Cara Menata Bunga di Teras Rumah Sederhana Agar Terlihat Indah

Cara Menata Bunga di Teras Rumah Sederhana
Cara Menata Bunga di Teras Rumah Sederhana

Teras diartikan sebagai ruang terbuka dengan atap yang berfungsi menghubungkan bagian dalam dan luar pada sebuah rumah. Sebagai area awal yang dilihat oleh tamu, Anda pun lazim menyulap penampilan area ini menjadi lebih menarik. Salah satu langkah yang dapat dilakukan yakni dengan menempatkan bunga dan berbagai jenis tanaman hias yang penuh warna. Lalu, bagaimana cara menata bunga di teras rumah sederhana?

Sebelum membahas secara lebih detail tentang cara menata bunga di teras rumah. Sebaiknya kita pahami di awal tentang kegunaan dari keberadaan teras itu sendiri.

Pada prinsipnya, area di luar rumah ini lazim dipakai sebagai tempat menunggu bagi tamu atau pengunjung sebelum dipersilahkan masuk ke dalam hunian. Di luar daripada itu, teras juga berperan krusial untuk menghadirkan sirkulasi udara serta cahaya pada hunian Anda agar menjadi lebih baik. Namun seiring berjalannya waktu, fungsi teras mulai berkembang menjadi semakin variatif. Nah jenis tanaman yang menghasilkan sirkulasi udara yang baik salah satunya adalah Jenis Tanaman Sukulen

Guna menghadirkan teras nan menenangkan dan nikmat dilihat oleh mata, Anda tidak boleh sembarangan ketika mendekorasinya. Tumbuhan hijau dapat diaplikasikan sebagai dekorasi agar dapat menghadirkan kesan asri di teras rumah Anda. Tidak hanya itu, sentuhan warna-warni yang hadir dari macam-macam bunga pun juga tak kalah menyegarkan mata.

Apakah teman-teman ingin mendekorasi teras depan rumah dengan menggunakan bunga-bunga nan indah? Jika iya, berikut beberapa cara menata bunga di teras rumah supaya tampilannya dapat lebih indah dipandang mata.

Gunakan Rak Sebagai Tempat Menaruh Bunga

Cara Pertama Dengan Menggunakan Rak Bunga
Cara Pertama Dengan Menggunakan Rak Bunga

Langkah awal yang bisa Anda lakukan untuk menata bunga di teras depan rumah adalah  dengan menggunakan media rak . Langkah berikut dianggap efektif supaya membuat penampilan teras lebih cantik, indah, serta menawan. Selain itu, teman-teman pun dapat mengatur tata penempatan rak dengan menyusunnya secara sejajar untuk membuatnya terlihat lebih tertata dan rapi. Namun ingat, Anda pun harus meletakan rak tersebut di tempat yang terpapar langsung sinar matahari supaya bunga atau tanaman mendapat sinar yang cukup agar bisa tumbuh dengan baik.

Gunakan Pot Gantung untuk Efisiensi

Tanaman Depan Rumah
Pot Gantung Depan Rumah

Hunian masa kini lazimnya berlahan terbatas. Akibatnya, banyak orang yang hanya mempunyai sedikit tempat untuk difungsikan sebagai teras di rumah. Untuk kamu yang mempunyai halaman rumah yang sempit, salah satu langkah penting yang harus dilakukan adalah dengan mengakali penataan bunga dengan menaruhnya di dalam pot gantung.

Pot gantung tidak hanya memberikan efisiensi pada area teras sempit yang Anda miliki, tetapi juga dapat menghadirkan tampilan estetik serta menawan. Walaupun digantung, Anda tetap harus merawat bunga-bunga dengan mudah. Cukup turunkan ketika sore hari, semprot atau siram sebentar, lalu kembalikan lagi ke asalnya. Penempatan pot gantung pun juga cukup mudah. Anda dapat menaruhnya di dinding atau langit-langit dekat area terbuka.

Aplikasikan Taman Vertikal

Salah Satu Contoh Taman Vertikal
Salah Satu Contoh Taman Vertikal

Memiliki lahan terbatas tentunya merupakan sebuah tantangan tersendiri. Sebagai solusinya, Anda dapat mengaplikasikan taman vertikal pada teras yang bisa menghadirkan tampilan lebih menarik dan estetik. Sesuai namanya, vertical garden atau taman vertikal hadir dalam wujud memanjang ke atas dan lazim menempel dan berada pada pagar ataupun dinding area teras. Taman ini seringnya tumbuh tanaman hidroponik yang tidak memerlukan tanah untuk media tanamnya.

Taman vertikal dapat jadi salah satu solusi jika kamu ingin menanam bunga-bunga indah di area dan tempat yang terbatas. Kamu dapat memanfaatkan ruang di dinding dan menatanya dengan bentuk yang unik. Meski terkesan sederhana, penataan ini dapat menghasilkan tampak teras yang lebih cantik, estetik, dan terbuka.

Cermat dalam Memilih Jenis Bunga

Hal selanjutnya yang dapat Anda terapkan agar bunga tertata rapi di teras rumah yaitu dengan menyamaratakan jenis bunga itu sendiri. Misalnya, Anda memiliki rak dengan tiga susunan. Rak pertama Anda dapat menaruh bunga mawar, susunan kedua untuk bunga begonia, dan rak terakhir dapat digunakan untuk bunga berjenis soka. Tak hanya itu, teman-teman pun dapat menaruh bunga bougainvillea pada area perbatasan antara taman serta teras. Akhirnya, penampilan teras depan rumah Anda akan tampak menarik dan berwarna.

Baca Juga : Rekomendasi Tanaman Hias Untuk Mempercantik Rumah

Rekomendasi Bunga untuk Mempercantik Teras Rumah

Memilih bunga memang terkesan seperti pekerjaan yang mudah. Namun kondisi iklim dan cuaca tropis di Indonesia, membuat teman-teman harus menghindari pemilihan bunga yang sembarangan. Pasalnya jika salah, bunga tersebut bisa mati dikarenakan tidak kuat terhadap suhu dan cuaca di Tanah Air. Lalu, bunga apa saja yang dapat teman-teman pilih untuk mempercantik teras di rumah? Berikut rekomendasinya.

Petunia

Pernahkah melihat sebuah bunga yang memiliki beragam pilihan corak pastel seperti merah muda, ungu muda, bahkan putih yang memiliki pelupuk cenderung tipis? Bisa jadi, bunga tersebut adalah Petunia.

Petunia adalah jenis bunga yang dapat dengan mudah Anda temui di Tanah Air. Ketika mekar, kelopak Petunia bisa memiliki ukuran 7,5 hingga 10 cm. Bagi Anda yang ingin menanamnya, bunga ini pun terbilang cukup mudah untuk dirawat. Anda cukup menaruhnya di teras rumah yang teduh namun tetap mendapatkan cahaya dan sinar matahari cukup. Guna merawatnya, Anda harus melakukan pemupukan secara teratur. Cahaya, air, serta pemupukan yang benar bisa membuat Petunia mekar dengan indah.

Begonia

Bunga yang satu ini berasal dari famili atau keluarga Begoniaceae. Begonia hadir dengan warna daun yang unik sesuai dengan jenisnya. Daun pada bunga Begonia pun dapat membentuk corak dan pola tertentu. Selain daunnya yang unik, bunga Begonia pun hadir dengan warna-warni menarik dan indah dipandang mata.

Agar Begonia yang Anda miliki bisa tumbuh dengan sehat dan indah, ada beberapa langkah perawatan yang bisa dilakukan. Dimulai dengan membuat media tanam atau tanah subur dan gembur. Anda pun dapat meletakkan bunga Begonia pada area teduh yang dapat cahaya matahari nan cukup. Untuk urusan menyiramnya, Anda bisa melakukannya dengan rutin namun secukupnya saja. Terakhir, berikan pupuk secara teratur dan ganti pot ketika Begonia sudah semakin besar.

Geranium

Geranium Cocok Untuk Memperindah Teras
Geranium Cocok Untuk Memperindah Teras

Geranium atau yang juga sering disebut sebagai Tapak Dara adalah bunga yang juga lazim dimiliki dan digemari oleh masyarakat Indonesia. Geranium memiliki ciri khas yang cukup unik, yakni kelopak nan saling bertumpuk dengan warna-warni menawan seperti putih, merah muda, dan ungu.

Selain membuat teras menjadi lebih indah, bunga ini juga mempunyai  beberapa manfaat lain. Mulai dari mengusir nyamuk, mengurangi stres, menjaga kecantikan kulit wajah, hingga teh daun Geranium pun dapat menjadi obat. Untuk merawat Geranium pun cukup mudah karena bunga ini tahan terhadap kekeringan. Maka dari itu, Anda tidak perlu menyiramnya terlalu sering, cukup sesekali saja.

Nah, itu dia beberapa cara menata bunga di teras rumah yang bisa Anda aplikasikan. Namun tidak hanya penataannya saja yang penting, tetapi juga pemilihan jenis bunga yang harus kamu taruh di teras tersebut. Ada berbagai bunga yang dapat Anda pilih. Mulai dari yang memiliki pelupuk kecil, besar, hingga bunga yang mempunyai beragam corak yang menawan.

Itulah beberapa inspirasi yang bisa membantu kamu dalam menghadirkan tata teras depan rumah yang lebih cantik dan menarik. Namun, apabila Anda tidak memiliki banyak waktu untuk mendekorasinya, Anda bisa mempercayakan tugas tersebut kepada ahlinya, yaitu jasa desain interior rumah untuk mewujudkan hunian impian Anda.

Baca Juga : Inspirasi Design Tanaman Depan

Add a Comment