Bunga Dandelion
Bunga Dandelion

Bunga Dandelion atau di Indonesia dikenal dengan nama randa tapak adalah tumbuhan yang termasuk kedalam genus besar dalam keluarga Asteraceae. Dandelion atau Taraxacum adalah tumbuhan yang berasal dari negara Asia dan Eropa. Saat sekarang ini, bunga ini bisa ditemukan diberbagai tempat termasuk Indonesia. Nama renda tapak mengacu pada jenis tumbuhan yang mempunyai bunga-bunga kecil yang bisa terlepas dan terbang jika tertiup angin. 

Bagian dari bunga dandelion yang tertiup angin adalah bijinya, hal ini yang menjadi alasan Kamu bisa menemukan bunga dandelion di berbagai tempat termasuk di pinggir jalan raya. Biji bunga yang tertiup angina bisa menyebar dan mencapai jarak kurang labih 5 mil. Biji yang jatuh di tanah akan tumbuh menjadi bunga yang baru. Bunga ini termasuk kedalam jenis tumbuhan liar yang bisa tumbuh dengan baik, walaupun hanya disirami oleh air hujan dan tanpa perawatan khusus apapun. 

Baca Juga : Arti dan Makna Bunga Peony

Arti dan Makna dari Bunga Dandelion

Arti Bunga Dandelion
Arti Bunga Dandelion

Randa Tapak atau bunga dandelion mempunyai makna sebagai tanaman bunga. Arti ini merujuk pada dandelion yang terdiri dari bunga-bunga kecil, jika tertiup angin akan terbang dan menghilang dari pandangan mata. Arti dari bunga indah ini sangat menyentuh hati, banyak orang yang menghubungkan dandelion dengan filosofi kehidupan, yang menjadikan tanaman ini sangat berharga karena maknanya. Makna yang tersampaikan dari setangkai dandelion adalah:

Bunga Dandelion Mampu Bertahan dan Beradaptasi dengan Baik 

Manfaat Bunga Dandelion
Manfaat Bunga Dandelion

Bunga randa tapak menjadi contoh nya bagi Kita, untuk selalu berani mencoba hal yang baru dan terus bertahan untuk bertumbuh dimanapun dengan cara beradaptasi dengan baik. Selain itu, dandelion yang bisa hidup dengan baik dimanapun lokasi tanah tempat bijinya mendarat setelah bertebangan tertiup angin, mengajarkan kepada kita untuk tetap kuat dalam mengikuti setiap alur kehidupan dan harus terus bertahan terhadap apapun rintangan yang menghadang. Seperti dandelion yang bisa bertahan dan tumbuh dengan cantik walaupun berada ditempat terjauh dan tidak menguntungkan. 

Taraxacum yang bisa hidup dengan baik walaupun tumbuh di tepi terbing curam mengingatkan kepada Kita untuk harus tetap bertahan hidup bagaimanapun caranya. Kita tidak boleh menyerah, karena akan memberikan penyesalan di akhirnya. Bertahan akan membuat Kita untuk bertumbuh dan berkembang menjadi pribadi yang lebih baik dan bersinar, seperti dandelion. Kita memerlukan proses yang panjang agar bisa berkembang. 

Dandelion juga menyampaikan pesan kepada Kita, dimanapun Kita tumbuh, bagaimanapun kondisi lingkungannya, pada waktunya Kita akan tumbuh dan terus berkembang, seperti dandelion yang bisa mekar dengan cantiknya walaupun hidup dengan beragam kondisi yang tidak selamanya selalu menguntungkan. Taraxacum menegisyaratkan agar Kita terus berusaha untuk mencapai tujuan dalam kehidupan ini, Kita harus percaya diri dan jangan pernah merasa tidak pantas. Karena Kita memiliki waktu dan kesempatan yang selalu terbuka. Seperti bunga yang akan mekar pada waktunya. Selama, usaha yang Kita lakukan tidak merugikan orang lain. 

Baca Juga : Macam – Macam Bunga Keladi

Menjadi sosok yang pemberani

Biji dandelion yang bertebangan mengikuti arah angina mengisyaratkan sebagai sosok yang pemberani. Dandelion akan menyentuh bumi sampai pengaruh angin yang meniupnya berhenti. Setelah terbang dalam waktu lama, dandelion bisa hidup di tanah tempat ia mendarat. Di tanah yang baru, biji dandelion akan tumbuh mandiri, tidak seperti ketika masih dalam bentuk satu kuntum bunga dandelion. Walaupun sendiri dandelion masih bisa bertahan dan hidup dengan baik. Kita harus menjadi sosok dandelion, yang bisa berani dan beradaptasi dengan segala situasi walaupun di tempat baru sekalipun. 

Baca Juga Mengenal Bunga Edelweis

Cinta yang sederhana

Dandelion tidak memiliki tampilan seperti bunga pada umumnya. Tampilan yang sederhana dari Taraxacum juga mempunyai makna yang romantis. Warna yang indah dan bentuk yang indah mengisyaratkan cinta yang sederhana, tanpa tuntutan apapun. Filosofi ini sangat romantis jika diterapkan pada hubungan pasangan. 

Ciri-Ciri Bunga Dandelion

Ciri Bunga Dandelion
Ciri Bunga Dandelion

Dandelion memiliki bentuk yang unik dan berbeda jika dibandingkan dengan jenis tanaman bunga lainnya. Bunga dandelion memiliki warna yang beragam seperti putih dan kuning. Satu bunga dandelion terdiri dari rangkaian biji dandelion yang menyatu menjadi bunga. Biji yang tertiup angina akan bertebangan. Setangkai biji dandelion yang terbang terdiri dari tangkai dan kelopak berbentuk panjang. 

Dandelion memiliki daun bewarna hijau dengan bentuk yang berbeda dari daun bunga pada umumnya. Daun randa tapak berbentuk panjang dengan sisi daun yang tidak rata. Daun dandelion tumbuh dengan posisi yang dekat dengan tanah. Hal ini dikarenakan dandelion memiliki batang yang tidak terlalu tinggi. Tumbuhan dandelion memiliki jumlah daun yang terbilang banyak dan tumbuh dengan membentuk seperti lingkaran. Karakteristik dari dandelion ini membuat tampilannya menjadi cantik dan unik. 

Dandelion termasuk kedalam bunga liar yang bisa hidup dengan baik tanpa perawatan khusu. Biji dandelion akan tumbuh dengan baik dimanapun lokasinya mendarat. Dandelion mengandalkan air hujan selama pertumbuhan dan perkembangannya. 

Manfaat Bunga Dandelion

Manfaat Bunga Dandelion
Manfaat Bunga Dandelion

Selain bentuknya yang unik dan cantik, Kita tidak bisa menutup mata dengan segudang manfaat yang ditawarkan oleh dandelion. Bunga ini termasuk kedalam jenis tumbuhan dengan beragam manfaat yang ada padanya. Beberapa manfaat yang bisa Kamu dapatkan jika mengkonsumsi dandelion adalah:

1. Antioksidan Bagi Tubuh

Kandungan yang terdapat dalam bunga dandelion adalah polifenol dan beta karoten, dua zat ini dinilai sebagai antioksidan yang membantu tubuh untuk menangkal dan menetralisir efek negatif dari radikal bebas yang masuk kedalam tubuh. Selain berasal dari luar tubuh, zat radikal bebas juga terbentuk secara alami dari dalam tubuh, sehingga mengkonsumsi dandelion mampu membantu Kamu untuk mengurangi risiko kerusakan sel akibat radikal bebas. 

2. Menurunkan Kolesterol 

Selian bunganya, akar dan daun dari dandelion juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Diyakini jika kedua bagian tumbuhan ini mampu untuk menurunkan kadar kolesterol seseorang, kesimpulan ini ditarik setelah dilakukan uji coba pada hewan. Namun, untuk manusia masih diperlukan uji coba lebih lanjut mengenai hal ini. 

3. Pengatur Kadar Gula Darah dalam Tubuh

Klaim atas manfaat dari dandelion untuk pengaturan kadar gula darah dalam tubuh masih memerlukan uji coba lebih lanjut. Kesimpulan ini muncul karena kandungan antihiperglikemik, antiinflamasi dan juga antioksidan pada bunga dandelion. Kandungan ini diyakini bisa mengobati penyakit diabetes tipe 2. 

4. Mengurangi Peradangan 

Dandelion diyakini juga bisa menurunkan efek peradangan yang terjadi didalam tubuh. Hasil ini ditemukan pada penelitian yang dilakukan oleh National Library of Medicine pada tahun 2014. Penelitian ini menunjukkan jika kandungan kimia pada dandelion membantu mengurangi peradangan. Namun diperlukan penelitian lebih lanjut untuk menyimpulkan efek ini pada tubuh manusia. 

5. Membantu penurunan tekanan darah

Dandelion dikenal sebagai sumber potassium yang baik untuk tubuh. Kandungan ini lah yang berguna untuk membantu untuk menurunkan tekanan darah pada tubuh. 

Baca Juga : Filosofi Bunga Asoka

Bunga Dandelion di Indonesia 

Dandelion bukanlah tanaman asli dari Indonesia. Namun, bunga jenis ini bisa tumbuh dan berkembang dengan baik di Indonesia. Pada daerah dengan empat musim, bunga dandelion akan mekar pada musim semi dan musim panas, dan akan layu pada musim gugur. Namun, di Indonesia dandelion bisa hidup dengan baik sepanjang tahun, karena Indonesia diberkahi dengan tanah yang subur dan juga musim tropis yang cocok dengan tanaman ini. Dandelion yang tumbuh di Indonesia berukuran lebih kecil jika dibandingkan dengan bunga dandelion di negara lain. Namun, tetap cantic untuk dilihat. 

Bunga dengan ukuran yang kecil dan cantik ini sangat mengandung sejuta manfaat bagi kondisi tubuh. Selain manfaatnya, filosofi yang disampaikan bunga ini juga sangat bermakna. 

Baca Juga : Beli Bunga Terbaik Hanya di FlowerAdvisor, Toko Bunga Terbaik di Indonesia

Share:

Leave a Reply