jenis bunga mawar yang tumbuh liar di bumi ini. Sebagian besar bunga jenis ini hidup dengan baik di belahan bumi utara yang memiliki suhu udara sejuk. Bunga ini termasuk bunga yang populer

Ciri-Ciri Bunga Mawar 

Ciri Bunga Mawar
Ciri Bunga Mawar

Setiap tanaman bisa dibedakan dengan mudah melalui ciri-ciri fisik yang terlihat padanya. Kamu bisa mengenali bunga satu ini dengan gampang hanya dengan melihat atau mencium aromanya. Mawar sering dikenali sebagai tumbuhan berduri, hal ini terlihat dari banyaknya duri yang melekat pada tubuhnya. 

Ciri lain yang bisa langsung terlihat adalah bentuk daunnya yang panjang dengan ukuran 5 sampai 15 cm. Pada setiap tangkai bunga mawar mempunyai sekitar 3 sampai 13 anak daun. Daun bewarna hijau ini memiliki bentuk lonjong dengan tulang daun menyirip, pada bagian tepinya beringgit dan meruncing pada bagian ujungnya. 

Sering ditemui di daerah tropis, namun faktanya, tanaman hias satu ini bukanlah termasuk kedalam jenis tumbuhan tropis. Hanya sebagain kecil spesies bunga mawar yang bisa hidup sepanjang tahun dan tetap mempertahankan daun hijauhnya di daerah Asia Tenggara. Sebagian besar lainnya akan menggugurkan sebagian atau keseluruhan daunnya. 

 Bagian yang paling menarik perhatian dari tumbuhan ini adalah bunganya. Mawar mempunyai beragam warna yang mempercantik tampilannya. Bunganya memiliki sekitar 5 helai daun mahkota. Tampilan terbaik dari bunga ini adalah ketika bermekaran. Beberapa jenis warna mawar adalah merah muda, putih, biru, dan kuning.  

Sebagai salah satu jenis tumbuhan semak yang berduri, batang rose ditutupi oleh duri yang terlihat seperti pengait. Duri pada tubuhnya merupakan salah satu bentuk pertahanan dirinya, terutama mengurangi kerusakan ketika mawar dimakan oleh binatang. 

Arti Bunga Mawar

Arti Bunga Mawar
Arti Bunga Mawar

Selain karena tampilan dan aromanya, rose menjadi salah satu bunga favorit karena mampu menyampaikan beragam pesan, mulai dari pesan romantis sampai pesan perpisahan. Kamu bisa menggunakan rose sebagai perantara dalam beragam jenis hubungan. Mulai dari hubungan pertemanan, kekeluargaan, kekasih bahkan sampai ke permusuhan. So, Kamu harus hati-hati memilih mawar, agar tidak terjadi kesalahan dalam penyampaian pesan. 

Pesan dan makna bunga mawar yang disampaikan mawar tergantung pada warna bunganya. Beberapa pesan yang tersampaikan lewat setangkai bunga adalah sebagai berikut:

  • Merah 
Bunga Mawar Merah
Bunga Mawar Merah

Bunga rose dengan warna merah menjadi simbol kekaguman dan cinta. Tidak heran, banyak pasangan yang memilih mawar merah sebagai hadiah dalam memen penting hubungan mereka. 

  • Lavender 

Sangat sulit menemukan bunga mawar dengan warna lavender di pasaran. Jika Kamu menerima buket bunga anggrek jenis ini menandakan Kamu adalah orang yang special bagi si pengirim, dan Ia memendam cinta yang spesial. Hal ini dimaknai dari usahanya menemukan rose yang bewarna lavender. Selain itu lavender juga memberikan pesan keagungan, pesona dan kemegahan. 

  • Kuning
Bunga Mawar Kuning
Bunga Mawar Kuning

Selain warnanya, untuk kasus mawar kuning jumlah bunga yang diberikan juga mempengaruhi maknanya. Jika Kamu menerima satu buket rose kuning ini menandakan bahwa Kamu dan orang yang memberinya hanya berada dalam satu hubungan persahabatan. Karena buket ini menyampaikan jika Kamu adalah teman yang baik, isyarat ini diambil dari warna cerah tanaman ini. 

Namun, mawar kuning tidak disarankan untuk diberikan dalam suatu hubungan romantis. Sebagian orang mempercayai bahwa warna ini mengisyaratkan jika terjadi kecemburuan atau perselingkuhan dalam hubungan. Jadi, hati-hati ya sebelum membeli buket bunga mawar. 

  • Oranye
Bunga Mawar Orange
Bunga Mawar Oranye

Warna yang tidak lazim jika Kita kaitkan dengan tanaman rose. Oranye menggambarkan perasaan yang bergejolak atau gairah, juga menjadi lambang antusiasme dan keinginan. Buket Mawar Oranye menjadi warna yang terletak antara warna kuning dan warna merah, jadi diisyaratkan jika memberikan bunga ini menandakan ada persaan cinta yang tumbuh dalam sebuah hubungan persahabatan. 

  • Hijau 

Hijau melambangkan sebuah harapan. Rangkaian mawar warna hijau bisa diberikan dalam beragam momen untuk mendoakan dan harapan kebaikan. Kamu bisa memberikan dalam pesta ulang tahun, sebagai bentuk harapan kebahagiaan dan kehidupan lebih baik bagi teman yang berulang tahun. Kamu juga bisa menjadikannya buah tangan ketika mengunjungi pembukaan usaha baru, yang menandakan Kamu mengharapkan keberhasilan atas usaha tersebut. 

  • Pink

Warna merah mudah atau pink sangat identic dengan cinta dan kasih sayang. Hal ini juga yang tersampaikan lewat setangkai atau satu buket mawar pink. Warna ini mengirimkan pesan kebahagiaan, cinta yang manis dan romantisme yang dibalut dengan kelembutan. Jadi sangat tepat untuk memberikan buket ini kepada pasangan yang Kamu cintai. 

  • Putih 

Warna putih menjadi simbol kemurnian, keagungan, kesucian dan juga ketulutan perasaan cinta yang dirasakan. Menerima hadiah mawar putih mengisyaratkan jika pasangan Kamu memiliki perasaan cinta yang suci dan juga sejati untuk Kamu. Tidak mengherankan jika buket bunga ini sering Kita temui dalam acara lamaran dan juga pernikahan. Selain itu, Kamu juga bisa memberikannya sebagai bentuk ungkapan permintaan maaf dan ucapan terimakasih karena menyampaikan pesan ketulusan hati yang mendalam. 

  • Hitam
Fakta Bunga Mawar Hitam
Fakta Bunga Mawar Hitam

Rose hitam mungkin akan sulit atau bahkan tidak akan pernah Kamu temui keberadaannya. Hal ini dikarenakan, mawar jenis ini sulit ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Tidak ada jenis mawar yang bewarna benar-benar hitam, yang bisa ditemui secara alami adalah rose bewarna ungu tua. Seperti keberadaannya, jenis bunga ini juga menjadi simbol misteri, mistis dan tidak jarang dikaitkan dengan kematian dan perasaan duka. 

Jenis Bunga Mawar 

Selain mempunyai beragam warna, bunga satu ini juga terdiri dari beragam spesies yang tumbuh dengan baik di alam. Beberapa jenis bunga mawar yang bisa Kamu temui adalah:

  • Wild Rose 

Adalah jenis tumbuhan liar dengan tampilan yang sederhana dan sudah dikenal sejak zaman dahulu. 

  • Old Golden 

Merupakan jenis tumbuhan hasil persilangan dengan visual ang uni dan berbau harum. Beberapa jenis old golden yaitu:

Alba atau rose putih yang merupakan hasil persilangan Rosa Arvensis dan Rosa Alba. Termasuk kedalam jenis tanaman mawar yang paling tua. Tumbuhan ini hanya bisa berbunga sekali dalam setahun. 

Centifolia atau dikenal dengan nama lain provence yang memiliki arti seribu daun mahkota, tanaman ini juga berbunga dalam setahun sekali. 

  • Climbing Rose

Selain bisa hidup di atas permukaan tanah, bunga mawar juga bisa hidup dengan cara merambat pada bangunan kanopi atau pagar. Contohnya adalah Noisette, Climbing Bourbon dan Ayrshire. 

Sebelum memberikan buket bunga, Kamu harus benar-benar mengetahui pesan yang disampaikannya, agar tidak terjadi kesalahpahaman, yang akan memberikan efek buruk bagi hubungan yang sudah terjalin. Dan jika kamu sedang atau mempunyai keinginan untuk merawat bunga mawar. Jangan lupa untuk terus merawatnya dengan baik ya

Beli Bunga Hanya di Flower Advisor, Toko Bunga Terpercaya di Indonesia 

Share:

Leave a Reply