Keindahan Bunga Orchida
Keindahan Bunga Orchid

Orchid (bahasa Latin: Orchidaceae) atau familiar kita kenal dengan bunga Anggrek adalah salah satu jenis bunga yang sedang digemari saat ini. Orchid biasa dijadikan sebagai bunga potong, maupun tanaman hias untuk dirawat di rumah. Saat ini tercatat setidaknya 5.000 spesies Orchid asli Indonesia. Warna bunga Orchid yang beragam dan cantik menarik hati banyak orang. Secara umum, arti bunga Orchid adalah sebagai simbol dari rasa cinta, kemewahan, dan keindahan, juga melambangkan kesuburan dan keanggunan. 

Jika situasi pandemi membuat anda ingin mengeksplor hobi  baru, bercocok tanam menjadi salah satu pilihan. Orchid bisa menjadi tanaman hias yang harus anda pertimbangkan karena cara merawat bunga Orchid tergolong mudah dan jika berbunga akan sangat cantik. Jika dijadikan bunga potong, Orchid memiliki fase hidup yang lebih panjang dibandingkan bunga potong lainnya. Maka, Orchid bisa anda gunakan untuk diberikan pada teman, keluarga, dan orang-orang terdekat saat momen-momen berharga.

Jenis Bunga Orchid yang Populer di Indonesia

Jenis Bunga Orchid di Indonesia
Jenis Bunga Orchid di Indonesia

Indonesia memiliki kekayaan Orchid yang hampir tidak terbatas, terbentang dari Sumatera hingga Papua. Anggrek Bulan adalah Orchid khas Indonesia. Selain itu ada enam jenis Orchid lain yang banyak ditemui di Indonesia. 

Mari kita berkenalan lebih jauh dengan masing-masing jenis Orchid ini.

Dendrobium

Dendrobium Orchid
Dendrobium Orchid

Anggrek Dendrobium mudah beradaptasi dengan iklim di sekitarnya. Karena banyak dibudidayakan, Dendrobium dapat ditemui dalam berbagai warna. Warna bunga Orchid Dendrobium bisa ungu, putih, hijau, hingga campuran dari beberapa warna. Jenis Orchid ini mekar satu hingga dua kali setahun dan bunganya bertahan lebih dari sebulan. Bentuk kelopak dan putik bunga Dendrobium ini sangat khas. Salah satu yang paling unik dan digemari adalah Dendrobium Twist Orchid atau anggrek keriting. 

Cattleya

Cattleya
Cattleya

Ciri khas Cattleya adalah bunga yang lebih besar daripada Dendrobium. Bahkan diameter jenis Orchid ini bisa mencapai 15 cm. Oleh karena itu juga banyak yang menjuluki jenis ini sebagai “Queen of Orchid”. Cara merawat bunga Orchid jenis Cattleya ini mudah karena bisa ditanam di berbagai permukaan. Jika mendapat sinar matahari yang cukup, yakni 20 hingga 30 persen, Cattleya bisa berbunga banyak. 

Vanda

Vanda dikenal juga dengan nama Singapore Orchid. Walaupun demikian, ia tumbuh di hampir seluruh Asia dan Australia. Cara merawat bunga Orchid jenis Vanda ini bisa dengan ditanam menempel di tanah maupun di pot bunga anggrek . Namun Vanda lebih banyak digunakan sebagai bunga potong karena waktu mekarnya lebih lama dibanding Orchid lain. Jenis yang banyak ditemukan di Indonesia antara lain Vanda Genta Bandung dan Vanda Coklat. Warna bunga Orchid jenis ini beragam dan menarik dan memiliki motif yang indah pada kelopak bunganya.

Oncidium

Golden Shower adalah jenis Oncidium yang paling digemari. Oncidium khas dengan warna bunga Orchid yang kuning cerah dan ukuran bunga yang kecil. Orchid ini sangat digemari karena jumlah jenisnya mencapai ratusan, dan harganya cukup terjangkau. 

Phalaenopsis

Phalaenopsis atau dikenal sebagai anggrek bulan merupakan salah satu anggrek premium yang banyak dicari orang karena dikenal juga sebagai salah satu bunga nasional Indonesia . Anggrek bulan menjadi jenis yang premium karena membutuhkan perawatan ekstra agar bisa tumbuh cantik dan maksimal. Jenis anggrek ini mekar satu hingga dua kali setahun dan bunganya bertahan dua hingga tiga bulan. 

Grammatophyllum

Jenis Orchid ini akan tumbuh baik di suhu antara 13 hingga 30 derajat celcius. Maka jenis ini sangat mudah ditemui di Indonesia. Bahkan ada beberapa jenis Grammatophyllum yang tumbuh endemik di daerah tertentu seperti Grammatophyllum fenzlianum yang tumbuh di Ambon, Maluku dan Grammatophyllum kinabaluense di Kalimantan Utara. Anggota dari jenis Orchid ini yang sangat terkenal di Indonesia adalah Grammatophyllum scriptum yang memiliki warna bunga Orchid dengan kombinasi hijau dan coklat. 

Warna Bunga Orchid dan Arti Warna Bunga Orchid

Warna Bunga Orchid
Warna Bunga Orchid

Setelah mengetahui berbagai macam Orchid yang banyak dibudidayakan di Indonesia, kini anda bisa mempertimbangkan Orchid yang menawan ini untuk dijadikan pemberian bagi orang-orang terkasih. Melihat arti bunga Orchid yang sangat mendalam, Orchid sangat tepat diberikan di berbagai kesempatan seperti ulang tahun, kelahiran, ucapan anniversary pernikahan, wisuda, dan momen berharga lainnya. Selain memilih jenis Orchid yang disukai, untuk dijadikan pemberian bisa juga mempertimbangkan makna dari warna bunga Orchid yang hendak diberikan. 

 Apa saja warna bunga Orchid yang sering ditemui dan apa arti bunga Orchid dengan masing-masing warna tersebut?  
Warna Bunga Orchid
  • Merah : melambangkan keberanian dan kekuatan, gairah dan keinginan.
  • Ungu : melambangkan kekaguman, rasa hormat, kesetiaan, dan martabat.
  • Putih : melambangkan kemurnian, keindahan, keanggunan, kerendahan hati, dan penghormatan.
  • Hijau : melambangkan keberuntungan dan keberkahan, kesehatan dan panjang umur.
  • Kuning : melambangkan persahabatan, awal yang baru, dan kegembiraan.
  • Oranye : melambangkan keberanian, antusiasme, dan kebanggaan.

 Cara Merawat Bunga Orchid 

Cara Perawatan Orchid
Cara Perawatan Orchid

Selain membeli Orchid sebagai bunga potong untuk memperindah buket bunga, Orchid juga bisa dijadikan tanaman hias. Cara merawat bunga Orchid termasuk mudah namun hasilnya indah. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat anda memutuskan untuk merawat  bunga Orchid, baik sebagai hiasan di rumah, maupun untuk dibudidayakan. 

  • Penempatan Tanaman

Bunga Orchid membutuhkan cahaya alami yang terang dan tersaring. Sinar matahari langsung sebenarnya kurang baik bagi tanaman ini karena akan membuat akarnya cepat kering. Suhu yang ideal adalah kurang lebih 24 derajat celcius. Sirkulasi udara juga menjadi salah satu kunci cara merawat bunga Orchid yang baik. Orchid membutuhkan angin yang tidak terlalu banyak, hanya butuh sepoi-sepoi saja, 

  •           Pemangkasan

Seperti tanaman berbunga yang lainnya, Orchid perlu bertumbuh kembali setelah bunganya mekar. Jadi apabila ada yang telah layu, perlu dipotong atau dipangkas tepat di bawah tempat bunga terakhir tumbuh. Apabila dengan teknik potong yang tepat dan ketelitian, Orchid dapat bertumbuh dan berbunga kembali. 

  •           Penyiraman

Teknik penyiraman juga menjadi penting dalam rangkaian cara merawat bunga Orchid. Intensitas penyiraman harus diperhatikan menyesuaikan iklim, tingkat kelembaban, dan media pot yang digunakan. Perlu diperhatikan bahwa zat berlumut yang mengelilingi akar jangan sampai kering. Air yang baik digunakan untuk penyiraman Orchid adalah air keran dengan suhu ruang. Hindari menyiram langsung ke daun tanaman, lebih baik siram langsung ke akarnya.

  •           Wadah dan Media Tanam

Orchid harus ditanam di pot yang memiliki banyak drainase di bagian bawah agar air yang berlebih bisa mengalir turun. Sebaiknya sekitar setahun sekali, ganti ke pot yang lebih besar agar Orchid mempunyai ruang yang cukup untuk tumbuh. Media tanam yang disarankan adalah pot berbasis lumut atau kulit pohon agar cepat mengering. Media tanam berbasis kulit pohon memungkinkan air mengalir dengan lebih cepat, sehingga jika menggunakan campuran ini, Orchid harus lebih sering disiram. Sebaliknya, apabila menggunakan campuran lumut, tidak perlu sering disiram karena lumut menahan lebih banyak air.

Dimana bisa membeli bunga Orchid?

Buket Bunga Anggrek Bisa Beli di toko bunga manapun, namun Flower Advisor menyediakan berbagai pilihan – pilihan terbaik dari florist Indonesia, sehingga memadukan keindahan serta mudahnya melakukan pemesanan di toko ini. Kamu bisa pilih katalognya disini ya

Beli Orchid Hanya di Flower Advisor, Toko Bunga Terpercaya di Indonesia 

Share:

Leave a Reply