Manfaat Pohon Pisang
Manfaat Pohon Pisang

Pohon pisang termasuk kedalam jenis tumbuhan terna. Tanaman ini termasuk kedalam divisi tracheophyta, dengan ordo zingiberales, dan family Musaceae dan genus musa. Tannaman ini terkenal dengan daunnya yang berukuran lebar dan besar dengan bentuk memanjang. Tumbuhan ini menghasillkan buah dengan warna kuning yang khas. Buah ini tumbuh dengan cara tersusun dalam tandan dengan cara berkelompok dan tersusun menjari yang dikenal dengan sisir. Buah yang dihasilkan tanaman ini termasuk kedalam salah satu sumber energi atau karbohidrat dan mineral, terutama kalium. 

Pengertian dan Tentang Pohon Pisang

Pengertian Pohon Pisang
Pengertian Pohon Pisang

Pohon Pisang termasuk kedalam salah satu jenis tumbuhan yang hidup di iklim tropis dan lembap. Tumbuhan ini bisa hidup dengan baik pada daerah yang memiliki curah hujan merata sepanjang tahun, dengan kondisi iklim tersebut produksi pisang akan berlangsung sepanjang tahun, tanpa mengenal musim. Indonesia dianugrahi dengan curah hujan yang cukup untuk perkembangan tanaman pisang di sepanjang tahunnya. Hal ini menjadikan Indonesia menjadi salah satu eksportir pisang di dunia. Selain Indonesia, tanaman ini juga bisa hidup dengan baik di wilayah Kepulauan Pasifik, dan negara-negara Amerika Tengah serta Brazil. Sedangkan, negara-negara yang dikenal sebagai importir pisang di dunia adalah negara-negara Afrika dan Amerika Latin, karena tingkat konsumsi pisangnya sangat tinggi setiap tahunnya. 

Baca Juga : 10 Buah Yang Mengandung Vitamin C Terbaru

Wilayah yang terkenal dengan keberagaman pohon pisang adalah daerah Malesia yaitu Asia Tenggara, Papua dan Australia tropika. Sedangkan negara yang dikenal dengan keragaman minor berada di wilayah Afrika tropis. Musa acuminata merupakan jenis pisang yang banyak dibudidayakan di wilayah Indonesia. 

Masyarakat yang membudidayakan tumbuhan pohon pisang secara tradisional tidak melakukannya secara intensif. Hanya sebagaian kecil pembudidayaan pisang dilakukan secara intensif dan meluas pada perkebunan monokultur. Sebagian besar tumbuhan pisang dibudidayakan pada lahan yang sempit seperti di pekarangan, perkebunan dengan luas yang kecil, menjadi tanaman pagar di perkebunan serta tidak jarang ditemukan di daerah tepian sungai. 

Baca Juga : Boneka Ikonik Paling Lucu di 2021

Kandungan dan Kegunaan Pohon pisang

Kandungan dan Kegunaan Pohon Pisang
Kandungan dan Kegunaan Pohon Pisang

Pisang terkenal dengan kandungan gizinya. Pada satu buah pisang mentah tidak termasuk dengan kulit pisang mempunyai kandungan 75% ar, 23% karbohidrat, 1% protein serta mengandung sedikit lemat yang dapat diabaikan. Pada 100 gram pisang terdiri dari 89 kalori. Dalam satu buah pingan mengandung 31% dari nilai harian asupan harian vitamin B6 yang direkomendasikan. Buah pisang juga mengandung vitamin C dalam jumlah sedang, mangan dan juga serat makanan, serta mikronutrien dalam jumlah yang tidak signifikan. Tidak mengherankan jika pisang menjadi salah satu buah yang kaya akan kandungan baik. 

Buah pisang bisa dinikmati dengan cara dikonsumsi langsung atau diolah terlebih dahulu. Pisang susu, pisang ambon, pisang seribu, pisang raja dan pisang sunripe termasuk kedalam jenis pisang yang bisa Kamu nikmati secara langsung. Sedangkan untuk pisang kapok, pisang siam, pisang kapas, pisang tanduk dan pisang uli, harus melewati tahapan pengolahan terlebih dahulu sebelum bisa Kamu nikmati. Beberapa jeni olahan pisang yang bisa Kemu temui dalam kehidupan sehari-hari adalah pisang sale, kue dan rak. Daerah-daerah di Indonesia yang terkenal dengan olahan pisangnya adalah Lampung yang terkenal dengan keripik pisang, Bandung dengan sale pisangnya, Bogor dengan pisang molen, Makassar terkenal dengan olahan pisang epe nya dan Amerika Latin dengan arak. 

Tidak hanya buahnya, bagian dari tanaman pisang lainnya juga bisa dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Pohon pisang dikenal sebagai pohon seribu manfaat, hal ini dikarenakan semua bagian dari pohon pisang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat dalam kehidupannya sehari-hari. Buah pisang yang manis disertai dengan kandungan yang bergizi didalamnya, sangat enak untuk Kamu nikmati kapanpun dan dimanapun. Selain buahnya, Kamu juga bisa memanfaatkan daun dari buah pisang. Seringkali masyarakat Indonesia menggunakan daun pisang sebagai pembungkus makanan. Jantung pisang dan batang juga bisa diolah menjadi makanan yang enak. 

Pada wilaya Asia Selatan dan Asia Tenggara jantung pisang diolah menjadi sayuran, Jantung pisang juga bisa diolah dengan cara dikukus, dimasak dalam sup ataupun kari. Jantung pisang memiliki rasa yang menyerupai artichoke, baik pada bagian daging dari bracys mapun jantungnya sehingga bisa dinikmati dengan baik. Bagian lainnya dari pohon pisang yang dimanfaatkan oleh masyarakat adalah bonggol pisang yang kaya akan kandungan serat yang baik untuk tubuh. Kamu juga bisa mengolah bogol pisang menjadi keripik. Masyarakat Indonesia juga menggunakan bogol pisang sebagai bahan pembuatan pupuk cair yang digunakan dalam proses penanaman bawang merah. 

Jenis Pisang yang bisa ditemui di Indonesia

Indonesia dikenal sebagai salah satu produsen pisang di dunia. Wilayah yang menjadi sentral produksi pisang di Indonesia adalah Sumatera, Jawa dan Bali. Beberapa jenis pisang yang dibudidayakan petani Indonesia adalah:

1. Pisang Ambon

Pisang Ambon, Rajanya Pohon Pisang
Pisang Ambon, Rajanya Pohon Pisang

Pisang ambon menjadi salah satu jenis pisang yang paling banyak dan mudah ditemui di berbagai wilayah di Indonesia. Jenis pisang ini bisa Kamu temui di pasar tradisional maupun di supermarket. Pisang ambon memiliki beberapa karakteristik yaitu mempunyai tektur kulit yang halus dan bewarna kuning atau hijau. Daging buah pisang ambon kaya akan rasa manis dan tidak mempunyai biji didalamnya. Kamu bisa menikmati pisang ambon secara langsung, selain itu jenis pisang ini juga sering dimanfaatkan sebagai salah satu bahan pembuatan kue. 

2. Pisang Kepok

Jenis pisang lainnya yang terkenal di Indonesia adalah pisang kapok yang berasal dari negara Filipina. Jenis pisang kepok yang paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia adalah pisang kapok kuning dan pisang kapok putih. Pisang kapok kuning mempunyai ukuran yang lebih besar jika dibandingkan pisang kapok putih. Kamu harus mengolah pisang kapok terlebih dahulu sebelum dinikmati, Kamu bisa mengolahnya dengan cara merebus atau menjadikannya keripik pisang yang renyah. 

3. Pisang seribu

Pisang seribu bisa dikenali melalui warna hijau pada kulitnya saat mentah dan akan berubah warna menjadi kuning keemas an saat sudah matang. Buah pisang ini mempunyai ukuran standar. Pisang ini paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia karena mempunyai rasa yang manis dan legit. Pisang seribu bisa dikonsumsi secara langsung ataupun diolah menjadi cemilan enak, seperti sale pisang. Keunikan dari pisang seribu adalah dalam satu tandan bisa ditumbuhi dengan jumlah pisang yang banyak, sehingga dikenal dengan pisang seribu. 

4. Pisang Varigata

Pisang varigata emiliki tampilan yang mirip dengan mentimun. Jenis pisang ini mempunyai rasa yang mirip dengan pisang berlin dan sangat cocok untuk dijadikan sebagai hidangan di atas meja. Pisang ini bisa dikonsumsi secara langsung, selain daging buahnya, kulit pisang varigata bisa dikonsumsi tanpa meninggalkan rasa sepat di lidah. 

5. Pisang Mas

Jenis pisang ini mempunyai ukuran yang cenderung lebih kecil jika dibandingkan dengan jenis pisang lainnya. Daging pisang mas mempunyai tekstur yang mirip dengan pisang ambon. Daging pisang mas memiliki rasa yang lembut dan manis yang membuat pisang ini menarik para pecinta pisang. Selain bisa dikonsumsi secara langsung, jenis pisang ini dijadikan bahan campuran untuk pembuatan kue atau cemilan, selain itu Kamu juga bisa mengkonsumsi pisang mas dengan cara mencelupkannya kedalam lelehan cokelat. 

 

Share:

Leave a Reply