Semua Tentang Bunga Marigold : Arti, Jenis dan Cara Menanamnya

Bunga Marigold yang Cantik
Bunga Marigold yang Cantik

Marigold memiliki nama ilmiah yaitu Tegetes Erecta adalah jenis tanaman hias yang diyakini berasal dari dua tempat, yaitu merupakan tumbuhan asli dari daerah Meksiko, sedangkan sebagian besar lainnya mempercayai jika bunga marigold adalah tumbuhan asli dari Amerika Tengah. Selain di daerah asalnya, saat sekarang ini tanaman ini bisa ditemukan dengan mudah di wilayah Indonesia. Pada beberapa daerah Indonesia, bunga marigold dikenal sebagai bunga tahi ayam. Masyarakat Indonesia juga mengenal bunga marigold dengan nama bunga gemitir atau gumitir. 

Tanaman hias marigold bisa tumbuh dengan ketinggian mencapai 90 cm, daunnya berkembang membentuk seperti semak. Bunga marigold tumbuh dengan beragam warna. Marigold dikenal dengan ciri khas bunganya bewarna kuning atau orange. Bunganya mekar dengan ukuran yang cukup lebar, membuat tampilan bunganya terlihat gemuk, karena memiliki kelopak yang saling bertumpuk, dengan bentuk yang sedikit membulat. Selain itu, Kamu juga bisa menemui bunga marigold bewarna putih. Bunga marigold bisa tumbuh sepanjang tahun ketika musim panas. 

Baca Juga : Manfaat Bunga Dandelion

Arti Bunga Marigold 

Arti Bunga Marigold
Arti Bunga Marigold

Nama marigold memiliki arti yaitu “tiap sepanjang bulan”. Hal ini mencerminkan jika tumbuhan bisa hidup dengan baik sepanjang tahun. Selain itu, penamaan bunga diambil dari karakteristik bunga yang selalu tumbuh pada awal bulan. Bunga ini melambangkan kekayaan, keindahan, kehangatan dan juga kemasyhuran. Arti ini tersampaikan melalui warna bunga marigold yang indah dan cerah. Bunga marigold juga diartikan sebagai jam kecil yang ditafsirkan menjadi waktu yang terbatas. 

Baca Juga : Semua Tentang Bunga Peony

Filosofi Bunga Marigold

Bunga cantik ini juga memiliki filosofi kehiudpan tersendiri, Marigold menyampaikan pesan jika:

  1.  Kesedihan dan juga keputusasaan yang dirasakan oleh seseorang karena telah kehilangan cintanya. 
  2. Warna bunga marigold yang cerah mencerminkah keindahan dan juga kehangatan seperti yang diberikan matahari terbit. 
  3. Marigold juga menyampaikan jika kasih sayang seseorang bisa dimenangkan jika Kita melakukan kerja keras. 
  4. Dorongan untuk bisa mencapai kesuksesan melalui kreativitas. 
  5. Keinginan seseorang untuk bisa mewujudkan kekayaan.
  6. Kecemburuan akan menyisakan kedinginan yang menikam. 
  7. Marigold menjadi persembahan yang suci untuk para Dewa. 
  8. Menjadi simbol yang akan mengingat orang-orang yang telah meninggalkan Kita terlebih dahulu. 

Jenis dan Warna Bunga Marigold 

Selain maknanya yang indah, bunga marigold juga memiliki jenis dan tampilan cantik dan unik. Beberapa jenis dan warna yang dimiliki tumbuhan marigold adalah:

  • Tagetes Cottage Merah 

Marigold jenis ini memiliki bunga dengan perpaduan beberapa warna berbeda. Hal ini membuat tagates cottage merah mempunyai tampilan yang indah. Tagetes cottage bewarna merah terang dengan jumlah kelopak sekitar 5 buah, dengan warna emas pada bagian tengahnya, sedangkan pada bagian tepi kolopak bewarna kuning. Jika diperhatikan, kelopak bunga tagetes cottage merah memiliki bentuk yang mirip dengan sekop, sedangkan pada bagian ujungnya berbentuk persegi. Daun tumbuhan ini bewarna hijau gelap, dan daunnya akan bertahan selama proses pembungaan. 

  • Baileya Multiradita 

Baileya Multiradita adalah jenis marigold yang mempunyai warna kuning cerah yang mencolok. Bunga ini tahan lama yang hidup dengan ditopang oleh batang tumbuhan yang hampir tidak mempunyai daun. Pada bagian atas permukaan daun tumbuhan bewarna abu-abu kehijauan. Seiring dengan perkembangan waktu, bunga baileya multiradita akan mengalami perubahan warna. 

  • Calandula Officinalis 

Bunga calandula officianlis teridiri dari dua campuran warna yang berbeda. Selain bewarna ganda, tumbuhan ini juga mempunyai bunga dengan satu warna, seperti hanya merah tua, krem, kuning atau oranye. Tumbuhan ini memiliki daun yang bewarna hijau. 

  • Marigold Pom Pom 

Sesuai dengan namanya, marigold jenis ini ditumbuhi dengan bunga yang berbentuk seperti pom pom. Bunganya memiliki warna apricot, kuning dan orange. Berbeda dengan marigold pada umumnya, marigold pom pom tidak bisa hidup dengan baik pada cuaca panas, akan tetapi tumbuhan ini berkembang dengan baik pada suhu dingin. 

Baca Juga : Bunga Edelweis Si Bunga Abadi

Cara Menanam Bunga Marigold 

Cara Menanam Bunga Marigold
Cara Menanam Bunga Marigold

Tampilannya yang indah karena memiliki warna cerah, membuat marigold menjadi salah satu jenis tumbuhan hias bagi para pecinta tanaman. Kamu bisa menanam Marigold di perkarangan rumah secara mandiri. Beberapa hal yang harus Kamu perhatikan jika mempunyai keinginan untuk mengembangkan tanaman marigold di rumah:

  • Marigold adalah jenis tanaman hias yang bisa hidup dengan baik jika memperoleh intensitas cahaya matahari dalam jumlah yang cukup.
  • Tumbuhan ini berkembang dengan baik pada pH tanah yang netral.
  • Kelembaban tanah tempat marigold juga harus deperhatikan, jadi Kamu juga harus memiliki sumber air yang baik. 

Kamu bisa memilih untuk memelihara marigold yang tumbuh dengan baik dengan cara dibeli secara langsung di toko tanaman, atau Kamu juga bisa memeliharanya mulai dari menanam bibit bunga. Penanaman dari bibit membutuhkan harga yang jauh lebih murah dibandingkan membeli tanaman marigold. Hal yang harus Kamu siapkan jika menanam bunga marigold dari bibit adalah:

  • Siapkan media tanam berupa pot atau nampan yang berisi campuran tanah basah yang bersih.
  • Taburkan bibit marigold ke dalam media tanam.

  • Siapkan lapisan tipis vermikulit untuk menutupi benih tanaman. Setelah itu, tutupi benih dengan bungkus plastik, dan tempatkan di daerah dengan suhu yang hangat. Benih marigold tidak memerlukan cahaya dalam perkembangannya, jadi Kamu bisa menempatkan wadah tanam yang berisi bibit marigold di tempat yang terlindungi matahari.

  •  Bibit marigold akan lebih mudah berkecambah pada daearh yang memiliki suhu lebih hangat dibandingkna pada daerah yang bersuhu dingin. Bibit akan berkecambah setlah empat hari penanaman, namun bisa membutuhkan waktu yang lebih lama. Kamu harus melakukan pengecekan untuk melihat perkembangan pertumbuhan bibit marigold.

  • Setelah berkecambah, Kamu bisa memindahkannya pada lokasi tanam, dengan syarat harus mendapatkan cahaya setidaknya minial lima jam dalam sehari. Selain sinar matahari langsung, Kamu juga bisa memanfaatkan cahaya buatan untuk membantu perkembangan bunga marigold.

  • Kamu harus memperhatikan kelembaban media tanam, jadi pastikan untuk selalu menyiram bunga marigold.

  • Setelah tanaman tumbuh dengan baik, yang ditandai dengan pertumbuhan daun sejati. Hal ini menandakan jika tanaman bisa hidup dengan baik di bawah sinar matahari langsung. Kamu bisa memindahkan tumbuhan pada media tanam yang lebih baik dan menempatkannya di bawah sinar matahari langsung. 

Cara Merawat Bunga Marigold 

Marigold dikenal sebagai tanaman hias yang tahan banting. Sehingga, Kamu tidak memerlukan perawatan khusus untuk memastikan perkembangannya. Berikut beberapa cara untuk mewarat marigold:

  • Jika tanaman ditanam pada media tanah secara langsung, Kamu hanya perlu menyiram tanaman paling sedikit sekali dua minggu. Frekuensi penyiraman tergantung pada tingkat kelembaban media tanam.
  • Tanaman marigold yang hidup didalam pot, harus disiram setiap hari, karena media tanam pot cenderung lebih mudah kering.
  • Kamu bisa memberikan pupuk pada tanaman marigold, dengan cara melarutkan pupuk ke dalam air. Namun, marigold bisa hidup dengan lebih baik tanpa pupuk. Pemberian pupuk mendorong pertumbuhan daun, namun mengurangi kemampuan tanaman untuk menghasilkan bunga. 

Jadi, hal yang harus Kamu perhatikan selama membudidayakan tanaman marigold adalah memastikan media tanam selalu terjaga kelembabannya. 

Manfaat Bunga Marigold

Dibalik keindahan tampilannya, bunga marigold memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Marigold kaya akan kandungan asam klorogenet yang membantu penyembuhan beberapa jenis penyakit. 

  • Membantu untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh

Kelopak bunga marigold yang dikeringkan dan diseduh selayaknya teh, diyakini bisa mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh, terutama racun pada daerah hati dan kantung empedu. 

  • Mengatasi masalah pencernaan

Teh marigold diyakini bisa menjadi alternatif pengobatan bagi penderita penyakit saluran pencernaan seperti gastritis, tukak lambung, bahkan kanker perut. Efeknya akan terasa, jika dikonsumsi secara teratur.

  • Melawan Radikal Bebas

Kandungan antioksidan yang tinggi pada bunga marigold bisa membantu untuk melawan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. 

  • Mengurangi Peradangan 

Bunga marigold juga diperkaya dengan kandungan anti inflamasi yang membantu meringankan peradangan dan pembengkakan akibat cedera. 

  • Meningkatkan imunitas

Minuman yang diolah dari ramuan marigold bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, karena marigold kaya akan vitamin c. 

Taman Bunga Marigold

Taman Bunga Marigold
Taman Bunga Marigold

Marigold yang dibudidayakan pada lahan yang luas akan memancarkan keindahan diwaktu bermekaran. Warna bunga yang cerah mempercantik tampilan taman bunga. Kamu bisa menemukan taman bunga marigold di Indonesia dengan mengunjungi beberapa wilayah berikut ini:

  • Gowa, Sulawesi Selatan 

Lokasi kebun marigold pertama yang bisa Kamu temui di Indonesia berada di Kampung Songkolo, Bontamani, Kecamatan Bontomarannu, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Marigold yang dibudidayakan adalah bunga bewarna kuning keorangean. Warna cerah ini menarik untuk dilihat dan memiliki tampilan yang instagramable. 

  • Pulau Dewata, Bali

Satu lagi destinasi yang sayang untuk Kamu lewati jika berkunjung ke Bali adalah taman bunga marigoldnya yang berada di kawasan Pulau Dewata, Bali. Lokasinya berada dikedua sisi sepanjang jalan raya antara Bedugul dan Kintamani. 

Baca Juga : Flower Advisor, Toko Bunga Online Terbaik di Indonesia

Add a Comment