Bunga Wijaya Kusuma
Bunga Wijaya Kusuma

Bunga wijaya kusuma adalah jenis tanaman hias yang mekar di malam hari. Selain kecantikannya, bunga satu ini juga sangat dekat dengan beragam mitos dan khasiatnya. Semuanya akan Kita kupas tuntas secara lebih mendetail pada artikel berikut ini. 

Sebelum berbicara tentang mitos dan khasiatnya, Kita akan berkenalan lebih lanjut dengan bunga wijaya kusuma. 

Kenalan dengan Bunga Wijaya Kusuma

Semua Tentang Wijaya Kusuma
Semua Tentang Wijaya Kusuma

Bunga wijaya kusuma dikenal juga dengan nama bunga wiku atau Epiphyllum Oxypetalum. Tanaman cantik satu ini tergolong ke dalam tanaman kaktus dengan kelas dicotiledoneae. Walaupun termasuk ke dalam tanaman kaktus, bunga wijaya kusuma bisa diidentifikasi bagiannya dengan mudah pada usia tua. Kamu bisa membedakan secara jelas mana batang, daun dan bagian lainnya. 

Keunikan bunga wijayakusuma dibandingkan tanaman hias lainnya adalah bunganya yang mekar pada malam hari. Bunga satu ini mulai mekar setelah matahari terbenam dan akan mekar dengan sempurna mulai pada pukul 22.00 WIB. Jenis bunga wijayakusuma yang bisa merekah diwaktu malam dan siang hari adalah jenis hibrida. Jenis wijayakusuma ini bisa mekar dan bertahan 2 sampai 3 hari. 

Bunga unik ini diketahui berasal dari Mexico, Venezuela dan Karibia. Wijayakusuma bisa hidup dengan baik pada daerah yang beriklim sedang sampai tropis. Kondisi iklim sangat mempengaruhi perkembangan hidup bunga wijayakusuma. Tidak semua jenis wijayakusuma mampu menghasilkan bunga, semuanya sangat dipengaruhi oleh kondisi iklim, kesuburan tanah dan juga cara perawatan dan pemeliharannya. 

Wijayakusuma memiliki bunga yang berdiameter 10 centimeter dan bewarna putih serta akan mekar pada malam hari. Pada siang hari kelopak bunga wijayakusuma akan menutup. Perilaku ini membuat tanaman hias wijayakusuma dikenal dengan nama “Queen of The Night”. 

Tanaman hias ini memiliki batang induk yang berbentuk dilinder dengan bagian batang lainnya terbentuk dari helaian daun yang mengeras serta mengecil. Batangnya bisa tumbuh mencapai 2 sampai 3 meter. 

Daun wijayakusuma berbentuk pipih dan bewarna hijau serta bagian halus menutupi permukaannya. Walaupun tergolong kedalam kelompok tanaman kaktus, wijayakusuma memiliki daun yang tidak ditumbuhi duri. Daunnya berukuran sekitar 13 sampai 15 centimeter. Pada setiap pinggiran daun terdapat lekukan yang menjadi tempat tumbuhnya tunas daun dan bunga. Daun wijayakusuma berbentuk zigzag, tebal dan bertekstur keras. 

Wijayakusuma termasuk kedalam jenis tanaman hias yang bersifat epifit atau tumbuh di atas permukaan tanaman lain. Epifit juga menunjukkan sifat tumbuhan yang mendapatkan nutrisi tumbuh dari kelembaban lingkungan sekitarnya, misalnya dari air hujan dan udara. 

Baca Juga : Tentang Bunga Vinca

Mitos Bunga Wijayakusuma

Mitos Wijaya Kusuma
Mitos Wijaya Kusuma

Selain kecantikannya, beberapa mitos juga mengikuti tanaman hias satu ini. Secara etimologi wijayakusuma berasal dari kata wijaya yang berarti keberhasilan/kemenangan dan kusuma yang bermakna bunga. 

Mitologi Jawa mengkisahkan jika bunga satu ini sangat sakti karena diyakini memiliki kemampuan untuk menghidupkan orang mati. Sedangkan ditengah masyarakat Surakarta dan Yogyakarta khususnya pada derah keraton menjadikan wijayakusuma sebagai salah satu syarat bagi raja yang akan naik tahta. 

Mitos lainnya yang melekat pada wijayakusuma adalah bunga ini diyakini sebagai pusaka dari keraton Dwarawati yang merupakan titisan Dewa Wisnu si pelestasi Alam, Batara Kresna. Beberapa mitos lain dari bunga wijayakusuma adalah:

1. Pembawa Keberuntungan

Wijayakusuma termasuk bunga pembawa keberuntungan atau hoki. Seseorang yang berhasil melihat bunga satu ini mekar di malam hari dipercaya akan mendapatkan keberuntungan Mitos ini berasal dari nama bunga yaitu wijaya yang berarti keberhasilan/kemenangan dan kusuma yang bermakna bunga. 

2. Tanaman Asli Indonesia

Nama tanaman ini yang terdengar seperti bahasa Indonesia menjadi penyebab hadirnya mitos jika bunga wijayakusuma adalah tanaman hias asli Indonesia. Padahal kenyataannya, tanaman satu ini berasal dari Meksiko. 

Wijayakusuma pertama kali masuk ke Indonesia karena dibawa oleh pedagang Tiongkok ketika masa kerajaan Majapahit. 

3. Bunga para raja dan ratu

Pada zaman dahulu bunga wijayakusuma dipercaya sebagai bunga favorit dari raja dan ratu. Selain karena tampilan bunganya yang cantik dan elegan, wijayakusuma juga termasuk bunga spesies langka. Oleh karena itu terdapat anggapan jika kerajaan yang bisa memiliki wijayakusuma hanya kerajaan makmur.

4. Memiliki Hubungan Mistis

Sebagian orang meyakini jika wijayakusuma adalah tanaman hias kesukaan Ratu Selatan. Mitos yang berkembang jika tanaman hias ini menjadi simbol dari Nyai Roro Kidul dan sering dijadikan bahan sesajen. 

Di daerah Cilacap, bunga satu ini sangat erat kaitannya dengan ilmu gaib. Mitosnya pada zaman dahulu terdapat seorang putri yang melarikan diri ke Pantai Selatan, karena tidak setuju untuk dijodohkan. Didalam pelariannya Putri tersebut memutuskan untuk terjun ke dalam laut Pantai Selatan dan diyakini Putri tersebut menikah dengan sosok gaib.

Pernikahan yang dijalani Putri dengan sosok gaib tersebut melahirkan buah hati yang terlahir kurang sempurna. Masyarkat percaya jika bunga wijayakusuma adalah penggambaran dari bayi anak Putrid an sosok gaib. 

Manfaat Bunga Wijaya Kusuma untuk Kesehatan

Manfaat Bunga Wijaya Kusuma
Manfaat Bunga Wijaya Kusuma

Selain dilingkupi beragam misteri dan mitos, wijaya kusuma juga dipercaya masyarakat memiliki khasiat untuk kesehatan. Hal yang harus Kamu perhatikan sebelum menjadikan bunga satu ini sebagai media pengobatan adalah kandungan dan kebenaran faktanya. Kamu harus berdiskusi dengan pihak kesehatan sebelum memutuskan untuk mengkonsumsinya. 

Beberapa khasiat yang diyakini dimiliki oleh bunga wijaya kusuma adalah:

  • Anti Inflamasi

Inflamasi atau peradagangan yang muncul dibeberapa area tubuh menyebabkan situasi kurang nyaman bagi penderitanya. Contoh penyakit inflamasi yangs erring dialami masyarakat adalah bisul dan radang tenggorokan. Wijayakusuma dipercaya bisa meredakan anti inflasi karena mengandung senyawa etanol di dalamnya. 

  • Antioksidan

Radikal bebas di lingkungan menjadi penyebab kerusahan sel-sel di dalam tubuh dan jika dibiarkan berlangsung dalam waktu lama bisa menyebabkan masalah kesehatan yang serius seperti kanker. Kandungan antioksidan dibutuhkan tubuh untuk melindungi diri dari radikal bebas.

Bunga dengan ciri khas mekar hanya pada malam hari ini mempunyai kandungan antioksidan di dalamnya serta dipercaya sebagai anti kanker. Selain itu, ekstrak bunga wijaya kusuma juga memiliki kandungan fenolik yang cukup tinggi didalamnya. Kandungan ini membantu menjaga kesehatan tubuh. 

  • Meredakan Batuk 

Senyawa yang terkandung pada bunga wijayakusuma diyakini bisa meredakan penyakit pernapasan seperti asma, batuk dan TBC. Kamu bisa mendapatkan khasiat tersebut dengan cara merebus bunga wijaya kusuma dengan air dan diminum secara rutin. 

Hal yang perlu diingat Kamu harus mendiskusikan kepada tenaga kesehatan sebelum mengkonsumsi ramuan ini setiap harinya. Jika batuk dan kondisi pernapasan 

  • Meredakan Pendarahan Rahim

Rebusan ramuan wijayakusuma juga diyakini membantu penyembuhan pendarahan, termasuk pada pendarahan rahim sampai paru-paru. Ekstrak wijayakusuma sudah digunakan dalam pengobatan tradisional sejak zaman dahulu. Masyarakat mengeringkan bunga wijayakusuma untuk meningkatkan waktu simpan dari ekstrak wijayakusuma. 

  • Mengatasi Jerawat

Kandungan antimikroba di dalam wijayakusuma dipercaya bisa membantu untuk mengatasi bakteri penyebab timbulya jerawat. Antimikroba didalam erkstrak bunga wijayakusuma berasal dari kandungan aeston, petroleum eter dan ethanol.

Walaupun diikuti beragam mitos, bunga wijayakusuma juga mempunyai beragam khasiat untuk kesehatan tubuh. 

Share:

Leave a Reply