Tulip, Lambang Kesempurnaan Cinta dan Kasih Sayang Tak Terhingga

Tulip Ungu
Tulip Ungu

Bunga Tulip yang diketahui berasal dari Negara Belanda, Walau kenyataannya bunga tulip ini berasal dari Turki yang ditemukan pertama kali oleh Turki Usmani memiliki bentuk kelopak unik yang memberikan daya Tarik tersendiri bagi para pecinta bunga. Dikagumi dari hampir semua kalangan, Wanita, Pria, Tua, Muda. Bunga yang memiliki tinggi antara 10 – 70 cm ini memiliki daun berlilin dan terlihat mengkilap.

Kelopak bunga yang indah dilihat memiliki 6 daun buah mahkota yang memiliki warna seperti oranye, putih, merah, biru, kuning, dan lainnya. Warna-warna tersebut menjadi faktor mengapa banyak orang menyukainya. Selain memiliki makna dan filosofi yang tepat dipergunakan di momen penting, bunga Tulip juga memiliki kecantikan dan keindahan yang sempurna, wisatawan silih berganti berdatangan untuk melihat bunga tulip yang cantik dan segar langsung dari negeri aslinya yaitu Belanda. Cuaca Belanda yang beriklim subtropis menjadi ladang subur perkembangan bunga tulip.

Arti Warna Bunga Tulip

Bunga tulip sendiri merupakan simbol cinta yang sempurna dan kasih sayang, banyak yang membicarakan kecantikan bunga tulip dan berbagai macam warna dari bunga tulip memiliki arti tersendiri, berikut artinya:

1. Tulip Putih

Bunga tulip Putih memiliki arti Kesucian, Kepolosan, dan Kerendahan Hati, cocok digunakan sebagai ucapan Permintaan Maaf, atau untuk menunjukkan rasa simpati atas meninggalnya seseorang, dan bisa juga digunakan pada acara Pernikahan. Tulip putih sendiri bukan hanya mewakili cinta tetapi juga mewakili gairah. Sebagai perbandingan, tulip kuning menunjukkan bahwa anda sangat mencintai yang lain. Tulip merupakan signal musim semi dan Belanda. Tulip liar pertama kali datang ke Negara eropa pada 1559, Tulip putih juga dikaitkan dengan kata kemenangan. Arti lain dari tulip putih adalah pengampunan, jika anda memberikan tulip putih kepada orang lain ditengah-tengah masalah, itu bisa juga melambangkan bahwa anda menyesal.

Tulip putih pada umumnya adalah bunga nasional turki, yang mewakili kekaisaran Turki karena diyakini bunga tersebut berasal dari sana, memiliki racun yang tidak mematikan, Ditafsir oleh Victoria memiliki arti pengampunan dan mata indah. Biasa mekar sebagai mid-bloomers / mekar sekitar bulan Mei, terlambat berbunga pada bulan Juni, terlalu cepat berbunga pada bulan April.

2. Tulip Merah

Tulip Merah
Tulip Merah

Tulip merah melambangkan cinta yang sangat dalam, cocok digunakan untuk mengungkapkan isi hati kepada seseorang yang anda cintai. Di Persia, ketika seseorang memberikan bunga tulip merah, berarti mereka siap menyatakan cinta. Titik hitam yang ada pada tulip merah dijelaskan mewakili jantung kekasih, yang terbakar gairah ibarat batubara yang menyala.

Simbol bunga tulip merah yang datang dari satu legenda bernama pangeran Farhad yang jatuh cinta terhadap seorang gadis bernama Shirin. Ketika pangeran Farhad mengetahui bahwa Shirin telah meninggal dunia, betapa terpukulnya dia, sehingga ia memutuskan untuk bunuh diri dengan terjun ke jurang.

Dari maknanya, tidak heran jika bunga tulip merah banyak diberikan kepada pasangan, baik dalam bentuk buket bunga, maupun per tangkai, bunga tulip pun bisa dijadikan hiasan biasa untuk mengagumi kesederhanaan bunganya.

3. Tulip Oranye

Melambangkan sebuah kebahagiaan dan Kehangatan, Juga Optimisme akan hadirnya suatu keberuntungan. Selain itu, warna orange juga melambangkan kepercayaan, kepuasan dan semangat yang kuat untuk hidup. Bunga berwarna orange akan mengingatkan kita pada hal ceria, energik, dan juga keantusiasan.

Menurut riset, warna oranye dikatakan dapat membantu merangsang aktivitas mental dan mempengaruhi kegiatan social. Bunga berwarna oranye memberikan kesan anggun lebih pada situasi apapun.

4. Tulip Kuning

Melambangkan persahabatan dan keceriaan, Bisa dijadikan sebagai hadiah kelulusan untuk sahabat / teman. Jika anda menerima buket bunga tulip kuning dari pasangan atau orang yang anda suka, arti dair bunga tulip kuning berubah menjadi sebuah penolakan cinta.

5. Tulip Ungu

Warna ungu selalu terkesan high class. Dicerita Hamlet, drama kalangan William Shakespeare, warna tersebut banyak digunakan sebagai simbol kebangsawanan. Terlihat dari warna elegan dan kesannya yang mahal, sama seperti bunga tulip ungu yang melambangkan Royalti dan kesempurnaan. Dari segi arti, jika anda memberikan tulip ungu terhadap wanita belanda, maka mereka akan berpikir anda menyukai mereka sejak pertama bertemu.

6. Tulip Merah Muda

Melambangkan penghargaan dan harapan yang baik. Di Belanda, setiap pertandingan olahraga, kalung bunga yang d iberikan kepada pemenang adalah rangkaian berisi tulip merah muda, sebagai ungkapan penghargaan atas kemenangan yang telah diraih. Terkadang juga digunakan sebagai buket bunga sang pengantin wanita, sebagai doa dan harapan yang baik di masa depan.

7. Tulip Biru

Merupakan varian dari tulip putih, melambangkan tenang dan damai, di Negara eropa, kebiasaan para suami memberikan tulip biru kepada pasangan setelah bertengkar, untuk menunjukkan bahwa sang suami sudah mengakui kesalahan dan ingin berdamai.

 

Jenis Bunga Tulip

Tulip Putih
Tulip Putih

Selain memiliki warna yang beragam, bunga tulip juga memiliki banyak hal-hal menakjubkan lainnya, berikut contoh-contohnya:

1. Tulip Single Early

Tulip jenis ini umumnya berbunga pada awal April, merupakan salah satu jenis keturunan dari tulip jenis Duke Van Thol, memiliki bentuk fisik yang cenderung pendek, hanya sekitar 20 – 30 cm saja. varian tulip single early adalah Apricot Beauty dan Christmas Dream.

2. Double Early

Bunga tulip jenis ini tergolong kuat dan tahan lama, juga punya batang tanaman yang sangat kuat, berbunga pada awal bulan April. Diketahui sebagai jenis tulip keturunan dari Murillo yang dikenal punya kelopak bunga warna putih dari 120 kultivar. Jenis varian double early adalah Peach Blossom dan Monte Carlo

3. Kaufmaniana

Jenis tulip ini dikembangkan dari spesies Tulipa Kauffmanniana yang asalnya dari Turkestan, umumnya berbunga pada saat awal di daerah tertentu seperti Washington D.C, dan terkadang sudah mulai berbunga sejak awal Bulan Maret. Memiliki batang pendek dan hanya tumbuh pada ketinggian 10 – 20cm saja, bunganya akan terbuka lebar dibawah sinar matahari, jika dilihat sekilas, tulip ini menyerupai bintang segi enam.

4. Fosteriana

Jenis Tulip dari kelompok berbunga lebih awal dan mudah berkembang biak, merupakan hasil persilangan antara jenis tulip yang kebanyakan berasal dari daerah asia tengah, sama dengan jenis tulip berbunga awal lain, jenis ini juga akan berbunga pada awal April, tinggi tanaman mencapai 25 – 51 cm. Contoh dari jenis Fosteriana ini adalah Purissima yang memiliki kelopak warna putih, dan Sweatheart dengan warna kelopak kuning dan tepian putih yang indah.

5. Tulip Berbunga Agak Lambat

Tulip Triumph merupakan persilangan antara Single Early dengan tulip lain yang Slow Growth. Berbentuk bulat telur yang memang menjadi ciri khas bunga tulip. Jenis triumph ini dikatakan mampu bertahan pada kondisi cuaca yang buruk, banyak juga yang memanfaatkan jenis ini sebagai bunga potong karena memiliki batang yang kuat. Memiliki tinggi 25 – 41cm, biasa mekar pada pertengahan April. Memiliki banyak warna, diantaranya Negrita dengan kelopak Ungu, Kess Nelis dengan warna campuran merah dan kuning, White Dream berwarna Putih, Prominance berwarna Merah, Cairo dengan warna coklat, Serta Zurel campuran antara ungu dan putih. Lalu ada jenis Gavota dengan warna merah tua dan pinggiran kuning. Juga ada jenis tulip ini yang dinamai dengan kota Indonesia, yaitu tulip Makassar dengan kelopak warna kuning.

6. Darwin Hybrid

Dikenal selepas perang dunia ke 2, Hasil persilangan antara fosteriana, namun yang berukuran besar dengan tulip Dawin. Memiliki bunga yang lebih besar dibanding yang lain, karena kelebihannya tersebut, maka jenis ini banyak digunakan untuk hiasan taman bunga, atau terkadang digunakan sebagai bunga potong sehingga diproduksi besar-besaran. Tulip ini juga dikenal sangat tahan dari ancaman berbagai virus tanaman. Waktu berbunga antara pertengahan April, memiliki sedikit variasi warna, diantaranya Pink Impression dengan warna merah jambu, dan Apeldoorn serta Oxford dengan warna Merah.

Keturunan dari Apeldoorn dan Oxford ada jenis Golden Oxford dengan warna kelopak kuning tua, jenis Blushing Apeldoorn dengan warna orang kekuningan, serta Oxford Elite dengan warna Orange namun pinggiran Kuning.

Buket Tulip
Buket Tulip

Bunga Tulip yang memiliki bentuk indah dan banyak varian, akan memberikan kesan elegan dan indah dipandang juga diberikan kepada teman, sahabat, keluarga, dan orang terkasih lainnya.

Sudahkah anda memberikan Bunga kepada mereka?

Leave a Reply